Anak Ngobrol di Kelas Saat PBM

silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)

Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang

Kesesuaian tingkat kependidikan  Sangat Baik

Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.

Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.

Untung Laksana Budi

Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.

b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.

c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.

Rahmawati

Similar Posts

  • Stop Bullying Pada Anak

    silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar Sinopsis Usia dini merupakan usia yang paling tepat untuk membentuk karakter seseorang. Jika dapat terbentuk dengan baik maka pada generasi mendatang akan menjadi generasi yang berkarakter kuat. Untuk mewujudkan PAUD berkualitas maka dibutuhkan kerjasama yang kuat antara keluarga (orang tua), lingkungan sekolah dan masyarakat. Tantangan dunia…

  • Pengulangan “Repetition”

    silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar Sinopsis Perlu dipahami oleh para guru bahwa penanaman disiplin tidak dapat dicapai oleh anak secara cepat. Penanaman disiplin membutuhkan kesabaran, keteladanan dan konsistensi serta mekanisme “reward”. Dengan cara pengulangan, disiplin yang hendak diterapkan guru diantara para siswa TK perlu dilakukan. Dengan teladan dan cara pengulangan, siswa…

  • Anak tidak Mau Antri Saat Berbaris

    silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar Sinopsis Pada program ini diperlihatkan upaya guru dalamm mengatasi permasalahan anak yang tidak mau ikut antri dalam barisan. Upaya yang dilakukan guru tersebut adalah dengan memberikan pengertian dan pengarahan pada anak dengan sabar agar ia mau bergantian posisi dengan teman-temannya, mendekati anak yang tidak mau antri…

  • Tebak Pantomim

    silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar Sinopsis Ilustrasi dalam video ini menyajikan  gambaran salah satu cara mengembangkan motorik kasar dan bahasa anak TK melalui  kegiatan tebak pantomim, yang merupakan salah satu alternative kegiatan untuk mengembangkan kemampuan motorik anak, dalam menstimulasi kemampuan anak bergerak, kelenturan, keseimbangan dan perkembangan gerakan lainnya. Selain itu, kegiatan…

  • Pesan Berbisik

    silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini menggambarkan upaya seorang guru anak usia dini yang mencoba menerapkan permainan pesan berbisik guna mengembangkan keterampilan motorik anak. Dalam permainan pesan berbisik ini, anak-anak selalin dikembangkan kemampuan motoriknya melalui kegiatan berlari zig zag, juga melompat dan menirukan berbagai gerakan sesuai gambar pada kartu…

  • Anak Mogok Tidak Mau Belajar

    silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar Sinopsis Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika…

1,401 Comments

  1. Nama : Sri Endah Dwi Prastyo
    Nim : 858846944
    Prodi. : PGPAUD

    Tanggapan saya dalam video tersebut guru sudah benar menghampiri dan memindah anak yg ngobrol sama temannya tadi ke sebelah guru agar tidak berbicara dengan temannya sewaktu guru bercerita didepan kelas akan tetapi guru harus mengatur tempat duduk anak tersebut secara rapi agar anak tidak bergerombol guru juga perlu media yg menarik agar anak-anak lebih memperhatikan dan tertarik untuk melihat guru yg sedang bercerita didepan kelas guru juga perlu memberi reward kepada anak yg sudah memperhatikan guru dan tidak berbicara sendiri ketika guru sedang menerangkan.

  2. NIM: 857074313

    Analisis GPO
    Judul : Anak Ngobrol Dalam Kelas

    Menurut pendapat saya dalam video tersebut langsung yang dilakukan oleh guru sudah benar, pada saat guru sedang membacakan cerita ada beberapa anak yang mau mendengarkan dan ada juga yang tidak mau mendengarkan mereka asik ngobrol sama teman sebelahnya.

    Untuk mengatasi masalah ini ada beberapa hal yang dapat kita lakukan :
    – Mengubah strategi pembelajaran di dalam kelas agar lebih menarik.
    – Hentikan pembelajaran sejenak untuk menenangkan kondisi di dalam kelas.
    – Pisahkan anak yang mengobrol di dekat guru.
    – Libatkan anak dalam cerita atau proses kegiatan belajar mengajar yang disampaikan.
    – Tekankan agar anak tidak mengulangi perbuatannya.
    – Berikan reward jika anak terlihat ada perubahan yang baik.

  3. nama :Asfiani Mar’a’tun Nasikhah
    NIM : 858677242

    menurut pendapat saya yang dilakukan oleh guru sudah bagus dengan mendatangi anak yang ngobrol saat pembelajaran. namun alangkah baiknya jika guru membuat posisi pembelajaran melingkar dan guru juga duduk di bawah sehingga anak dapat fokus melihat guru. ketika posisi melingkar maka anak tidak bergerombol dan ada jarak. jangan lupa selalu libatkan anak dalam pembelajaran, dalam vidio mungkin guru sudah berusaha melibatkan anak namun kurang maksimal karena kondisi anak yang ramai sendiri.

