silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)
Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang
Kesesuaian tingkat kependidikan Sangat Baik
Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.
Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.
Untung Laksana Budi
Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.
b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.
c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.
Rahmawati
Nama: Elvinae
Nim : 858159222
Dari video di atas saya mendapatkan cara bagaimana mengatasi anak yang masih sering ngobrol di kelas seperti di jelaskan di video guru harus mengubah strategi pengajaran di dalam kelas, dimana guru dapat memisahkan tempat duduk anak agar lebih dekat dengan guru.
Dari video ini dapat di jadikan solusi bagaimana mengatasi anak yang ngobrol di kelas
Nama : Yesica Setiara Siregar
NIM : 856857633
Video ini sangat relevan dengan tantangan di lapangan. Anak yang suka ngobrol saat kegiatan belajar memang perlu pendekatan yang kreatif dan empatik. Saya suka strategi guru yang menggunakan reward dan permainan untuk mengalihkan perhatian anak. Tapi menurut saya, perlu juga disisipkan aturan kelas sejak awal agar anak tahu batasan secara konsisten.”
Nama : Aperiani Zega
NIM : 877800927
UPBJJ : Jakarta
Menurut saya, program ini memberikan gambaran nyata tentang tantangan perkembangan moral dan disiplin anak usia dini
Khususnya kebiasaan anak yang suka mengobrol saat pembelajaran. Hal ini tidak bisa dipungkiri pasti setiap guru pernah mengalami hal tersebut.
Strategi yang ditunjukkan guru di video sangat tepat dan edukatif. Penggunaan variasi permainan seperti tepuk-tepuk dapat mengalihkan perhatian anak sekaligus menjaga fokus mereka dengan cara yang menyenangkan. Memindahkan anak ke dekat guru juga merupakan langkah yang efektif untuk memberikan kontrol lebih baik tanpa membuat anak merasa dihukum. Pemberian reward di akhir pembelajaran mendorong motivasi anak untuk berperilaku lebih baik. Secara keseluruhan, pendekatan ini mencerminkan pengelolaan kelas yang positif dan mendukung perkembangan anak secara bertahap.
Setelah melihat video tersebut, menurut saya video tersebut sangat bermanfaat dan menginspirasi untuk saya sebagai pendidik anak usia dini. Dimana hal ini juga sering saya dapati ketika kegiatan pembelajaran berlangsung yaitu permasalahan perkembangan moral-disiplin pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Dan upaya yang disampaikan pada video tersebut memberi inspirasi untuk dapat mengatasi anak yang mengobrol saat pembelajaran berlangsung. Pada video tersebut guru terlihat mengadakan variasi permainan, memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru dan memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi. Hal tersebut bisa saya jadikan acuan agar kedepannya saya sebagai pendidik AUD bisa besikap lebih baik lagi dalam mengatasi anak yang mengobrol ketika kegiatan pembelajaran berlangsung dikelas saya.
Nama : Nurhayati
NIM : 859687482
UPBJJ : UT Bandung
Vidio tersebut sangat bagus sekali untuk dapat dipelajari oleh guru PAUD. Hal tersebut juga sering saya alami ketika sedang membacakan buku cerita. Ada anak yang ngobrol saat pembelajaran. Langkah-langkahnya bagus sekali untuk kita terapkan dalam pembelajaran jika mendapatkan kasus yang sama. Cara yang dapat kita lakukan untuk mengatasi anak yang ngobrol saat pembelajaran guru dapat memulai dengan mencari tahu penyebabnya, menerapkan metode belajar bervariasi, dan membuat aturan kelas yang jelas. Kemudian, dapat dilakukan pemberian peringatan non-verbal, serta menjaga ke-sabar-an dan menghindari suara keras. Selain itu, memberikan apresiasi kepada anak yang tertib juga dapat menjadi langkah positif.
