silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)
Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang
Kesesuaian tingkat kependidikan Sangat Baik
Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.
Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.
Untung Laksana Budi
Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.
b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.
c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.
Rahmawati
Nama : Ida Ayu Sri Manik
NIM : 859038684
Kegiatan dalam video tersebut menjelaskan tentang strategi mengatasi anak yang mengobrol saat pembelajaran. Video tersebut sangat bermanfaat bagi pendidik yang ingin memantapkan pengalaman dalam pembelajaran. Adapun yang bisa kita pelajari antara lain:
1. Mengubah strategi pembelajaran agar suasana kelas kondusif.
2. memisahkan anak yang mengobrol
3. posisikan anak dekat guru
4. melibatkan anak dalam pembelajaran/ cerita
5. jangan lupa untuk terus memberi motivasi anak agar menjadi lebih baik lagi.
semoga kita semua dapat mengambil pelajaran dari video yang disajikan, agar dapat mencapai tujuan yang diharapkan.
Nama : Sri Handayani
Nim : 858298119
Karena saya seorang guru yang sering menghadapi situasi tersebut, dengan menonton video yang disajikan pada situs ini saya dapat ilmu dan informasi baru bagaimana cara mengatasi anak yang asik mengobrol di dalam kelas saat proses belajar mengajar. Alhamdulillah apa yang didapatkan insya allah akan diterapkan di kelas saya agar proses belajar mengajar dapat berjalan dengan lancar.
Nama : Ai kurnia
Nim : 877831416
Untuk menghadapi anak anak yang ikut ngobrol saat kegiatan belajar mengajar, maka guru harus mengubah strategi pembelajaran agar lebih menarik minat anak, menghentikan sejenak kegiatannya dan menghampiri anak yang sedang ngobrol tersebut, kemudian guru memisahkan anak yang suka ngibrol dari anak anak lainnya yang sedang ikut belajar dan memposisikan dekat guru, setelah itu guru melibatkan anak dalam proses pembelajaran, guru juga menasihati anak tersebut agar tidak mengulangi kesalahannya, kemudian guru senantiasa memotifasi anak untuk berubah dengan reward sehingga anak bersemangat untuk belajar lebih baik lagi.
Nama : Ai kurnia
Nim. : 877831416
Setelah saya mengamati video di atas kegiatan yang sedang di lakukan oleh guru tersebut adalah bercerita didepan anak, sudah pasti akan ada saja anak yang mengobrol saat kegiatan belajar mengajar maka dari itu sudah tepat guru tersebut harus merubah strategi agar lebih disiplin lagi, guru tersebut sudah tepat memberhentikan sejenak ceritanya kwmudian menghampiri anak yang sedang mengobrol tersebut kemudian memisahkan anak tersebut dari anak anak lain yang lebih fokus dalam mendengarkan cerita guru, anak yang suka ng. obrol di posisiskan duduknya dekat dengan guru, kemudian ikut sertakan anak dalam kegiatan bercerita tersebut, setelah selesai kwgiatan guru menasihati anak bahwa yang dilakukan anak tersebut tidak baik, guru selalu memotifasi anak agar mau berubah dan tidak mengulangi perbuatannya, dan guru memberikan reward karena anak tersebut tidak mau mengulangi nya
Assalamua’alaikum wr wb
Nama : Risma Shabra
NIM : 858332497
Tanggapan saya tentang materi “Anak Ngobrol saat PBM” sangat relevan dengan dinamika pembelajaran di Pendidikan Anak Uisa Dini (PAUD). Dalam pembelajaran sosial emosional, penting bagi pendidik memahami bahwa perilaku anak yang tampak “mengobrol” saat Proses Belajar Mengajar (PBM) tidak selaalu menunjukkan ketidaksopanan atau gangguan. Sebaliknya, ini bisa menjadi cerminan dari perkembangan sosial anak yang sedang belajar berinteraksi dan mengekspresikan dirinya.
Materi ini memebrikan sudut pandang yang bijak dan edukatif, mengajak guru untuk :
– Mengenali penyebab anak berbicara saat PBM, apakah karena ingin berbagi ide, bertanya, atau sekedar mencari perhatian.
– Memberikan respons yang empatik, bukan sekedar melarang, tetapi mengarahkan percakapan anak agar tetap relevan dengan kegiatan.
