silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)

Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang

Kesesuaian tingkat kependidikan  Sangat Baik

Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.

Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.

Untung Laksana Budi

Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.

b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.

c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.

Rahmawati

Similar Posts

1,249 Comments

  1. Nama : Amelia Fatima Azzahra
    NIM : 858726908
    Judul video Anak Ngobrol di Kelas Saat PBM

    ijin menambahan dari saya untuk menarik minat anak:
    – mengajak anak untuk memilih buku cerita yang akan dibacakan
    – guru bisa bercerita dengan menggunakan alat peraga
    – guru membca cerita dengan metode yang disukai anak
    – membuat aturan bermain sebelum membacakan cerita

  2. Nama : Kartini
    NIM : 857721866
    Video di atas yang berjudul “Anak Ngobrol di Kelas Saat KBM” menunjukkan permasalahan yang dialami oleh guru ketika KBM di kelas dimana ada anak yang mengobrol dengan temannya. Hal tersebut tentunya menggangu proses KBM karena akan menjadikan anak lain menjadi tidak konsentrasi. Jika menemui hal tersebut, guru harus melakukan tindakan dan mencari solusi agar KBM kembali kondusif. Saya sangat setuju dengan tindakan yang dilakukan oleh guru pada video tersebut. Selain menghentikan sejenak KBM, memisahkan tempat duduk anak yang mengobrol, memposisikan anak yang ngobrol di depan guru, melibatkan anak, memberi pemahaman kepada anak untuk tertib serta memberikan reward, guru juga perlu melakukan evaluasi dan menggali permasalahan yang terjadi. Apakah cerita yang dibacakan kurang menarik atau ada hal lain yang mengganggu anak. Sehingga dapat ditemukan solusi yang tepat.

  3. Nama : Umahatul M
    Nim : 859673341
    Anak mengobrol di kelas sangat sering terjadi, apalagi sewaktu guru kurang bisa menyampaikan pembelajaran dengan baik. Dengan video diatas memberikan solusi kepada guru bagaimana cara yang baik agar anak tidak mengobrol di kelas sehingga pembelajaran dan pengembangan dapat dilaksanakan dengan tuntas. Terima kasih sangat bermanfaat

  4. Video sangat bermanfaat untuk guru disaat anak mengobrol di kelas, dan ini sering terjadi ketika guru menyampaikan materi dengan tidak menyenangkan bagi anak

  5. Nama : Nelly Elizabeth
    NIM ; 858191017
    Salah satu permasalahan yang dialami oleh guru ketika KBM di kelas adalah ketika ada beberapa anak yang mengobrol dengan temannya. Hal tersebut tentunya mengganggu proses pembelajaran.
    Dari video diatas Saya sangat setuju dengan tindakan yang dilakukan oleh guru. Karena dalam video berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung serta solusi yang dilakukan guru pada saat pembelajaran.
    Hal tersebut sering saya alami ketika sedang melakukan pembelajaran, salah satu solusi yang saya lakukan adalah bertanya kepada anak apa yang sedang mereka obrolkan??
    Jika obrolan mareka saya anggap bisa dijadikan diskusi untuk pembelajaran,maka saya akan ambil topic obrolan tersebut untuk dijadikan pembelajaran saat itu.

  6. Nama : feri rustiyani
    Nim : 857813721

    Video yang sangat bagus dan bermanfaat bagi kami yang sering mengalami situasi seperti dalam video. Video tersebut berisikan upaya atau langkah-langkah yang tepat ketika ada anak yang mengobrol pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung.

  7. Assalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh.
    Nama : Ainun Safitri
    NIM : 859174797
    Judul video : Anak ngobrol di kelas saat PBM

    Video sangat bermanfaat bagi Guru atau pendidik dalam mengatasi anak yang sibuk mengobrol saat belajar. Siswa yang mengobrol saat pembelajaran, disini dijelaskan cara mengatasinya dengan mengubah strategi pembelajaran di dalam kelas dengan memastikan kegiatan cerita guru untuk menenangkan suasana kelas, memisahkan anak yang mengobrol dengan anak yang sedang belajar, posisikan anak yang mengobrol di dekat guru, libatkan anak dalam kegiatan cerita yang disampaikan guru, tekankan kepada anak agar tidak melakukannya lagi lalu berikan reward pada anak yang memperhatikan. Alhamdulillah hal-hal tersebut sering saya lakukan ketika beberapa anak tidak fokus mendengarkan dan sangat efektif dilakukan. Terimakasih

  8. BERANDA
    TENTANG GPO
    KONTAK
    PROFILE
    LOG OUT
    X
    Home / Seri Pembelajaran PAUD / Anak Ngobrol di Kelas Saat PBM
    SERI PEMBELAJARAN PAUD
    Anak Ngobrol di Kelas Saat PBM

    silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar

    Sinopsis
    Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.

    Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

    Pakar Dosen
    Pakar Guru
    Post navigation
    PREVIOUS
    Anak tidak percaya Diri
    NEXT
    Anak Ribut di Kelas Saat PBM
    Similar Posts

    977 Comments
    Comments navigation
    Older comments
    Amelia Azzahra says:
    May 24, 2024 at 8:28 pm
    Nama : Amelia Fatima Azzahra
    NIM : 858726908
    Judul video Anak Ngobrol di Kelas Saat PBM

    ijin menambahan dari saya untuk menarik minat anak:
    – mengajak anak untuk memilih buku cerita yang akan dibacakan
    – guru bisa bercerita dengan menggunakan alat peraga
    – guru membca cerita dengan metode yang disukai anak
    – membuat aturan bermain sebelum membacakan cerita

    Ratna008 Anggraini says:
    May 24, 2024 at 8:44 pm
    sangat bermanfaat sekali sarannya,

    Kartini Titin says:
    May 25, 2024 at 12:57 am
    Nama : Kartini
    NIM : 857721866
    Video di atas yang berjudul “Anak Ngobrol di Kelas Saat KBM” menunjukkan permasalahan yang dialami oleh guru ketika KBM di kelas dimana ada anak yang mengobrol dengan temannya. Hal tersebut tentunya menggangu proses KBM karena akan menjadikan anak lain menjadi tidak konsentrasi. Jika menemui hal tersebut, guru harus melakukan tindakan dan mencari solusi agar KBM kembali kondusif. Saya sangat setuju dengan tindakan yang dilakukan oleh guru pada video tersebut. Selain menghentikan sejenak KBM, memisahkan tempat duduk anak yang mengobrol, memposisikan anak yang ngobrol di depan guru, melibatkan anak, memberi pemahaman kepada anak untuk tertib serta memberikan reward, guru juga perlu melakukan evaluasi dan menggali permasalahan yang terjadi. Apakah cerita yang dibacakan kurang menarik atau ada hal lain yang mengganggu anak. Sehingga dapat ditemukan solusi yang tepat.

    Umahatul Mardhiyah says:
    May 25, 2024 at 7:02 am
    Nama : Umahatul M
    Nim : 859673341
    Anak mengobrol di kelas sangat sering terjadi, apalagi sewaktu guru kurang bisa menyampaikan pembelajaran dengan baik. Dengan video diatas memberikan solusi kepada guru bagaimana cara yang baik agar anak tidak mengobrol di kelas sehingga pembelajaran dan pengembangan dapat dilaksanakan dengan tuntas. Terima kasih sangat bermanfaat

    Umahatul Mardhiyah says:
    May 25, 2024 at 7:07 am
    Video sangat bermanfaat untuk guru disaat anak mengobrol di kelas, dan ini sering terjadi ketika guru menyampaikan materi dengan tidak menyenangkan bagi anak

    Nelly Elizabeth says:
    May 25, 2024 at 7:55 pm
    Nama : Nelly Elizabeth
    NIM ; 858191017
    Salah satu permasalahan yang dialami oleh guru ketika KBM di kelas adalah ketika ada beberapa anak yang mengobrol dengan temannya. Hal tersebut tentunya mengganggu proses pembelajaran.
    Dari video diatas Saya sangat setuju dengan tindakan yang dilakukan oleh guru. Karena dalam video berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung serta solusi yang dilakukan guru pada saat pembelajaran.
    Hal tersebut sering saya alami ketika sedang melakukan pembelajaran, salah satu solusi yang saya lakukan adalah bertanya kepada anak apa yang sedang mereka obrolkan??
    Jika obrolan mareka saya anggap bisa dijadikan diskusi untuk pembelajaran,maka saya akan ambil topic obrolan tersebut untuk dijadikan pembelajaran saat itu.

    feri rustiani says:
    May 25, 2024 at 8:44 pm
    Nama : feri rustiyani
    Nim : 857813721

    Video yang sangat bagus dan bermanfaat bagi kami yang sering mengalami situasi seperti dalam video. Video tersebut berisikan upaya atau langkah-langkah yang tepat ketika ada anak yang mengobrol pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung.

    Ainun Fitri says:
    May 26, 2024 at 9:05 am
    Your comment is awaiting moderation. This is a preview; your comment will be visible after it has been approved.
    Assalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh. Nama : Ainun Safitri NIM : 859174797 Judul video : Anak ngobrol di kelas saat PBM Video sangat bermanfaat bagi Guru atau pendidik dalam mengatasi anak yang sibuk mengobrol saat belajar. Siswa yang mengobrol saat pembelajaran, disini dijelaskan cara mengatasinya dengan mengubah strategi pembelajaran di dalam kelas dengan memastikan kegiatan cerita guru untuk menenangkan suasana kelas, memisahkan anak yang mengobrol dengan anak yang sedang belajar, posisikan anak yang mengobrol di dekat guru, libatkan anak dalam kegiatan cerita yang disampaikan guru, tekankan kepada anak agar tidak melakukannya lagi lalu berikan reward pada anak yang memperhatikan. Alhamdulillah hal-hal tersebut sering saya lakukan ketika beberapa anak tidak fokus mendengarkan dan sangat efektif dilakukan. Terimakasih

  9. Assalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh.
    Nama : Ainun Safitri
    NIM : 859174797
    Judul video : Anak ngobrol di kelas saat PBM

    Video sangat bermanfaat bagi Guru atau pendidik dalam mengatasi anak yang sibuk mengobrol saat belajar. Siswa yang mengobrol saat pembelajaran, disini dijelaskan cara mengatasinya dengan mengubah strategi pembelajaran di dalam kelas dengan memastikan kegiatan cerita guru untuk menenangkan suasana kelas, memisahkan anak yang mengobrol dengan anak yang sedang belajar, posisikan anak yang mengobrol di dekat guru, libatkan anak dalam kegiatan cerita yang disampaikan guru, tekankan kepada anak agar tidak melakukannya lagi lalu berikan reward pada anak yang memperhatikan. Alhamdulillah hal-hal tersebut sering saya lakukan ketika beberapa anak tidak fokus mendengarkan dan sangat efektif dilakukan. Terimakasih

Leave a Reply