silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.

Dr. Siti Aisyah, M.Pd.

Dalam tayangan video sudah terlihat dengan jelas saat guru membuka pembelajaran dan mengisi pembelajaran sedangkan untuk penutup pembelajaran belum terlihat jelas. Penggunaan strategi, pendekatan, metode, dan media sudah terlihat. Sedang untuk evaluasi belum terlihat. Guru mengajak anak untuk dapat duduk tenang dan tidak membuat keributan yang dapat mengganggu konsentrasi teman (taat pada peraturan) merupakan salah satu yang ada di kompetensi dasar pada kurikulum.

Tri Ekowati

Similar Posts

258 Comments

  1. Nama : Sumarsih
    Nim. : 858532101
    Prodi. : PG-PAUD
    Sebagai seorang guru paud saya terkadang kewalahan untuk menghadapi anak” yang ribut di saat pembelajaran, tapi saya terus belajar dan berusaha untuk bisa memperbaiki metode pembelajaran yang saya berikan kepada anak” agar anak” bisa lebih tertib di saat pembelajaran…
    Melihat video ” anak ribut di kelas saat PMB ” ini saya jadi banyak belajar bagaimana mana metode yg baik dan efektif untuk membuat anak lebih tenang dan tertib dalam belajar…
    Terus berkarya dalam video video selanjutnya yang pastinya lebih menginspirasi bagi kalangan guru pada khususnya dan masyarakat luas pada umumnya…
    Terimakasih

  2. Nama : Demrita Siregar
    Nim. : 878359281
    Prodi. : PG-PAUD

    dengan menyaksikan video ini saya bisa menambah ilmu bagai mana menangani anak yang ribut dikelas. Dengan menggunakan berapa cara dan memang banyak cara yang bisa kita gunakan untuk menenangkan anak saat ribut dikelas bukan sekedar dengan kata-kata saja.

  3. Anak ribut di dalam kelas merupakan hal yang sangat merepotkan untuk saya ,apalagi hal tersebut berlangsung pada saat KBM . sebagai guru kadang secara tidak sadar mengatakan ” jangan ribut ” dengan suara keras . Cara ini untuk beberapa anak ternyata di anggap nya bu guru ” marah ” dan tentu saja menjadi kesan yang tidak baik untuk saya . Dengan adanya tayangan vidio ini tentunya sangat bermanfaat untuk saya dalam mengatasi kalau anak ribut saat kegiatan berlangsung . Terimakasih untuk Vidio nya ,sangat bermanfaat sekali . Semoga semakin banyak lagi vidio lain yang dapat memotivasi saya untuk belajar lebih baik lagi .

  4. Nama : serta sindy sihombing
    Nim :859888295

    Ijin menanggapi vidio di atas
    Vidio di atas sangat baik untuk kita terapkan di lembaga kita masing masing karena kita sebagai guru sangat kewalahan dalam mengatasi anak yang ribut di kelas dalam proses pembelajaran (KBM),cara yang biasa saya lakukan adalah dengan mengajak anak untuk bermain yel yel dan saya berusaha membujuk anak supaya tidak ribut.dan menjelaskan sebaik mungkin jika mereka ribut anak anak yang mau belajar jadi terganggu,meskipun demikian masih ada aja anak yang ribut meskipun di bujuk dan diberikan penjelasan,dan saya terus belajar untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi hal tersebut,dan semoga saja kita sebagai pendidik mengetahui bagaimana cara untuk mengatasi hal tersebut supaya anak anak yang mau belajar tidak terganggu.
    Demikian pendapat saya terimakasih🙏🙏

  5. Pipit Novita
    857340398
    Ijin menanggapi video di atas. Video di atas sangat bagus untuk menjadi pembelajaran para ibu guru dan mahasiswa. Pada prakteknya saat terjadi keributan dikelas sat pembelajaran maka tentu saja dapat mengganggu bukan hanya konsentrasi dari anak-anak yang lain tapi juga ibu guru. Biasanya ibu guru akan mengalihkan perhatian anak-anak yang ribut dengan tepuk-tepuk atau yel-yel. apabila masih belum terkondisikan dengan baik maka ajak bicara anak yang ribut tersebut.dan ingatkan bahwa ada aturan kelas yang perlu untuk di ikuti.
    Terimakasih

