silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)

Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang

Kesesuaian tingkat kependidikan  Sangat Baik

Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.

Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.

Untung Laksana Budi

Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.

b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.

c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.

Rahmawati

Similar Posts

1,932 Comments

  1. Nama : Farida
    NIM : 8775228854
    Anak ngobrol di kelas saat PBM

    Video diatas sangat bagus dan membantu sekali karena saya juga sudah menerapkan hal tersebut didalam kelas saya. Yang paling sering saya lakukan adalah membawa anak yang ngobrol duduk dekat saya dan memberi reward kepada anak yang mendengar cerita… Terimakasih

  2. Video ini sangat bagus ,sangat menginspirasi,dan sangat baik untuk di terapkan di lembaga saya ,,,karena anak dengan hal seperti ini sangat sering terjadi ketika pembelajaran berlangsung,,,

  3. Nama : Oktavina Indriyati
    Nim : 859031112
    Judul : Anak Ngobrol di Kelas pada Saat PBM
    Video tersebut sangat bermanfaat bagi saya sebagai guru TK. Dalam konteks perkembangan sosial-emosional anak usia dini, interaksi antara anak dan guru sangat penting. Variasi permainan seperti permainan tepuk dapat membantu menarik perhatian anak dan memperkuat ikatan antara mereka dengan guru. Memberikan reward juga bisa meningkatkan motivasi dan memperkuat perilaku positif. Namun, penting juga untuk memahami bahwa setiap anak memiliki kebutuhan dan gaya belajar yang berbeda. Jadi, selain memberikan strategi pembelajaran, penting untuk mengamati dan memahami kebutuhan individu setiap anak. Komunikasi terbuka dengan orang tua juga penting untuk mendapatkan wawasan tambahan tentang lingkungan sosial-emosional anak di luar sekolah. Terakhir, membangun lingkungan yang aman, inklusif dan mendukung di kelas juga merupakan faktor kunci dalam membantu perkembangan sosial-emosional anak.

  4. Nama:Siti Alfiah(858317534)

    Video ini memberikan perspektif yang menarik tentang bagaimana anak-anak berinteraksi dan berkomunikasi selama proses belajar. Sangat menginspirasi melihat bagaimana guru mengatasi tantangan komunikasi di kelas dengan cara yang positif dan mendukung. Ini adalah sumber yang bagus untuk para pendidik yang ingin meningkatkan keterampilan mengajar mereka dan memahami lebih dalam tentang dinamika kelas. Terima kasih telah berbagi.

  5. Nama : Nunung Nuryani
    NIM : 857493727
    UPBJJ : Bandung

    kejadian anak mengobrol dikelas sering terjadi, khususnya saat PBM. Hal ini dapat terjadi karena banyak hal, misalnya bosan, cerita kurang menarik, waktu cerita terlalu lama, dan masih banyak lagi. Apalagi daya konsentrasi anak PAUD masih pendek. namun hal ini dapat diminimalisir dengan cara yang guru tersebut lakukan, yaitu menghentikan membaca cerita sejenak, menghampiri anak yang mengobrol, kemudian memisahkannya dan menempatkannya di samping guru, lalu melanjutkan kembali cerita dengan sesekali melibatkan anak. Sebagai tambahan :
    – Sebaiknya gunakan benda lain untuk bercerita misalnya boneka. Biasanya anak menyukai jika ada objek yang dilihat.
    – Tatap mata anak saat bercerita.
    – Sesekali libatkan anak dengan menyebut namanya jika terlihat konsentrasinya mulai terganggu.
    – Atur posisi duduk anak, misalnya anak yang suka mengobrol di tempatkan dengan anak yang pendiam.
    – Buat kesepakatan bersama anak sebelum PBM.

  6. Nama: Sri Agnesia Lase
    Nim: 859786841
    Dari video anak ngobrol pada saat PBM, tanggapan saya dari video diatas yaitu anak ngobrol pada saat PBM adalah hal yang umumnya terjadi pada anak-anak pada PBM berlangsung. Namun, dalam video diatas kita diajarkan upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.

    Terimakasih🙏

  7. Nama : Tuti Krisdayanti zega
    Nim : 859875496
    Video di atas sangat menarik dan membantu kami sebagai guru untuk dapat mengatasi anak yang mengobrol di dalam kelas ketika guru sedang mengajar, cara yang di lakukan guru pada video ini dapat di apresiasi oleh kita guru untuk meningkatkan keterampilan mengajar pada anak. Perlu juga kita ketahui bahwa setiap anak pasti melakukan hal yang sama di dalam vidio ini ketika pembelajaran menurut mereka membosankan dan itulah tugas kita sebagai guru untuk memberikan suasana yang menyenangkan atau membuat strategi cara pembelajaran yang nyaman kepada mereka sehingga mereka juga akan bersemangat dan fokus ketika pembelajaran di mulai.

  8. Nama : Husnun Lathifah
    NIM : 856336972
    Komentar saya mengenai Seri Pembelajaran PAUD Sosial Emosional II masalah : Anak Mengobrol dikelas saat PBM. adalah mengajarkan saya ketika ada anak yang mengobrol dikelas saat pembelajarn untuk menghentikan kegiatan yang akan dilakukan atau cerita yang dibacakan, memisahkan anak yang mengobrol dnegan temannya, posisikan anak yang mengobrol dekat dengan guru, melibatkan anak dalam kegiatan bercerita atau proses kegiatan pembelajaran bersama guru, menekankan kepada anak agar anak tidak mengulangi kejadian yang serupa ketiak pendidik/ guru sedang menjelaskan sesuatu untuk tidka mengobrol, memberikan reward kepada anak bila anak dapat memperbaiki perilakunya dengan tepuk tangan bersama dengan teman-temannya.

  9. Anak mengobrol dikelas pada saat PBM memang sudah biasa dihadapi oleh guru, karena memang anak-anak belum terlalu fokus atau mungkin saja anak bosan dengan kegiatan belajar yang terlalu lama. Guru bisa memberikan ice breaking ditengah kegiatan belajar agar anak tidak bosan dan bisa kembali berkosentrasi mendengarkan guru. Guru juga bisa menggunakan alat peraga dalam bercerita sehingga anak-anak lebih antusias dan fokus pada guru.

  10. Nama : Suratmi
    NIM : 857991587
    Anak Ngobrol di Kelas Saat PBM, Dalam menghadapi anak yang ngobrol di dalam kelas terdapat beberapa strategi dari video tersebut :
    1. Hentikan sejenak proses pembelajaran untuk menenangkan suasana kelas
    2. Pisahkan anak yang ngobrol dengan anak yang belajar
    3. Posisikan anak yang ngobrol dekat dengan guru
    4. Libatkan anak dalam proses pembelajaran
    5. Pastikan anak untuk tidak mengulangi perbuatannya
    6. Berikan reward pada anak saat anak bisa / mampu memperbaiki perbuatannya

Leave a Reply