silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.

Dr. Siti Aisyah, M.Pd.

Dalam tayangan video sudah terlihat dengan jelas saat guru membuka pembelajaran dan mengisi pembelajaran sedangkan untuk penutup pembelajaran belum terlihat jelas. Penggunaan strategi, pendekatan, metode, dan media sudah terlihat. Sedang untuk evaluasi belum terlihat. Guru mengajak anak untuk dapat duduk tenang dan tidak membuat keributan yang dapat mengganggu konsentrasi teman (taat pada peraturan) merupakan salah satu yang ada di kompetensi dasar pada kurikulum.

Tri Ekowati

Similar Posts

1,275 Comments

  1. Nama : fitriya widayati
    NIM : 858868093
    Prodi : S1 PGPAUD
    UPBJJ : Malang

    Hasil yang saya dapat setelah melihat vidio diatas adalah
    1. Dosen menjelaskan bagaimana cara kita mengatasi kelas yang ramai saat adanya KBM berlangsung, yaitu:
    * Mengajak anak untuk tenang
    * Menggunakan teknik tepuk diam/peluit
    * Mendekati anak dan ajak anak untuk fokus kembali pada tugas yang diberikan
    * Mengajak anak melakukan aktivitas lain apabila anak yang ribut tersebut sudah selesai mengerjakan
    2. dan dalam contoh vidio yang ditanyangkan saya juga dapat menangkap mengapa anak-anak ramai dikelas, hal ini disebabkan antara lain:
    * guru masih memakai model klasikal
    * APE kurang menarik bagi anak
    * anak bosan dalam lingkungan kelas

    Untuk vidio ini saya ucapkan terima kasih atas ilmunya

  2. Nama : Indira Suciaty
    NIM : 859414759

    Setelah saya menonton video pembelajaran PAUD, yang berjudul Anak Ribut pada saat KBM.

    Pada umumnya, Guru sudah mampu mengatasi anak yang ribut pada saat KBM. Namun alangkah baiknya, sebelum mengajar Guru membuat kesepakatan kelas yang jelas dgn siswa dan guru juga sebaiknya merancang metode mengajar yang lebih bervariasi karna anak sangat gampang bosan jika metode mengajar kurang menarik.

  3. Nama: Asri Ulfah Lathifah Mulyasari
    NIM: 857508827
    Prodi: S1 MASUKAN PGPAUD
    UPBJJ: Bandung

    Tanggapan saya terhadap video di atas adalah:
    beberapa hal yang membuat anak ribut di kelas diantaranya adalah:
    1. anak bosan dengan materi pembelajaran yang diberikan
    2. kebutuhan anak untuk bergerak aktif belum terpenuhi
    dari penjelasan video di atas, saya sepakat dengan solusi yang diberikan. Alangkah lebih baiknya bila Ibu Guru memberikan media pembelajaran yang lebih kreatif sehingga anak antusias dalam mengikuti pembelajaran, misalnya ketika mengenalkan warna cobalah untuk menggunakan metode eksperimen dengan cat air atau melukis di atas kertas dengan berbagai macam warna dari cat air yang mereka ketahui. bisa juga dengan berbagai macam permainan yang membuat perhatian anak hanya tertuju pada Pendidik karena rasa penasaran sang anak untuk mengikuti permainan. Ketika suasana kelas sudah mulai kurang kondusif karena banyak anak yang berlarian, cobalah untuk melakukan ice breaking sehingga kebutuhan anak untuk bergerak dapat terpenuhi dan anak-anak bisa lebih tertib dalam mengikuti pembelajaran di kelas

  4. NAMA: RITA AULIA AGUSTIN
    NIM: 858613834
    PRODI: PGPAUD S1 (AKPMM)
    UPBJJ: TARAKAN

    Tanggapan saya mengenai video diatas adalah sebagai berikut.
    1. Anak-anak yang ribut cenderung dikarenakan kegiatan yang membosankan. Contohnya pada video tersebut menggunakan majalah belajar atau LKS pembelajaran. Anak-anak adalah makhluk yang cepat merasa bosan. Menurut anak pembelajaran tersebut tidak menarik sehingga anak-anak ribut dan tidak mau fokus dalam pembelajaran. Sebagai guru kita harus menciptakan kegiatan pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan bagi anak sehingga ribut di dalam kelas dalam proses belajar lebih terkontrol.
    2. Anak-anak ribut dikarenakan juga ruangan yang sempit sehingga tidak memudahkan anak bergerak secara leluasa didalam kelas. Anak-anak selalu punya cara tersendiri untuk menyelesaikan kegiatan yang dikerjakan, maka dari itu mereka memerlukan ruangan yang luas dan nyaman.

    Dengan adanya solusi yang diberikan pada video diatas saya setuju. Karena memang anak-anak harus diingatkan secara terus-menerus untuk diam contohnya yaitu dengan tepuk diam. Kemudian juga saat anak yang lebih dulu selesai mengerjakan kegiatan maka anak didekati untuk melanjutkan kegiatan sesuai minatnya. Solusi tambahan dari beberapa solusi diatas diantaranya: sebaiknya guru bersikap aktif didalam kelas dan humoris sehingga saat kelas mulai ribut guru berinisiatif melakukan ice breaking sehingga anak-anak tidak merasa bosan, karena anak-anak dalam usia TK tersebut sedang proses bermain sambil belajar.