  4. Bismillahirrahmanirrahim
    ijin menganalisa video diatas.
    Dari Hasil pengamatan saya terkait vidio GPO terkait anak ramai atau mengobrol pada saat Guru sedang mengajar, disini saya menemukan beberapa ide agar suasana kelas lebih kondusif:
    1. posisi guru di tengah, dan anak melingkar. ini bertujuan agar perhatian anak berpusat pada gugu ditengah
    2. Guru diam sejenak untuk menenangkan anak-anak dari keributan
    3. pisahkan tempat duduk anak yang mengobrol
    4. posisikan anak yang mengobrol di dekat guru
    5. libatkan anak dalam bercerita, misalkan melalui tanya jawab
    6. pilih cerita yang menarik bagi anak / tanyakan dulu pada anak, cerita apa yang pengen di dengar
    7. sebelum mulai bercerita, guru memberi aturan bahwa nanti yang bisa jawab pertanyaan akan mendapat hadiah di akhir cerita

  5. Nama : ZERLINA WULANDARI
    NIM : 858936308
    Prodi : S1 PGPAUD
    UPBJJ : JEMBER

    Menurut pendapat saya, yang dilakukan guru tersebut benar sudah sering dilakukan oleh guru ketika anak ngobrol saat KBM, tetapi lebih baik yang ada dividio itu anak -anak duduk berbentuk lingkaran supaya anak-anak terlihat lebih tertib, contoh yang ada di vidio itu anak duduk bergerombol dan memudahkan untuk anak-anak ngobrol atau bergurau.

  6. Nama : Dewa Ayu Cici Astuti
    NIM : 859029352
    Prodi : S1 PGPAUD
    UPBJJ : DENPASAR

    Ijin Menggapi

    Dalam video yang saya tonton ini dimana guru menggunakan metode bercerita didepan kelas menggunakan media buku cerita,dimana pada saat mulai bercerita guru belum mengatur posisi bagaimana anak-anak duduk yang benar dan rapi,supaya nanti pada saat guru bercerita anak-anak dapat mendengarkan dengar jelas dan mereka akan fokus juga mendengarkan apa yang guru ceritakan didepan kelas,karena dari bentuk posisi duduk juga bisa mengalihkan kefokusan anak-anak. maka dari itu guru juga harus memperhatikan posisi anak-anak sebelum memulai pembelajaran bercerita. Terimakasih

  7. Dini Tasya Siregar
    855862315
    PGPAUD

    Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.

  8. Nama: Claudia Kalpna
    NIM: 857072889
    Jurusan: PG-PAUD

    Menurut tanggapan saya guru kesulitan karena ada anak yang tidak memperhatikan dan juga ada yang berbicara dengan teman-temannya.

    Untuk mengatasi masalah di video tersebut:
    – Guru bisa membuat label dengan nama anak agar mereka mengetahui tempat duduk mereka dilantai.
    – Guru duduk dibawah agar gambar mudah diliat oleh anak.
    – Guru juga dapat menggunakan media seperti boneka tangan agar lebih menarik perhatian anak.

  9. Nama : Nuryani
    Nim : 857167796
    Jurusan : PG PAUD BI

    Pada video tersebut guru menggunakan metode bercerita di depan kelas dengan buku cerita
    cara guru mengatasi anak yang mengobrol di kelas sudah benar. Namun ada hal yang perlu di perhatikan pada posisi duduk anak yang kurang rapih sehingga anak membuat pola duduk sendiri dan memiliki kesempatan untuk mengobrol saat guru bercerita

  10. Nama: sarifatun khasanah
    NIM : 834780749
    Prodi : PGPAUD

    Pada video tersebut Guru Sudah melakukan yang terbaik dengan menghentikan Carita sejenak, guru juga menghampiri anak yang ngobrol di saat proses pembelajan, guru memindahkan tempat duduk anak yang ngobrol dan guru juga melibatkan anak anak dalam proses pembelajaran.

    Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.

Leave a Reply

https://pkvgamesqqonline.com/https://topweddinglists.com/https://aethelmearc.net/https://intechnews.com/
https://cccr-nigeria.org/http://sofima.hol.es/https://russiacb.com/https://cheersport.at/doc/pkv-games/
https://lpm.stital.ac.id/https://digilib.stital.ac.id/https://journal.unmaha.ac.id/https://id.pandamgadang.com/https://argenerasiunggul.id/https://dishub.jakarta.go.id/visi-misi/