silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)
Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang
Kesesuaian tingkat kependidikan Sangat Baik
Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.
Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.
Untung Laksana Budi
Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.
b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.
c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.
Rahmawati
Dari video tersebut sangat bermanfaat bagi saya untuk menghadapi anak yang sering ngobrol pada saat pembelajaran berlangsung. Dan solusi yang disampaikan dapat saya cerah dan insyaallah akan diamalkan disekolah kami. Ada beberapa cara penanganan saat anak sedang ngobrol pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung diantaranya :
1. Hentikan proses pembelajaran sejenak.
2. Pisahkan anak yang mengobrol dengan anaak yang sudah belajar
3. Posisikan anak dekat kepada ibu guru
4. Libatkan anak kedalam kegiatan cerita a/ proses pembelajaran dgn tertib.
5. Tekankan anak agar anak tidak mengulangi kesalahan yang telah terjadi.
6. Berikan reward ketika anak tidak mengulangi kesibukan kembali.
Assalamualaikum wr.wb
Nama: Risky Nur Lely
Nim:857629073
Video ini sangat bermanfaat bagi saya,ketika menghadapi anak didik yang suka dan sering mengobrol di kelas saat jam pelajaran berlangsung. Dalam hal ini tentunya membutuhkan kelas yang kondusif,guru harus mampu menguasai kelas,agar tujuan pembelajaran tercapai.anak-anak sering kali membuat gaduh dengan asyik mengobrol saat belajar,salah satu caramya adalah dengan menegur anak dengan lembut(tidak dengan teriakan atau bentakan),berinteraksi dengan anak atau melibatkan anak dalam kegiatan,tidak lupa memberikan reward kepada anak agar dapat memperbaiki perilakunya.
NAMA:RICA ADNA SYAKIR
NIM:858306413
berikut adalah beberapa komentar dari saya untuk mengatasi anak yang sering ngobrol di kelas saat proses belajar mengajar (PBM):
•Komunikasi Terbuka: Ajak anak untuk berbicara tentang alasan mengapa dia sering ngobrol di kelas. Mungkin ada hal-hal tertentu yang membuatnya sulit berkonsentrasi.
•Aturan dan Konsekuensi: Buatlah aturan jelas tentang perilaku yang diharapkan di kelas dan konsekuensinya jika aturan tersebut dilanggar. Pastikan anak memahami bahwa ngobrol di kelas akan memiliki dampak negatif pada pembelajaran dan interaksi dengan teman-temanya.
NAMA:RICA ADNA SYAKIR
NIM:858306413
berikut adalah beberapa komentar dari saya untuk mengatasi anak yang sering ngobrol di kelas saat proses belajar mengajar (PBM):
Kitas sebagai pendidik harus bisa Ajak anak untuk berbicara tentang alasan mengapa dia sering ngobrol di kelas. Mungkin ada hal-hal tertentu yang membuatnya sulit berkonsentrasi.
Kita sebagai pendidik harus membut aturan jelas tentang perilaku yang diharapkan di kelas dan konsekuensinya jika aturan tersebut dilanggar. Pastikan anak memahami bahwa ngobrol di kelas akan memiliki dampak negatif pada pembelajaran dan interaksi dengan teman-temanya.
Assalamualaikum
Nama : Salsha Della Juita Indriani
Nim: 856816541
Dari vidio diatas, sering sekali saya sebagai pendidik paud menemukan anak yang mengobrol dikelas ketika PBM berlangsung. Sebagai guru saya sudah menegur anak untuk fokus dengan yang kita sampaikan kepada anak.anak susah sekali untuk tidak mengobrol.Dengan adanya vidio diatas saya mendapatkan solusi ketika anak mengobrol dikelas yaitu dengan cara:
A. Hentikan proses pembelajaran sejenak.
B. Pisahkan anak yang mengobrol dengan temannya
C . Posisikan anak dekat kepada kita ibu guru
D. Libatkan anak kedalam kegiatan cerita( misalnya, ganti nama tokoh cerita dengan nama anak
E . Tekankan anak agar anak tidak mengulangi kesalahan yang telah terjadi.
