silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)
Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang
Kesesuaian tingkat kependidikan Sangat Baik
Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.
Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.
Untung Laksana Budi
Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.
b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.
c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.
Rahmawati
Judul vidio : Anak Ngobrol dikelas saat KBM
Nama: Emma Mahestiarini
NIM: 856578616
Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Untuk mengatasi permasalahan ini, guru dapat mengadakan variasi permainan, seperti permainan tepuk, untuk mengatasi anak yang suka mengobrol. Guru juga dapat memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekatnya untuk memberikan perhatian dan bimbingan lebih spesifik. Selain itu, guru dapat memberikan reward pada akhir pembelajaran untuk menginspirasi anak untuk berusaha lebih baik lagi. Dengan demikian, program video ini menawarkan beberapa strategi yang dapat digunakan guru untuk mengatasi anak yang suka mengobrol dan meningkatkan kemampuan moral-disiplin mereka.
Dari video di atas langkah-langkah yang dilakukan dalam mengatasi anak yang mengobrol atau tidak fokus pada kegiatan sudah cukup baik.
Beberapa hal yang mungkin dapat dipelajari dari video tersebut antara lain:
Faktor-faktor yang dapat menyebabkan anak-anak menjadi tidak fokus dan lebih memilih untuk mengobrol dengan teman saat pelajaran berlangsung, seperti kurangnya minat, metode pengajaran yang kurang menarik, atau masalah disiplin.
Strategi untuk mengatasi masalah ngobrol di kelas selain tehnik yang sudah disajikan pada video adalah dengan memberikan perhatian khusus pada anak yang sering ngobrol, atau menerapkan aturan dan konsekuensi yang jelas.
Perlu juga diperhatikan pentingnya peran guru dalam mengelola kelas secara efektif, seperti dengan memberikan instruksi yang jelas, memfasilitasi interaksi yang positif, dan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif.
Terima kasih
assalamu’alaikum warohmatulloh wabarokatuh
terimakasih vidionya sangat membantu permasalahan yang sering terjadi dilingkungan belajar kami,kami jadi tahu bagaimana cara mengatasi masalah tersebut dan kami akan belajar lebih baik lagi
Nama : Ilma Auliya Nurfauziyah
Judul vedio : anak mengobrol dikelas saat PBM
dari vedio diatas diketahui bahwa anak adalah makhluk sosial yang dapat bercerita dan melakukan apa saja ketika sedang didalam kelas/belajar, dari vedio diatas ada beberapa stategi yang dapat dilakukan guru ketika menghadapi anak mengobrol saat dikelas. vedio diatas juga bisa acuan kita untuk mengatasi anak yang mrngobrol ketika dikelas.
Mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada AUD. guru dapat mengadakan permainan yang bervariatif, memisahkan anak yang suka ngobrol untuk berada dekat dengan guru.video ini sangat membantu saya sebagai guru Paud untuk menghadapi kegiatan KBM,sebagai moral disiplin yang sering ditemukan.video ini juga menunjukkan anak yang ngobrol saat mengajar guru berupaya menjelaskan pembelajaran dan mengalihkan dengan media gambar.
Terimakasih atas vidio pembelajaran yang sangat bermanfaat ini, karena anak usia dini memang terkadang sulit untuk fokus ketika guru sedang menyampaikan pembelajaran maupun informasi, terlebih saat mereka sedang duduk berdekatan dengan teman dekatnya, mereka akan asik mengobrol dikelas. Dalam vidio ini diberikan beberapa strategi agar pembelajaran bisa kembali kondusif, kedisiplinan perlu ditekankan kembali agar semua siswa bisa fokus dalam proses belajar nya.
Nama :khadijah.
Nim : 855893146
Judul vidio : anak ngobrol di kelas saat (PBM).
Dalam video tersebut memang sering terjadi pada umum nya mengenai permasalahan anak yang suka ngobrol pada saat proses belajar mengajar berlangsung , namun cara mengatasi bisa kita lakukan dengan beberapa hal seperti.
– memisahkan anak dengan yang suka ngobrol.
– melibatkan anak dalam bercerita.
-Memberi perhatian, agar anak merasa nyaman dan fokus saat belajar.
Nama : Eny Maryati
Judul vedio : anak mengobrol dikelas saat PBM
NIM : 858464847
Dari vidio diatas syarat utama untuk mengatasianak yang ngobrol di kelas adalah dengan mengubah strategi di dalam kelas tersebut misalnya :
1. Hentikan kegiatan KBM sejenak untul menenangkan suasana kelas
2.Pisahkan anak yang ngobrol dengan anak yang belajar.
3.Posisikan anak yang mengobrol dekat dengan guru.
4. Libatkan anak dalam kegiatan cerita.
terima kasih atas vidio pembelajaran nya,sangat bermanfaat sekali buat saya dan teman teman.
5. Tekankan anak agar tidak mengulangi kejadian yang sama
6. Berikan reward kepada anak jika anak bisa memperbaiki perilakunya.
Nama: Opi Afrianti
Nim : 856815912
Anak usia dini adalah anak yang sedang aktifnya, susah jika disuruh diam dan fokus dalam belajar.
Cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi anak suka ribut saat kegiatan belajar menurut saya dengan melakukan pembelajaran sambil bermain karena anak usia dini adalah usia bermain. Lakukan kegiatan belajar yang menarik, menggunakan media yang menarik minat anak sehingga anak merasa penasaran dan mengikuti kegiatan belajar. Mengajarkan anak tentang mentaati aturan juga dapat dilakukan sehingga anak mengerti tentang aturan dan kerjasama sebelum belajar. Ketika suasana menjadi gaduh kita lakukan ice breaking supaya anak tidak merasa bosan saat belajar.
Nama : Afifah Ghonim
NIM : 858967746
Setiap murid memiliki karakteristik yang berbeda, sehingga penting bagi guru untuk menggunakan metode mengajar yang variatif. Jangan hanya mengandalkan metode yang sama setiap hari. Dari video di atas, saya ingin menambahkan masukan cara mengatasi anak yang ngobrol di kelas saat PBM.
Pertama-tama, cari tahu penyebab anak-anak suka ngobrol di kelas. Apakah mereka bosan, mengalami kesulitan saat belajar, mencari perhatian, atau karena kondisi kelas yang memungkinkan mereka untuk mengobrol? Dengan mengetahui sebabnya, kita dapat mencari strategi yang tepat untuk mengatasi perilaku ini. Misalnya, jika anak-anak suka mengobrol karena duduk dekat dengan teman yang memiliki tipe yang sama, pertimbangkan untuk mengatur ulang posisi tempat duduk mereka.
Namun, dengan adanya video ini sangat bermanfaat untuk menambah wawasan kami sebagai para guru dalam mengatasi anak yang ngobrol saat PBM berlangsung.