silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)

Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang

Kesesuaian tingkat kependidikan  Sangat Baik

Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.

Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.

Untung Laksana Budi

Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.

b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.

c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.

Rahmawati

Similar Posts

1,932 Comments

  1. nama : sherly firda pradina
    nim : 856251077
    anak ngobrol dikelas saat belajar

    menurut pendapat saya mengenai video tersebut guru sudah melakukan kegiatan secara maksimal karena sudah memberikan kosenkuensi kepada anak yang mengobrol dikelas.
    adapun yang dapat tambahkan untuk mengatasi masalah tersebut saat mengajar disekolah adalah
    1. Membuat peraturan di kelas yang sudah disepakati bersama. Misalnya, tidak boleh bicara ketika tiba waktu belajar. Tepati hal ini, dan memberikan sanksi bila ia tidak menepati. Tapi, alokasikan waktu khusus supaya ia bisa mengobrol sepuasnya dengan guru dan teman. Misalnya, selama satu atau dua jam sesudah belajar.
    2. Memperbanyak kesempatan anak untuk bersosialisasi. Bisa jadi, ia mengobrol di kelas karena tidak punya kesempatan banyak bicara dengan teman-teman sebayanya di rumah. Mendorong anak untuk lebih banyak bergaul, misal dengan bermain secara berkelompok atau melakukan hal-hal yang membuat anak tertarik
    3. Memberikan Hadiah untuk anak yang memerhatikan saat belajar,setiap orang akan senang saat mendapatkan hadiah apapun bentuknya, hal ini dapat diterapkan saat mengajar. Caranya bisa dengan memberikan reward bagi siapa saja yang memerhatikan dan tidak mengobrol sendiri. Dengan begitu anak jadi lebih semangat dan mengikuti proses belajar dengan baik.

  2. Nama : Novyanti Mokodongan
    Nim : 859956255

    Video yang di sajikan menarik dan di dibahas dengan bahasa yang mudah dipahami.
    Membantu guru dalam menemukan metode mengajar agar situasi kelas berjalan sesuai dengan harapan.
    Memberikan solusi bagi guru bagaimana dalam mengatasi agar anak tidak banyak mengobrol dalam kelas.

    Terimakasih video ini sangat membantu apalagi bagi guru yang masih tahap belajar seperti saya🙏

  3. Video tersebut sudah bagus menginspirasi bagi guru yang suka mengalami kejadian tersebut, sebaiknya sebelum pembelajaran dimulai lakukanlah peraturan kelas terlebih dahulu tentang apa yang boleh dan yang tidak boleh dilakukan saat belajar.

  4. NAMA : NAJWA ASPIA
    NIM : 859172571
    UPBJJ : MATARAM
    Sering kali di dalam kelas kita menemukan keributan.entah itu anak sedang berlari-larian saat pembelajaran berlangsung ataupun asik mengobrol dengan teman duduknya.sebagai seorang guru kami terkadang bingung untuk menangani anak yang suka mengobrol tersebut.adanya video edukasi ini,sangat mengedukasi kami para guru khususnya saya sendiri untuk bagaimana menangani anak yang tidak mau memperhatikan pembelajaran atau sering mengobrol dengan teman duduknya .diantara cara menanganinya adalah:
    1.melakukan kegiatan cerita guru/ proses pembelajaran sejenak.
    2.memisahkan antara anak yang mgoblor dengan anak yang sedang belajar.
    3.memposisikan anak yang ngobrol di dekat guru.
    4.melibatkan anak dalam proses belajar-mengajar.
    5.menekankan agar anak tidak mengulangi hal yang sama.
    6.dan membeikan reward pada anak ketika anak berhasil mengubah perilakunya.

  5. Nama : Siti Nurhaya
    NIM : 856337397
    Dari video ini, menurut saya strategi untuk mengatasi anak yang sedang mengobrol sudah bagus.
    Seperti:
    1. Menghentikan pembelajaran sejenak untuk mengatasi anak
    2. Memisahkan anak yang sedang mengobrol
    3. Meletakkan anak yang ngobrol di depan
    4. Dan hal yang terpenting yaitu memberi penghargaan.
    Namun saya melihat anak juga belum terlihat efektif dalam pelaksanaan pembelajaran. Dan sedikit tambahan saya, ada baiknya anak harus ditertibkan dari awal sebelum pembelajaran dimulai. Seperti posisikan anak duduk dalam keadaan melingkar, dan seorang guru tidak memulai kegiatan pembelajaran sebelum anak bisa duduk dengan tertib.