  6. Nama : Lia Oktavia
    PGPAUD
    Pada vidio terlihat proses belajar mengajar dikelas. Anak yang ketika diawal merasa antusias dengan kegiatan yang disampaikan oleh sang guru pun ketika kegiatan sudah mulai dikerjakan anak-anak mulai ribut dan berlarian kesana-kemari. Anak-anak ribut merupakan suatu hal yang biasa terjadi apalagi di TK.
    Didalam vidio ada tips-tips untuk dapat menertibkan anak kembali seperti
    1. Ketika anak yg ribut hanya satu orang maka ajak anak untuk kembali fokus pada kegiatan yang sedang dilakukan
    2. Jika anak yang ribut lebih dari 2 orang hendaknya sang guru lebih bisa menarik perhatian anak-anak dengan melakukan tepuk diam, atau tepuk konsentrasi agar anak kembali duduk tertib dan melakukan kegiatan nya kembali.
    Namun jika anak yang ribut tersebut sudah selesai dengan kegiatan yang dilakukan anak anak untuk duduk kembali dan memberikan aktivitas atau kegiatan agar anak memiliki kesibukan sehingga mereka merasa memiliki tanggung jawab untuk menyelesaikan kegiatan itu lagi.

  7. Nama : Eri Zakiyatur Rohmah
    NIM : 587684893
    PRODI: S1PGPAUD
    UPBJJ : Semarang
    Berdasarkan analisis saya dalam video tersebut yang berjudul ” Anak Ribut Di Kelas saat PBM” yaitu apa yang telah dilakukan guru saat mengkondisikan anak yang ribut di kelas sudah tepat namun masih kurang maksimal. Perlu adanya cara-cara yang lebih kreatif untuk menciptakan kelas yang lebih kondusif dan menyenangkan.
    Dan pada saat anak yang ribut tadi sudah selesai mengerjakan tugas, seharusnya di kasih apresiasi atau reward(penghargaan)untuk memotivasi anak tersebut agar lebih baik esoknya.
    Ciptakan suasana kelas yang menyenangkan namun tetap kondusif dengan cara menyajikan metode pembelajaran yang variatif serta kreatif agar anak tidak mudah bosan, libatkan anak secara aktif, gunakan media pembelajaran/peralatan yang menarik. Membantu anak untuk mengetahui berbagai objek sehingga anak akan lebih mudah berkreasi nantinya. Dari semua alat yang tersedia, biarkan anak mengeksplorasi kreativitasnya.
    Jadi sebagai pendidik anak usia dini, kita harus betul-betul berfikir kreatif bagaimana agar dapat mengoptimalkan perkembangan setiap masing-masing anak. Jadi disini, guru yang fokus ke siswa ya bun, bukan sebaliknya.
    Kita ciptakan berbagai cara yg kreatif sesuai karakter siswa masing-masing.

    Kurang lebihnya seperti itu tanggapan dari saya🙏🏻😊

  8. NAMA : SIPA PUZIAH
    NIM : 856576486
    PRODI : S1 PG PAUD
    UPBJJ : 17 JAMBI
    MK : METODE PENGEMBANGAN PRILAKU DAN KEMAMPUAN DASAR ANAK USIA DINI
    JUDUL VIDEO YANG DI TANGGAPI : ANAK RIBUT DIKELAS SAAT PBM
    assalamualaikum wr wb izin menanggapi video yang berjudul Anak Ribut Dikelas Saat PBM, kejadian dalam video tersebut juga sering terjadi dilembaga tempat saya mengajar. cara saya menyiasati agar anak tidak ribut saat kegiatan PBM, Untuk menyiasati agar anak tidak ribut saat kegiatan PBM dalam video tersebut ialah
    1. guru mengajak anak untuk tenang
    2. guru menggunakan teknik tepuk diam ketika anak masih ribut atau memakai peluit
    3. dekati anak agar anak fokus kembali terhadap tugas
    4. ajak anak mengikuti kegiatan lain
    dari ke empat solusi tersebut sangat bagus untuk diterapkan di tempat saya mengajar.
    terimakasih guru pintar online atas pencerahannya
    wassalamualaikum wr wb

Leave a Reply