silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.

Dr. Siti Aisyah, M.Pd.

Dalam tayangan video sudah terlihat dengan jelas saat guru membuka pembelajaran dan mengisi pembelajaran sedangkan untuk penutup pembelajaran belum terlihat jelas. Penggunaan strategi, pendekatan, metode, dan media sudah terlihat. Sedang untuk evaluasi belum terlihat. Guru mengajak anak untuk dapat duduk tenang dan tidak membuat keributan yang dapat mengganggu konsentrasi teman (taat pada peraturan) merupakan salah satu yang ada di kompetensi dasar pada kurikulum.

Tri Ekowati

Similar Posts

1,275 Comments

  1. Nama: Ratna Kristanti
    Nim: 858169936
    PRODI: PGPAUD
    semester :2
    pokjar: Tulangan

    bismillah
    setelah melihat video di atas “anak ribut di kelas saat KBM” telah di jelaskan bagaimana cara mengatasinya yaitu :
    1. mengajak anak fokus
    2. jika yang ribut banyak maka mengajak anak untuk tepuk diam, atau peluit
    3. jika yang ribut sedikit maka dekati anak tersebut untuk menyelesaikan tugas
    4. jika anak yang ramai sudah selesai mengerjakan tugas maka ajak anak untuk beraktifitas lain.
    memang benar akan tetapi menurut saya yang perlu dilakukan oleh guru sebelum melakukan pembelajran yaitu
    a. mengatur strategi pembelajran mulai dari media, dll. kegiatan pembelajran bisa dilakukan di luar kelas agar ada suasana yang berbeda sehingga anak-anak tidak bosan sehingga mereka rame sendiri, lari-lari dlam kelas.
    b. ketika konsentrasi anak dianggap hilang maka kita harus mencairkan suasana dengan icebreaking agar anak semangat lagi.
    c. membentuk kelompok belajar terdiri dari 6 anak perkelompok.

    terima kasih

  2. Makhowifi Aminah
    857763587
    dalam video tersebut yang berjudul “Anak Ribut di kelas” menurut saya sebagai Seorang pendidik ketika mengajar di dalam kelas tentu kerap menemui kendala. Salah satu kendala yang sering dijumpai ialah siswa yang ribut. Mereka tak memperhatikan apa yang dijelaskan oleh guru di depan. Mereka sibuk sendiri. Biasanya mereka berbicara dengan teman yang ada di kanan dan kiri. Biasanya pula mereka bermain suatu permainan.
    Untuk itu, seorang pendidik perlu menguasai teknik penanganan siswa yang ribut. Berikut ini beberapa hal yang dapat penulis sarankan. Semoga tulisan ini dapat memberi masukan kepada pembaca yang budiman untuk mengatasi anak yang gaduh.
    1.Minta mereka menyimpan mainan yang tak berhubungan dengan materi pembelajaran di dalam tas. Lalu, minta mereka menyiapkan buku pelajaran.
    2.Pada awal pembelajaran, berikanlah games menarik kepada anak didik. Misalnya : bertepuk tangan, tebak-tebakan, bernyanyi bersama, bercerita, kuis berhadiah dll.
    3.Buatlah materi pembelajaran yang menarik bagi anak. Gunakan intonasi suara yang menarik perhatian.
    4.Selipkan humor dikala mengajar. misal permainan tepuk, halo hai, dongeng, dll.
    5.Jika siswa masih saja ribut maka cobalah perhatikan apa yang sedang mereka bicarakan. Lalu, masuklah dalam pembicaraan itu. Namun, sebentar saja.

  3. Nama : S.Berlian
    Nim : 859417564
    Prodi : PGPAUD
    SEMESTER : 2

    Anak ngobrol di dalam kelas saat PBM.

    Menurut saya setelah melihat Vidio diatas.
    cara pembelajaran yang ibu berikan sudah bagus.
    cuma anak-anak sebagian cepat bosan hingga memilih untuk ngobrol dan menurut saya jika anak-anak sudah bosan baiknya kita kasi hiburan dulu kita ajak semua untuk menyanyi sambil tepuk-tangan dan melanjutkan cerita tersebut…
    terima kasi cuma itu komentar saya 🙏

  4. Tanggapan saya mengenai video di atas adalah terlihat bahwa pembelajaran yang berpusat pada guru akan menyebabkan anak mudah merasa bosan terhadap pembelajaran yang berlangsung. Akibat rasa bosan itu anak menjadi tidak fokus dan tidak tertarik lagi mengikuti pembelajaran. Anak akan mencari hal lain yang menyenangkan baginya seperti menciptakan keributan untuk menarik perhatian temannya. sebaiknya yang dilakukan ibu guru supaya menarik perhatian muridnya dengan menggunakan alat peraga atau media yang ada di alam sekitar, dengan mengajak anak belajar di luar kelas (outdoor), dan dengan mengajak anak bernyanyi yang berhubungan dengan warna dan bentuk, Bisa menggunakan pembelajaran berkelompok sesuai minat anak jadi anak bisa memilih apa yang menarik perhatiannya, sehingga anak akan bersemangat ketika belajar.
    Jika dilaksanakan dalam kelas, tempat duduk bisa diatur agar anak bisa lebih banyak ruang gerak dan tidak sempit.

