silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)

Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang

Kesesuaian tingkat kependidikan  Sangat Baik

Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.

Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.

Untung Laksana Budi

Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.

b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.

c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.

Rahmawati

Similar Posts

1,932 Comments

  1.   Menanggapi video diatas saat anak mengobrol sendiri saat pembelajaran dikelas. Ini sering terjadi saat pembelajaran anak di PAUD, dimana guru perlu mengubah strategi pembelajaran agar mereka tidak mudah bosan karena tingkat konsentrasi awal mereka hanya 10-15 menit saja.

      Bercerita adalah salah satu kegiatan yang dapat memacu anak untuk berani bertanya, meningkatkan kosakata baru untuk anak, belajar disiplin, menghargai, dll.

    Beberapa cara yang mungkin bisa diterapkan untuk mengatasi anak yang ngobrol saat bercerita adalah :
    1. Memisahkan anak-anak yang mengobrol dan memposisikan mereka dekat dengan guru, kemudian melibatkan mereka dalam cerita yang sedang guru ceritakan.
    2. Memberikan pemahaman kepada anak untuk tidak mengulangi kembali.
    3. Media yang digunakan untuk bercerita lebih divariasikan lagi seperti dengan menggunakan alat peraga seperti boneka tangan, dll.

  2. Arina Ifada
    Prodi : PGPAUD S1 ( AKPMM )
    Nim : 857603816
    UPBJJ : Purwokerto
    Sebagai guru, kita pasti pernah menjumpai beberapa siswa yang suka mengobrol saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Hal yang kita lakukan pertama tama kita harus mencari tahu penyebabnya. Ada siswa yang suka ngobrol dengan temannya karena bosan, mengalami kesulitan belajar, mencari perhatian atau karena kondisi kelas yang membuatnya mempunyai kesempatan untuk ngobrol. Video menggambarkan tentang upaya guru dalam menghadapi permasalahan anak yang mengobrol di kelas saat pembelajaran. Apa yang dilakukan guru di video sangat tepat dengan memisahkan anak yang suka ngobrol tersebut dengan memisahkan tempat duduknya. Selain itu sebagai guru kita bisa menggunakan metode belajar yang bervariasi, menyenangkan dan dapat membuat anak menjadi antusias untuk belajar.

  3. Ijin menanggapi video tersbt diatas,tentang anak ngobrol saat pembelajaran berlangsung,dimana guru sedang memberikan pengarahan atau pun sedang berbicara,bercerita. Hal ini terkait dengan penguatan sebelum pembelajaran dimulai,anak-anak bisa diberikan penguatan dulu,aturan bersama sebelum dimulainya pembelajaran,seperti minta untuk berbicara bergantian,dan memberitahukan kalau pembicara yang pertama adalah guru,kemudian bisa juga saat anak lupa dengan aturan tadi ditengah-tengah pembelajaran,guru bisa break sebentar dan minta anak-anak untuk bertepuk fokus.

  4. Dalam proses kegiatan belajar mengajar kita pasti sering jumpai beberapa anak yang suka mengobrol. Kita sebagai guru harus melakukan refleksimencari tahu penyebabnya. Mungkin saja siswa yang suka mengobrol dengan temannya karena bosan, mengalami kesulitan belajar, mencari perhatian atau karena kondisi kelas yang membuatnya mempunyai kesempatan untuk ngobrol. Pada video menggambarkan tentang upaya guru dalam menghadapi permasalahan anak yang mengobrol di kelas saat pembelajaran. Tindakan yang dilakukan guru di video sangat tepat dengan memisahkan anak yang suka ngobrol tersebut dengan memisahkan tempat duduknya. Selain itu sebagai guru kita bisa menggunakan metode belajar yang bervariasi, menggunakan media yang lebih bervariasi yang dapat membuat anak menjadi senang sehingga anak menjadi antusias dan fokus untuk belajar.

  5. Assalamualaikum wr.wb

    Nama : RUSMALASARI
    NIM : 858308241
    PRODI : PGPAUD

    Menanggapi video di atas ada beberapa refleksi yang dapat Saya berikan yaitu :
    (1) Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?,reaksi anak dalam video tersebut asik dengan temannya tidak menghiraukan guru (2) Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran? kelemahannya memberikan ragam.kegiatan pengembangan yang menarik, kreatif dan inovatif. (3) Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran? kelebihannya guru tersebut mampu melakukan strategi yang bagis agar siswa yang ngobrol di kelas saat PBM mau kembali mengikuti kegiatan pengembangan dan memperhatikan guru (4) Hal-hal unik apa saja yang Anda temukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran? hal unik yang dapat saya lihat dengan sabar guru memisahkan anak yang suka ngobrol dengan temanya secara lembut. (5) Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang diamati pada tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya? hal yang dapat dilakukan memberikan ragam.kegiatan pengembangan yang beragam, kreatif dan inovatif.

