silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)
Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang
Kesesuaian tingkat kependidikan Sangat Baik
Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.
Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.
Untung Laksana Budi
Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.
b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.
c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.
Rahmawati
Nama : Hesty Fithriani
NIM : 855714801
Saya telah mengamati video pembelajaran dengan rincian sebagai berikut :
Judul : anak ngobrol dikelas saat PMB
Nama pengembang : Megawati Simanjuntak, SP., M,Si.
Lokasi : Pembelajaran indoor ( kelas )
Kelompok anak dalam video : PAUD/ TK
Ringkasan materi dalam video : deskripsi tentang permasalahan perkembangan moral dan disiplin yang sering terjadi pada saat proses pembelajaran yaitu adanya anak yang mengobrol. Dalam video tersebut juga terdapat solusi bagaimana seorang guru harus bertindak pada saat itu, misalnya melakukan tepuk fokus pada saat pembelajaran berlangsung, memisahkan anak yang sedang mengobrol atau memberikan reward kepada anak yang sudah berusaha lebih baik dalam memperhatikan guru.
🔹Menurut saya guru dalam video tersebut sudah menjalani prinsip asesmen dan evaluasi yaitu dengan mengamati anak-anak dalam proses pembelajaran serta memberikan reward berupa tepuk tangan bagi anak yang sudah belajar menjadi lebih baik.
🔹 Pendapat saya tentang perbaikan video tersebut diantaranya :
1. Guru sebaiknya melakukan lebih banyak melibatkan siswa dalam cerita seperti memberikan beberapa pertanyaan kepada anak-anak misalnya dengan menunjuk suatu gambar yang berkaitan dengan cerita atau menghitung suatu objek sehingga melatih anak agar lebih fokus dalam proses pembelajaran.
2. Menempatkan duduk anak-anak dengan posisi sesuai pengajaran misalnya dengan duduk melingkar atau duduk berbentuk berbaris kebelakang.
Nama : Badiatul Faizah
Nim : 858855406
Prodi : PG PAUD BI
izinkan saya menanggapi vidio tersebut.
dalam vidio tersebut Guru sedang membacakan cerita, tetapi di tengah- tengah cerita ada anak yang mengobrol sendiri dengan temannya.
kelebihan dari vidio tersebut:
1. Guru menghentikan cerita sejenak saat ada yang mengobrol sendiri dan memisahkan anak yang mengobrol
2. Menekankan pada anak untuk tidak mengobrol lagi dengan temannnya
3. Memposisikan anak yang ngobro di dekat guru
4. Melibatkan anak dalam cerita dan memberikan reward.
kelemahan dari vidio tersebut:
1. Guru tidak memposisikan duduk anak dengan baik sehingga ada anak yang terhalang oleh temannya dan mengobrol sendiri.
2. media yang digunakan sangat kecil sehingga anak-anak kurang tertarik.
itu saja yang dapat saya disampaikan, Terimakasih.
Nama: Masniya Ulfa
NIM: 858849964
Pokjar : kedungkandang
Prodi: PAUD BI
Judul : Anak mengobrol saat KBM
Ringkasan materi : Ada beberapa anak yang asik mengbrol disaat ibu guru sedang bercerita. Yang dilakukan guru tersebut yaitu
1. Menghentikan kegiatan dan menanyai langsung ke anak yang berbicara
2. Memisahkan anak yang berbicara dan mengajak anak tersebut duduk di dekat guru
3. Melibatkan anak dalam kegiatan membaca
4. Mengingatkan lagi anak yang mengobrol untuk tidak mengulangi lagi
5. Memberikan reward kepada anak yang paling tertib dalam kegiatan membaca
Dalam video tersebut Ibu guru telah menerapkan prinsip assesmen dan evaluasi yaitu prinsip validitas. Dengan melalukan beberapa cara di atas, prinsip dari validitas terpenuhi. Anak yang mengobrol dengan mengajak duduk di depan guru cenderung lebih fokus untuk mendengarkan. Kemudian prinsip berkesinambungan, dengan mengingatkan untuk tidak mengulangi lagi, maka di saat anak tersebut kan mengobrol lagi, maka dia akan mengingat janji apa yang telah dia sampaikan kenapa ibu guru.
Namun menurut saya ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh ibu guru dalam mengatasi anak berbicara sendiri di saat guru bercerita. Yaitu antara lain:
1. Sebelum membacakan cerita, bu guru bisa memilih topik cerita yang anak-anak minati, dengan menanyakan buku apa yang ingin mereka dengar.
