silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)
Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang
Kesesuaian tingkat kependidikan Sangat Baik
Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.
Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.
Untung Laksana Budi
Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.
b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.
c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.
Rahmawati
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Nama saya Badriah
UPBJJ-UT Banjarmasin
Pokjar Kotabaru
Ijin menanggapi video di atas 🙏🏻☺️
Menurut saya video di atas sangat bermanfaat dan bisa kita jadikan contoh cara menangani anak yang mengobrol saat pbm.
Sedikit tambahan dari saya untuk menangani anak yang mengobrol saat pbm:
-Ciptakan suasana kelas yang kondusif untuk belajar.
-Bangunlah hubungan yang baik dengan anak-anak.
-Berikan anak-anak kesempatan untuk berinteraksi dan berkolaborasi dengan teman sekelasnya.
-dan Jadilah teladan yang baik bagi anak-anak.
Mengatasi anak yang mengobrol saat PBM membutuhkan kesabaran dan ketekunan. Mudah2an dengan mencoba menerapkan beberapa tips di atas, kita dapat membantu anak-anak belajar dengan lebih efektif dan efisien.
Nama: Indri Nurcahyani
NIM: 858529633
Menurut saya, dari video tersebut saran dan solusi yang diberikan saat mengahadapi anak yang mengobrol sendiri di kelas cukup bagus dan bisa terima dengan baik.
Namun menurut saya, ada yang kurang dari video tersebut yaitu sebelumnya guru harus mengatur tempat duduk anak dengan cara melingkar sehingga semua anak dapat melihat ke arah guru tanpa terhalang temannya yang lain. karena salah satu faktor anak ngobrol sendiri itu karena ia merasa tidak melihat gurunya dan dianggap kurang menarik.
Selain itu, guru bisa memberikan peratuaran permainan terlebih dahulu, seperti anak tidak boleh ngobrol sendiri, dll.
Guru juga bisa menggunakan media boneka atau apapun yang menarik yang bisa mewakili isi dari ceritanya tersebut, dan dilakukan dengan cara berdiri sehingga semua anak bisa melihatnya.
Nama : Ayu Shintya
NIM : 859033037
setelah menonton video tersebut, Menurut saya dalam video pembelajaran tersebut ada beberapa hal yang kurang tapat yaitu mengenai formasi duduk anak didik, dalam video terlihat para siswa duduk dengan formasi berjajar dan bersaf. Seningga hal ini membuat pandangan anak ke guru terhalang oleh teman yang berada didepannya. Sehingga memungkinkan bagi anak untuk bermain dengan teman disampingnya dan kecenderungan anak lebih memilih bermain ketimbang mendengarkan cerita dari guru. Namun dalam video juga melakukan penanganan bagi anak yang sedang mengobrol sehingga saya menjadi lebih mengerti mengenai apa yang seharusnya dilakukan jika ada anak yang mengobrol di kelas saat PBM yaitu :
1. Hentikan kegiatan PBM untuk menenangkan kelas dan melakukan variasi permainan agar anak tertarik pada pbm.
2. Pisahkan anak yang mengobrol dengan anak yang sedang belajar.
3. Posisikan anak yang mengobrol di dekat guru.
4. Libatkan anak dalam proses PBM
5. Tekankan anak untuk tidak mengulangi perilakunya.
6. Berikan reward kepada anak yang sudah bisa memperbaiki perilakunya.
Saran : Guru seharusnya dapat lebih ekspresif dengan memperagakan sesuatu pada cerita dan mengajak anak untuk ikut memperagakannya. Gunakan intonasi yang berbeda pada pembacaan buku cerita agar anak tertarik dan terhibur.
Nama : Ellen Fatonah
NIM : 857494854
UPBJJ : Bandung
Anak ngobrol di dalam kelas saat PBM
Anak yang mengobrol di dalam kelas saat kegiatan belajar biasanya dikarenakan bosan atau jenuh dengan materi yang guru sampaikan , pada dasarnya memang anak cenderung senang bermain sehingga kita sebagai guru harus bisa memahami karakteristik anak usia dini , jangan sampai memaksakan kehendak guru untuk anak terus patuh dan mengikuti arahan guru . Namun beberapa cara yang bisa guru lakukan adalah :
1. Hentikan kegiatan PBM
2. Pisahkan anak yang megobrol saat PBM dengan anak yang belajar
3. Posisikan anak yang mengobrol dekat dengan guru
4. Beri reward kepada siswa yang tertib mengikuti PMB
Saran : Guru membawa media PBM yang lebih menarik minat anak , khususnya anak jaman sekarang akan lebih menyukai bila media tersebut berupa teknologi . guru bisa menggunakan Smartboard untuk menerangkan kegiatan PBM
Nama siti samiatun
NIM 857839004
Menurut saya dalam video di atas dapat menjadikan anak bosan dan tidak bisa disiplin dengan rapi karena dengan keadaan duduk yang tidak sesuai. Bila guru mengatur tempat duduknya terlebih rapi. Dengan begitu pembelajaran akan lebih berjalan dengan lancar.
