silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)
Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang
Kesesuaian tingkat kependidikan Sangat Baik
Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.
Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.
Untung Laksana Budi
Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.
b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.
c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.
Rahmawati
Nama: Herawati
Nim: 857525633
Sebagai guru tentunya kita pernah mengalami hal yang terjadi seperti dalam video. Selain menerapkan strategi yang telah disebutkan dalam video tersebut, kita juga dapat mengatur posisi duduk anak agar anak dapat duduk dengan nyaman dan dapat menyimak apa yang disampaikan oleh guru
Suryatin
8585191428
PGPAUD
Dalam video tersebut, sebagai guru kita harus cepat tanggap terhadap situasi dan kondisi dalam arti sebagai pendidik harus menguasai kelas. Menggunakan strategi pembelajaran yang tepat efektif dan menyenangkan bagi anak anak.
Video ini sangat bermanfaat dan menambah wawasan bagi para pendidik/guru dalam mengajarkan anak didiknya. Saran lebih diperbanyak lagi video video pembelajaran nya.
Nama : Reni Apriani
NIM : 857532621
Materi yang disampaikan sangat bermanfaat karena di kelas sering terjadi seperti ini. Dan saya sebagai guru harus cepat tanggap menangani anak yang seperti ini. Memang kadang tidak mudah karena kadang anak ketika diajak terlibat dalam pembelajaran tidak mau padahal sudah dipisahkan dengan teman ngobrolnya.
NAMA: NURLATHIFAH
NIM: 857624415
UPBJJ: PURWOKERTO
Pendapat saya dengan video tersebut sangat bermanfaat dan membantu untuk mengatasi anak dengan mengubah strategi yang diberikan guru yaitu menenangkan atau menciptakan suasana atau membuat suasana dalam kelas menjadi menarik.
Nama : Lidya Ndeki
Nim : 856325536
Dalam Video Tersebut Untuk Mengatasi Masalah Anak Ngobrol Dikelas Saat PBM yakni :
1. Hentikan kegiatan cerita guru sejenak atau proses pembelajaran sejenak untuk menenangkan suasana kelas,
2. Pisahkan anak yang mengobrol dari anak yang sedang belajar,
3. Posisikan anak yang mengobrol tadi di dekat guru,
4. Libatkan anak dalam kegiatan cerita ataupun proses belajar mengajar yang disampaikan,
5. Tekankan agar anak tidak mengulangi kejadian yang sama,
6. Berikan reword kepada anak jika anak dapat memperbaiki perilakunya.
Itulah cara mengatasi anak yang ngobrol di kelas saat PBM
Nama: Sinta Harpili
Nim : 856338152
vidio diatas sangat bermanfaat untuk saya dalam mengahdapi situasi serupa. Permasalan tersebut sangat sering di alami pendidik anak usia dini. Dunia anak adalah bermain, sehingga saat bertemu dengan temannya anak akan senang mengobrol dengannya daripada mendengarkan ibu gurunya bercerita. didalam vidio diberikan strategi untuk mengahdapi situasi tersebut dan sangat membantu saya dalam mengatasi masalah anak mengobrol dikelas saat PBM.
Restuti 858317011
Di vidio yang berjudul Anak Mengobrol di kelas saat PBM diatas vidio ini sangat membantu saya untuk mengatasi anak yang mengobrol pada saat pembelajaran sedang berlangsung.
Di vidio ini di paparkan saran agar sebagai guru bagaimana kita harus bertindak, Dengan mengubah strategi pembelajaran guru di dalam kelas
1. Hentikan pembelajaran sejenak untuk menenangkan suasana sejenak
2.Pisahkan anak yang mengobrol dengan anak yang sedang belajar
3. Posisikan anak yang mengobrol di sisi guru
4.libatkan anak dalam proses belajar di dalam kelas
5. Tekankan anak agar tidak mengulangi kejadian yang sama
6.kasih reward pada anak jika anak dapat memperbaiki perilakunya.
Saran saya mungkin bisa di tambahkan atau kita lakukan tepuk ketika anak sedang mengobrol untuk menarik perhatian anak agar terfokus kepada kita.Terima kasih.
Nama : Nusuroh
Nim : 857168354
Dari video yang sudah saya lihat, saya pun pernah mengalami kondisi yang sama di lembaga saya, sebagai tambahan alangkah baik nya jika metode nya di rubah. Ketika ada beberapa anak yang mengobrol, kita bisa menghentikan kegiatan yang dilakukan dengan menanyakan yang sedang di bicarakan, dengan memuji sepertinya seru sekali apa yang dibicarakan. Lalu mempersilahkan mereka “berbagi” cerita yang mereka bicarakan di belakang. Selanjutnya guru bisa mengapresiasi apa yang telah sampaikan di depan temannya.
Nama : YURITA ANNES PRAMAESTY
NIM : 857858717
UPBJJ : SURAKARTA
Pendapat saya, dengan video tersebut sangat bermanfaat dan membantu untuk mengatasi anak dengan mengubah strategi yang diberikan guru yaitu menenangkan atau menciptakan suasana atau membuat suasana dalam kelas menjadi menarik seperti mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi dan fokus terhadap guru yang mengajar.
Nama:Heki Nur Ma’Sunah
NIM:858873371
Pada video tersebut,guru sudah memberikan cara yang terbaik,agar anak anak tidak mengobrol sendiri,namun sebelum proses KBM,guru juga dapat mempersiapkan anak supaya siap dan fokus terlebih dahulu,misalkan seperti ice breaking sbelum pembelajaran.