silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)

Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang

Kesesuaian tingkat kependidikan  Sangat Baik

Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.

Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.

Untung Laksana Budi

Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.

b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.

c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.

Rahmawati

Similar Posts

1,932 Comments

  1. NAMA : Intan nurnabila
    NIM : 859663089

    Dari vidio tersebut anak menunjukan ketidakfokusan dalam pembelajaran, sebagaimana penanganan yang telah dilampirkan diatas memang sudah sangat membantu pendidik untuk lebih bertindak lagi terhadap anak yang suka mengobrol saat pembelajaran berlangsung, namun sedikit masukan dari saya yaitu :
    – ketika anak masih mengobrol dengan temannya tindakan dari guru yaitu dengan memisahkan anak yang suka mengobrol didepan atau didekat guru agar terfokuskan lagi
    – dengan meningkatkan minat belajar terhadap anak, dengan bernyanyi atau tepuk-tepukan sebelum pembelajaran dimulai. Selebihnya dalam vidio tersebut sangat bermanfaat bagi saya selaku pendidik🙏

  2. Setelah menonton vidio ini , Allhamdulillah saya sudah sering menerap kan beberapa poins2 didalam vidio tsb karna dalam dalam proses belajar mengajar sering kali terjadi ,malahan hampir setiap hari apalagi menghadapi anak- anak yang sudah berada di kelas TK B.

  3. Video pembelajaran tersebut sangat membantu dan bermanfaat bagi saya seorang guru paud. Materi yang disampaikan sangat mudah di pahami dan mudah di praktekkan di sekolah. Menurut saya, seorang guru harus tanggap terhadap kondisi kelas ketika pembelajaran berlangsung. Seorang guru juga perlu memiliki keterampilan dalam menjaga kondisi kelas tetap kondusif dengan tujuan agar kegiatan belajar mengajar tidak terganggu.

  4. Assalamualaikum
    Nama : Tri Sumarsih
    NIM : 857620131
    ketika anak ngobrol dan tidak fokus saat pembelajaran di kelas, kami sebagai guru dapat terbantu dengan adanya video pengetahuan di atas, dengan ini kami dapat memiliki cara dengan mengubah strategi di dalam kelas, di antaranya : hentikan terlebih dahulu kegiatan cerita atau proses pembelajaran sejenak untuk menenangkan suasana dalam kelas, itu salah satu dari beberapa cara untuk menenangkan anak yang berbicara sendiri dengan teman di dalam kelas.

    Terima Kasih.

  5. Assalamu’alaikum,
    Nama : Denda Selviana
    NIM : 857992897
    Video ini sangat membantu guru dalam menangani permasalahan yang sering dihadapi dikelas seperti anak ngobrol saat pembelajaran. Di dalam Video dijelaskan beberapa strategi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut, diantaranya: mengehentikan sejenak proses pembelajaran agar suasana kelas dapat tenang kembali, mengkondisikan anak untuk bisa memperhatikan guru dengan duduk di dekat guru, dan memberikan penghargaan kepada anak jika mau memperbaiki perilakunya.

  6. Assalamu’alaikum. Wr. Wb
    Nama Luthfatun Hasanah
    NIM 858446286
    Pada video tersebut guru mengajak anak untuk mendengarkan sebuah cerita, namun ada beberapa anak yang asyik mengobrol sendiri dan tidak mendengarka kegiatan. Sehingga kegiatan belajar menjadi tidak efektif. Sebagai guru keberhasilan dalam mengajar dan memberikan ilmu kepada anak adalah suatu yang harus dilakukan. Baik untuk meningkatkan aspek emosional maupun aspek-aspek yang lainnya. Saat kegiatan belajar dan ada anak yang ngobrol maka ada beberapa tips yang bisa dilakukan guru seperti:
    – Pisahkan anak yang mengobrol
    – Posisikan anak yang mengobrol didekat guru
    – Libatkan anak dalam kegiatan cerita
    – Tekankan agar anak tidak mengulangi kegiatan yang sama
    – Berikan reward saat anak bisa mendengarkan cerita dengan baik
    Menurut saya apa yang sudah dilakukan guru pada video tersebut sudah bagus hanya saja ada beberapa cara lain yang bisa membuat anak untuk Kembali focus pada kegiatan belajar misalnya alihkan anak dengan mengajak anak bermian tepuk sehingga anak akan Kembali focus. Dan cara lainnya bisa dengan mengajak anak untuk melihat gambar dan menebak gambar yang ada di cerita. Bisa juga dengan menggunakan boneka jari untuk menarik perhatian anak agar focus mendengarkan cerita.
    Sekian dari saya terima kasih

