silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)
Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang
Kesesuaian tingkat kependidikan Sangat Baik
Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.
Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.
Untung Laksana Budi
Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.
b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.
c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.
Rahmawati
Nama : Septianingsih
NIM : 855708048
Judul : Anak Ngobrol di kelas saat PBM
Sebenarnya kasus seperti ini tidak hanya dialami oleh guru yanga ada di vidio, tetapi dalam proses pembelajaran kami sebagai guru ada waktunya kami di perhadapkan dengan anak2 yang seperti ini. Ada banyak faktor yang mempengaruhi anak seperti itu mungkin karena mereka sudah lelah dengan posisi duduk, anak duduk dekat teman yang dibilang zaman sekarang itu bestie mereka, cerita yang dibawakan kurang menarik..
Langkah’- langkah yang kami lakukan hampir sama dengan yang ada di vidio.
1. Menghentikan cerita dan tenangkan kelas
2. Memisahkan anak yang suka cerita
3. Anak duduk di dekat guru
Tetapi kadang cara2 tersebut belum cocok dengan mereka, sehingga guru mencari strategi yang lain.biasanya kalau di kelas sudah ribut sekali yang dilakukan kami adalah.
1. Menghitung 1-10, jika hitungan sampai 10 anak belum tenang guru akan mendisplinkan anak dengan duduk di kursi merah (sudah sesuai kesepakatan kelas).
2. Mengajak anak untuk self kontrol (dengan menaruh tangan di dada, tutup mata dan sandar) setelah itu biarkan beberapa menit. Jika sudah tenang, hitung 1-20, dalam hitungan ke 20 anak boleh buka mata.
Nama : Septianingsih
NIM : 855708048
Judul : Anak Ngobrol di kelas saat PBM
Assalammualaikum
Nama : Endang Emyarti
NIM : 859527055
Dalam video yang ditayangkan ini terlihat pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni ada beberapa anak yang sedang “ngobrol”. hal ini juga ada kemungkinan karena suasana yang membuat mereka jenuh atau cara pembelajaran yang kurang dan faktor faktor lainnya. Upaya – upaya yang dapat dilakukan kita sebagai guru diantaranya adalah:
a. Melakukan variasi pembelajaran dengan membuat permainan, misalnya permainan tepuk atau bernyanyi sesuai dengan tema
b. Anak – anak yang suka mengobrol kita dekatkan dan kita lakukan perhatian ekstra agar mereka ikut mendengarkan
c. memberikan semacam pujian atau reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.
d. Melakukan cerita dengan metode gambar, metode peran sesuai tema, atau melihat video agar mereka tertarik dan bisa memahai apa yang guru akan sampaikan. demikian yang saya coba sampaikan mengenai video tersebut terima kasih
Rosmilawati
829428384
Terimakasih untuk vidio tutorialnya sangat bermanfaat untuk di terapkan di kelas,seperti di ketahui anak- anak ketika berkumpul denga teman -temannya sulit di atur dan sulit memperhatikan apa yang dijelaskan oleh guru karena berintraksi dengan teman didekatnya.dengan penjelasan pada vidio tersebut guru dapat mengantisipasi jika mengalami kejadian yang sama.
Nama : Sefi Kurniawati Mariam
NIM : 859684527
terima kasih atas video pembelajaran sosial emosional cara mengatasi anak yang mengobrol dengan teman saat pembelajaran sangat bermanfaat sekali bagi saya sebagai masukan dan cara supaya dapat mengkondisikan kelas ketika pembelajaran berlangsung.
Nama : Eka Nurdianti
NIM : 857357692
Judul : Anak Ngobrol Di Kelas Saat PBM
Tanggapan saya : menemukan anak yang senang mengobrol di kelas saat kegiatan belajar berlangsung merupakan hal yang tidak bisa dihindari, dan langkah mengatasi kasus tersebut bisa dilakukan guru dalam video di atas dengan baik seperti menghentikan sejenak proses belajar agar kelas kembali kondusif dan mengajak anak yang mengobrol agar duduk diposisi nyaman menyimak. Namun upaya tambahan (saran) agar kegiatan belajar berlangsung lebih tertib adalah
1. mengatur tempat duduk anak dengan posisi melingkar, hal ini dilakukan guru supaya setiap peserta didik dapat menyimak dengan baik.
2. Posisi guru juga sebaiknya duduk di kursi karena jika berdiri apalagi sambil berjalan-jalan untuk anak-anak melihat gambar dibuku susah terjangkaunya karena terlalu tinggi.
3. Sebelum melakukan proses pembelajaran guru dapat mengajak anak untuk mereview “class rules” dan boleh mengumumkan reward yang nanti akan diberikan. Hal ini diharapkan bisa memberikan semangat anak agar dapat menyimak cerita yang diberikan dengan tertib.
Penanganan yang sudah sangat tepat, terimakasih video ini sangat menginspirasi saya sebagai guru TK.
Nama : Putri Mangzilatus Salamah
NIM : 877314451
Prodi : S1 PGPAUD
Video tersebut membahas bagaimana cara mengatasi anak yang ngobrol di kelas saat pembelajaran berlangsung. Dengan adanya hal tersebut guru dapat mengubah strategi pembelajaran guru di dalam kelas. Yaitu dengan cara yang dapat dilakukan yang pertama hentikan proses pembelajaran sejenak untuk menenangkan suasana kelas, yang kedua pisahkan anak yang mengobrol dari anak yang sedang belajar, yang ketiga posisikan anak yang mengobrol di dekat guru, yang keempat yaitu libatkan anak dalam kegiatan proses belajar yang disampaikan bu guru dan yang terakhir tekankan anak agar tidak mengulangi lagi dan berikan reward kepada anak jika anak memperbaiki perilakunya. Video tersebut sudah bagus dan sangant bisa dipahami oleh saya.
Nama : Dini Dewi Soja
Nim : 857527755
Bismillah
Maa Syaa Allah ini sangat memberikan solusi bagi saya yang kebanyakan anak – anak di kelas saya suka mengobrol apalagi anak perempuan, video ini sangat membantu banget bagi saya serta ada gambarannya cara mengatasi anak yang suka ngobrol saat pembelajaran berlangsung.
Terima kasih atas ilmunya
Anak ngobrol di kelas saat PMB Menurut saya, solusi dari video tersebut dapat diterapkan pada saat terjadi hal tersebut karena pada saat KBM berlangsung anak masih ngobrol dan ramai sendiri maka KBM tidak akan berjalan secara efektif oleh karenanya pendidik dapat menerapkan solusi tersebut agar pembelajaran menjadi efektif dan bermakna. Saran saya untuk agar anak dapat focus buat kegiatan yang menarik minat anak dan menjelaskan terkait pemberian reward dan punishment ketika pembelajaran belum di mulai