silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)
Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang
Kesesuaian tingkat kependidikan Sangat Baik
Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.
Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.
Untung Laksana Budi
Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.
b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.
c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.
Rahmawati
Ijin saya berkomentar
Nama : Desty Sagitatani
NIM : 877682181
Menurut saya video tersebut sudah cukup bagus bagi pendidik / calon pendidik PAUD untuk dapat mengatasi anak yang suka mengobrol saat Guru sedang menerangkan pembelajaran di kelas. Tetapi sebaiknya beri anak ruang untuk menjelaskan kenapa ia mengobrol dengan teman-temannya disaat Guru sedang menjelaskan. Beri anak nasehat juga secara perlahan dan tutur kata yang baik. Tambahkan teks pada video dan melambatkan durasi saat berbicara dapat membantu penonton memahami ilmu yang disampaikan.
Terimakasih
dari vidio tersebut saya dapat pelajaran bagaimana cara mengatasi anak yg suka mengobrol dalam kelas
Nama : Sri Wulandari
NIM : 858987991
Video tersebut sangat bermanfaat bagi saya karena dapat mengetahui dan menangani bagaimana mengatasi anak yang ngobrol dikelas saat PBM yaitu dengan mengubah strategi pembelajaran dengan tepat.
Nama : Amanda Citra Sari
NIM : 856667088
Video tersebut sangat bermanfaat dan memberikan edukasi bagi pendidik mengenai strategi menghadapi anak yang mengobrol di kelas saat proses belajar mengajar. Guru PAUD memiliki peran penting menciptakan suasana belajar yang kondusif dan menggunakan strategi pembelajaran yang menarik agar anak bisa fokus dan bersemangat dalam proses pembelajaran. Guru harus memberikan contoh perilaku yang baik dan menerapkan disiplin positif agar membantu anak memahami pentingnya aturan dan norma dalam kelas.
Nama : Dian Pertiwi
NIM : 877856567
PGPAUD, UT semarang.
Menurut saya berinteraksi dengab teman dapat mengembangkan aspek kognitif, sosial-emosi, dan bahasa. Namun jika berlebihan dapat mengganggu pembelajaran atau teman yang lain dalam kelas. Video tersebut cukup agus dalam menanganinya, namun menurut saya anak yang mengobrol dikelas dapat ditangani dengan melanjutkan obrolannya atau cerita yang di bicarakan dengan teman di depan kelas. Guru bisa mengatakan “waah seru sekali, apa yang mba” Maya” ceritakan, seperti seru sekali, bisa diceritakan didepan agar teman-teman juga mendengarnya?”.
Dengan melakukan bercerita dideoan kelas, selain mengembang aspek bahasa anak, juga melatih kepercayaan diri anak.
Terima kasih.
Nama : Reftia Azka Arini
NIM: 877805213
Pada video tersebut, terlihat anak mengobrol dengan temannya ketika kegiatan pembelajaran berlangsung. Hal ini tentunya membuat suasana kelas menjadi tidak kondusif saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Hal yang dapat dilakukan guru saat kelas tidak kondusif adalah:
1. Mencari tahu penyebabnya, mengapa anak lebih tertarik mengobrol dibanding memperhatikan guru
2. menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi : Gunakan metode pembelajaran yang interaktif, Libatkan siswa dalam kegiatan belajar, misalnya dengan diskusi kelompok, bermain game, atau melakukan eksperimen.
Gunakan media pembelajaran yang menarik: misalnya dengan gambar, video, atau presentasi untuk membuat pelajaran lebih menarik dan mudah dipahami.
3. Memberikan apresiasi atau reward kepada siswa yang tertib : Berikan hadiah kecil atau kesempatan istimewa kepada siswa yang menunjukkan peningkatan dalam perilaku dan perhatian selama pembelajaran berlangsung.
4. Tetap bersikap sabar : Menangani siswa yang ngobrol membutuhkan kesabaran dan pendekatan yang tepat.
Perbedaan yang disebutkan tadi juga, yaitu anak yang suka dekat dengan guru, berarti menggambarkan bahwa anak mencari rasa aman dan perhatian. Dengan mengamati perilaku ini, guru dapat menyesuaikan pendekatan agar anak merasa diperhatikan tanpa mengganggu proses pembelajaran.
Memberikan apresiasi di akhir pembelajaran merupakan strategi yang baik untuk memotivasi anak agar berusaha lebih baik dan belajar mengendalikan diri.
Secara keseluruhan, video ini sangat bermanfaat bagi saya sebagai referensi bagi guru PAUD untuk mengelola kelas dengan lebih efektif dan menciptakan suasana belajar yang kondusif.
Nama : Dian Pertiwi
NIM : 877856567
Prodi PGPAUD, UT Semarang.
Menurut saya interaksi dengan dengan teman dapat mengembangkan aspek kognitif, sosial-emosi, dan bahasa. Namun jika dilakukan dengan berlebihan dapat mengganggu teman dan kegiatan pembelajaran kelas. Cara dalam penanganan tersebut cukup baik dan dapat bermanfaat untuk saya dengan menerapkan di kelas saat ada anam yang mengobrol di kelas.
Saran saya jika ada anak yang ngobrol dikelas, anak tersebut bisa diminta untuk menceritakan obrolannya berasama teman di depan kelas, guru dapat mengatakan “waah seru sekali cerita, bisa minta tolong diceritakan didepan? Kerana bu guru dan teman2 juga mau mendengarkannya, pasti cerita seru sekali”. Dengan anak menceritakan dideoan kelas, selain mengembangkan aspek bahasa, anak juga dapat meningkatkan kepercayaan dirinya.
Nama :irma rosyidatul hujroh
Nim :877836612
Video tersebut sangatlah bermampaat bagi saya karena mendapatkan solusi untuk menghadapi anak yang seing ngobrol di kelas saat pbm sehingga mampu mengatasinya dan mampu memberikan contoh baik pada anak
NAMA : SITI MUSYAROFAH
NIM : 878191828
ANAK NGOBROL DI KELAS SAAT PBM
untuk mengatasi siswa yang ngobrol sendiri ada beberapa cara yaitu
NAMA : SITI MUSYAROFAH
NIM : 878191828
ANAK NGOBROL DI KELAS SAAT PBM
untuk mengatasi siswa yang ngobrol sendiri ada beberapa cara yaitu :
1. menenangkan suasana di kelas
pisahkan anak yang asyik mengobrol dari anak yang sudah belajar
3. pastikan anak yang mengobol berada di dekat guru
4. libatkan anak dalamkegiatan cerita dan akses belajar mengajar
5. tekankan agar anak tidak mengulangi kejadian yang sama
6. berikan reward jika anak sudah memperbaiki perilaku.