silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)

Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang

Kesesuaian tingkat kependidikan  Sangat Baik

Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.

Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.

Untung Laksana Budi

Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.

b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.

c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.

Rahmawati

Similar Posts

1,932 Comments

  1. Nama : irana amilia
    Nim : 856766114
    Video tersebut menggambarkan upaya guru dalam menangani permasalahan sosial emosional yang sering terjadi di kelas, khususnya perilaku anak yang suka ngobrol ketika proses pembelajaran berlangsung. Manfaat yang dapet diambil dari video ini bagi anak-anak adalah terciptanya lingkungan belajar yang lebih terjaga dan kondusif, sehingga anak dapat lebih fokus dan mudah menyerap informasi yang diberikan. Melalui pendekatan seperti permainan tepuk, penilaian tempat duduk anak yang terlalu aktif dalam menyampaikan, dan pemberian reward, guru membantu anak belajar tentang disiplin, tanggung jawab, serta menghargai waktu dan kesempatan orang lain untuk belajar. Anak juga secara tidak langsung mengajarkan tentang aturan dan batasan sosial yang harus dihormati dalam situasi belajar bersama, Pendekatan ini bukan hanya menekan perilaku negatif, tetapi juga menumbuhkan sikap positif seperti mendengarkan, bersabar, dan mengontrol din, yang merupakan bagian penting dari perkembangan sosial emosional anak usia dini..

  2. Nama : Eni Suryati
    NIM : 857879473

    Dari video yang sudah saya lihat pada portal GPO tentang “anak ngobrol di kelas saat pembelajaran” jelas menambah pengetahuan kepada saya tentang bagaimana menangani anak yang asik ngobrol sendiri pada saat pembelajaran berlangsung. Kasus tersebut merupakan kasus pengembangan sosial emosional yang terjadi di dalam kelas. Sudah menjadi hal yang lumrah jika seorang anak pada usia dini kususnya anak TK adalah masa dimana anak suka dengan mengekspresikan diri, jadi sudah tentu setiap guru TK akan mengalami hal yang sama dengan video tersebut. Saya setuju dengan cara yang dilakukan untuk menangani kasus tersebut dan sudah saya terapkan juga di dalam kelas. Adapun cara yang bisa dilakukan diantaranya menghentikan kegiatan pembelajaran sejenak untuk menenangkan suasana kelas, memisahkan anak yang mengobrol dan didekatkan dengan guru, libatkan anak tersebut dalam pembelajaran, tekankan pada anak supaya tidak mengulangi hal yang sama, dan memberi reward kepada anak yang sudah memperbaiki perilakunya.

  3. ZAKIYAH 857886440
    Assalamualaikum.
    Dari Vidio di atas sering sekali kita jumpai anak yang sering mengobrol saat pembelajaran berlangsung. ketika di peringatkan sebentar mendengarkan dan mengikuti pembelajaran tetapi tidak lama kemudian mereka mengobrol lagi. Vidio ini sangat membantu dalam mengatasi masalah pada kegiatan di kelas, Yaitu anak selalu ngobrol di dalam kelas. selain solusi yang di sebutkan perlu adanya ice breacing agar anak kembali fokus atau konsentrasi, kemudian metode pembelajaran di lakukan dengan anak belajar aktif, misal dengan tanya jawab, membuat kalimat pemantik agar anak mencari ide baru, sehingga anak akan selalu aktif dalam pembelajaran yang menyenangkan tanpa merasa adanya beban penugasan yang di berikan guru. Dari solusi kegiatan di atas anak akan mengurangi kegiatan ngobrol bersama teman.

  4. Nama : Eiriska Noor Laila P
    Nim : 860140854

    Permasalahan ini sering sekali terjadi dikelas .. Dari vidio ini saya belajar bagaimana cara yang paling efektif untuk menangani anak yang sering berbicara dikelas. Diantaranya adalah dengan mengubah strategi pembelajaran dengan memberikan cerita sejenak, memisahkan anak yang mengobrol dengan temannya, memposisikan anak didekat guru, melibatkan anak dalam proses belajar mengajar, menekankan agar anak tidak mengulangi, berikan reward untuk anak bila tidak mengulangi lagi.
    Terimakasih semoga selalu menginspirasi.

