silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)
Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang
Kesesuaian tingkat kependidikan Sangat Baik
Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.
Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.
Untung Laksana Budi
Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.
b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.
c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.
Rahmawati
Nama: Titi Hardianti
Nim: 859171942
Dari video diatas menampilkan video ketika guru mengajar ada anak yang berbicara sendiri pada saat KBM. Pada video tersebut juga menampilkan bagaimana upaya seorang guru agar anak memusatkan perhatiannya kepada guru, guru menggunakan metode bercerita dan untuk mengalihkan anak yang berbicara sendiri ibu guru mendatangi anak tersebut dan membawa anak untuk duduk didepan setelah itu kegiatan kembali kondusif, dan anak² kembali fokus dari cerita yang disampaikan oleh guru.
Nama : Yulia
Nim : 859808123
UPJJ : Palembang
Dari vidio tentang anak ngobrol saat PBM di atas dapat kita ambil pelajaran bagaimana tindakan seorang guru menghadapi anak yang ngobrol saat PBM berlangsung yakni dengan cara memperhatikan anak yang sedang mengobrol dengan mengajaknya kedepanagar anak tsb. Bisa lebih fokus lagi dalam memdengarkan cerita yang disampaikan olrh guru dan dan bnyak lagi tips yang disampaikan pada vidio tsb. Bagaimana cara mengatasi anak yang mengobrol saat PBM berlangsung, Terimakasih atas vidio yang sangat bermanfaat ini.
Nama : Yulia
Nim : 859808123
UPJJ : Palembang
Dari vidio tentang anak ngobrol saat PBM di atas dapat kita ambil pelajaran bagaimana tindakan seorang guru menghadapi anak yang ngobrol saat PBM berlangsung yakni dengan cara memperhatikan anak yang sedang mengobrol dengan mengajaknya kedepanagar anak tsb. Bisa lebih fokus lagi dalam memdengarkan cerita yang disampaikan olrh guru dan dan bnyak lagi tips yang disampaikan pada vidio tsb. Bagaimana cara mengatasi anak yang mengobrol saat PBM berlangsung, Terimakasih atas vidio yang sangat bermanfaat ini.
Rut Setianti, 857733197
UPBJJ Semarang
Minggu, 28 April 2024
Salam sejahtera,
Setelah melihat video Anak Yang Ngobrol Saat PBM, sering terjadi juga di kelas saya.
Langkah yang harus saya ambil adalah membuat bermacam macam kegiatan main. Jika anak masih ada yang membuat keributan kita katakan tepuk ular atau lomba jadi patung. Maka anak akan melakukan perintah guru dengan respon diam dan duduk seperti patung lmaka anak akan kembali fokus.
Demikian diskusi saya.
Terima kasih.
Nama : Eri Zakiyatur rohmah
NIM : 857684893
UPBJJ -UT : Semarang
Berdasarkan analisis saya pada video diatas yg berjudul “anak Anak Ngobrol dikelas saat PBM”
Dari model pembelajaran tersebut menurut saya masih kurang kreatif dan inovatif.
Pada metode pembelajaran tersebut kesannya masih monoton yaitu anak harus fokus pada cerita yang guru ceritakan dengan media buku cerita saja. Sehingga memicu beberapa anak yang mungkin fokusnya kurang, atau bisa juga bosan, sehingga ada beberapa anak yang asyik ngobrol sendiri.
Berdasarkan analisis video tersebut sebagai guru harus lebih kreatif inovatif dan variatif dalam membuat kegiatan belajar untuk anak-anak usia dini.
Dengan ketersediaan alat peraga atau media pembelajaran yang lebih menarik, akan memancing minat belajar anak.boleh juga menyajikan cerita bergambar dalam proyektor, dan alat peraga seperti boneka hewan, membuat peraturan kelas dengan anak-anak, lebih memahami karakter setiap anak agar guru lebih kreatif menciptakan model pembelajaran yang sangat menyenangkan bagi anak dan bervariatif.
