silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)

Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang

Kesesuaian tingkat kependidikan  Sangat Baik

Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.

Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.

Untung Laksana Budi

Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.

b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.

c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.

Rahmawati

Similar Posts

1,250 Comments

  1. Nama : Salma Putri
    NIM : 857533544
    Dalam video pembelajaran anak ngobrol di kelas saat PMP yang disampaikan oleh guru sudah benar dalam mengatasinya karena terdapat beberapa cara untuk mengatasi saat anak ngobrol di kelas, dengan cara guru dapat mengubah strategi pembelajaran di dalam kelas. Misalnya guru dapat menghentikan cerita atau proses selama pembelajaran sejenak untuk menenangkan suasana kelas, posisikan anak yang mengobrol tadi di dekat guru, kemudian dapat melibatkan anak dalam kegiatan cerita yang disampaikan oleh guru dengan tekankan agar anak tidak mengulangi kejadian yang sama dan guru dapat memberikan reward kepada anak jika anak dapat memperbaiki perilakunya.

  2. Nama: Triyana Rahmawati
    NIM : 858161497
    Pembelajaran dengan metode bercerita sangat bagus untuk menunjang pendidikan anak usia dini. Guru memilih metode dengan tepat namun pada saat bercerita anak sibuk mengobrol dengan teman yang lain. Guru juga mengupayakan agar anak bisa tertib dan mendengarkan dengan cara memisahkan anak yang mengobrol untuk pindah ke depan, namun anak tersebut juga masih mengobrol, lalu guru membuat kesepakatan dengan anak tersebut agar bisa tertib.
    Menurut saya sebelum bercerita guru dan anak didik membuat kesepakatan terlebih dahulu tentang sikap pada saat proses pembelajaran berlangsung. Guru juga harus lebih kreatif dalam menyampaikan cerita dengan ekspresi yang sesuai dengan cerita.

  3. Nama : Ni Ketut Sugiartini
    NIM : 859034537

    Bercerita merupakan salah satu metode pembelajaran yang menarik yang biasanya berisi pesan-pesan moral namun terkadang saat guru bercerita ada sebagian anak yang asyik bercerita dengan temannya dan kurang memperhatikan guru dan biasanya hal tersebut membuat suasana kelas menjadi ramai.
    Menurut saya selain menghentikan bercerita mungkin lebih baik sebelum bercerita guru dapat menanyakan terlebih dahulu mengenai cerita apa yang di sukai oleh anak serta guru juga harus mampu menunjukkan ekspresi wajah atau mengubah suara sesuai dengan tokoh-tokoh dalam cerita sehingga membuat anak merasa menikmati cerita tersebut.

  4. dea dwitami (836387476)
    assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh..
    mengatasi murid yang senang mengobrol pada saat kegiatan belajar mengajar dikelas
    dari video tersebut terlihat bahwa pada saat pembelajaran ada anak yang asik mengobrol dengan temannya dan ada anak yang fokus mendengarkan cerita gurunya. berikut tips agar anak mau mendengarkan guru saat kegiatan belajar berlangsung :
    1. Penerapan metode mengajar yang variatif
    2. Beri Peringatan Non-Verbal
    3. Mengendalikan emosi
    4. Menegur dengan halus
    5. Memberikan humor
    6. Mendengarkan keluhan murid
    7. Mengikuti pembicaraan
    8. Memberi pujian kepada murid yang serius mengikuti pelajaran
    9. Bercerita dengan murid
    10. Membentuk kelompok kecil
    mengelola pembelajaran di kelas bisa menarik dan mudah dipahami oleh murid. Kita tahu bahwa tidak semua siswa bisa bersemangat atau memiliki tingkat keaktifan yang tinggi pada saat belajar. Terlebih jika kegiatan belajar mengajar berlangsung di jam rawan alias jam terakhir. Murid mulai bosan menyimak penjelasan guru dan mulai mengobrol dengan teman. Tak jarang kejadian murid mengobrol saat KBM membuat guru kesal. Karena murid tidak menunjukkan rasa hormat kepada guru yang sedang berbicara di depannya. oleh sebab itu guru harus pandai mengatur pengelolaan kelas dengan baik. sekian dan terimakasih
    wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh..

  5. Nama : Yuliyanti
    Nim : 857861407
    Assalamu’alaikum…
    Judul video : Mengobrol saat KBM berlangsung
    Bismillah …ijin komentar tentang video
    Di dalam video ada anak yang masih ngobrol sendiri ketika Bu gutu
    Menjelaskan cerita…Bagaimana caranya agar anak tidak ngobrol sendiri ketika kbm?
    .Mengubah strategi dalam pembelajaran

    1. Menghentikan proses cerita
    2.Memisahkan anak yang sedang ngobrol dengan teman yang sedang belajar
    3. Dekatkan anak yang ngobrol dengan guru
    4. Libatkan anak dalam kegiatan cerita
    5.Tekankan agar anak tidak mengulangi kejadian yang sama
    6. Memberikan reward kepada anak yang baik