  7. Assalamuallaikum wr.wb
    Nama : Dewi Lestari
    NIM :857748853
    Video tentang anak yang mengobrol saat pembelajaran, sangat bermanfaat bagi saya sebagai pengetahuan cara mengatasi anak yang sedang mengobrol saat dalam pelajaran karena terkadang atau mungkin sering terjadi saat pembelajaran sehingga memberikan wawasan serta pengetahuan saya tentang hal tersebut. Yaitu dengan menghentikan bercerita, memisahkan anak yang mengobrol, serta memberikan reward kepada anak yang berusaha berperilaku lebih baik lagi.
    terima kasih

  8. Nama : ani nuryani
    Nim. : 857608546
    Vidio d atas sangat bermanfaat bagi kita karena maslah ini sering terjadi di dalam kelas,ada sebagian anak yg tidak fokus atau mengobrol sendiri saat pembelajaran,dri vidioa di atas Ada beberapa tips yang bisa dilakukan guru seperti:
    – Pisahkan anak yang mengobrol
    – Posisikan anak yang mengobrol didekat guru
    – Libatkan anak dalam kegiatan cerita
    – Tekankan agar anak tidak mengulangi kegiatan yang sama
    – Berikan reward saat anak bisa mendengarkan cerita dengan baik…
    Demikian cara yang bisa kita praktekan dalam menangani anak yg mengobrol di kelas..

  9. Nama : Dania Setiawati, NIM : 857524821

    Video tersebut sangat bermanfaat bagi guru, Kita bisa tau dalam mengatasi anak yang suka mengobrol di kelas saat bercerita. Kita sering kali menemukan anak yang suka mengobrol asik berdua bersama temannya di saat kita lagi menjelaskan pembelajaran atau di saat kita lagi bercerita. Dari video tersebut kita dapat mempelajari saran utama yang dapat dilakukan oleh guru adalah dengan mengubah strategi pembelajaran didalam kelas. Strategi tersebut adalah sebagai berikut:
    1. Menghentikan kegiatan bercerita atau proses pembelajaran sejenak untuk menenangkan suasana kelas.
    2. Pisahkan anak yang suka mengobrol dari anak yang sedang belajar
    3. Posisikan anak tersebut duduk di dekat guru.
    4. Libatkan anak dalam proses kegiatan cerita atau proses belajar mengajar yang disampaikan oleh guru.
    5. Tekankan anak tidak mengulangi kejadian yang sama
    6. Memberikan reward kepada anak jika anak dapat memperbaiki perilakunya.

    Dengan menerapkan strategi yang di lakukan oleh guru pembelajaran dikelas akan berjalan dengan lancar sehingga tidak ada lagi anak yang mengobrol di saat pembelajaran berlangsung. Kita bisa memfokuskan akan dalam menerapkan strategi tersebut.
    Masukan dalam video ini dapat meningkatkan kualitas suara lebih jernih agar kita bisa mendengarkan video lebih jelas lagi.

  10. Nama : Wiwit janarti
    NIM : 858613787
    UPBJJ : Tarakan
    Pertanyaan ini berkaitan dengan permasalahan perkembangan moral-disiplin pada anak usia dini saat proses belajar mengajar. Anak-anak usia dini seringkali memiliki perilaku yang tidak terkontrol, seperti “ngobrol” saat proses belajar mengajar berlangsung. Hal ini dapat mengganggu konsentrasi anak lain dan menghambat proses belajar mengajar. Oleh karena itu, penting bagi guru untuk mengatasi permasalahan ini dengan cara yang tepat. Beberapa upaya yang dapat dilakukan guru untuk mengatasi permasalahan ini antara lain:
    Mengadakan variasi permainan: Dengan mengadakan variasi permainan, guru dapat menarik perhatian anak dan membuat mereka lebih tertarik untuk belajar. Misalnya, permainan tepuk dapat meningkatkan keterlibatan anak dalam proses belajar mengajar.
    Memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru: Dengan memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru, guru dapat lebih mudah mengawasi dan mengarahkan perilaku anak tersebut.
    Memberikan reward pada akhir pembelajaran: Dengan memberikan reward pada akhir pembelajaran, anak akan merasa dihargai dan akan berusaha lebih baik lagi dalam proses belajar mengajar. Dengan demikian, program video ini memberikan solusi bagi guru untuk mengatasi permasalahan perkembangan moral-disiplin pada anak usia dini saat proses belajar mengajar berlangsung.

Leave a Reply