Assalamuallaikum.Wr.wb
Nama : Susi sukisanti
NIM : 877696498
Dalam video diatas, menggambarkan bahwa kedisiplinan anak ketika proses pembelajaran memerlukan strategi yang tepat agar anak dapat terkontrol dengan baik. Strategi pembelajaran yang telah diterapkan sebagimana dalam video tersebut, menurut saya sangat tepat dan bermanfaat untuk saya pribadi sebagai referensi dalam meningkatkan keefektifan mengajar dikelas. Kejadian diatas memang sering sekali terjadi disaat pembelajaran berlangsung. Upaya dalam mengatasi kedisiplinan anak ketika proses belajar menurut video diatas adalah menghentikan aktivitas cerita atau kegiatan pembelajaran sebentar, memisahkan anak yang suka mengobrol, memposisikan anak yang suka mengobrol didekat guru, melibatkan anak dalam kegiatan cerita dan proses belajar mengajar, memberikan reward kepada anak yang sudah disiplin dalam pembelajaran.
Strategi Mengatasi Anak yang Suka Mengobrol
Beberapa strategi yang disarankan dalam artikel tersebut meliputi:
• Variasi Permainan: Menggunakan permainan seperti tepuk tangan untuk menarik perhatian anak dan mengalihkan fokus mereka dari mengobrol.
• Penempatan Strategis: Memindahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru untuk memudahkan pengawasan dan interaksi langsung.
• Pemberian Reward: Memberikan penghargaan di akhir pembelajaran sebagai motivasi bagi anak untuk berperilaku baik selama PBM.
Penggunaan Media Pembelajaran
Guru disarankan untuk menggunakan media pembelajaran yang menarik, seperti gambar binatang berukuran besar yang ditampilkan melalui proyektor (Infocus PowerPoint). Hal ini bertujuan untuk mengalihkan perhatian anak dari mengobrol dan meningkatkan fokus mereka terhadap materi yang diajarkan.
Kesesuaian dengan Kurikulum dan Perkembangan Anak
Pendekatan yang disarankan sesuai dengan Kurikulum 2013 dan perkembangan anak usia dini. Penggunaan cerita tentang binatang dianggap menarik bagi anak-anak dan mendukung proses pembelajaran yang efektif.
Dari video tersebut, saya belajar cara mengatasi anak-anak yang masih suka mengobrol saat di kelas. Seperti yang dijelaskan dalam video, guru disarankan untuk mengubah strategi mengajarnya, misalnya dengan mengatur ulang posisi duduk siswa agar mereka lebih dekat dengan guru. Pendekatan ini bisa menjadi salah satu solusi untuk mengurangi kebiasaan siswa yang suka mengobrol saat proses belajar berlangsung.
Setelah melihat video tentang anak yang suka mengobrol saat proses belajar mengajar Menurut saya anak tersebut kurang tertarik dengan cerita dan metode pembelajaran yang monoton. Alhamdulillah dengan melihat video tersebut sebagai guru bisa saya lakukan juga. Tips tersebut untuk mengatasi hal2 yang terjadi dikelas yang seperti itu. Dengan menggunakan media yang menarik anak. Sehingga anak bisa tertarik dan lebih fokus ke guru dan cerita atau pembelajaran yang disampaikan
Nama : Yang Yulita Fuziawati
NIM : 857408591
Judul video : Anak Ngobrol dikelas saat PBM
Menurut saya, ketika anak-anak ngobrol di kelas saat PBM, itu bisa menunjukkan bahwa mereka belum sepenuhnya paham aturan kelas, atau belum cukup tertarik dengan kegiatan belajar yang sedang berlangsung. Hal ini wajar terjadi, terutama di usia anak TK atau PAUD, karena mereka masih dalam tahap belajar mengontrol diri dan memahami situasi sosial.
tindakan guru dalam video tersebut sudah terlihat menangani anak tersebut dengan mendekatkan anak tersebut dengan guru dan berusaha anak tersebut diajak interaktif dalam pembelajaran.