  6. Nama : Astuti Asih
    NIM : 857208544
    Prodi : S1 PGPAUD

    Jawab!
    Dalam video tersebut seorang guru sedang bercerita di depan kelas. Awalnya, anak-anak terlihat fokus dan antusias mendengarkan cerita yang disampaikan guru. Namun, tak lama kemudian, beberapa anak mulai mengobrol sendiri dan tidak memperhatikan guru lagi.
    Melihat kondisi tersebut, guru dengan bijak menghentikan kegiatan berceritanya. Guru menyadari bahwa anak-anak sudah tidak fokus dan perlu diberi variasi kegiatan agar tetap tertarik.
    Guru melanjutkan kegiatan berceritanya. Namun, tidak lama kemudian, seorang anak mengeluh sakit.
    Dengan sigap, guru menghampiri anak tersebut dan menanyakan keadaannya. Setelah mengetahui kondisi anak, guru mengajak anak untuk duduk di depan, dekat dengan guru, agar lebih mudah diawasi dan diberi perhatian khusus.
    Dengan upaya-upaya yang dilakukan oleh guru, seperti mengadakan variasi permainan, memisahkan anak yang ngobrol ke dekat guru, dan memberikan perhatian khusus kepada anak yang membutuhkan, suasana kelas menjadi lebih kondusif dan anak-anak dapat kembali fokus dalam mengikuti pembelajaran.

  7. Nama: Putu Suryana
    NIM:859041027
    Judul Video : Anak Sedang Ngobrol Saat KBM terkadang terjadi anak tidak fokus pada kegiatan yg diberikan guru. Dalam Video diperlihatkan guru yg sedang bercerita didepan anak-anak, Namun ada anak yg sedang ngobrol dengan temannya, sehingga akan mengganggu suasana kelas. Adapun cara untuk mengatasi kejadian tersebut:1. Hentikan kegiatan bercerita guru untuk menenangkan suasana kelas
    2. Pisahkan anak-anak yang mengobrol dari anak yang sedang belajar
    3. Pas isikan anak yang mengobrol tadi di dekat guru
    4. Libatkan anak dalam kegiatan bercerita/dalam proses belajar-mengajar yang disampaikan guru
    5. Tekankan anak-anak yang mengobrol untuk tidak mengulangi kejadian yang sama
    6.Berikan reward pada anak jika anak dapat memperbaiki prilakunya

  8. Nama : Yayah Mahkiyatul Mu’awanah
    NIM : 859673936
    UPBJJ : Bandung

    Dari video di atas. ketika guru sedang mengajar ada anak yang berbicara sendiri pada saat pembelajaran berlangsung. Pada video tersebut juga menampilkan bagaimana upaya seorang guru agar anak memusatkan perhatiannya kepada guru, guru menggunakan metode bercerita dan untuk mengalihkan anak yang berbicara sendiri, ibu guru mendatangi anak tersebut dan membawa anak untuk duduk didepan setelah itu kegiatan kembali kondusif, dan anak – anak kembali fokus pada cerita yang disampaikan oleh guru, menurut saya tindakan yang di lakukan guru sudah tepat.

  9. Nama : Aida Misa
    Nim : 855895282

    Assalamua’laikum warahmatullahi wabarakatuh
    Dalam mengajar anak-anak pada taman kanak-kanak , kejadian yang dialami guru dalam video tersebut merupakan hal yang lumrah , terkadang sebagian anak memiliki kebiasaan ngobrol saat guru mengajar, bahkan mereka bisa saja lari-lari dan keluar masuk kelas saat belajar. Dengan demikian metode yang dilakukan guru pada video tersebut sangat membantu anak-anak yang kurang fokus agar dapat mengembangkan kemampuan menyimak dan mendengar sehingga dapat menyerap pesan dari sebuah cerita yang dibacakan oleh guru. Pendekatan dan upaya guru untuk memisahkan anak-anak serta duduk lebih dekat dengan anak-anak yang suka mengobrol adalah langkah yang baik dilakukan oleh guru. Dengan demikian anak-anak yang suka mengobrol akan lebih fokus jika guru memerhatikan gerak geriknya, disamping itu lakukan metode pendekatan yang mengajak anak untuk ikut serta dalam bercerita, guru dapat melakukan tanya jawab pada saat bercerita agar anak lebih aktif dan guru juga bisa melakukan gerakan atau meniru suara-suara hewan dalam cerita agar suasanan belajar lebih menyenangkan seperti yang dilakukan guru dalam video tersebut.

  10. NAMA: ELLA WIDIASARI
    NIM:: 858156313
    PRODI: S1 PGPAUD
    Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
    Dalam video yang berjudul Anak Ngobrol di Kelas Saat PBM tersebut, terlihat kegiatan bercerita yang dilakukan guru kepada anak-anak didiknya. Akan tetapi ada anak-anak yang asyik mengobrol dengan temannya. Dalam video tersebut memberikan wawasan kepada mahasiswa dan guru cara mengatasi anak yang mengobrol dan tidak fokus pada kegiatan pembelajaran. Solusi yang diterapkan yaitu seperti dengan mengubah strategi pembelajaran di dalam kelas, melalui menghentikan kegiatan cerita guru atau proses pembelajaran sejenak untuk menenangkan suasana kelas, pusatkan anak yang mengobrol dari anak yang sedang belajar, emposisikan anak yang mengobrol di dekat guru, libatkan anak dalam kegiatan cerita dan proses belajar mengajar yang disampaikan guru dengan tekankan agar anak tidak mengulangi kejadian yang sama, dan berikan reward kepada anak jika anak dapat memperbaiki perilakunya. Menurut saya strategi tersebut sangat efektif dalam mengatasi kesulitan guru menghadapi anak yang mengobrol di dalam kelas.
    Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Leave a Reply