silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)

Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang

Kesesuaian tingkat kependidikan  Sangat Baik

Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.

Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.

Untung Laksana Budi

Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.

b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.

c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.

Rahmawati

Similar Posts

1,932 Comments

  1. Anak ngobrol di kelas adalah hal yang wajar dalam dunia PAUD. Namun, cara guru merespons harus bijak, positif, dan edukatif. Tujuannya bukan sekadar menegur, tetapi membimbing anak belajar kapan waktu yang tepat untuk berbicara, mendengarkan, dan bekerja sama. Tidak lupa memberikan reward pada anak yang yang dapat merubah perilakunya.
    Dengan pendekatan ini, kita tidak hanya menjaga ketertiban kelas, tetapi juga menumbuhkan keterampilan sosial, empati, dan disiplin diri pada anak

  2. Anak ngobrol di kelas adalah hal yang wajar dalam dunia PAUD. Namun, cara guru merespons harus bijak, positif, dan edukatif. Tujuannya bukan sekadar menegur, tetapi membimbing anak belajar kapan waktu yang tepat untuk berbicara, mendengarkan, dan bekerja sama, dan jangan lupa memberikan reward pada anak yang sudah berubah perilakunya.
    Dengan pendekatan ini, kita tidak hanya menjaga ketertiban kelas, tetapi juga menumbuhkan keterampilan sosial, empati, dan disiplin diri pada anak

  3. Nama: Emelya Putri

    Dari video tersebut sangat bermanfaat bagi saya untuk mengatasi anak yang sering mengobrol saat guru menyampaikan materi. Strategi yang digunakan juga cukup efektif dalam kegiatan belajar mengajar. Guru dapat membantu anak usia dini untuk lebih fokus lagi selama kegiatan berlangsung dan mengurangi kebiasaan mengobrol saat guru sedang menyampaikan materi.

  4. Assalamu’alaikum wr.wb.
    Nama : Rezi Nurullaili
    NIM : 856653635
    Prodi : PGPAUD

    Judul video : Anak Ngobrol di Kelas Saat PBM

    Tanggapan :
    Dalam video ini menggambarkan permasalahan moral-disiplin yang umum, yaitu anak yang sering mengobrol saat proses pembelajaran berlangsung. Guru didalam video mengatasi hal ini dengan beberapa strategi seperti:
    • Menghentikan sejenak kegiatan pembelajaran
    • Memisahkan anak yang mau fokus dengan anak yang mengobrol sendiri
    • Memindahkan posisi duduk anak yang suka mengobrol agar lebih dekat dengan guru
    • Melibatkan anak dalam proses pembelajaran
    • Memberikan reward di akhir pembelajaran sebagai bentuk motivasi agar anak lebih fokus.

    Menurut saya, strategi yang dilakukan guru didalam video mencerminkan nilai-nilai asesmen otentik.
    Video ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa PGPAUD dan bagi para guru PAUD/TK. Materinya aplikatif, sederhana, dan mudah dipahami. Yang paling penting, video ini menunjukkan langsung praktik nyata di dalam kelas yang bisa dijadikan inspirasi dan referensi.
    Guru-guru PAUD sangat terbantu dengan adanya visualisasi cara menghadapi permasalahan di kelas secara konkret. Ini mendukung pemahaman tentang pendekatan yang tepat terhadap perkembangan sosial emosional anak usia dini.

  5. Nama: Aulia Nurul Fajri Zulkipli
    NIM: 860188243

    Pada website guru pintar, seri pembelajaran paud saya memilih video pertama yang berjudul “Anak mengobrol di kelas saat PBM”. Pada video tersebut memperlihatkan interaksi anak-anak di kelas selama proses belajar mengajar. Interaksi ini sangat penting bagi Pendidikan anak usia dini yaitu (PAUD), di mana komunikasi dan kolaborasi antar anak menjadi kunci dalam perkembangan sosial dan emosional mereka. pengamatan awal, video video menunjukkan suasana kelas yang aktif dimana anak tampak terlibat dalam diskusi dan berbagi ide, yang merupakan indikator positif dari lingkungan belajar yang mendukung, yang menunjukkan bahwa guru berhasil menciptakan suasana yang nyaman bagi anak-anak untuk mengekspresikan diri. Video tersebut juga menunjukkan bagaimana anak-anak belajar melalui bermain dan berinteraksi satu sama lain. Metode ini mendekati sama dengan prinsip pendidikan PAUD yang menekankan pentingnya pembelajaran berbasis pengalaman. Interaksi ini mengajarkan anak-anak dengan keterampilan sosial.

    Masukan dan saran saya mengenai kedua video tersebut ada beberapa komentar dan saranmengenai meningkatkan kualitasnya. Dalam video sebaiknya dibuat lebih singkat dan fokus dapat lebih baik menarik perhatian anak-anak. Selain itu, jika dalam video menambah elemen visual yang menarik, sebagai contoh, animasi atau grafik, dapat membantu menjelaskan membuat video lebih interaktif.

