silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)

Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang

Kesesuaian tingkat kependidikan  Sangat Baik

Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.

Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.

Untung Laksana Budi

Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.

b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.

c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.

Rahmawati

Similar Posts

1,932 Comments

  1. Nama : Ovi Ristiyanti
    NIM : 857702067

    Video tersebut membahas tentang permaslahan yang sering kali kita temui dalam proses pembelajaran yakni anak asik mengobrol, sehingga video ini sangat relevan untuk para guru PAUD seperti saya. Permasalahan moral dan prilaku kedisiplinan anak ini tentunya berdampak negatif baik pada anak tersebut, maupun mengganggu fokus teman-temannya serta keberlangsungan kegiatan belajar mengajar. Dari video tersebut kita mendapatkan ilmu baru mengenai upaya yang dapat kita lakukan untuk menangani anak yang mengobrol di kelas saat kegiatan bercerita, yakni dengan strategi sebagai berikut :
    1) Menghentikan kegiatan bercerita untuk sejenak dan menenangkan suasana kelas agar lebih baik lagi.
    2) Memisahkan anak yang mengobrol dengan anak anak yang sedang mengikuti pembelajaran.
    3) Menempatkan posisi anak yang suka mengobrol untuk berada di dekat guru.
    4) Melibatkan anak yang suka mengobrol dalam kegiatan bercerita.
    5) Menekankan kepada anak agar tidak mengulang kejadian yang sama.
    6) Memberikan reward kepada anak ketika anak dapat memperbaiki perilakunya.
    Dengan upaya tersebut, diharapkan anak-anak dapat lebih baik perikaunya. Sekian dari saya, terimakasih.

  2. Nama : Rizky Citra Dewi
    nim : 859789729
    Judul Vidio : Anak Ngobrol di Kelas Saat KBM

    Pertama-tama, penting untuk dipahami bahwa anak-anak di usia prasekolah biasanya memiliki tingkat perhatian yang lebih pendek dan lebih sulit untuk duduk diam dalam waktu yang lama. Mereka juga sedang dalam proses belajar untuk berinteraksi sosial dan mengekspresikan diri.
    Dengan demikian, jika seorang anak ngobrol di kelas saat pembelajaran PAUD, itu bisa menjadi kesempatan bagi pengajar untuk memahami apa yang menarik perhatian anak tersebut atau apa yang mungkin membuatnya merasa tidak nyaman. Pengajar dapat menggunakan momen tersebut untuk membimbing anak tentang kapan waktu yang tepat untuk berbicara dan bagaimana berpartisipasi dengan baik dalam pembelajaran.

    Selain itu, komunikasi terbuka antara guru dan orang tua juga penting. Orang tua dapat membantu mengidentifikasi penyebab perilaku anak dan bekerja sama dengan pengajar untuk mencari solusi yang sesuai dengan kebutuhan anak tersebut.

  3. Nama : Rizky Citra Dewi
    Nim : 859789729
    Judul Vidio : Anak Ngobrol Di Kelas Saat Pembelajaran (KBM)

    Pertama-tama, penting untuk dipahami bahwa anak-anak di usia prasekolah biasanya memiliki tingkat perhatian yang lebih pendek dan lebih sulit untuk duduk diam dalam waktu yang lama. Mereka juga sedang dalam proses belajar untuk berinteraksi sosial dan mengekspresikan diri.
    Dengan demikian, jika seorang anak ngobrol di kelas saat pembelajaran PAUD, itu bisa menjadi kesempatan bagi pengajar untuk memahami apa yang menarik perhatian anak tersebut atau apa yang mungkin membuatnya merasa tidak nyaman. Pengajar dapat menggunakan momen tersebut untuk membimbing anak tentang kapan waktu yang tepat untuk berbicara dan bagaimana berpartisipasi dengan baik dalam pembelajaran.

    #Selain itu, komunikasi terbuka antara guru dan orang tua juga penting. Orang tua dapat membantu mengidentifikasi penyebab perilaku anak dan bekerja sama dengan pengajar untuk mencari solusi yang sesuai dengan kebutuhan anak tersebut.