Sebagai pendidik saya juga pernah mengalami hal tersebut,. Betul sekali dalam menangani anak usia dini kita sering di hadapkan beberapa masalah dalam pembelajaran, seperti anak yg mengobrol sendiri di dalam kelas dan tidak memperhatikan guru,. Vidio ini bermanfaat sekali untuk pendidik pemula seperti saya
Nama : Rosmita
NIM : 855888871
Anak ngobrol di dalam kelas saat PBM
Anak yang mengobrol di dalam kelas saat kegiatan belajar biasanya dikarenakan bosan atau jenuh dengan materi yang guru sampaikan , pada dasarnya memang anak cenderung senang bermain sehingga kita sebagai guru harus bisa memahami karakteristik anak usia dini , jangan sampai memaksakan kehendak guru untuk anak terus patuh dan mengikuti arahan guru . Namun beberapa cara yang bisa guru lakukan adalah :
1. Hentikan kegiatan PBM
2. Pisahkan anak yang megobrol saat PBM dengan anak yang belajar
3. Posisikan anak yang mengobrol dekat dengan guru
4. Beri reward kepada siswa yang tertib mengikuti PMB
Terimakasih
Nama : Larasati Sukmaningrum
NIM : 877315303
Anak mengobrol di kelas saat PBM :
Anak suka mengobrol di kelas dan tidak terlalu memerhatikan saat guru menerangkan pelajaran karena kurang menyadari arti disiplin di sekolah. Selama ini, mungkin ia tidak perlu mentaati disiplin di rumah. Akibatnya, kebiasaan bersikap semaunya itu membuat ia mengobrol terus di kelas, tanpa merasa bersalah.
3 Penyebab anak senang mengobrol didalam kelas :
1. Bosan
Anak mengobrol bisa karena bosan, misalnya penjelasan guru dengan intonasi monoton, kurang kreatif, atau searah. Tidak menanyakan pendapat anak atau meminta mereka menjelaskan kembali.
2. Melakukan sosialisasi
Dengan mengobrol, anak usia sekolah dasar sedang melakukan sosialisasi dengan teman sebayanya. Pada usia sekolah awal, teman adalah tempat mereka berbagi pandangan terhadap suatu objek. Lewat mengobrol, mereka mendapatkan informasi lain.
Pada tahap tersebut, mengobrol masih dikategorikan wajar. Mereka merasa apa yang diobrolkan dengan teman akan lebih menarik ketimbang pelajaran, karena berasal dari sudut pandang mereka. Misalnya ketika mereka mengobrol tentang singa, teman-teman mereka memberikan perspektif tentang singa lebih banyak dan menarik dibandingkan guru. Misalnya dihubungkan dengan film atau dihubungkan dengan kebun binatang, dll.
Oleh karena itu, guru perlu menyelami dunia anak, seperti tahu film anak-anak, tokoh atau karakter dalam film, supaya bisa lebih memahami dunia mereka.
3. Kurang perhatian
Kurang perhatian di rumah, atau tidak bisa mengobrol di rumah. Bisa karena orangtua bekerja, sehingga ketika bertemu dengan teman membuat mereka senang mengobrol.
Dalam video tersebut, cara guru mengatasi anak yang mengobrol dikelas salah satunya mengubah strategi pembelajaran di dalam kelas, yaitu :
1. Menghentikan proses pembelajaran sejenak untuk menenangkan suasana kelas
2. Memisahkan anak yang mengobrol dengan teman yang sedang belajar
3. Memposisikan anak yang mengobrol didekat guru
4. Melibatkan anak dalam kegiatan cerita / proses belajar yang disampaikan guru
5. Menekankan agar anak tudak mengulangi kejadian yang sama
6. Memberikan reward kepada anak jika anak dapat memperbaiki perilakunya
Nama: Denisa Namira Pambayun
NIM: 858879437
Vidio yang menerangkan bagaimana mengatasi anak yang mengobrol di dalam kelas ketika pembelajaran berlangsung. Tips-tips yang sangat berguna sekali untuk saya sebagai guru PAUD. Terimakasih
Rini Puspitasari
NIM 857490477
PGPAUD SEMESTER 4
Anak mengobrol di kelas saat guru bercerita, kejadian ini sering di alami oleh guru paud. menurut saya pada video tersebut memberikan perubahan strategi untuk anak yang mengobrol bisa berperan aktif dalam cerita agar anak lebih senang bila di libatkan langsung.
memisahkan anak yang mengobrol untuk maju kedepan juga bisa jadi hal yang bagus untuk dilakukan agar tidak mengganggu teman yang lainya.
saran dan masukan untuk video tersebut
1. berilah hal hal yang menarik dalam bercerita seperti memakai properti boneka ataupun potongan gambar hewan/ rumah/ orang
2. tampilkanlah bercerita dengan intonasi agar lebih menarik, dengan ini guru memang harus berlatih dan sering agar bagus
3. berikanlah cerita yang tidak terlalu panjang, karena jika terlalu panjang anak akan bosan
4. sepengalaman saya bercerita tidak harus selalu dongeng yang selalu ada di dalam buku, namun bisa juga bercerita yang pernah di alami guru. seperti contoh saya pernah di tanya anak “mengapa bu guru takut katak?” lalu saya menceritakan hal yang membuat saya takut pada katak, dan antusias anak sangat luar biasa mereka sangat tertarik.