silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)
Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang
Kesesuaian tingkat kependidikan Sangat Baik
Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.
Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.
Untung Laksana Budi
Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.
b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.
c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.
Rahmawati
Nama:nurbaiti
Nim 856988325
Izin menanggapi vidio anak ngobrol saat kegiatan pbm
Dalam Video tersebut terlihat ada anak yang mengobrol saat kegiatan pembelajaran sedang berlangsung, hal itu disebabkan kurangnya media yang dijadikan guru sebagai bahan ajar, jadi anak kurang tertarik mengikuti kegiatan pembelajaran, namun dalam video tersebut dilakukan solusi yang cukup membantu mengondisikan anak- anak tersebut, diantaranya guru memindahkan anak yang suka ngobrol kedekat guru, guru memberika reward untuk anak yang bisa, tenang serta guru memberikan permain pbman yang sederhana agar anak dapat fokus kembali. dengan pendekatan yang dilakukan guru tersebut dapat membuat suasana belajar menjadi efektif.
Terima kasih wassalam
Nama: Dewi Fatmawati
Nim: 877958423
Izin menanggapi video kegiatan sosial emosional pada kegiatan anak ngobrol di kelas saat PBM.
Dalam video tersebut saat guru membacakan cerita ada beberapa anak yang masih ngobrol sama temannya.
Mungkin di sebabkan karena kurang menariknya media pembelajaran dan expresi guru saat kegiatan bercerita.
Tapi guru tersebut bisa menangani saat ada anak yang ngobrol dengan temannya.
1.Kegiatan bercerita guru di hentikan sementara untuk menenangkan anak tersebut.
2.Pisahkan anak yang ngobrol
3.Posisikan anak yang mengobrol di depan guru
4.Lihatkan anak dalam proses belajar bercerita
5.Memberikan reward pada anak yang bisa tenang dan mendengarkan saat ada guru yang bercerita.
Dengan solusi ini sudah tepat yang di lakukan guru sehingga anak anak bisa mengikuti kegiatan cerita tersebut.
Nama : Jufiza Putri, NIM : 855895229
Berdasarkan tayangan video diatas, guru tersebut memperlihatkan beberapa strategi untuk mengatasi masalah anak ngobrol di kelas saat PBM. Langkah pertama yang dipraktikkan ialah dengan menghentikan sejenak pembelajaran untuk menenangkan atau menertibkan suasana, memisahkan anak yang mengobrol dari yang fokus belajar, dan memposisikan anak yang suka mengobrol lebih dekat dengan guru serta melibatkan anak tersebut dalam kegiatan pembelajaran. Selain itu, guru juga melakukan penekanan agar anak tidak mengulangi kejadian semula serta memberikan reward di akhir pembelajaran bagi anak yang mampu mengikuti kegiatan dengan baik.
Menurut pendapat saya untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, interaktif, dan ramah anak, langkah-langkah tersebut sangat sesuai untuk diterapkan di dalam kelas, pasalnya anak-anak memiliki perasaan yang sangat cukup sensitif, maka keahlian melakukan pendekatan dalam hal menegur membutuhkan pengetahuan, sehingga guru dapat benar-benar menciptakan suasana yang selalu menyenangkan disaat pembelajaran berlangsung.
Nama : Fitria Febriyati
NIM : 878191566
video tersebut sangat menginspirasi para guru PAUD. mengingat bahwa dalam mengajar didalam kelas selalu ada beberapa anak yang tidak fokus atau ramai sendiri mengobrol dengan teman-temannya, tentu hal ini sangat membuat kondisi pembelajaran tidak nyaman dan kurang kondusif. untuk mengatasi permasalahan ini guru bisa meniru cara yang ada didalam video ini.
Terimakasih Guru Pintar Online atas sajian-sajian video inspirasinya.
Permasalahan yang terjadi dalam video ini tentunya sudah menjadi makanan sehari-hari para guru, terutama guru PAUD. Berbagai tips yang diberikan melalui video ini tentunya sudah diterapkan juga oleh guru-guru. Namun memang untuk menjadikan pembiasaan baik bagi anak-anak tidak bisa hanya dilakukan 1 atau 2 hari, tetapi harus konsisten. Karena saya meyakini, jika guru konsisten menerapkan kebiasaan baik di kelas, anak akan menjadikannya sebagai kebiasaan baik yang akan menjadi bekal untuk kehidupannya di masa mendatang. Selain itu guru juga harus terus meningkatkan kreativitas dalam melakukan pembelajaran untuk lebih menarik perhatian anak-anak dan mereka menjadi semangat untuk belajar.