  5. assalamu’alaikum.. izin menanggapi vidio diatas
    Nama : Endang Sri Wahyuni
    NIM : 858165115
    Prodi : PG PAUD
    dalam vidio tersebut yang dilakukan guru adalah memberikan LKA berupa mewarnai gambarf, mungkin bagi anak yang kurang menyukai mewarnai anak merasa bosan sehingga kelas menjadi ribut.
    yang dilakukan guru pada vidio diatas agar kelas tidak ribut yaitu :
    1. mengajak anak untuk tenang
    2. mengajak anak untuk tepuk-tepuk
    3. jika yang ribut hanya sedikit guru mendekati anak dan mengajak fokus pada tugas
    4. memberikan aktivitas lain bagi anak yang sudah selesai mengerjakan tugas.
    dengan demikian kelas menjadi kondusif dan tenang.

  6. Nama : Sholihah Fajarwati
    NIM : 857846221
    Prodi : PGPAUD BI
    Assalamualaikum sahabat semua
    Setelah melihat vidio yang berjudul “Anak Ribut saat PBM” maka dapat kita lihat bahwa hal tersebut di sebabkan oleh beberapa faktor:
    1. Pembelajaran bersifat klasikal melalui pemberian LK menjadikan anak lebih cepat bosan
    2. Penataan tempat duduk yang kuang pas
    3. Rasio jumlah murid dan guru yg tidak sebanding
    Solusi:
    1. Guru menenangkan murid melalui tepuk diam maupun menggunakan peluit
    2. Guru perlu merubah pembelajaran menjadi area atau berkelompok dengan kegiatan bermain minimal 3 jenis
    3. Perlu adanya penataan tempat duduk yg lebih menarik, luas dan nyaman
    4. Evaluasi perbandingan jumlah dan guru harus sebanding
    5. Guru perlu memberikan aturan main sebelum anak-anak berkegiatan

    Demikian pendapat dari saya. Mohon saran maupun kritiknya.
    Terima kasih

  7. NAMA : WIDIARTI
    NIM : 857759784
    PRODI : PGPAUD BI
    Setelah melihat Video “Anak Ribut Di Kelas Saat PBM” saya dapat memberikan komentar sebagai berikut :
    Guru memberikan pembelajaran dengan cara yang membosankan bagi anak. Mereka kurang tertarik dengan cara guru mengajar yang kurang kreatif. Guru kurang luwes dalam mengelola kelas.
    Saran :
    1. Guru menggunakan metode yang diminati anak seperti metode bermain, metode bercerita dengan alat peraga dll.
    2. Guru sebaiknya menggunakan alat – alat belajar yang menarik minat anak. Tidak hanya menggunakan LK saja.
    4. Duduk anak bisa diatur agar lebih berjarak sehingga guru mudah mengontrol anak.

  8. NAMA : LULUK MASRUROH
    NIM :858163168
    PRODI : PG PAUD

    Setelah melihat video pembelajaran di atas menurut pendapat saya, keributan yang terjadi dalam video tersebut terjadi karena kegiatan yang dilakukan kurang menarik bagi anak. Kegiatan mewarnai Sangt bagus untuk menstimulasi motorik halus anak dan juga dapat, menyalurkan perasaan anak, namun ada kalanya anak akan bosan dengan kegiatan tersebut dan mewarnainya dengan cepat. Di dalam video sudah di jelaskan apa saja solusi untuk menangani anak yang ribut ketika proses belajar mengajar, yaitu:
    1. Ajak anak-anak untuk tenang.
    2. Gunakan teknik tepuk diam atau peluit jika anak yang ribut jumlahnya banyak.
    3. Jika jumlah anak sedikit, guru dapat mendekati anak agar fokus mengikuti kegiatannya.
    4. Jika anak sudah selesai mengerjakan tugas, maka guru harus mengajak anak untuk mengerjakan aktivitas lain atau aktivitas pengaman jika guru telah menyiapkan sebelumnya.
    Terimakasih

  9. HERLIN WULANDARI_858735068_S1 PGPAUD BI
    Cara mengatasi anak ribut di kelas saat PBM :
    1. Gunakan beberapa metode mengajar
    Setiap siswa memiliki keunikannya masing-masing, sehingga tidak semua siswa bisa disamakan dengan metode mengajar di kelas lain.
    2. Berikan peringatan nonverbal
    Usia siswa merupakan masa terbaik dalam pembentukan karakter, diupayakan guru tidak boleh memarahi siswa ketika kegaduhan di kelas.
    3. Kendalikan emosi
    Saat kelas gaduh upayakan guru kendalikan emosi agar mental siswa tidak kena, upayakan agar tidak mengeluarkan kata-kata kasar agar siswa tidak merasa takut.
    4. Berikan teguran halus
    Upayakan memberi teguran yang halus dan tidak mengancam.
    5. Selipkan candaan saat mengajar
    Sebisa mungkin menyelipkan candaan saat mengajar karena suasana gaduh bisa juga disebabkan oleh rasa bosan saat belajar.
    6. Dengarkan keluhan siswa
    Guru diharapkan mau mendengarkan keluhan siswa agar bisa memahaminya lebih dalam.
    7. Dengarkan apa yang diperbincangkan
    Saat anak gaduh guru harus mau bergabung agar siswa memiliki rasa segan yang lebih kepada guru.
    8. Berikan pujian pada siswa yang mau menyimak
    Hal ini bertujuan agar siswa yang gaduh menjadi fokus kembali.
    9. Mengajak bercerita
    Sebagai guru dapat berperan menjadi teman cerita siswa tersebut agar mengurangi kegaduhannya di kelas.
    10. Buat kelompok kecil
    Kegaduhan terkadang bisa terjadi karena siswa malas dengan cara guru mengajar.

  10. Setelah saya menyaksikan video diatas tentang anak ribut di dalam kelas, metode yang di gunakan seorang guru sudah betul. Sehingg anak dapat terarah dan fokus kembali dalam mendengarkan cerita yang telah di bawakan oleh ibu guru.

Leave a Reply