  6. Nama : Jumiati
    Nim : 858299515
    Prodi :PGPaud
    UPBJJ : Banjarmasin
    Pada video tersebut sering terjadi di setiap Lembaga Paud sering sekali terjadi Ketika guru menjelaskan atau bercerita anak didik mengobrol dengan temannya bahka hal ini sering saya alami.Anak akan focus Ketika di awal guru bercerita hanya beberapa menit anak dapat focus terhadap gurunya.Tentu hal ini perlu di Atasi dengan strategi pembelajaran yang menarik dan Susana pembelajaran yang menyenangkan.Dari video tersebut ada beberapa hal yang dapat di lakukan untuk mengatasi permasalahan anak mengobrol di kelas saat pembelajaran berlangsung yaitu :
    1.Guru mengubah suasana dengan menghentikan ceritanya sejenak untuk mendekati anak yang mengobrol
    2.Guru memisahkan anak yang mengobrol dengan anak yang sedang belajar
    3.Posisi anak yang suka mengobrol di dekat guru
    4.Melibatkan anak dalam kegiatan cerita yang sudah di dengar
    5.Memberikan ketegasan pada anak yang mengobrol
    6.Memberikan reward pada anak yang sudah memperhatikan cerita dari ibu guru.

  7. Nama : Jumiati
    Nim : 858299515
    Prodi : PGPaud
    Upbjj: Banjarmasin
    Judul “Anak ngobrol di kelas saat PBM”

    Pada video tersebut sering terjadi di setiap Lembaga Paud sering sekali terjadi Ketika guru menjelaskan atau bercerita anak didik mengobrol dengan temannya bahka hal ini sering saya alami.Anak akan focus Ketika di awal guru bercerita hanya beberapa menit anak dapat focus terhadap gurunya.Tentu hal ini perlu di Atasi dengan strategi pembelajaran yang menarik dan Susana pembelajaran yang menyenangkan.Dari video tersebut ada beberapa hal yang dapat di lakukan untuk mengatasi permasalahan anak mengobrol di kelas saat pembelajaran berlangsung yaitu :
    1.Guru mengubah suasana dengan menghentikan ceritanya sejenak untuk mendekati anak yang mengobrol
    2.Guru memisahkan anak yang mengobrol dengan anak yang sedang belajar
    3.Posisi anak yang suka mengobrol di dekat guru
    4.Melibatkan anak dalam kegiatan cerita yang sudah di dengar
    5.Memberikan ketegasan pada anak yang mengobrol
    6.Memberikan reward pada anak yang sudah memperhatikan cerita dari ibu guru.

  8. Assalamu’alaikum………
    NAMA : LINDA YUNI PERMATA SARI
    NIM : 856499148
    PRODI : PGPAUD
    UPBJJ : PEKANBARU RIAU

    izin menanggapi video tersebut ( anak mengobrol di kelas saat PBM)
    saat guru menjelaskan pembelajaran atau aturan permainan pasti ada sebagian anak yang tidak memperhatikan atau mengobrol dengan teman atau bahkan asik bermain sendiri apalagi pada anak usia dini. Guru harus bisa menarik perhatian agar ananda bisa fokus dengan apa yang disampaikan sehingga tujuan pembelajaran sampai kepada peserta didik. Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi anak berbicara atau mengobrol saat kegiatan belajar :
    1. hentikan sejenak pembelajaran
    2. pisahkan anak yang mengobrol dan anak yang ingin belajar
    3. anak yang mengobrol sebaiknya didekatkan dengan guru(didepan)
    4. libatkan anak dalam pembelajaran
    5. berikan reward kepada anak
    6. ubah metode mengajar agar lebih menarik perhatian anak

  9. Guru mencari tahu penyebab anak suka ngobrol dengan temannya mungkin karena bosan atau mencari perhatian. Guru juga sebaiknya menerapkan metode belajar yang bervariasi dan menyenangkan. Guru membuat aturan yang tegas dan jelas. Guru memberikan apresiasi kepada siswa yang tertib dengan memberikan reward.

  10. Ses fitri lubis
    Nim: 856281768
    Menanggapi masalah anak yang suka ngobrol di kelas.
    Pada dasarnya anak-anak ini riwuih sekali dan jarang yang mau diam, kemungkinan bisa diam (fokus) hanya 3-5 menit. Nah, menurut saya anak yang suka ngobrol saat PBM itu wajar, tinggal kita sebagai guru bagaimana cara mengatasinya. Contohnya bisa mengalihkan pikiran anak dengan mengadakan permainan yang menarik perhatian mereka dahulu sebelum melakukan PBM. Misalnya tebak-tebakan, Menyanyi, Tepuk tangan, dan lain sebagainya.

Leave a Reply