silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)

Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang

Kesesuaian tingkat kependidikan  Sangat Baik

Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.

Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.

Untung Laksana Budi

Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.

b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.

c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.

Rahmawati

Similar Posts

1,932 Comments

  1. Mengatasi permasalahan perkembangan moral dan disiplin pada anak usia dini memang membutuhkan pendekatan yang kreatif dan inovatif. Video yang Anda sebutkan tampaknya memberikan wawasan tentang pentingnya interaksi positif antara guru dan murid selama proses pembelajaran. Variasi dalam permainan, seperti permainan tepuk, dapat meningkatkan keterlibatan anak dan membantu mereka fokus pada materi pembelajaran. Selain itu, posisi duduk anak yang dekat dengan guru dapat memudahkan pengawasan dan interaksi langsung, yang mungkin mengurangi kecenderungan mereka untuk ‘ngobrol’ atau terdistraksi. Pemberian reward atau penghargaan di akhir sesi belajar juga merupakan strategi yang efektif untuk memotivasi anak dan menguatkan perilaku positif. Keseluruhan upaya ini dapat membentuk lingkungan belajar yang lebih kondusif dan menyenangkan bagi anak-anak, yang pada akhirnya mendukung perkembangan moral dan disiplin mereka.

  2. Anak yang mengobrol saat PBM
    Pada video tersebut guru mengatasi kondisi tersebut tidak dengan marah atau suara keras , yakni dengan :
    Mengubah strategi belajar
    Memindahkan anak yang mengobrol dengan
    Posisikan anak didekat guru
    Melibatkan anak dalam cerita
    Memberikan reward pada anak
    Sehingga anak-anak akan teralihkan pandangan kepada guru.

  3. Setelah menonton video tersebut jadi terinspirasi, bagaimana menangani anak yang suka mengobrol di kelas saat pembelajaran.

  4. Nama Maro’ah NIM 857779937
    Saya setuju dalam vidio tersebut,cara menangani anak yg berbicara ketika pembelajaran.Sedikit menambahkan saja
    Mengatasi anak berbicara saat pembelajaran biasanya guru memberikan kesempatan kepada anak untuk bercerita di depan kelas terlebih dahulu, meminta anak untuk bergantian dalam bicara.

  5. kasus seperti video sangat sering di temui ketika sedang melaksanakan pembelajaran, video ini sangat menginspirasi bagaimana kita mengatasi kesulitan dalam menangani anak yang suka mengobrol saat pembelajaran yaitu dengan mengubah strategi pembelajaran .

  6. Nama : Suparti
    NIM : 857995283
    Vidio tersebut cukup baik serta menambah wawasan saya bagaimana tindakan guru pada saat pembelajaran ada anak ngobrol dengan temanya .langkah yang ditempuh yaitu memberikan proses pembelajaran sejenak untuk menenangkan suasana kelas,memisahkan anak yang mendengarkan cerita dan anak yang bercerita sendiri,posisikan anak yang ngobrol didekat guru,libatkan anak untuk menceritakan kembali cerita yang telah didengarkan,memberikan penjelasan kepada anak untuk tidak ngobrol dengan teman ketika pembelajaran ,memberikan penghargaan jika anak dapat memperbaiki perilakunya.
    Saran untuk video tersebut ialah memberikan kesempatan anak yang ngobrol dengan temanya di depan kelas sehingga semua temanya mendengar apa yang di ceritakan kemudian mengajak anak yang ngobrol tadi bergantian berbicara dengan guru pada saat pembelajaran

  7. Nama : Nanik ismayanti 859174962 upbjj : Mataram “video tersebut sangat relevan dengan kegiatan belajar mengajar yang saya hadapi di sekolah. Seringkali ada saja beberapa anak asyik mengobrol terutama ketika moment telling story, sehingga akan menggangu teman yang lain. Saya setuju dengan video diatas yaitu mengubah strategi pembelajaran, yakni menghentikan proses pembelajaran sejenak dan menenangkan situasi dulu kemudian anak yang mengobrol tadi dipisahkan tempat duduk mereka dekat dengan guru, hal ini akan melatih moral disiplin mereka. Melibatkan anak dalam cerita yang disampaikan oleh , memberi penekanan atau ketegasan agar anak tidak mengulangi kejadian yang sama. Kemudian memberikan reward apabila anak berkelakuan baik. Saya akan coba terapkan dalam strategi pembelajaran ini”

  8. Nama : Indah Melani
    Nim : 857489813
    Setelah menyaksikan video di atas,saya menjadi tahu bagaimana cara mengatasi anak yang ngobrol pada saat belajar. Diantra caranya adalah : Guru dapat menghentikan proses pembelajaran sejenak agar anak tenang, memisahkan anak yang mengobrol dengan yang sedang belajar, memposisikan anak yang mengobrol agar duduk di dekat guru, melibatkan anak dalam proses pembelajaran, memberitahu anak agar tidak mengulangi kesalahan, dan memberikan apresiasi jika anak tidak mengulanginya lagi.
    Saran : Video GPO sudah baik dan menginspirasi namun jika diupdate akan lebih menarik.