  4. Dalam vido di atas dijelaskan beberapa metode yang digunakan untuk mengatasi anak ngobrol sendiri saat PBM. Dan startegi ini sangat mudah diterapkan oleh di sekolah. Pengalaman saya dalam mengatasi anak yang sedang ngobrol saat pembelajaran adalah dengan berhenti sejenak kemudian mengajak anak untuk melakukan beragam tepuk dan bernyanyi, selain itu saya juga berusaha menciptakan proses pembelajaran yang menarik bagi anak seperti penggunaan media seperti alat peraga sehingga anak merasa tertarik untuk mendengarkan guru

  5. Nama : Hasni
    Nim. :858304814
    Selain mengadakan variasi bermain untuk mengalihkan perhatian anak, guru juga dapat mengajak anak melakukan beberapa gerakan lucu seperti gerakan pesawat terbang dan mengangkat satu kaki atau melakukan tepuk diam dengan gerakan yang bersemangat. Selain itu berikan pujian kepada anak yg mengikuti kegiatan dengan tertib

  6. Nama :Juairiah
    NIM :858308266
    Izin menanggapi 🙏
    Dari video tersebut sering kali saya sebagai pendidik PAUD menemukan anak yang ngobrol di kelas ketika PBM. Untuk mengalihkan perhatian anak supaya dapat memperhatikan guru, anak dapat di panggil menggunakan yel-yel atau permainan sebentar, agar anak dapat memperhatikan kita untuk menyampaikan pembelajaran tersebut
    Terimakasih…

  7. Assalamualaikum Wr.Wb
    izin menanggapi🙏
    tips yang sudah dijelaskan sudah sangat baik pada vidio gpo tersebut,saya izin menambahkan sedikit untuk
    》.Upaya Penanganan Masalah
    1.Untuk mengatasi permasalahan tersebut,sebaiknya guru menggunakan model pembelajaran yang menarik yang banyak disukai anak anak serta kreatif dalam hal pembelajaran,misal ketika pembelajaran guru sedang menerangkan materi alangkah baiknya kita juga menggunakan alat pendukung pembelajaran yaitu alat peraga supaya anak didik lebih memperhatikan dan bisa fokus pada pembejaran berlangsung.
    2.Guru harus bisa menyelami emosi anak,maka bagi seorang guru harus bisa membangun komunikasi yang baik antara anak dan guru,bila kualitas hubungannya baik ,guru akan mudah mengenali apa yang dirasakan anak,apa kesukaannya,dan situasi apa yang membuatnya tidak konsentrasi.
    3.Menata tempat duduk anak agar lebih terkondusif lagi,misalnya tempat duduk ditata melingkar,berkelompok dan lain sebagainya.

  8. Assalamualaikum.
    Nama: suhaeniyah
    NIM : 859156061
    Setelah menonton video tersebut saya usul ketika melakukan kegiatan bercerita sebaiknya anak anak kita posisikan untuk membentuk lingkaran agar lebih mudah dalam melakukan observasi terhadap anak yang tidak mendengarkan guru waktu kegiatan bercerita tsb. Danjuga anak lebih fokus dan leluasa melihat buku cerita bergambar yg digunakan oleh guru/ pendidik.

  9. Assalamualaikum Wr.Wb
    Nama:Dewi Anifatus
    Izin menanggapi 🙏
    tips yang yang sudah dijelaskan sudah sangat baik dan menginspirasi pada vidio tersebut,saya menambahkan sedikit untuk
    》.Upaya Penanganan Masalah
    1.Untuk mengatasi permasalahan tersebut,sebaiknya guru menggunakan model pembelajaran yang menarik yang banyak disukai anak anak serta kreatif dalam hal pembelajaran,misal ketika pembelajaran guru sedang menerangkan materi alangkah baiknya kita juga menggunakan alat pendukung pembelajaran yaitu alat peraga supaya anak didik lebih memperhatikan dan bisa fokus pada pembejaran berlangsung.
    2.Guru harus bisa menyelami emosi anak,maka bagi seorang guru harus bisa membangun komunikasi yang baik antara anak dan guru,bila kualitas hubungannya baik ,guru akan mudah mengenali apa yang dirasakan anak,apa kesukaannya,dan situasi apa yang membuatnya tidak konsentrasi.
    3.Menata tempat duduk anak agar lebih terkondusif lagi,misalnya tempat duduk ditata melingkar,berkelompok dan lain sebagainya.

  10. Assalamualaikum wr.wb
    Nama:Nina komala
    Nim:857530832
    Upbjj:Bandung

    Video ini sangat bermanfaat bagi saya,video ini menginspirasi saya untuk menghadapi anak didik yang suka dan sering mengobrol di kelas saat jam pelajaran berlangsung. Dalam hal ini tentunya membutuhkan kelas yang kondusif,guru harus mampu menguasai kelas,agar tujuan pembelajaran tercapai.anak-anak sering kali membuat gaduh dengan asyik mengobrol saat belajar,caranya bisa menegur anak dengan lembut(tidak dengan teriakan atau bentakan),berinteraksi dengan anak atau melibatkan anak dalam kegiatan,tidak lupa memberikan reward kepada anak agar dapat memperbaiki perilakunya.
    Terimakasih

Leave a Reply