silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)
Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang
Kesesuaian tingkat kependidikan Sangat Baik
Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.
Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.
Untung Laksana Budi
Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.
b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.
c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.
Rahmawati
Nama: Nur Aisyah Indri Astutik
NIM : 858937546
Belajar dari pengalaman pribadi, anak sering sekali ngobrol di kelas ketika KBM. Sebagai guru tentu saja harus mengambil cara atau langkah yang benar untuk mengatasinya. Dengan adanya video GPO ” Anak ngobrol di kelas saat pembelajaran” membuat saya menjadi lebih luas lagi pengetahuan bagaimana cara mengatasi anak yang ngobrol di kelas. Yaitu dengan menghentikan dulu proses pembelajaran untuk menenangkan suasana kelas, memisahkan anak yang mengobrol dengan anak yang sedang belajar, posisikan anak yang mengobrol di dekat guru, melibatkan anak dalam proses pembelajaran, tekankan anak untuk tidak mengulangi kejadian yang sama dan terakhir memberikan reward ketika anak telah memperbaiki perilakunya.
Nama : Hasnawati
Nim : 858613422
Dalam vedio diatas sangat membatu saya dalam mengatasi anak yang suak mengobrol didalam kelas terutama disaat pembelajaran di mulai.Biasanya sya kalau pembelajaran di mulai dan anak-anak ribut dalam kelas saya berhenti sejenak dan mengajak anak -anak untuk tepuk-tepuk untik mengalihkan suasa,setela itu saya memberikan lagi penjelasan bahwa disaat guru memberiakn pembelajaran mohon di pperhatikan dan membuta lagi kesepakatan dalm kelas agaar tidak terjadi hal-hal yang tidak di nginkan terutama mengobrol disaat pembelaajaran di mulai.Dan dengan adanya vedio GPO ini saya bisa merapkan seperti diatas di sekolah saya.
terimaksih GPO
NAMA : NABELLA SHANTIKA
NIM. : 855888223
Video di atas sangat menambah ilmu bagi untuk saya yang masih menjadi guru junior, anak berbicara disaat PBM memang hampir semua kita rasakan sebagai guru PAUD, biasanya disaat anak berbicara, saya memberhentikan pembelajaran sejenak, mengalahkan mereka dengan cara bernyanyi, bertepuk tangan, hingga fokus nya kembali lagi ke saya,lalu saya meminta waktu kepada anak untuk fokus kembali, baru melanjutkan materi pembicaraan saya.
Nama : MIFTAHUL JANNAH
Nim : 859425253
Menurut saya , vidio di atas sangat memberikan ilmu yg bermanfaat bagi para guru paud , kebanyakan saat KBM sedang berlangsung banyak peserta didik yang selalu ngobrol dengan temannya. Strategi vidio di atas sangat bagus bisa di terapkan di sekolah masing-masing untuk menghadapi anak yang sedang ngobrol. Dengan cara menghentikan sejenak pembelajaran mengajak anak bermain atau bernyanyi. posisikan anak yang mengobrol tadi di dekat guru. Libatkan anak dalam kegiatan cerita atau proses belajar mengajar.
Terima kasih .
NAMA : sri wahyuni
NIM : 856102663
Cara menangani anak yang suka ngobrol saat belajar di kelas diantaranya:
– Penegakan Aturan dan Konsistensi: Tetapkan aturan yang jelas tentang perilaku yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan selama pembelajaran di kelas, termasuk aturan tentang berbicara.
– Berbicaralah dengan anak secara pribadi untuk mengetahui alasan di balik perilaku mengobrolnya.
– Berikan kesempatan kepada anak untuk berpartisipasi secara aktif dalam pembelajaran dengan cara yang sesuai.
– Berikan pekerjaan atau tugas yang menuntut keterlibatan aktif, seperti proyek kelompok atau kegiatan kolaboratif, yang dapat membantu mengalihkan perhatian anak dari mengobrol ke dalam belajar yang produktif.
– Berikan penghargaan atau pengakuan kepada anak yang berhasil mematuhi aturan dan berpartisipasi dengan baik dalam pembelajaran kelas. Ini dapat menjadi insentif tambahan bagi mereka untuk memperbaiki perilaku mereka.
Sekian,Terima kasih
– Lakukan refleksi secara teratur bersama dengan anak untuk membahas kemajuan mereka dalam mengatasi kebiasaan mengobrol di kelas. Berikan bimbingan dan dorongan yang diperlukan untuk membantu mereka menjadi lebih sadar dan bertanggung jawab atas perilaku mereka.
Video ini sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan saya, sehingga menambah ilmu agar suasana kelas kondusif saat pembelajaran berlangsung. Terimakasih guru pintar online
Nama : SUKMA WATI
NIM : 858317921
Dengan adanya video pembelajaran online yang disediakan oleh Gurupintar Online ini, sangat bermanfaat bagi saya untuk terus mengembangkan kompetensi saya sebagai guru dan menjadi acuan bagi saya untuk terus memberikan variasi belajar yang lebih baik lagi kepada peserta didik. terutama saat anak sedang asik mengobrol dikelas saat PBM. Maka, saya sebagai guru sebaiknya rehat sejenak lalu lakukan kegiatan yang dapat mengembalikan fokus anak seperti ice breaking.
Nama : Tina Biang Rani
NIM : 859165512
H
Nama : Tina Biang Rani
NIM : 859165512
Hal seperti ini kerap kali kita jumpai saat kegiatan pembelajaran. Ada anak yang tenang, ada pula anak yang ngobrol dengan temannya sehingga membuat teman lain terganggu fokusnya. Berdasarkan video terlihat cara guru menangani hal tersebut dengan cara memisahkan anak yang suka mengobrol dan menempatkan posisi duduk di dekat guru, selain itu dapat melibatkan anak dalam proses pembelajaran, dan memberikan pujian saat anak mematuhi peraturan.
Guru dapat pula membuat peraturan sebelum kegiatan pembelajaran di mulai, kesepakatan dapat disetujui oleh anak dan guru.
Anak-anak mengobrol saat sedang proses belajar mengajar memang sering terjadi, hal ini tentunya akan sangat membuat guru kualahan apabila guru tidak memahami trik dan tips tentang bagaimana menjadikan suasana kelas menjadi kondusif. Hal ini sering terjadi di kelas saya dan salah satu trik yg pernah saya pakai adalah menghentikan proses pembelajaran sejenak serta memisahkan anak-anak yg sedang mengobrol dan memposisikan si anak di dekat guru.
portal Guru Pintar Online ini sangat membantu saya dan mungkin guru-guru lain dalam mencari solusi lain untuk menenangkan anak-anak yg sedang mengobrol pada saat pembelajaran berlangsung. Terimakasih,semoga portal ini semakin berkembang dengan meningkatkan resolusi gambar dan suara sehingga akan lebih nyaman saat di tonton,dan kalau bisa mohon durasi video bisa dibuat lebih panjang paling tidak 5-7 menit.