  6. Nama: Aulia Nurul Fajri Zulkipli
    NIM: 860188243

    Pada website guru pintar, video pertama yang berjudul “Anak mengobrol di kelas saat PBM”. Pada video tersebut memperlihatkan interaksi anak-anak di kelas selama proses belajar mengajar. Interaksi ini sangat penting bagi Pendidikan anak usia dini yaitu (PAUD), di mana komunikasi dan kolaborasi antar anak menjadi kunci dalam perkembangan sosial dan emosional mereka. pengamatan awal, video video menunjukkan suasana kelas yang aktif dimana anak tampak terlibat dalam diskusi dan berbagi ide, yang merupakan indikator positif dari lingkungan belajar yang mendukung, yang menunjukkan bahwa guru berhasil menciptakan suasana yang nyaman bagi anak-anak untuk mengekspresikan diri.
    Masukan dan saran saya mengenai kedua video tersebut memberikan pelajaran, ada beberapa komentar dan rekomendasi mengenai meningkatkan kualitasnya. Dalam video sebaiknya dibuat lebih singkat dan fokus dapat lebih baik menarik perhatian anak-anak. Selain itu, jika dalam video menambah elemen visual yang menarik, sebagai contoh, animasi atau grafik, dapat membantu menjelaskan membuat video lebih interaktif.

  7. tentang anak yang ngobrol saat proses belajar mengajar berlangsung. Sebagai guru PAUD memastikan anak tetap kondusif merupakan tantangan yang besar karena Anak Usia Dini masih dalam proses melatih fokus mereka. Sebaiknya sebelum mengajak anak – anak belajar, lebih baik ajak anak untuk ice breaking terlebih dahulu dan beritahukan kepada anak – anak konsekuensi yang akan mereka dapat jika mereka tidak bisafokus.

  8. Assalamualaikum wr wb
    Nama : Sri Wahyuni
    Nim : 877958691
    Prodi : PGPAUD

    Judul vidio : Anak mengobrol di kelas saat PBM
    Vidio ini menggambarkan bahwa ada anak yang mengobrol saat berlangsungnya PMB dan memberikan solusi yang tepat untuk mengatasinya diantaranya sebagai berikut
    1. Menenangkan suasana kelas
    2. Memisahkan anak yang mengobrol dengan anak yang sedang belajar
    3. Memposisikan anak yang mengobrol tadi di dekat guru
    4. Melibatkan anak yang mengobrol tadi dalam kegiatan cerita / proses belajar
    5. Tekankan agar anak tidak mengulanginya lagi
    6. Memberikan reword kepada anak yang dapat memperbaiki perilakunya

    Vidio ini sangat bagus karena kita sebagai guru harus bisa menerapkan moral disiplin pada anak. Ketika guru sedang menjelaskan atau bercerita maka anak harus memperhatikan. Upaya guru dlam menangani anak yang mengobrol saat jam belajar sangat bagus.Sehingga anak lebih fokus dlam mendengarkan cerita yang di sampaiakan ibu guru .

  9. Assalamualaikum
    Nama : Sri Wahyuni
    NIM : 877958691
    PRODI:PGPAUD

    Judul Vidio : Anak Ngobro di kelas saat PBM
    Vidio ini menggambarkan mengatasi anak yang Ngobrol saat PMB berlangsung kita sebagai guru harus bisa menerapkan moral disiplin pada anak sehingga anak belajar menghargai. dalam vidio tersebut bebapa solusi guru dalam menghadapi anak ngobrol saat PBM di antaranya
    1. Menenangkan suasana kelas
    2. Memisahkan anak yang mengobrol denagn anak yang sedang fokus belajar
    3. Memposisikan anak yang sedang mengobrol tadi di dekat guru
    4. Melibatkan anak dalam kegiatan cerita / proses belajar
    5. Tekankan anak agar tidak mengulangi kejadian yang serupa
    6. Memberikan reword kepada anak yang mau memperbaiki perilakunya

    Tanggapan saya untuk vido ini
    Vidio ini sangat bagus karena kita sebagai guru harus bisa menerapkan moral disiplin pada anak. Ketika guru sedang menjelaskan atau bercerita maka anak harus memperhatikan. Upaya guru dlam menangani anak yang mengobrol saat jam belajar sangat bagus. Sehingga anak lebih fokus dlam mendengarkan cerita yang di sampaiakan ibu guru

  10. Nama : Fuji Moritasshari
    NIM : 858010922

    Dari Video diatas menggambarkan seorang guru yang sedang melakukan pembelajaran dan anak anak yang mengobrol namun guru sudah mempunyai cara untuk menghentikan hal tersebut dengan mengadakan variasi permainan (permainan tepuk),memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru,memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.

Leave a Reply