  9. NAMA : DEWI SUSANTI
    NIM : 856338779
    PRODI : PG PAUD
    MATA KULIAH : PAUD 4405.12

    Masukan dan Saran untuk Video Seri Pembelajaran PAUD “Anak Ngobrol di Kelas Saat PBM”
    Berdasarkan hasil pencarian YouTube, berikut adalah beberapa masukan dan saran untuk video seri pembelajaran PAUD “Anak Ngobrol di Kelas Saat PBM”:

    Saran Positif:
    Topik yang relevan: Video ini membahas topik yang relevan dengan pengalaman belajar anak-anak di PAUD, yaitu tentang bagaimana mengatasi anak yang suka ngobrol di kelas saat PBM.
    Informasi yang bermanfaat: Video ini memberikan informasi yang bermanfaat bagi para guru dan orang tua tentang bagaimana mengatasi anak yang suka ngobrol di kelas saat PBM.
    Penyampaian yang jelas dan mudah dipahami: Video ini disampaikan dengan jelas dan mudah dipahami oleh para guru dan orang tua.
    Penggunaan visual yang menarik: Video ini menggunakan visual yang menarik untuk membantu penyampaian informasi.

    Saran Negatif:
    Durasi video yang singkat: Durasi video yang singkat membuat pembahasan tentang topik ini terasa kurang mendalam.
    Kurangnya variasi dalam penyampaian: Video ini hanya menggunakan satu format penyampaian, yaitu ceramah.
    Kurangnya interaksi dengan penonton: Video ini tidak memiliki interaksi dengan penonton, sehingga membuat penonton kurang terlibat dalam pembelajaran.
    Saran untuk Perbaikan:

    Membuat video dengan durasi yang lebih panjang: Hal ini akan memungkinkan pembahasan tentang topik ini lebih mendalam.
    Menggunakan variasi dalam penyampaian: Video ini dapat menggunakan variasi dalam penyampaian, seperti menggunakan contoh kasus, simulasi, atau diskusi.
    Meningkatkan interaksi dengan penonton: Video ini dapat meningkatkan interaksi dengan penonton dengan memberikan pertanyaan kepada penonton atau meminta penonton untuk melakukan aktivitas.
    Secara keseluruhan, video seri pembelajaran PAUD “Anak Ngobrol di Kelas Saat PBM” adalah video yang bermanfaat bagi para guru dan orang tua. Namun, video ini masih dapat ditingkatkan dengan beberapa saran yang telah disebutkan di atas.

    Selain itu, berikut adalah beberapa poin tambahan yang dapat dipertimbangkan untuk video seri pembelajaran PAUD:

    Melibatkan anak-anak dalam pembuatan video: Hal ini akan membuat video lebih menarik bagi anak-anak dan membantu mereka untuk lebih memahami materi yang disampaikan.
    Membuat video yang interaktif: Video ini dapat dibuat interaktif dengan menggunakan kuis, game, atau aktivitas lainnya.
    Menyediakan materi pendukung: Video ini dapat dilengkapi dengan materi pendukung, seperti lembar kerja atau panduan bagi para guru dan orang tua.

  10. Nama:Sisilia Onem
    Nim:859286837

    Setelah saya melihat video tersebut diatas ,saya merasa perhatian ,karena pengembangan moral dan disiplin anak usia dini, membutuhkan waktu dan kesabaran,
    Mengatasi anak ngobrol dikelas saat PBM yakni:
    Dengan cara mengubah strategi guru dalam pembelajaran yaitu:
    1) Sebaiknya anak diposisikan duduk melingkar, supaya anak melihat dan konsentrasi saat penjelasnya dari ibu guru.
    2)Memberikan semangat dengan menepuk. Dengan ini anak tidak akan kehilangan pandangannya dan tidak jenuh dan bosan
    3) memberikan pertanyaan kepada anak,dengan memberikan motivasi atau penghargaan sebelum dan sesudah kegiatan.

Leave a Reply