silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.
Dr. Siti Aisyah, M.Pd.
Dalam tayangan video sudah terlihat dengan jelas saat guru membuka pembelajaran dan mengisi pembelajaran sedangkan untuk penutup pembelajaran belum terlihat jelas. Penggunaan strategi, pendekatan, metode, dan media sudah terlihat. Sedang untuk evaluasi belum terlihat. Guru mengajak anak untuk dapat duduk tenang dan tidak membuat keributan yang dapat mengganggu konsentrasi teman (taat pada peraturan) merupakan salah satu yang ada di kompetensi dasar pada kurikulum.
Tri Ekowati
Nama : Nisa Safitri
NIM : 859170428
Prodi : S1 PGPAUD
dari video diatas dapat dilihat bahwa berbagai macam cara guru untuk mengatasi anak yang melakukan sesuatu hal yang tidak semua orang bisa melakukan hal yang sama. oleh sebab itu guru seharusnya melakukan tindakan sebagai berikut :
– menghidupkan suasana kelas
– guru harus pandai menggnakan pembelajaran yang tidak membosankan
– guru tidak boleh terlalu banyak membantu anak pada saat proses pembelajaran berlangsung
Nama : Vistanapisin
NIM : 857841698
Jurusan : PGPAUD
Dalam Vidio pembelajaran tersebut menurut saya Sebelum memulai pelajaran biar anak tambah semangat guru harus melakukan tepuk semangat dan tepuk siap belajar,biar anak tidak bosan.
Dan juga tempat duduknya menurut saya jangan klasikal,tapi berkelompok dengan sudut pengaman, jadi dalam sekali pembelajaran setiap kelompok berbeda-beda pembelajaran ada yang mewarnai, ada yang menebalkan huruf dan sudut pengamanya misalkan meronce,
Dalam situasi tersebut guru perlu lakukan adalah :
1. Ajak anak-anak untuk tetap tenang.
2. Jika anak yang ribut cukup banyak gunakan tehnik tepuk diam dan tepuk panggil nama.
3. Jika anak yang ribut sedikit maka dan fokuskan untuk menyelesaikan kegiatan tersebut.
4. Jika anak yang ribut tersebut sudah selesai maka ajak anak untuk mengerjakan pembelajaran yang lain,tetapi kalo anak tidak mau jangan dipaksakan,dikasih pembelajaran sudut pengaman seperti meronce,bermain puzzle dll..
Nama : Rahmawati
NIM : 858307264
Semester: 2 pokjar : Kotabaru
ijin menanggapi video yang berjudul ” anak ribut di kelas saat PBM ”
setelah mengamati video yang saya tonton tadi saya melihat guru saat membuka pembelajaran tidak menggunakan ice breaking atau berbagai macam tepuk untuk menarik perhatian anak dan minat anak belajar agar tetap berkonsentrasi. pembelajaran tidak menerapkan model sentra atau berkelompok sehingga anak yang sudah selesai mengerjakan tugas tidak lagi duduk dengan tenang dan malah asik bermain dengan temannya sehingga mengganggu teman yang belum selesai mengerjakan tugas.
sebaiknya guru membuat bentuk model berkelompok saat mengerjakan tugas sehingga semua tugas bisa dikerjakan dengan baik dan kemungkinan kecil untuk anak-anak ribut di kelas saat pembelajaran karena anak yang sudah selesai satu tugas yang diberikan guru bisa berpindah ke kelompok lain untuk melakukan kegiatan yang lain hingga jam belajar berakhir.
Nama : Sylviani
NIM : 857076245
POKJAR : Kalideres
Semester 8
Menurut saya ada beberapa cara mengatasi anak ribut di kelas saat PBM :
Gunakan beberapa metode mengajar,Setiap anak memiliki keunikan masing-masing, metode yang digunakan harus bervariasi agar anak tidak bosan
Berikan peringatan nonverbal,Usia siswa merupakan masa terbaik dalam pembentukan karakter, diupayakan guru tidak boleh memarahi siswa ketika kegaduhan di kelas.
Kendalikan emosi,Saat kelas gaduh upayakan guru kendalikan emosi agar mental siswa tidak kena, upayakan agar tidak mengeluarkan kata-kata kasar agar siswa tidak merasa takut.
Berikan teguran halus,Upayakan memberi teguran yang halus dan tidak mengancam.
Selipkan candaan saat mengajar,Sebisa mungkin menyelipkan candaan saat mengajar karena suasana gaduh bisa juga disebabkan oleh rasa bosan saat belajar.
Dengarkan keluhan siswa,Guru diharapkan mau mendengarkan keluhan siswa agar bisa memahaminya lebih dalam.
Dengarkan apa yang diperbincangkan,Saat anak gaduh guru harus mau bergabung agar siswa memiliki rasa segan yang lebih kepada guru.
Berikan pujian pada siswa yang mau menyimak,Hal ini bertujuan agar siswa yang gaduh menjadi fokus kembali.