F . Tidak lupa Berikan reward ketika anak tidak mengulangi kesibukan kembali, agar anak faham dan mengerti yang kita sampaikan.
Nama : Anggely Grace Andemora
Vidio ini sangat bermanfaat meskipun singkat namun mudah di pahami dan dapat mengedukasi guru atau pendidik dalam menghadapi masalah yang serupa melalui cara atau solusi yang di sampaikan sangat menarik karena tetap mengedepankan kepentingan anak, yakni guru tidak menggukan tiriakan atau bentakkan saat mengatasi hal tersebut yang dapat membuat anak takut dan tidak mau mengikuti pembelajaran sama sekali. Juga dengan pemberian reward atau penghargaan anak merasa dihargai atas pribadinya dalam merubah perilakunya menjadi baik (tidak mengobrol lagi) saat pembelajaran berlangsung.
Nama : Yosita
Nim : 859804821
Di dalam video tersebut sering kali terjadi pada anak didik saat kita memberi materi atau bercerita ada beberapa anak kurang tertarik dengan apa yang kita ceritakan di depan kelas mereka sibuk sendiri ada yang bercerita dengan teman dan ada yang berlari lari solusi yang saya lakukan tenangkan dulu suasana di kelas hampiri mereka tanya apa yang mereka ceritakan lalu ganti gaya berceritanya biar anak tertarik apa yang kita ceritakan . Dalam video tersebut menambah wawasan cara mengatasi anak yang suka mengobrol dikelas saat PBM
Nama : Marniwati Zai
NIM. : 858467502
UBJJ : UT Samarinda
Tanggapan saya mengenai video Anak ngobrol di kelas…ini sering terjadi di kelas dan bukan cuma satu org terkadang anak2 mengelompokkan diri dan asyik sendiri dengan bercerita dengan temannya. Menurut saya hal2 atau cara mengatasi anak2 seperti begitu dikelas sangat memberikan masukan untuk saya membenahi diri dalam sesi bercerita dengan anak. Dan terkadang saya dikelas agar tdk gaduh dan anak tsb tdk bercerita, saya mendemonstrasikan diri sendiri sesuai tema cerita yang saya sampaikan di kelas. Sehingga hal itu akan memicu perhatian mereka dengan sikap gaya demonstrasi saya dan ini cukup menarik perhatian mereka dalam belajar dan anak2 yang fokus belajar akan mendapatkan reward dari gurunya. Terimakasih
Nama :Dini ropina
Nim : 856278111
Dari kejadian di atas sering terjadi dikelas saya.cara mengatasinya
Pisahkan anak yang mengobrol saat bercerita.berikan ruang kepada anak jika anak mampu merubahnya.
Dalam hal seperti ini kelas harus dalam keadaan kondusif.
Dari vidio d atas kita bisa mengambil langkah mudah untuk mengatasi masalah tersebut
Saran saya
Pada saat kita pembelajaran kita selingkuh dengan melakukan ice briking untuk mengurangi anak yang suka mengobrol di kelas
Nama: Vianney Dita M.P
NIM: 857867787
Mohon izin untuk menambahkan komentar,
Dalam video tersebut terlihat seorang guru akan membacakan sebuah cerita kepada anak didik mereka, akan tetapi suasana kelas sangat gaduh. Anak-anak tidak melihat kearah guru dan banyak yang asik bermain sendiri dengan temannya. Kemudian guru mengubah strategi terhadap cara dia mengajar dengan membacakan cerita lebih dekat ke anak, melihatkan gambar dari buku, dan berkeliling untuk mengadakan sebuah interaksi terhadap anak.
Gambaran yang diberikan pada video tersebut cukup jelas dan dapat menjadi evaluasi bagi tenaga pendidik anak usia dini agar dapat menemukan strategi yang tepat untuk mengelola kelas dan membawakan sebuat kegiatan agar menarik untuk anak-anak terutama saat dibacakan sebuah cerita.
Terima kasih.