2. Membagi menjadi dua kelompok atau beberapa agar lebih fokus lagi
3. Menggunakan alat bantu peraga di saat bercerita, misalnya boneka tangan, wayang-wayangan
4. Menaikan nada di beberapa kata tertentu agar anak-anak kembali menarik atentsi nya kepada guru
Nama : Erdyana Anggrasari
Nim :858946093
Prodi : PGPAUD
Tanggapan saya dari judul (Anak ngobrol di kelas saat PBM) yaitu, apa yang sudah di lakukan Guru dalam vidio tersebut sudah benar. Cara tersebut sangat membantu guru dalam pembelajaran berlangsung, menghentikan sejenak untuk menenangkan suasana dikelas, memisahkan anak yang ngobrol dengan yang sedang belajar. Selain itu bisa mengajak anak-anak untuk tepuk.
NAMA : SHOFFA’I ROBI’ATUL MUAFAH
NIM : 858739359
PGPAUD (FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN)
Dari video diatas, menggambarkan disaat waktu pembelajaran anak ngobrol sendiri dengan temannya. Menurut saya peran guru dalam mengatasi kasus tersebut sudah sangat baik, guru tersebut sudah berusaha bagaimana cara agar anak dapat memperhatikan guru disaat pembelajaran berlangsung. Untuk saran saya jika ada kasus seperti ini, guru harus mempunyai banyak metode, karena apabila metode pertama yang dilakukan belum berhasil maka bisa melakukan metode atau cara yang lain, contohnya sebagai berikut :
1. Gunakan Bahasa untuk menerangkan anak didik yang mudah dipahami, dan juga menarik sehingga anak didik dapat tertarik untuk mendengarkannya.
2. Disaat pertengahan pembelajaran berlangsung, terdapat anak didik yang ngobrol sendiri dengan temannya curi perhatiannya dengan cara ajak bertepuk tangan atau bernyanyi.
3. Jangan terlalu serius dalam memberikan pembelajaran, karena Kondisi belajar yang terlalu serius tidak selamanya bisa menjamin anak didik tetap fokus. Justru terkadang anak didik jadi mengantuk dan merasa bosan. Sebaiknya dalam mengajar juga harus diimbangi dengan candaan yang bisa membuat anak didik tidak merasa tegang dan melepas tawa. Dengan begitu anak didik jadi bisa lebih siap kembali dalam menerima pelajaran.
4. Guru harus mempunya sikap humoris, karena Sikap humoris dalam mengajar lebih disukai oleh anak didik dan bisa menjadi senjata ampuh agar memperhatikan apa yang guru sampaikan. Semua mata anak didik akan tertuju pada guru dan akan lebih terjalin kedekatan.
5. Berikan Hadiah untuk Anak yang Memerhatikan
Setiap anak didik akan senang saat mendapatkan hadiah apapun bentuknya. guru bisa memanfaatkan hal ini untuk diterapkan saat mengajar. Caranya bisa dengan memberikan bonus nilai bagi siapa saja yang memerhatikan dan tidak mengobrol sendiri. Dengan begitu anak didik jadi lebih semangat dan mengikuti proses belajar dengan baik.
Terimakasih.
Nama : Salsabila Farica
NIM : 858448409
Bismillah
Izin menanggapi vidio GPO terkait “Anak Ngobrol di Kelas Saat PBM”.
Menurut saya, apa yang ibu guru lakukan saat di vidio sudah ada yang benar dengan menghentikan cerita saat ada anak yang asik ngobrol, lalu memisahkan anak yang ngobrol dan mendekatkan anak ke guru. Namun sebaiknya pada saat ketika ingin memulai suatu kegiatan alangkah baiknya guru tersebut mengawali dengan :
1. Posisikan duduk anak dengan tertib dan rapi. Bisa membuat circle atau duduk berbaris (Pastikan posisi anak menghadap ke guru)
2. Ajarkan anak untuk tata tertib atau aturan pada saat di kelas, ketika guru sedang berbicara anak-anak tolong mendengarkan dulu, ketika ingin berbicara maka angkat tangannya.
3. Ketika anak sudah duduk dengan tertib, ajak anak untuk berdoa sebelum berkegiatan.
4. Pastikan guru memilih buku yang diminati oleh anak, dan buku yang di baca tidak terlalu panjang dan menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh anak
5. Ketika guru tersebut sedang membacakan buku, selalu libatkan tanya jawab dengan anak
misal “Tadi judul bukunya apa anak-anak?”. Jangan ibu guru fokus sendiri saja, karena untuk fokus anak TK memang tidak bisa lama, dan anak TK memang cendrung cepat bosan sehingga selalu libatkan anak ketika bercerita.
6. Ketika ada anak yang sudah mulai tidak fokus, berikan waktu untuk mengembalikkan fokus anak-anak lagi, misal dengan yel-yel “lomba-lomba fokus” atau tepukkan “tepuk konsentrasi”, dll
7. Jangan melanjutkan cerita sebelum anak-anak kembali tertib.
8. Ketika kegiatan sudah selesai membacakan buku, berikan tanya jawab atau kesempatan untuk anak siapa yang berani menceritakan kembali cerita yang ibu guru baca.