Libatkan anak secara aktif dalam kegiatan,
Berikan reward pada anak yang sudah mengikuti kegiatan dengan aktif, tertib dan baik.
Kurang lebihnya seprti itu pendapat dari saya🙏🏻
Nama : Yeni Afrinda Susanti
NIM : 857003386
UPJJ : Bandar Lampung
Judul : Anak Mengorol Didalam Kelas
Tanggapan dari vidio diatas adalah:
Kita dapat melihat dari vidio pembelajaran diatas bahwa guru dapat memecahkan masalah ketika sedang bercerita tentang binatang dengan menggunakan buku cerita,terlihat ada anak yang berkonsentrasi mendengarkan cerita dan ada anak yang asyik mengobrol dengan temanya.Arahan guru sangat bagus dan benar yaitu dengan mengajak anak untuk duduk didepan yang berdekatan dengan gurunya,atau dipisahkan dengan anak yang suka mengobrol.Guru mengajak anak untuk ikut berperan langsung ke dalam cerita ini.Ajak anak untuk aktif mengikuti kegiatan pembelajaran dengan mengajak anak bertepuk-tepuk,bercerita dan bernyanyi sehingga anak tidak bosen dalam pembelajaran.Selalu berikan riwet atau pujian kepada anak sehingga anak merasa senang dan bangga terhadap tugas yang dikerjakan.
Nama: Amelia Kesogihin
Nim: 855892588
UPBJJ: UT-ACEH
Dalam video tersebut nampak “anak mengobrol dikelas saat PBM” Sebenarnya siguru sudah menyampaikan materi dengan sangat bagus tetapi ada saja anak yang mengobrol. Maka bila ini terjadi disinilah kita sebagai guru perlu menerapkan strategi dalam menyam paikan materi bagaimana caranya agar si anak benar-benar memperhatikan. Anak biasanya akan senang bila ikut berperan maka dalam cerita binatang misalnya kita siapkan gambar2 yang semua anak memegangnya atau bahkan kita siapkan layar LCD tampilkan disitu disertai dengan suara,maka biasanya anak akan tambah fokus memperhatikannya.
Nama : Irnawati
Nim : 856818631
UPBJJ : MUKOMUKO
Berdasarkan dari video di atas yg saya amati..
Anak asik mengobrol di kelas dengan temannya saat pembelajaran. Kita dapat mengajak anak melakukan tanya jawab dengan menggunakan media gambar yg ada dibuku cerita sebelum melanjutkan bercerita dan guru juga dapat mengajak anak menirukan suara binatang bersama-sama sehingga anak akan berhenti mengobrol…
Nama : Ai Nelasari
Nim : 858463867
UPBJJ : Bandung
Tanggapan dari video yang berjudul anak ngobrol di kelas saat PBM adalah menurut saya guru kurang memperhatikan media yang digunakan dalam bercerita, karena anak anak nya banyak sedangkan media yang digunakan untuk bercerita hanyalah buku bergambar, seharusnya menggunakan media yang lebih besar, seperti menggunakan layar proyektor, supaya tidak ada anak yang mengobrol dan anak menjadi fokus pada cerita.
Nama : Baiq Ristiatullatifah
Nim : 859157429
UPBJJ : Mataram
Dalam video tersebut Guru melakukan sesi bercerita namun ketika proses bercerita sedang berlangsung terdapat beberapa anak sedang mengobrol dengan temannya, dan Guru tersebut melakukan tindakan yang tepat dengan menyapa anak tersebut dan memindahkan anak yang mengobrol tersebut ketempat paling dekat dengan Guru sehingga anak tersebut bisa memperhatikan dan mndengarkan cerita dengan baik dan jelas, dan dengan melibatkan anak dalam sesi bercerita anak akan merasa senang dan antusias dalam mengikuti kegiatan bercerita.