silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)

Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang

Kesesuaian tingkat kependidikan  Sangat Baik

Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.

Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.

Untung Laksana Budi

Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.

b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.

c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.

Rahmawati

Similar Posts

1,932 Comments

  1. Nama: Firly Nurbaeti Zein
    NIM: 857526223
    Setelah melihat video ini, saya jadi menemukan solusi untuk mengatasi anak-anak dengan kondisi mengobrol atau tidak fokus saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Yaitu dengan cara mengajak anak-anak untuk tenang, menggunakan teknik tepuk diam atau menggunakan peluit agar anak tertib kembali, mendekati anak dan mengajak anak untuk fokus kembali pada tugasnya. Terimakasih.

  2. Nama : Gita Novera
    NIM : 856337784

    Menurut saya dalam video tersebut bisa menjadi refleksi tantangan yang dihadapi oleh guru dalam menjaga perhatian murid. Guru mungkin perlu menerapkan metode pengajaran yang lebih interaktif dan menarik untuk menjaga keterlibatan murid

  3. Nama : Serla suci suminar
    Nim : 857535293
    Semester 2
    Berdasarkan video diatas dapat menambah wawasan guru tentang cara guru mengatasi anak yang mengobrol di kelas yakni dengan cara mengubah strategi pembelajaran di kelas :
    1. Guru hentikan sejenak cerita atau kegiatan pembelajaran sejenak guna memberikan suasana yang lebih hening untuk mengingatkan anak yang sedang asyik mengobrol,serta menenangkan suasana kelas
    2. Pisahkan anak yang mengobrol dari anak yang sedang belajar
    3. Posisikan anak yang mengobrol tadi di dekat guru
    4. Libatkan anak dalam kegiatan cerita ataupun proses belajar mengajar
    5. Tekankan kepada anak agar anak tidak mengulangi kesalahan yang sama
    6. Berikan reward kepada anak jika anak dapat memperbaiki perilakunya.

  4. assalamualaikum izin menjawab pertanyaan
    nama : Maimuna
    seperti vidio yang sudah kita tonton apa yang ibu guru lakukan kepada muridnya sudah sangat benar yaitu
    Dengan menghentikan proses pembelajaran sejenak untuk menenangkan kelas,
    Memisahkan anak yang mengobrol dengan anak yang sedang belajar,
    Memposisikan anak yang mengobrol dekat dengan guru,
    Melibatkan anak dalam proses pembelajaran yang disampaikan olen guru,
    Menekankan kepada anak agar anak tidak mengulangi kegiatan yang sama,
    Memberikan reward kepada anak apabila anak dapat memperbaiki perilakunya,
    semua yang dilakukan guru patut di contohi untuk rekan guru yang lainnya.

  5. miftahul fauziah iqbal
    858463393
    dari video di atas saya bisa mempelajari bagaimana solusi bagi kita jika mengalami kejadian serupa saat kegiatan pembelajaran berlangsung

  6. Nama : DEVINA SEBDIANITA
    NIM : 858756323
    Bersdasarkan hasil pengamatan saya setelah menonton video yang berjudul ” Anak Ngobrol di kelas saat Pembelajaran “,
    Guru dalam mengajar dikelas sudah semaksimal mungkin. Saat memulai kegiatan dikelas guru membuat kesepakatan dengan anal-anak dikelas yaitu kalau didalam kelas harus tertib dan tenang. Dengan begitu anak-anak menjadi tertib karena suydah membuat kesepakatan, dan Apabila ada yang melanggar maka guru akan membuat strategi untuk mengatasi anak yang sedang ngonbrol seperti :
    1. Menghentikan pembelajaran sejenak untuk mengatasi anak
    2. Memisahkan anak yang sedang mengobrol
    3. Meletakkan anak yang ngobrol di depan atau memindahkan tempat duduknya
    4. Posisikan anak yang mengobrol tadi duduk di dekat guru
    5. Libatkan anak dalam kegiatan cerita atau proses belajar yang disampaikan guru
    6. diberi penjelasan agar tidak mengulangi hal yang sama
    7. Berikan reward kepada anak yang dapat memperbaiki prilakunya