NAMA : RITNA PUJI ASTUTIK
NIM : 857749554
PROGRAM STUDI : S1-PGPAUD
Bardasarkan tayangan video tersebut , pembelajaran yang disampaikan oleh seorang guru tersebut sudah baik , namun kurang sedikit menarik . sehingga membuat anak cenderung merasa bosan , sehingga menyebabkan keributan di kelas yang dilakukan oleh anak anak tersebut . seharusnya , dalam kegiatan yang berlangsung tersebut , guru tidak hanya mengajarkan kepada anak untuk menggammbar dan mewarnai hanya menggunakan bahan bacaan / LKS . guru dapat mengenalkan kepada anak didik bagaimana cara menggambar dan mewarnai secara menyenangkan dengan menggunakan bahan alam yang ada di sekitar lingkungan sekolah . sehingga dapat menimbulkan minat anak untuk mengikuti pembelajaran dengan baik dan menyenangkan .
Nama : Dwi vila indriani
Nim : 858946846
Terkadang saat anak mulai ribut ketika PBM di mulai, ketahuilah mereka sudah mulai jenuh dengan pembelajaran yang itu-itu saja, anak² terkadang juga ingin kegiatan yang lebih menarik dan kebanyakan anak akan bercanda dan bermain sendiri dengan mengajak teman² yang lainnya, sehingga guru yang menerangkan di depan tidak di dengarkan, karna lebih asyik main sendiri
Solusinya adalah
Apa sebaiknya saat anak mulai jenuh di dalam kelas, kita sebagai guru bisa mengajak anak² kegiatan di luar kelas ( outdoor) kita bisa dengan leluasa mengajar anak² kita dan kemungkinan anak² akan lebih senang karna lingkungannya sudah mulai luas dan banyak pemandangan, semisal saat kegiatan di luar kita beri kegiatan seperti bermain warna dengan menunjukkan benda² di sekitarnya, kita bisa bertanya kegunaannya bagaimana, maka dari situ anak² bakal lebih cermat dalam mendengarkan dan tidak akan ribut sendiri,
Nama : Dwi vila indriani
Nim : 858946846
Terkadang saat anak mulai ribut ketika PBM di mulai, ketahuilah mereka sudah mulai jenuh dengan pembelajaran yang itu-itu saja, pelajaran yang monoton, anak² terkadang juga ingin kegiatan yang lebih menarik dan kebanyakan anak akan bercanda dan bermain sendiri dengan mengajak teman² yang lainnya, sehingga guru yang menerangkan di depan tidak di dengarkan, karna lebih asyik main sendiri
Solusinya adalah
Apa sebaiknya saat anak mulai jenuh di dalam kelas, kita sebagai guru bisa mengajak anak² kegiatan di luar kelas ( outdoor) kita bisa dengan leluasa mengajar anak² kita dan kemungkinan anak² akan lebih senang karna lingkungannya sudah mulai luas dan banyak pemandangan, semisal saat kegiatan di luar kita beri kegiatan seperti bermain warna dengan menunjukkan benda² di sekitarnya, kita bisa bertanya kegunaannya bagaimana, maka dari situ anak² bakal lebih cermat dalam mendengarkan dan tidak akan ribut sendiri,
Assalamualaikum wr.wb
Nama : Dhea Amarthia
Nim : 857158235
Prodi : PGPAUD AKPMM
Bardasarkan tayangan video tersebut , pembelajaran yang disampaikan oleh seorang guru tersebut sudah baik , namun kurang sedikit menarik sehingga membuat anak cenderung merasa bosan , sehingga menyebabkan keributan di kelas. sebaiknya cara untuk mengatasi anak yang ribut saat belajar dapat dilakukan dengan membuat kesepakatan yang jelas bersama dengan siswa .jika sudah dibuat kesepakatan ,guru pintar harus konsisten dan menunjukkan pada siswa bahwa kesepakatan harus dipatuhi oleh semua siswa dan juga guru .biasanya kesepakatan dibuat di awal pembelajaran .
Assalamualaikum wr.wb
Nama : Dhea Amarthia
Nim : 857158235
Prodi : PGPAUD AKPMM
Bardasarkan tayangan video tersebut, pembelajaran yang disampaikan oleh seorang guru tersebut sudah baik. namun kurang sedikit menarik sehingga membuat anak cenderung merasa bosan, sehingga menyebabkan keributan di kelas, sebaiknya cara untuk mengatasi anak yang ribut saat belajar dapat dilakukan dengan membuat kesepakatan yang jelas bersama dengan siswa jika sudah dibuat kesepakatan guru pintar hanus konsisten dan menunjukkan pada siswa bahwa kesepakatan haru dipatuhi oleh semua siswa dan juga guru biasanya kesepakatan dibuat di awal pembelajaran
Nama : Krisyuni rique mirasari
NIM : 858740038
Pokjar : Lamongan
setelah saya melihat video ini, menurut saya guru sudah bagus dengan kegiatan apersepsi dulu. anak sudah dihimbau agar tenang, tetap duduk ditempatnya, kemudian anak juga dibimbing untuk memulai mewarnai.
namun ketika pembelajaran berlangsung tapi ada sebagian anak yang ribut mungkin dikarenakan ruang belajar yang kurang luas, pembelajaran yang klasikal,media kurang menarik, dan bosan pembelajaran yang selalu di dalam kelas.
solusinya anak yang ramai didekati dulu atau didampingi satu persatu. yang kedua coba ajak anak untuk belajar diluar kelas dan diberi media baru.