silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)

Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang

Kesesuaian tingkat kependidikan  Sangat Baik

Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.

Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.

Untung Laksana Budi

Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.

b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.

c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.

Rahmawati

Similar Posts

1,932 Comments

  1. Anak suka mengobrol saat guru sedang bercerita memang sering terjadi di TK. Di kelas saya, sebelum memulai bercrita, guru dan siswa menyepakati aturan bersama. Saat guru bercerita, anak mendengarkan, dan nanti anak-anak bisa menceritakan kembali apa yang guru sampaikan. Saat guru bercerita, anak mengobrol, saya sebagai guru akan memisahkan mereka, jika masih mengobrol namun dengan teman berbeda, saya akan pindahkan anak tersebut di sebelah saya. Sama Halnya seperti yang disampaikan dalam video di atas. Tak lupa, untuk memotivasi, guru memberikan reward baik berupa pujian atau stiker/ stempel “bagus” saat anak menyadari kesalahannya dan tidak mengulangikembali.

  2. Nama : Titin Nurhalimah
    Nim : 857534474
    Matkul : metode pengembangan sosem

    Menurut saya video diatas memaparkan cara mengatasi anak yang mengobrol dikelas saat pembelajaran sedang berlangsung, caranya sangat efektif seperi :
    1) Menghentikan pembelajaran sejenak, untuk menghampiri dan menenangkan anak yang sedang mengobrol
    2) Pisahkan anak yang mengobrol
    3) Tempatkan anak yang sering mengobrol dekat guru
    4) Libatkan anak dalam pembelajaran, misal dalam video dalam kegiatan bercerita
    5) pastikan anak tidak mengulangi kejadian yang sama
    6) berikan reward atau pujian jika anak dapat memperbaiki sikapnya

    Terima kasih

  3. Siti Rokhayatun
    858000115

    Izin menanggapi video tersebut, dalam proses PBM, anak yang suka mengobrol menurut saya karena metode yang digunakan guru saat bercerita kurang menarik, penyampaiannya monoton dan kurang variatif. Dengan melihat video tersebut, menjadi inspirasi bagi saya untuk berusaha membuat dan mengemas kegiatan bercerita dengan penggunaan media buku yang lebih menarik, pembacaan buku dengan intonasi, gaya dan mimik bahasa tubuh yang berbeda dari biasanya. Dengan demikian anak akan lebih tertarik dan fokus dalam mendengarkan cerita

  4. Siti Rokhayatun
    858000115

    Izin menanggapi video tersebut. dalam proses PBM, anak yang suka mengobrol menurut saya karena metode yang digunakan guru saat bercerita kurang menarik, penyampaiannya monoton dan kurang variativ. dengan melihat video tersebut, bisa menjadi inspirasi bagi saya untuk berusaha membuat dan mengemas kegiatan bercerita dengan penggunaa media buku yang lebih menari, pembacaan buku dengan intonasi, gaya bercerita dan mimik bahasa tubuh yang berbeda beda dari setiap karakter yang dibacakan. dengan demikian anak akan lebih tertarik dan fokus dalam mendengarkan cerita

  5. Nama: Undarniati
    Nim: 858188262
    Dari video tersebut, cara mengatasi anak yang mengobrol saat pembelajaran sangat efektif. Jika dari saya yang perlu ditambahkan diantaranya yaitu:
    1. Ajak anak untuk fokus kembali dengan perlahan
    2. Berikan contoh yang baik
    3. Buat suasana belajar jadi menyenangkan dan menarik
    4. Berikan pujian kepada anak yang mau fokus belajar agar memotivasi mereka

  6. Nama Enni Rahmadhani
    NIM 857383319

    Video ini sangat bermakna bagi saya sebagai pendidik karena saya belajar pentingnya kesabaran dan pengelolaan emosi saat menghadapi anak-anak yang mengobrol atau tidak fokus. Guru dalam video menunjukkan pendekatan lembut dan penuh pengertian tanpa memarahi, yang mengajarkan saya pentingnya komunikasi positif dan menciptakan suasana kelas yang kondusif agar anak kembali terlibat dalam pembelajaran.

  7. nama : nurlela latif
    nim : 858590776

    dalam video tersebut tentang Anak Ngobrol di Kelas Saat PBM menurut saya yang saya amati yaitu guru sabar dalam menghadapi anak yang suka ngobrol berusaha memisahkan anak tersebut dan didekatkan dengan guru dan memberikan pujian. menurut saya dalam pembelajaran bercerita kurang manarik atau kurang variatif, salah satu menarik perhatian anak-anak dikelas dengan melakukan kegiatan video tentang pembelajaran agar anak fokus belajara dalam kelas.

  8. Nama : Siti Atmawati
    NIM : 859519699
    cerita yang disampaikan sudah cukup baik yaitu tentang “Anjing dengan bayangannya” namun, intonasi yang disampaikan kurang menarik dan lebih diawali dengan icebreaking terlebih dahulu seharusnya. untuk upaya dilakukan cukup baik dan sudah benar dengan menghetikan pelajaran sejenak untuk menenangkan susana kelas dari anak yang mengobrol, Memisahkan anak yang mengobrol dari anak yang sedang belajar, mengubah Posisi anak yang ngobrol didekat guru, melibatkan anak dalam kegiatan cerita dalam proses mengajar, membeeri penegasan bgi anak yang masih ngobrol dan memberikan reword bagi anak yang berupaya mengatasinya.

  9. Nama : Novita Sari
    NIM : 858431365
    Judul: anak mengobrol di kelas saat KBM
    Dari vidio diatas saya bayak mempelajari strategi yang harus dilakukan saat ada anak yang mengobrol pada waktu dikelas. Sebagai seorang guru vidio diatas sangat apenting bagi saya dan bisa saya terapkan dikelas yang saya ajar . Dimana strategi tersebuta adalah
    1. Memberhentikan proses pembelajaran sejenak
    2. Memisahkan anak yang sedang mengobrol
    3. tempatkan anak yang mengobrol di dekat guru
    4. melibatkan anak untuk menjelaskan kembali apa yang telah di jelaskan oleh guru
    5. Memeberika reward atau pujian pada anak yang dapat mengubah perilakunya
    Semoga dengan strategi tersebut saya dapat mejalankan di kelas saya

  10. Nama : Imroathul Janah
    NIM : 877955094

    Video diatas menggambarkan situasi kelas dalam pembelajaran ketika ada anak yang ramai atau mengobrol sendiri.

    Sebagai guru saya setuju dengan sikap tindakan yang dilakukan diatas, karena saya sendiri juga mengalami seperti itu dalam praktek pembelajaran.

    Adapaun cara menangani anak yang ngobrol sendiri adalah ;
    1. Menghentikan proses belajar sejenak untuk menenangkan suasana kelas.
    2. Memisahkan anak yang sedang mengobrol dengan anak yang sedang belajar.
    3. Posisikan anak yang sedang mengobrol di dekat guru.
    4. Libatkan anak dengan cerita.
    5. Tekankan pada anak agar tidak mengulangi kejadian yang sama.
    6. Berikan riward pada anan yang bisa merubah perilakunya.

    Demikian.
    Terimakasih 🙏

Leave a Reply