    saat sedang mengajar, ada saja siswa-siswa yang sibuk mengobrol hingga bercanda sehingga berpotensi mengganggu tidak hanya guru mengajar di kelas, tetapi juga teman-teman lain yang sedang serius belajar. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengelola kelas sehingga pembelajaran tetap berjalan dengan tertib dan lancar.
    1. Cari Tahu Penyebabnya, Suasana kelas yang tenang adalah dambaan semua guru dan kebanyakan siswa. Jika terjadi kegaduhan atau keramaian karena siswa asyik berbicara dan bercanda dengan teman-temannya, hal pertama yang harus dilakukan adalah cari tahu penyebabnya.
    2. Gunakan Metode Belajar yang Bervariasi, Metode pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna dapat membuat siswa antusias dalam belajar dan selalu menunggu-nunggu pelajaran yang diajar oleh Guru
    3. Buat Aturan yang Tegas dan Jelas, Mengatasi karakter siswa yang tidak disiplin dan kurang sopan terhadap gurunya, termasuk kebiasaan mengobrol, harus dilakukan dengan membuat aturan yang tegas dan jelas. Sebaiknya aturan-aturan yang diberlakukan di kelas dibuat bersama dengan siswa di awal pembelajaran.
    4. Berikan Peringatan Non Verbal, Cara mengatasi siswa yang ribut di kelas berikutnya yang dapat Guru Pintar coba adalah dengan memberikan peringatan non verbal. Beritahukan kode-kode khusus di awal pembelajaran sehingga siswa mengetahui maksud kode tersebut dan dapat dijalankan.
    5. Sabar dan Jangan Gunakan Suara Keras, Selain kode-kode non verbal, Guru juga dapat membuat peringatan verbal misalnya dengan beristigfar, memanggil nama kelas, bernyanyi, dan lain sebagainya. Sebaiknya jangan gunakan suara dengan volume tinggi karena semakin memicu siswa untuk mengeraskan suaranya dan kelas menjadi makin gaduh.
    6. Berikan Apresiasi Kepada Siswa yang Tertib, Guru dapat memberikan reward atau pujian kepada siswa yang tertib dengan menyebutkan langsung nama siswanya. Misalnya “Terima kasih Nina, sudah tertib dan mendengarkan Bu guru” atau “terima kasih pada siswa yang duduk di baris depan dan tengah karena tetap tenang dan mendengarkan penjelasan Bu guru.”

  7. Nama: fitria Nur laili
    Nim : 859661426
    Dari video tersebut sangatlah bermanfaat dan menginspirasi bagi saya sebagai guru PAUD dalam menerapkan strategi untuk anak mengobrol saat pembelajaran berlangsung…

  8. Nama : Putri Ayu
    NIM : 877527577
    UBPJJ : Medan
    Video ini menggambarkan situasi di mana anak-anak sering berbicara selama pembelajaran, yang merupakan masalah umum dalam perkembangan moral dan disiplin pada anak usia dini. Anak-anak di usia ini masih belajar tentang aturan sosial dan disiplin, sehingga kecenderungan mereka untuk ngobrol adalah hal yang wajar.Pada usia dini, anak-anak sedang dalam tahap perkembangan moral dan disiplin. Mereka belajar tentang aturan sosial, seperti mendengarkan saat orang lain berbicara dan giliran berbicara. Kesulitan dalam mengikuti aturan ini sering terlihat selama proses belajar mengajar, di mana anak-anak lebih suka ngobrol dengan teman-temannya.

  9. Nama : Feti Irma Wachidah
    NIM : 857991071
    UPBJJ : Yogyakarta

    Video tersebut sangat bermanfaat bagi saya sebagai guru PAUD dimana sering terjadi didalam kelas anak yang mengobrol sendiri saat kegiatan pembelajaran berlangsung. dengan melihat video ini saya mendapat pengetahuan baru bagaimana saya mengatasi anak-anak yang mengobrol sendiri saat pembelajaran berlangsung

  10. Nama: Nhoer Pamatu Espriyati
    NIM: 857990102
    UPBJJ: UT Yogyakarta
    Cara mengatasi anak yang ngobrol didalam kelas saat pembelajaran berlangsung antara lain: hentikan pembelajaran guru sejenak untuk menenangkan suasana kelas, pisahkan anak yang mengobrol dengan anak yang sudah belajar tenang, posisikan duduk anak yang mengobrol berada di samping guru dan libatkan anak dalam kegiatan cerita agar tidak mengobrol lagi

Leave a Reply