  6. Assalamualaikum wr.wb
    Nama : Sri Rahayu
    NIM : 859517466

    Berdasarkan hasil pengamatan saya setelah menonton video yang berjudul ” Anak Ngobrol Di Kelas Saat Pembelajaran” ,guru dalam mengajar dikelas sudah semaksimal mungkin.Saat memulai kegiatan dikelas guru membuat kesepakatan dengan anak-anak dikelas yaitu kalau didalam kelas harus tertib dan tenang.
    Dengan begitu anak-anak akan menjadi tertib karena sudah membuat kesepakatan,dan apabila ada yang melanggar maka guru akan menghentikan sejenak kegiatan pembelajaran dan memberikan nasehat terhadap anak yang lupa akan peraturan.Guru dapat memberikan penghargaan atau rewards terhadap anak yang sudah tertib maupun belum tertib sehingga membuat anak senang dan bahagia ketika dikelas.Sehingga dengan segala yang sudah diberikan oleh guru maka anak-anak akan mulai mematuhi aturan didalam kelas yaitu tidak ngobrol saat pembelajaran.

  7. Assalamualaikum..
    Berdasarkan video yang saya lihat sangat menginspirasi para guru untuk mengatasi kasus anak yang ngobrol saat pembelajaran berlangsung. Sikap guru saat menghadapi situasi tersebut juga tetap menjaga psikologis anak jangan sampai guru menjatuhkan harga diri anak tersebut didepan teman temannya. Dengan memisahkan dua siswa yg ngobrol tadi cukup efektif untuk mengkondisikan kelas kembali. Apalagi ada reward yg diberikan kepada siswa. Demikian juga nasihat untuk tidak mengulanginya lagi agar siswa yg lain tidak terganggu.

  8. Nama : Devina Sebdianita
    NIM : 858756323
    Berdasarkan hasil pengamatan saya setelah menonton video yang berjudul ” Anak Ngobrol Di Kelas Saat Pembelajaran” ,guru dalam mengajar dikelas sudah semaksimal mungkin.Saat memulai kegiatan dikelas guru membuat kesepakatan dengan anak-anak dikelas yaitu kalau didalam kelas harus tertib dan tenang.
    Dengan begitu anak-anak akan menjadi tertib karena sudah membuat kesepakatan,dan apabila ada yang melanggar maka guru akan membuat strategi untuk mengatasi anak yang sedang mengobrol Seperti:
    1. Menghentikan pembelajaran sejenak untuk mengatasi anak
    2. Memisahkan anak yang sedang mengobrol
    3. Meletakkan anak yang ngobrol di depan
    4. Dan hal yang terpenting yaitu memberi penghargaan
    5. libatkan anak dalam kegaiatan cerita atau proses belajar mengajar yang disampaikan guru
    6. Beri arahan agar anak tidak mengulangi kejadian yang sama

  9. Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Nama: Iis Lestari
    NIM: 859676379

    Menurut saya tayangan dalam video tersebut:
    – Dapat membantu meningkatkan kesadaran guru tentang permasalahan anak yang suka mengobrol di kelas.
    – Memberikan informasi tentang penyebab dan dampak dari anak yang suka mengobrol di kelas.
    – Memberikan beberapa solusi untuk mengatasi permasalahan anak yang suka mengobrol di kelas.

    Saran Perbaikan:
    – Video kurang membahas lebih detail penyebab dan cara mengatasi permasalahan anak yang suka mengobrol di kelas.
    – Kurang interaktif dan audio visual kurang menarik.

    Terima kasih…

  10. Nama : LULUK IDNAWATI
    NIM : 858965205
    menurut pendapat saya terhadap videp diatas memberikan ilmu baru kepada saya yang baru 2 tahun menjadi guru dan tanpa berpengalaman. dengan menonton video ini saya menjadi tahu bagaimana cara untuk mgatasi anak yang mengobrol dengan temannya saat kegiatan belajar mengajar. terutama pada saat membacakan cerita pada pengalaman saya anak memang cenderung bosan saat menerima cerita tanpa adanya gambar. jadi anak akan lebih tertarik dengan cerita bergambar. mungkin karena mata mereka tidak terfokuskan kepada guru, sehingga membuatnya terfokus pada hal yang lain.

Leave a Reply