9. Tidak lupa untuk mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih diakhir kegiatan, kepada anak-anak sudah mendengarkan ibu guru saat bercerita
Nama: Ratna Sari
Nim: 858307003
Prodi:S1 PG PAUD
Assalammualaikum ijin menanggapi video mengenai anak ngobrol dikelas saat PBM.Menurut saya guru dalam video tersebut sudah melaksanakan pembelajaran yang dengan baik.
Guru bercerita dengan menggunakan media buku cerita tetapi dalam proses pembelajaran di Tk kita sebagai guru harus lebih kreatif lagi sehingga anak lebih fokus melihat kita baik dari segi intonasi suara saat bercerita, buku yang digunakan sesuai dengan minat anak yang menarik, cara mengkondikan suana kelas yang baik. dalam mengubah strategi pembelajaran guru dalam video sudah baik.
1. Dengan menghentikan untuk sejenak agar anak lebih fokus misal dengan melakukan tepuk diam.
2.Guru disini juga memisahkan anak yang mengobrol dengan anak yang belajar.
3.Disini guru memposisikan anak yang suka mengobrol dekat dengan gurunya.
4.Guru juga melibatkan anak dalam proses bercerita dalam proses pembelajaran.
5.Tekankan anak juga agar tidak mengulangi lagi saat guru bercerita tidak asik mengobrol dengan temanya
6. Anak di berikan hadiah atau riwerd bagi anak yang mau duduk tenang dan fokus memperhatiakn saat guru saat bercerita.
Terimakasih
Nama : Aminah
Nim. : 957227538
Prodi : PG. PAUD.
Dari Vidio tesebut ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika guru akan bercerita yaitu,
Buatlah posisi duduk anak dengan cara melingkar, agar anak bisa berpusat pada guru.
Berikan penjelasan pada anak bahwa hari ini ibu guru akan bercerita dan anak – anak harus mendengarkan dengan baik.
Lakukan kegiatan bercerita dengan maksimal sehingga anak menjadi tertarik dan fokus terhadap guru .
Gunakan bahasa anak agar anak dapat memahami isi cerita, sebainya guru bisa menggunakan mic agar suara guru terdengar.
Nama : Aminah
Nim. : 957227538
Prodi : PG. PAUD.
Dari Vidio tesebut ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika guru akan bercerita yaitu,
Buatlah posisi duduk anak dengan cara melingkar, agar anak bisa berpusat pada guru.
Berikan penjelasan pada anak bahwa hari ini ibu guru akan bercerita dan anak – anak harus mendengarkan dengan baik.
Lakukan kegiatan bercerita dengan maksimal sehingga anak menjadi tertarik dan fokus terhadap guru .
Gunakan bahasa anak agar anak dapat memahami isi cerita, sebainya guru bisa menggunakan mic agar suara guru terdengar.
Nama : Zuhriyatus Sholikhah
Nim : 858737728
Prodi : PG PAUD BI
Assalamu’alaikum.. Saya akan mencoba mendiskusikan terkait dengan video diatas hal tersebut juga sangat sering saya alami dikelas terutama saya menghadapi anak kelompok b usia tk… Yang notabennya mereka sudah senang sekali bersikap kritis dan aktif, misalnya suka bercerita dengan teman saat bu guru membaca cerita, senang menyela bu guru saat membaca kan cerita, video diatas guru sudah berusaha memberi pembelajaran dan penanggulangan yang baik namun belum dapat sepenuhnya mengatasi karena terlihat masih banyak anak yang tidak mendengar kan cerita guru dan mereka hampir separuh asyik dengan bermainnya sendiri(ngobrol dan main diri) adapun untuk melengkapi supaya anak lebih mau memperhatikan saat guru bercerita ada tahap-tahap nya
1. Anak diposisikan dengan duduk melingkar tidak dengan duduk acak seperti itu
2.Anak diajak untuk menyepakati atau memberikan aturan main saat guru membaca cerita
3.Anak di beri awalan atau pijakan dengan bernyanyi ataupun bertepuk sesuai dengan tema gambar buku cerita
4.anak harus sering diajak melakukan literasi ( pembaca an buku cerita oleh guru maupun secara mandiri)
5. Jika ada media misalnya boneka jari atau boneka tangan boleh ditambahkan supaya anak lebih tertarik melihat gambar cerita
6. ajak anak untuk ikut masuk kedalam cerita misal memberikan variasi nama pada cerita dengan sebutan yang unik atau bisa memakai nama anak dikelas tersebut
7.Gunakan intonasi suara guru seunik mungkin maksudnya bisa suara keras, suara pelan dan suara yangn lainya sesuai dengan alur cerita
8.berikan pengertian kepada anak jika bu guru bercerita ada anak yang menyela atau bicara sendiri bagaimana perasaannya.. Coba dibalik anak untuk merasakan hal yang sama
Terimakasih..