silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)

Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang

Kesesuaian tingkat kependidikan  Sangat Baik

Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.

Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.

Untung Laksana Budi

Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.

b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.

c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.

Rahmawati

Similar Posts

1,932 Comments

  1. Nama : Dina Khouf Nurul Karomah
    NIM : 857380947
    UPBJJ : Bogor Utara
    Anak yang sering mengobrol bersama teman di dalam kelas saat pembelajaran cenderung menarik perhatian dari materi pelajaran yang sedang diajarkan. Mereka mungkin terlihat gelisah atau kurang fokus pada aktivitas yang sedang dilakukan. Seringkali, mereka akan berpaling dari guru dan buku pelajaran mereka, lebih tertarik untuk berinteraksi dengan teman sekelas. Ekspresi wajah mereka mungkin menunjukkan rasa senang atau antusiasme dalam berbicara dengan teman. Meskipun perilaku ini dapat menjadi tanda keinginan untuk bersosialisasi dan berbagi pengalaman dengan teman-teman mereka, jika tidak dikendalikan dengan baik, ini dapat mengganggu proses pembelajaran dan mengganggu konsentrasi siswa lain di kelas.

  2. Indah Maharani_857623531

    Gambaran umum dari vidio tersebut mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah dengan menghentikan sejenak proses pembelajran agar anak dapat terkondisikan, kita juga dapat memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru, mengajak anak untuk terlibat, tekankan agar anak tidak mengulangi kejadian yang sama, memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.

  3. Asalamualaikum, wr, wb.
    Nama:Silvi khoiriah
    Nim :857237767

    Dalam video di atas, guru melakukan hal yang baik karena guru mampu mengatasi anak yang suka ngobrol di dalam kelas dengan cara yang sangat sederhana,.
    Hal seperti ini saya jadi teringat kelas yang memang sering terjadi seperti pada Video di atas. Anak yang sudah semakin akrab dengan teman temannya membuat mereka lupa saat sedang kegiatan bersama guru. Untuk itu video di atas sangat membantu untuk mengatasi masalah tersebut..

  4. Anwargani Saputra _836860408

    Tips jika ada anak mengobrol saat guru menjelaskan:
    1. Sebelumnya berikan kesepakatan bermain sebelum memulai kegiatan
    2. jika kesepakatan tidak ditaati. hentikan kegiatan sejenak dan ingatkan kembali kesepakatan bermain dengan teman.
    3. jika masih mengobrol dengan temannya pisahkan anak tersebut dan dekatkan anak yang mengobrol berada di dekat guru.
    4. Libatkan anak dalam kegiatan.
    5. jika anak sudah bisa tenang dan memperhatikan, berilah pujian.

  5. Nama : Icha Hartika Khusmiati
    Nim : 859679335
    Semester : 2
    diskusi 5 matkul profesionalitas guru paud

    vidio tersebut menggambarkan kurangnya konsentrasi anak kepada guru , dan juga kurangnya penataan pengelolaan kelas yang tepat

    Saran : sebelum bercerita atau sebelum melakukan pembelajaran dimulai sebaiknya guru menata tempat duduk anak agar disaat bercerita / melakukan pembelajaran dapat didengar jelas oleh anak.

  6. Selamat siang.
    mohon ijin menanggapi.
    NAMA:FRISKA
    NIM:858103391
    Pada video seri pembelajaran yang saya tonton.mengatasi anak yang ribut sebelum pelajaran belum dimulai yaitu dengan mengajak anak melakukan beberapa ice breaking untuk mencairkan suasana agar anak bisa sedikit lebih tenang.

  7. nama : Efi Yuliana
    nim : 857991215
    tugas diskusi 5 Profesional guru paud

    saat pempelajaran tentu kita sering menjumpai anak yang tengah asik mengobrol dengan temannya, hal yang perlu kita lakukan adalah mendekati anak tersebut dan memberikan pengertian untuk memperhatikan pembelajaran , beri kesempatan anak untuk bercerita terlebih dahulu sehingga anak akan merasa puas dengan didengarkan ceritanya.

  8. Nama : Vera Ngesti Wibawaningsih
    NIM : 857855919
    Saat pembelajaran berlangsung kita sering sekali menjumpai anak yang ngobrol di dalam kelas. keadaan ini membuat anak tidak fokus pada materi pembelajaran yang diberikan guru. cara yang dapat dilakukan untuk mencairkan suasana yaitu dengan melakukan ice breaking, agar anak dapat berhenti mengobrol dengan temannya.

  9. Pada awal video diperlihatkan beberapa anak malah asyik mengobrol ketika guru sedang membacakan cerita. Adapun cara guru untuk mengatasi anak yang ngobrol di kelas saat pembelajaran berlangsung, yaitu dengan mengubah strategi pembelajaran dalam kelas, caranya :
    1) Menghentikan sejenak kegiatan pembelajaran untuk menenangkan suasana kelas.
    2) Memisahkan anak yang mengobrol dari anak yang sedang belajar.
    3) Memposisikan anak yang mengobrol tersebut berada didekat guru.
    4) Melibatkan anak dalam kegiatan pembelajaran.
    5) Menekankan kepada anak agar tidak mengulangi kejadian yang sama.
    6) Memberikan reward kepada anak apabila anak dapat memperbaiki perilakunya.

  10. program video ini sangat bermanfaat, dalam Program video ini berisi gambaran umum mengenai anak yang mengobrol pada saat proses pembelajaran dan bagaimana cara mengatasinya. untuk mengatasainya, upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah:
    1. Guru harus merubah strategi pengajarannya dikelas
    2. Hentikan proses pembelajaran sejenak untuk menenangkan suasana kelas
    3. Pisahkan anak yang mengobrol dari anak yang sedang belajar
    4. Posisikan anak yang mengobrol tadi di dekat guru
    5. Libatkan anak dalam kegiatan cerita ataupun proses belajar mengajar
    6. Tekankan agar anak tidak mengulangi kejadian yang sama

    Berikan reward jika anak dapat memperbaiki perilakunya

    1.

Leave a Reply