silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)

Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang

Kesesuaian tingkat kependidikan  Sangat Baik

Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.

Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.

Untung Laksana Budi

Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.

b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.

c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.

Rahmawati

Similar Posts

1,932 Comments

  1. Saya suka bahwa program video ini membahas permasalahan yang umum dihadapi oleh guru dalam mengelola kelas, yaitu anak yang suka ngobrol. Upaya yang disarankan, seperti variasi permainan dan reward, dapat membantu meningkatkan keterlibatan anak dalam proses belajar mengajar. Program video ini memberikan contoh konkret tentang bagaimana guru dapat mengelola kelas dan meningkatkan disiplin anak. Saya akan mencoba menerapkan beberapa strategi yang disarankan dalam video ini. Saya setuju bahwa variasi permainan dapat membantu meningkatkan keterlibatan anak, namun perlu diingat bahwa setiap anak memiliki kebutuhan dan minat yang berbeda-beda. Guru perlu memastikan bahwa permainan yang dipilih sesuai dengan kebutuhan dan minat anak. Menurut saya video ini menunjukkan pentingnya kreativitas dan fleksibilitas guru dalam mengelola kelas. Guru perlu terus mencari cara baru untuk meningkatkan keterlibatan anak dan mengelola permasalahan yang muncul.

  2. Selamat malam, metode di atas sangat baik untuk diterapkan di kelas, namun saya ingin menambahkan cara lain untuk menciptakan suasana kelas yang kondusif dengan cara memberikan konsekuensi jika suatu ketika anak tersebut tidak siap dalam artian kurang fokus, sibuk dengan barang di sekitar dia atau berbicara maka yang dilakukan guru adalah meminta anak untuk ke calming corner dan membuat diri mereka tenang dan ketika siap mereka bisa masuk ke dalam circle kembali

  3. Anak mengobrol bisa di minimalisir dengan kesepakatan kelas. sebelum kegiatan di mulai betapa pentingnya seorang guru membuat kesepakatan kelas agar kelas kkondusif dan tertata rapi.

  4. NAMA : MILATI ASASUL MAKLUFAH
    NIM : 877323167

    Cara meminimalisir anak yang mengeobrol saat kegiatan berlangsung adalah dengan memberikat kesepakatan kels terebih dahulu sebelum kegiatan pembelajaran di mulai. ajak anak berdiskusi tentang kesepakatan kelas hari ini yang harus di patuhi sampai akhir pembelajaran. dan terapkan dengan baik apa yang sudah menjadi kesepakatan bersama.

  5. Video yang sangat membantu saya dalam proses pembelajaran saya di kelas, banyak sekali masalah pembelajaran di kelas saya, salah satunya adalah anak mengobrol sendiri saat guru menejlasakan pembelajaran, anak kurang fokus dan asyik ngobrol dan bermain sendiri. Terimakasih banyak ilmu di video ini sangat bermanfaat untuk saya.

  6. Nama : Sariningsih
    NIM. : 857474616
    Terimakasih untuk video edukasinya… Alhamdulillah semua solusi dalam video tersebut sudah biasa saya praktekkan di dalam kelas. Namun saran saya sebelum memulai kegiatan alangkah baiknya dibuat kesepakatan terlebih dahulu mengenai aturan yang akan diterapkan dalam kegiatan. Contoh: dalam kegiatan bercerita sampaikan terlebih dahulu aturan sebelum mulai bercerita, contoh harus duduk tertib, tidak mengobrol, dan tidak menggangu teman dalam kegiatan. Guru juga harus mempertimbangkan media dan metode dalam pembelajaran, faktor lain dari anak mengobrol di saat pembelajaran selain karena daya konsentrasi anak yang masih relatif singkat/pendek, bisa juga dikarenakan anak tidak tertarik dengan media atau metode pembelajaran yang guru gunakan tidak menyenangkan sehingga anak tidak memperhatikan.

  7. Assalamualaikum. wr. wb

    Nama: Siti Nur Apriyani
    NIM : 877620412
    UPBJJ : bandar Lampung.

    ini salah satu yang terjadi dalam kelas yang saya ampu juga, sering mengalami hal seperti ini. menurut video diatas strategi yang diubah.
    1. tentukan cerita guru atau proses pembelajaran sejenak, untuk menenangkan atau mengkondisikan kelas.
    2. pisahkan anak yang mengobrol dengan anak yang sedang belajar.
    3. posisikan anak yang mengobrol di dekat guru
    4. libatkan anak dalam cerita atau proses belajar mengajar guru
    5. tekankan agar anak agar tidak mengulangi kejadian tersebut
    6. berikan reward jika anak dapat memperbaiki perilakunya.

    semoga dari video saya bisa menerapkan saran dari video tersebut. aamiin

  8. saya sering melihat anak yang ngobrol di kelas saat kegiatan pembelajaran di laksanakan dengan adanya video ini semoga di lembaga saya bisa mengatasi masalah tersebet.

  9. saya sering melihat anak yang ngobrol di kelas saat kegiatan pembelajaran di laksanakan dengan adanya video ini semoga di lembaga saya bisa mengatasi masalah tersebet.
    NAMA : ISMIYAH
    NIM : 877956372

    Saya sering mengalami masalah tersebut saat melaksanakan kegiatan pembelajar semoga setelah ini lembaga saya bisa lebih baik

  10. video tersebut menggambarkan pendekatan yang tepat dalam menangani masalah perkembangan moral-disiplin pada anak usia dini, khususnya perilaku sering mengobrol saat belajar. Guru menggunakan strategi positif seperti variasi permainan untuk menjaga perhatian anak, memposisikan anak dekat guru agar lebih terpantau, serta memberikan reward sebagai motivasi. Langkah-langkah ini sesuai dengan prinsip pembinaan disiplin yang bersifat edukatif, bukan hukuman, dan mendorong anak belajar mengatur diri secara bertahap.

Leave a Reply