silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)

Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang

Kesesuaian tingkat kependidikan  Sangat Baik

Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.

Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.

Untung Laksana Budi

Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.

b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.

c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.

Rahmawati

Similar Posts

1,932 Comments

  1. Nama : SHERLY AGUSTA
    Nim : 856279288
    UPPBJ : 14 / PADANG
    Video tersebut saya dapat mengambil kesimpulan dan Langkah yang harus dilakukan adalah :
    a. Menghentikan sejenak kegiatan PBM menenangkan suasana kelas
    b. Kelompok Anak yang suka mengobrol dan yang mau belajar
    c. Posisikan anak yang suka ngobrol dekat dengan guru
    d. Lewatkan anak dalam kegiatan cerita
    e. Mengingatkan anak supaya tidak mengulangi kejadian yang sama atau suka mengobrol saat belajar
    f. Berikan riwayat kepada anak

  2. Nama : SHERLY AGUSTA
    Nim : 856279288
    UPPBJ : 14 / PADANG

    Video tersebut saya dapat mengambil kesimpulan dan Langkah yang harus dilakukan adalah :
    a. Menghentikan sejenak kegiatan PBM menenangkan suasana kelas
    b. Kelompok Anak yang suka mengobrol dan yang mau belajar
    c. Posisikan anak yang suka ngobrol dekat dengan guru
    d. Lewatkan anak dalam kegiatan cerita
    e. Mengingatkan anak supaya tidak mengulangi kejadian yang sama atau suka mengobrol saat belajar
    f. Berikan riwayat kepada anak

  3. Nama : MAS’ADAH
    Nim : 859031065
    UPPBJ : 77/DENPASAR

    Dari Video yang sudah saya lihat Guru sangat bagus dan baik dalam mengambil Langkah untuk mengatasi anak yang ngobrol sendiri saat pembelajaran berlangsung sehingga anak bisa fokus kembali,
    Cara Guru dalam video antara lain dengan :
    1. Menghentikan sejenak kegiatan PBM menenangkan suasana kelas.
    2. Posisikan anak yang suka ngobrol dekat dengan guru
    3. Libatkan anak dalam kegiatan belajar
    4. Mengingatkan anak supaya tidak mengulangi kejadian yang sama atau suka mengobrol saat belajar
    5. Memberikan Reward kepada anak yang senang dan fokus saat belajar agar anak semakin semangat.
    Terimakasih.

  4. SITI YAUHANIDA
    857380954
    UPBJJ KOTA BOGOR

    Dari video diatas kita dapat mengambil kesimpilan bahwa ketika anak kehilangan fokusnya dan malah mengobrol ketika pembelajaran berlangsung kita dapat mengubah strategi pembelajaran dengan cara menghentikan sejenak kehiatan pembelajaran, lalu memposisikan anak yang suka mengobrol dekat dengan jangkauan ibu guru, melibatkan anak dalam pembelajaran, mengingatkan anak, dan memberikan reward kepada anak yang sudah hebat dalam mengikuti pembelajaran.

  5. SITI YAUHANIDA
    857380954
    UPBJJ KOTA BOGOR

    Dari video diatas dapat kita simpulkan bahwa untuk menangani anak yang gagal fokus dan malah mengobrol ketika pembelajaran berlangsung yaitu dengan mengubah strategi pembelajarannya. hal itu dapat dilakukan dengan menghentikan proses pembelajaran sejenak sambil mencoba mengingatkan anak, lalu memisahkan anak yang senang mengobrol dekat dengan ibu guru, melibatkan anak pada proses pembelajaran, dan juga memberi reward kepada anak yang sudah hebat dalam mengikuti pembelajaran.

  6. SITI YAUHANIDA
    857380954
    UPBJJ UT BOGOR

    Dari video diatas bisa kita simpulkan bahwa dalam menangani anak yang gagal fokus dan memilih untuk mengobrol ketika pembelajaran berlangsung yaitu dengan mengubah strategi pembelajaran. Hal-hal yang dapat dilakukan adalah memberhentikan sejenak pembelajaran, memisahkan anak yang senang mengobrol di dekat ibu guru, melibatkan anak dalam pembelajaran, meberikan pengertian kenapa tidak boleh mengobrol ketika pembelajaran, dan memberikan reward untuk anak yang sudah hebat dalam mengikuti pembelajaran.

  7. assalamualaikum, saya dinda pebriana putri, dari UPBJJ Malang
    dari vidio di atas, saya mendapat ilmu baru yaitu tentang bagaimana cara mengatasi anak yang mengobrol dikelas saat PBM. Saya jadi tahu juga bahwa anak mengobrol saat pembelajaran itu alasan utamanya karena kurangnya kemampuan guru dalam mengelola kelas.

  8. Nama : Sri Nuryanti
    NIM : 859175663

    Menurut saya video tersebut sudah bagus dan dari video tersebut saya dapat banyak ide baru dalam mengajar disekolah.
    Saran dan masukan saya yaitu:
    – Melakukan strategi penanganan yang komperehensif
    * Selain variasi permainan pemisahan anak, dan pemberian reward, tambahkan strategi lain yang dapat diterapkan guru seperti: pengaturan lingkungan kelas yang kondusif (tata letak, dekorasi, dll).
    * Penggunaan teknik manajemen kelas yang efektif (aturan, transisi, dll)
    * Pendekatan komusikasi dan bimbingan yang sesuai dengan usia anak.
    – Penekanan Pada pemahaman guru
    * Uraikan pentingnya pemahaman guru terhadap perkembangan moral disiplin anak usia dini
    * Jelaskan bagaimana pemahan tersebut dapat membantu guru dalam memilih dan menerapkan strategi yang tepat.

  9. nama : angelaora ferlia johan
    nim :859038272

    didalam video yang telah saya tonton terdapat cara-cara menangani anak yg asyik mengobrol saat kegiatan belajar berlangsung:
    a. mengubah strategi pembelajaran
    b. jika anak masih asyik mengobrol guru dapat memberhentikan kegiatan belajar dan bertanya kepada anak apa yang sedang mereka lakukan atau bicarakan
    c. mengajak anak pindah duduk kedepan agar anak dapat fokus mendengarkan cerita guru atau kegiatan belajar yang sedang berlangsung
    d.libatkan anak dalam bercerita engan mengajak anak tanyajawab
    e. tekankan kepada anak agar tidak mengulangi kesalahan yang sama dan jika anak bisa memperbaiki perilakunya berikan pujian kepada anak.

  10. Nama : Desty Indah Kartikasari
    NIM : 857747568

    ” Anak yang ngobrol dikelas saat PBM”
    Setelah saya melihat video diatas saya mendapatkan ilmu baru untuk mengatasi anak yang suka ngobrol dengan langkah-langkah yang sudah diajarkan di video. Langkah tersebut adalah :
    1. Hentikan kegiatan pembelajaran sejenak untuk menenangkan suasana kelas
    2. Pisahkan anak yang suka ngobrol dengan anak yang sedang memperhatikan pembelajaran
    3. Posisikan anak yang mengobrol didekat guru
    4. Libatkan anak dalam proses cerita atau pembelajaran
    5. Tekankan anak agar tidak mengulangi kejadian yang sama
    6. Berikan reward kepada anak yang bisa merubah perilakunya.

Leave a Reply