  5. Nama : Emmy Ilmiyah
    Nim : 859945711

    Video ini berisi mengenai permasalahan perkembangan moral disiplin yang sering ditemukan di dalam kegiatan proses belajar mengajar berlangsung yaitu “anak mengobrol” yang dilakukan guru adalah :
    Mengubah strstegi pembelajaran di dalam kelas yakni :
    1. Berikan proses pembelajaran sejenak untuk menenangkan kelas.
    2. Pisahkan anak yang mengobrol dengan anak yang belajar
    3. Sisihkan anak yang mengobrol didekat guru
    4. Libatkan anak dalam.kegiatan cerita atau proses belajar mengajar yang disampaikan guru
    5. Tekankan anak agar tidak mengulangi kejadian yang sama
    6. Berikan reward jika anak dapat memperbaiki prilaku

  6. Nama : Emmy Ilmiyah
    Nim : 859945711
    Video ini berisi mengenai permasalahan perkembangan moral disiplin yang sering ditemukan pada anak-anak usia dini ketika proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol” yang dolalukan guru adalah :
    Mengubah strategi pembelajaran di dalam kelas :
    1. Berikan proses pembelajaran sejenak untuk menenangkan kelas
    2. Pisahkan anak yang mengobrol dengan anak yang belajar
    3. Sisihkan anak yang mengobrol di dekat guru
    4. Libatkan anak dalam kegiatan cerita atau prosrs belajar mengajar yang disampaikan guru
    5. Tekankan kepada ana tidak mengulangi kejadian yang sama
    6. Berikan reward jika anak memperbaiki prilakunya.

  7. Nama : Mintarti Usadani
    NIM : 857780583

    Menurut, saya beberapa strategi dalam vidio tersebut kurang efektif, karena berdasarkan pengalaman saya mengajar, saya sudah melakukan beberapa hal seperti memisahkan anak yang mengobrol dengan anak yang belajar, dan menyisihkan siswa yang mengobrol di dekat saya, namun pada kenyataannnya masih saja mereka ngeyel dan kembali lagi ke tempatnya. Dan terkadang mereka juga tidak mau ketika dilibatkan dalam kegiatan bercerita justru mereka masih asyik meengobrol dengan teman-temannya. Reward yang diberikan juga hanya berlaku sementara saja , kemudian mereka kembali membuat gaduh lagi.

  8. Metode pengembangan sosial-emosional (sosem) yang diterapkan dalam konteks ini bertujuan untuk membantu anak mengenali dan mengelola emosi serta meningkatkan kerja sama antar anak selama pembelajaran. Dalam video tersebut, guru berinisiatif menggunakan strategi pembelajaran yang melibatkan permainan dan reward untuk mengarahkan anak agar lebih fokus dan berperilaku lebih baik, sehingga anak terdorong untuk berusaha lebih baik lagi
    Komentar terhadap video ini adalah bahwa situasi anak ngobrol dan ribut saat PBM merupakan hal yang wajar terjadi pada anak usia dini, namun dengan pendekatan yang tepat seperti metode pengembangan sosial-emosional dan strategi pembelajaran yang interaktif, guru dapat mengelola kelas dengan lebih efektif. Penggunaan permainan dan pemberian reward merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan motivasi dan perhatian anak dalam pembelajaran. Refleksi guru terhadap situasi ini penting untuk terus mengembangkan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik anak dan kondisi kelas sehingga pembelajaran dapat berjalan optimal
    Secara keseluruhan, video ini memberikan gambaran nyata tentang dinamika kelas saat PBM dan pentingnya penerapan metode pengembangan sosial-emosional untuk mendukung perkembangan anak secara menyeluruh di lingkungan sekolah

  9. Menurut saya, video ini sangat relevan untuk guru PAUD. Karena pemasalahan ini memang sering terjadi di PAUD. Video ini memberi kita solusi yang praktis dan aplikatif. Saran dari saya, jika bisa narasi video sedikit membahas alasan kenapa anak suka mengobrol, transisi video juga bisa diperhalus lagi misalnya dengan menggunakan kata penghubung selain itu, selanjutnya, dan kata lainnya.

  10. Fokus anak usia dini itu sekitar 5-20 menit, setiap anak tentunya memiliki fokus yang berbeda-beda. Namun, untuk mengatasi anak yang mengobrol pada saat kegiatan pembelajaran adalah.
    1. Menghentikan sejenak kegiatan untuk menenangkan anak.
    2. Memisahkan anak yang terbiasa mengobrol.
    3. Posisikan tempat duduk anak didekat guru.
    4. Dekati anak yang mengobrol lalu beri pengertian dengan cara memberinya reward.
    Terima kasih.

Leave a Reply