– Menumbuhkan kemampuan regulasi emosi, baik pada anak maupun guru. Guru yang tenang dan memahami konteks sosial emosional akan lebih efektif dalam
membimbing anak.
Materi ini juga memperkuat pemahaman bahwa keterampilan sosial seperti berbicara, mendengarkan, dan berempati tidak hanya diajarkan secara teori, tetapi melalui interaksi sehari-hari di kelas.
Kesimpulannya:
Secara keseluruhan, materi ini sangat bermanfaat bagi guru PAUD dalam membangun pendekatan yang humanis dan konstruktif terhadap perilaku anak. diharapkan guru dapat mengembangkan lingkungann belajar yang mendukung perkembangan sosial emosional anak secara optimal.
Terima Kasih
Setelah saya melihat video diatas, didalam video tersebut berisi tentang anak yang mengobrol disaat PBM dan ibu guru mengatasinya dengan cara :
1. Memisahkan anak yang mengobrol dengan anak yang tidak mengobrol.
2. Memposiskan anak yang mengobrol berada di dekat guru.
3. Ajak anak terlibat dalam belajar ( di dalam video guru sedang bercerita)
4. Tekankan agar anak tidak mengulanginya.
5. Memberikan reward kepada anak yang tidak mengobrol.
Alhamdulillah saya sudah menerapkannya di sekolah saya untuk poin 1-4, Untuk poin 5 saya biasa memberikan pujian kepada anak.
Nama : Irnasari
NIM. : 858321691
Isi video yaitu cara mengatasi anak yang sedang mengobrol dengan temanya pada saat guru bercerita. Cara yang dilakukan guru yaitu : pertama menghentikan kegiatan dan mendekati anak yang mengobrol. Kedua meminta anak pindah duduk kedepan dekat dengan guru dan setelah itu gur melanjutkan cerita.
Dari video tersebut cara menanganinya sudah bagus, hanya saja saya melihat kekurangnya yaitu pada saat anak di pindah ke posisi depan (dekat dengan guru), posisi tersebut kurang pas karena anak tidak bisa melihat buku cerita yang disampaikan oleh guru sehingga anak hanya diam. Menurut pendapat saya posisi yang pas untuk pemindahan anak dekat dengan guru tapi anak masih bisa melihat buku bergambar cerita tersebut.
Nama : Muhini
Nim. : 859179083
UPBJJ : UT. Mataram
Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh
Video ini menceritakan kisah anak yang ngobrol saat proses belajar mengajar. Video ini sangat membantu memberikan solusi bagaimana cara mengatasi hal tersebut seperti dengan cara menghentikan kegiatan proses belajar sejenak untuk menenangkan suasana kelas, pisahkan anak yang mengobrol dari anak yang sedang belajar, posisikan di dekat guru, libatkan anak dalam proses belajar mengajar, tekankan anak agar jangan mengulangi lagi, berikan reward kepada anak jika dapat memperbaiki perilakunya. Vidio Ini sangat bermanfaat dapat menambah wawasan dan bisa kita contoh sebagai pendidik.
Sekian tanggapan saya, terimakasih
Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh
Maria Ulfa / 877317045
Video Anak mengobrol di kelas merupakan kasus yang umum terjadi mengingat anak sedang mengembangkan kemapuan berkomunikasi dan bersosialisasi, namun perkembangan tersebut harus dilakukan pada waktu dan kondisi yang tepat.
Berdasarkan video tersebut, anak terlihat ngobrol ketika guru sedang melakukan kegiatan read a loud sehingga tidak memperhatikan isi cerita guru, dan membuat kelas tidak kondisional.
Materi dan solusi dalam video ini sangat bermanfaat dan dapat saya terapkan di kelas mengingat ada beberapa anak yang harus sering diingatkan karena anak mengobrol
Terima kasih
Nama : KAMALA
NIM : 825970174
Dari Video Tersibut Saya Mengambil Kesimpulan yaitu, Anak belum mampu mengendalikan diri dan belum memahami pentingnya fokus saat pembelajaran. Diperlukan arahan, penguatan aturan kelas, serta strategi pembelajaran yang menarik agar anak lebih terlibat dan disiplin.