silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)
Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang
Kesesuaian tingkat kependidikan Sangat Baik
Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.
Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.
Untung Laksana Budi
Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.
b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.
c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.
Rahmawati
Nama : I GA PT Rina Saraswati Dewi
Nim : 859040326
Setelah menonton video ini tentang ” Anak mengobrol di kelas saat PBM” yang membahas tentang bagaimana cara guru menghadapi anak yang suka mengobrol saat pembelajaran berlangsung. Situasi seperti ini sering terjadi dalam kegiatan pembelajaran, guru diberikan beberapa solusi seperti memindahkan anak yang suka ngobrol ke dekat guru,memberi permainan singkat supaya anak fokus lagi, dan memberikan pujian atau hadiah kecil jika anak bisa tenang. Video ini memang cocok diterapkan di kelas
nama : Laganingtyas Sanda Arlina
NIM : 858016006
UPBJJ UT Yogyakarta
Berdasarkan video tersebut dapat disumpulkan bahwa sebagai seorang guru seharusnya bisa menguasai kelas. Apabila ada siswa yang mengobrol saat PBM maka hal-hal yang dapat dilakukan yaitu hentikan pembelajaran sejenak untuk menenangkan anak yang mengobrol, pisahkan anak yang mengobrol dengan anak yang tenang dalam PBM, pastikan anak yang mengobrol tadi terlihat di depan guru, libatkan anak tersebut dalam kegiatan cerita/ kegiatan main, tekakankan pada anak untuk tidak mengulanginya lagi, berikan reward pada anak yang berhasil berbuat baik dengan tidak mengobrol kembali.
Berdasarkan video diatas,saat ingin bercerita kita harus mempersiapkan segala sesuatunya,misalnya alat peraga yang lebih menarik,atau dengab mimik dan suara yang menarik perhatian anak.
Terimakasih atas sarannya….
Izin berkomentar
Nama : Lidya Rosiana
UPBjj : Malang
Video tentang mengatasi anak yang mengobrol di dalam kelas di atas sangat bermanfaat bagi saya, karena sesuai denga permasalahan yang saya hadapi.
dari video tadi, bisa saya simpulkan bahwa cara mengatasi anak yang suka mengobrol pada saat proses pembelajaran berlangsung adalah :
a. menghentikan proses pembelajaran untuk menenangkan anak yang mengobrol agar fokus mengikuti proses belajar yang sedang berlangsung
b. pisahkan anak yang mengobrol
c. dekatkan anak mengobrol tadi dengan guru
d. libatkan anak dalam proses pembelajaran
e. tekankan kepada anak agar kejadian tadi tidak terulang lagi
f. berikan reward untuk anak yang mengikuti proses pembelajaran
Nama : Desi Susilawati
NIM : 857409253
UPBJJ BOGOR
Izin menanggapi video tersebut.
Berdasarkan video yang sudah saya lihat ini. Setiap guru diusahakan memiliki kemampuan yang baik dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran di dalam kelas salah satunya strategi dalam mengatasi anak yang mengobrol saat kegiatan belajar mengajar berlangsung. Video ini sangat bermanfaat dan memberikan ilmu bagi teman guru jika menghadapi situasi yang sama.
Nama : Dewi Setyowati
NIM : 857865672
Setelah melihat video tersebut saya mendapat ilmu cara mengatasi permasalahan yang terjadi pada kegiatan yang sangat mengganggu proses pembelajaran. Permasalahan anak mengobrol merupakan masalah yang sering terjadi dikelas, sebelumnya saya belum menggunakan strategi yang tepat dalam mengatasinya.
Dari video tersebut memberikan gambaran dan solusi Strategi sangat tepat yang dapat diterapkan dikelas, karena dengan mengubah strategi guru dapat mengkondisikan anak dan kelasnya. Cara – cara tersebut menurut saya sangat efektif, jika masalah terkecil tidak diatasi maka kelas tidak akan kondusif dan muncul masalah baru.
Terimakasih.
dari video diatas saya dapat belajar bagaimana mengatasi permasalahan pada saat kegiatan pembelajaran anak yang ngobrol di dalam kelas saat pembelajaran, nampak dari video di atas guru mengatasi anak yang ngobrol dengan mengubah strategi pembelajaran , guru menghentikan ceritanya memisahkan anak yang ngobrol, menempatkan anak yang ngobrol dekat dengan guru, guru dapat melibatkan anak dalam kegiatan bercerita, memberikan reward untuk anak. dengan memperbaiki strategi dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif
Setelah melihat dan memperhatikan video tersebut, saya jadi memahami bagaimana cara mengatasi anak yang mengobrol saat PBM berlangsung. Dengan menghentikan kegiatan, memisahkan anak yang mengobrol dan anak yang belajar, memposisikan anak yang mengobrol di dekat guru, melibatkan anak dalam proses belajar, dan memberikan apresiasi jika anak tidak mengulangi mengobrol.
Di kelas, saya biasa melibatkan anak-anak yang suka mengobrol dalam PBM. Misalnya dengan meminta mereka yang membacakan cerita, atau melibatkan mereka bermain peran ketika saya menyampaikan cerita. Hal ini dapat membuat anak-anak yang mengobrol ini, mengembangkan kemampuan berbahasanya ke arah yang positif dan bermakna. Karena, anak yang suka mengobrol ini tidak sepenuhnya buruk. Mereka berarti sudah memiliki kosakata yang banyak, dan memiliki kemampuan berbahasa yang baik. Anak-anak demikian perlu diarahkan agar kemampuan berbahasa mereka dapat lebih baik.
Nama : Mona Febrika
NIM : 856235595
Prodi : S1 PG PAUD
UPBJJ : PADANG
Assalamualaikum wr.wb
Berdasarkan video diatas tentang anak ngobrol di kelas saat PBM, ada beberapa anak yang terlihat ngobrol saat PBM, lalu ibuk gurunya menegur anaknya saat ngobrol dan gurunya memisahkan anak yang ngobrol saat PBM, lalu ibuk gurunya menarik anak yang ngobrol ke depan papan tulis supaya anak tersebut bisa mendengarkan saat PBM, cara mengatasi anak ngobrol di kelas saat PBM menurut saya, yang pertama guru harus tahu penyebabnya supaya anak tidak ngobrol saat PBM, kedua guru harus gunakan metode belajar yang bervariasi supayapembelajaran yang menyenangkan dan bermakna bagi anak, ketiga buat aturan yang tegas dan jelas supaya anak tidak ngobrol di kelas saat PBM, keempat sabar dan jangan gunakan suaran keras pada anak karena anak takut mendengarkannya, kelima beri apresiasi kepada anak yang tertip supaya anak senang saat melakukan PBM.
Nama: Nur Laila Fitriani
Nim:858316231
Video di atas sangat bermanfaat saya memahami bagaimana menghadapi anak ngobrol saat PBM.menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, dan menciptakan aturan yang jelas. Selain itu, penting untuk bersabar dan tidak menggunakan suara keras, serta memberikan apresiasi kepada siswa yang tertib. Dengan menerapkan berbagai cara ini, guru dapat mengatasi siswa yang suka mengobrol di kelas dan menciptakan suasana belajar yang kondusif dan menyenangkan.