silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)
Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang
Kesesuaian tingkat kependidikan Sangat Baik
Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.
Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.
Untung Laksana Budi
Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.
b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.
c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.
Rahmawati
Nama : Sri Endah Dwi Prastyo
Nim : 858846944
Prodi. : PGPAUD
Tanggapan saya dalam video tersebut guru sudah benar menghampiri dan memindah anak yg ngobrol sama temannya tadi ke sebelah guru agar tidak berbicara dengan temannya sewaktu guru bercerita didepan kelas akan tetapi guru harus mengatur tempat duduk anak tersebut secara rapi agar anak tidak bergerombol guru juga perlu media yg menarik agar anak-anak lebih memperhatikan dan tertarik untuk melihat guru yg sedang bercerita didepan kelas guru juga perlu memberi reward kepada anak yg sudah memperhatikan guru dan tidak berbicara sendiri ketika guru sedang menerangkan.
NIM: 857074313
Analisis GPO
Judul : Anak Ngobrol Dalam Kelas
Menurut pendapat saya dalam video tersebut langsung yang dilakukan oleh guru sudah benar, pada saat guru sedang membacakan cerita ada beberapa anak yang mau mendengarkan dan ada juga yang tidak mau mendengarkan mereka asik ngobrol sama teman sebelahnya.
Untuk mengatasi masalah ini ada beberapa hal yang dapat kita lakukan :
– Mengubah strategi pembelajaran di dalam kelas agar lebih menarik.
– Hentikan pembelajaran sejenak untuk menenangkan kondisi di dalam kelas.
– Pisahkan anak yang mengobrol di dekat guru.
– Libatkan anak dalam cerita atau proses kegiatan belajar mengajar yang disampaikan.
– Tekankan agar anak tidak mengulangi perbuatannya.
– Berikan reward jika anak terlihat ada perubahan yang baik.
nama :Asfiani Mar’a’tun Nasikhah
NIM : 858677242
menurut pendapat saya yang dilakukan oleh guru sudah bagus dengan mendatangi anak yang ngobrol saat pembelajaran. namun alangkah baiknya jika guru membuat posisi pembelajaran melingkar dan guru juga duduk di bawah sehingga anak dapat fokus melihat guru. ketika posisi melingkar maka anak tidak bergerombol dan ada jarak. jangan lupa selalu libatkan anak dalam pembelajaran, dalam vidio mungkin guru sudah berusaha melibatkan anak namun kurang maksimal karena kondisi anak yang ramai sendiri.
Bismillahirrahmanirrahim
ijin menganalisa video diatas.
Dari Hasil pengamatan saya terkait vidio GPO terkait anak ramai atau mengobrol pada saat Guru sedang mengajar, disini saya menemukan beberapa ide agar suasana kelas lebih kondusif:
1. posisi guru di tengah, dan anak melingkar. ini bertujuan agar perhatian anak berpusat pada gugu ditengah
2. Guru diam sejenak untuk menenangkan anak-anak dari keributan
3. pisahkan tempat duduk anak yang mengobrol
4. posisikan anak yang mengobrol di dekat guru
5. libatkan anak dalam bercerita, misalkan melalui tanya jawab
6. pilih cerita yang menarik bagi anak / tanyakan dulu pada anak, cerita apa yang pengen di dengar
7. sebelum mulai bercerita, guru memberi aturan bahwa nanti yang bisa jawab pertanyaan akan mendapat hadiah di akhir cerita
Nama : ZERLINA WULANDARI
NIM : 858936308
Prodi : S1 PGPAUD
UPBJJ : JEMBER
Menurut pendapat saya, yang dilakukan guru tersebut benar sudah sering dilakukan oleh guru ketika anak ngobrol saat KBM, tetapi lebih baik yang ada dividio itu anak -anak duduk berbentuk lingkaran supaya anak-anak terlihat lebih tertib, contoh yang ada di vidio itu anak duduk bergerombol dan memudahkan untuk anak-anak ngobrol atau bergurau.
Nama : Dewa Ayu Cici Astuti
NIM : 859029352
Prodi : S1 PGPAUD
UPBJJ : DENPASAR
Ijin Menggapi
Dalam video yang saya tonton ini dimana guru menggunakan metode bercerita didepan kelas menggunakan media buku cerita,dimana pada saat mulai bercerita guru belum mengatur posisi bagaimana anak-anak duduk yang benar dan rapi,supaya nanti pada saat guru bercerita anak-anak dapat mendengarkan dengar jelas dan mereka akan fokus juga mendengarkan apa yang guru ceritakan didepan kelas,karena dari bentuk posisi duduk juga bisa mengalihkan kefokusan anak-anak. maka dari itu guru juga harus memperhatikan posisi anak-anak sebelum memulai pembelajaran bercerita. Terimakasih
Dini Tasya Siregar
855862315
PGPAUD
Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.
Nama: Claudia Kalpna
NIM: 857072889
Jurusan: PG-PAUD
Menurut tanggapan saya guru kesulitan karena ada anak yang tidak memperhatikan dan juga ada yang berbicara dengan teman-temannya.
Untuk mengatasi masalah di video tersebut:
– Guru bisa membuat label dengan nama anak agar mereka mengetahui tempat duduk mereka dilantai.
– Guru duduk dibawah agar gambar mudah diliat oleh anak.
– Guru juga dapat menggunakan media seperti boneka tangan agar lebih menarik perhatian anak.
Nama : Nuryani
Nim : 857167796
Jurusan : PG PAUD BI
Pada video tersebut guru menggunakan metode bercerita di depan kelas dengan buku cerita
cara guru mengatasi anak yang mengobrol di kelas sudah benar. Namun ada hal yang perlu di perhatikan pada posisi duduk anak yang kurang rapih sehingga anak membuat pola duduk sendiri dan memiliki kesempatan untuk mengobrol saat guru bercerita
Nama: sarifatun khasanah
NIM : 834780749
Prodi : PGPAUD
Pada video tersebut Guru Sudah melakukan yang terbaik dengan menghentikan Carita sejenak, guru juga menghampiri anak yang ngobrol di saat proses pembelajan, guru memindahkan tempat duduk anak yang ngobrol dan guru juga melibatkan anak anak dalam proses pembelajaran.
Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.