Assalamualaikum,
mohon izin menanggapi
Nama : Deti Ade Novrianti
NIM : 856655771
Berdasarkan video tersebut, terlihat anak yang sedang asyik mengobrol sendiri saat kegiatan belajar mengajar tengah berlangsung. Mungkin saja hai ini disebabkan karena kurangnya alat dan media pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan bercerita yang dapat menarik perhatian anak.
Namun solusi yang dilakukan terlihat cukup dapat membantu mengkondisikan anak dan situasi kelas, misalnya:
1. Memisahkan posisi anak yang senang mengobrol ke dekat guru
2. Mengadakan kegiatan pembelajaran yang menarik perhatian anak, seperti permainan tepuk tangan
3. Memberikan apresiasi berupa reward atau hadiah kepada anak diakhir kegiatan pembelajaran agar anak mampu bersikap jauh lebih baik lagi
Terimakasih
Nama : Reimia Ramadana
NIM : 859675685
Dalam video yang berjudul “Anak mengobrol di kelas saat PBM”, menampilkan situasi umum di kelas PAUD, dimana anak-anak cenderung berbicara atau mengobrol selama kegiatan berlangsung. Tanggapan saya terkait video tersebut, meliputi :
1. Pendekatan guru yang sabar
2. Lingkungan belajar yang ramah
3. Manajemen kelas yang efektif
4. Penggunaan teknik pembelajaran aktif
Secara keseluruhan, dalam video ini memberikan gambaran nyata tentang tantangan dan dinamika dalam pengelolaan kelas PAUD. Dengan pendekatan yang tepat, guru dapat menyeimbangkan kebutuhan sosial anak dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
Nama: Maya Ismaya
NIM: 857470998
Judul Video: Anak Ngobrol di Kelas Saat Pembelajaran
Untuk mengatasi hal ini, dapat dilakukan cara sebagai berikut: (1) hentikan proses pembelajaran sejenak untuk menenangkan suasana kelas, (2) pisahkan anak yang mengobrol dengan anak yang sedang fokus belajar, (3) pindahkan anak yang mengobrol untuk duduk di dekat guru, (4) libatkan seluruh anak dalam proses belajar mengajar, (5) tekankan pada anak untuk tidak mengulangi perbuatan yang sama, (6) berikan reward kepada anak, jika anak dapat mengubah perilakunya.
Nama : Khatarina Sartini Setia
NIM : 859325828
Video seri pembelajaran yang sudah saya nonton ” anak ngobrol saat PBM”.
Dalam video tersebut telah ditayangkan seorang guru yang sedang melakukan kegiatan pembelajaran dalam kelas. Namun ketika ibu guru sedang mengajar masih ada anak-anak yang asik ngobrol. Dalam hal seperti ini dibutuhkan keterampilan sosial seorang guru paud.
Adapun cara untuk mengatasi hal tersebut adalah sebagai berikut:
1. Menunda PBM dalam kelas.
2. Mengubah strategi PBM guru dalam kelas.
3. Menggunakan materi yang menarik perhatian anak didik.
4. Hentikan PBM sejenak untuk menenangkan anak.
5. Pisahkan anak yang ngobrol dari anak yang tidak ngobrol.
6. Posisikan anak yang ngobrol dekat dengan guru.
7. Libatkan anak dalam kegiatan bercerita.
8. Tekankan agar anak tidak mengulangi lagi.
9. Beri reward pada anak yang disiplin, agar anak lain merasa terinspirasi.
Nama : Khatarina Sartini Setia
NIM : 859325828
Video seri pembelajaran yang sudah saya nonton ” anak ngobrol saat PBM”.
Dalam video tersebut telah ditayangkan seorang guru yang sedang melakukan kegiatan pembelajaran dalam kelas. Namun ketika ibu guru sedang mengajar masih ada anak-anak yang asik ngobrol. Dalam hal seperti ini dibutuhkan keterampilan sosial seorang guru paud.
Adapun cara untuk mengatasi hal tersebut adalah sebagai berikut:
1. Menunda PBM dalam kelas.
2. Mengubah strategi PBM guru dalam kelas.
3. Menggunakan materi yang menarik perhatian anak didik.
4. Hentikan PBM sejenak untuk menenangkan anak.
5. Pisahkan anak yang ngobrol dari anak yang tidak ngobrol.
6. Posisikan anak yang ngobrol dekat dengan guru.
7. Libatkan anak dalam kegiatan bercerita.
8. Tekankan agar anak tidak mengulangi lagi.
9. Beri reward pada anak yang disiplin, agar anak lain merasa terinspirasi.