  5. Nama : RITA NUR LATHIFAH
    NIM : 857600416
    PGPAUD

    tanggapan saya terkait video yang berjudul ” anak ngobrol dikelas saat PBM ” sudah tepat, yaitu dengan cara mendekati anak yang ngobrol serta memisahkannya, supaya mereka tidak ngobrol. Pisahkan mereka dengan anak yang fokus belajar. Atau bisa dengan cara mengalihkan aktivitas ngobrolnya dengan diselingi ice breaking supaya anak tidak merasa jenuh.

  6. Nama : Amelia Sofyaningtyas
    Nim. : 858748279
    Prodi. : PGPAUD
    UPBJJ : Dinas pendidikan kab. Jombang

    Memang pada dasarnya anak tidak dapat di suruh diam lama dan dalam fikiranya adalah bermain,. Jadi guru yang harus dapat mengendalikan bagaimana agar pembelajaran tetap berlangsung,. Saya setuju dengan video yang di tampilkan giru dapat mengajak anak untuk memngikuti kembali pembelajaran dengan cara mengajak anak untuk tepuk diam,. Mengajka anak untuk bernyanyi sejenak,. Jika ada anak yang memang sulit kita pegang dan kita dampingi sejenak untuk duduk diam,. Setelah anak-anak sudah mulai diam kita dapat melanjutkan kembali pembelajaran yang terhenti.

  7. Nama : Ana Dwi Rahyani
    NIM : 859417224
    Program Studi : PG-PAUD
    Pokjar : Makassar

    Tanggapan saya setelah menonton video diatas adalah saya melihat bagaimana sikap seorang guru dalam menangani permasalahan yang terjadi dikelas yaitu anak ribut saat proses belajar mengajar. Saya dapat mengetahui langkah-langkah yang dilakukan guru tersebut untuk mengatasi masalah itu, yang pertama ajak anak untuk duduk dengan tenang, kemudian jika anak yang ribut cukup banyak gunakan teknik tepuk diam atau gunakan peluit agar anak dapat tertib kembali, apabila anak yang berbuat keributan hanya sedikit, dekati dan ajak anak untuk fokus kembali kepada tugas yang harus ia kerjakan, dan jika anak yang melakukan keributan sudah menyelesaikan tugasnya, ajak anak untuk melakukan aktivitas lain sehingga tidak mengganggu konsentrasi belajar temannya yang lain.
    Selain itu, menurut saya juga mengatasi siswa yang ribut saat belajar dapat dilakukan dengan membuat kesepakatan yang jelas bersama dengan siswa sebelum memulai pembelajaran. Jika kesepakatan sudah dibuat, Guru harus konsisten dan menunjukkan pada siswa bahwa kesepakatan harus dipatuhi oleh semua siswa dan juga guru. Menurut saya, cara ini juga akan mengurangi keributan di dalam kelas.

  8. 2. Nama : Difia F. Afifah
    NIM : 857506239
    Jurusan : S1 PG PAUD
    Menurut pendapat saya metode pembelajaran yang digunakan oleh guru didalam video ini adalah metode pembelajaran yang klasikal sehingga membuat beberapa anak tidak focus dan bosen terhadap pembelajaran yang dilakukan terlihat dari beberapa anak yang berkeliaran saat disuruh mengerjakan tugas akan tetapi guru tersebut juga sudah menerapkan beberapa solusi yang dibicarakan oleh Dr. Ir. Dwi Hastuti, M. Sc seperti guru mengajak anak untuk diam dan melakukan tepuk agar konsentrasi anak kembali dan mengajak anak yang ribut untuk mengerjakan tugasnya.

  9. nama : safira nafisah indana
    nim : 857602269
    prodi : PGPAUD
    UPBJJ : purwokerto

    pada video tersebut cara penanganan terhadap anak yang ribut di kelas pada pembelajaran sudah tepat,namun terdapat kekurangan dalam pembelajaran tersebut seperti penggunaan lembar kerja siswa pada pembelajaran yang menjadikan anak akan lebih cepat bosan.penggunaan lembar kerja siswa bisa diganti dengan penggunaan media loose part jadi anak akan lebih bebas untuk berimajinasi dan akan lebih tertarik pada pembelajaran yang dilakukan.

  10. NAMA : Hilyatul Munshifah
    NIM : 858170471

    judul vidio “Anak ribut saat PBM dikela”
    Dalam tayangan vidio tersebut ketika proses belajar mengajar guru memberikan kegiatan bermain warna dengan memberikan lembar kerja atau buku, ditengah-tengsh kbm terdapat beberapa anak yang ramai, tidak bisa tenang. Yang dilakukan guru.
    a. mengajak anak-anak untuk tenang
    b. Jika anak yang tidak bisa diam itu banyak maka guru menggunakan peluit
    c. Jika anak yang ribut di dalam kelas sedikit maka lebih baik menggunakan cara mendekati anak supaya
    tenang
    d. jika anak sudah selesai mengerjakan dan tidak bisa tenang dikelas maka guru memebrikan kegiatan lain
    atau mainan supaya anak bisa tenang
    untuk mengatasi anak yang ribut di dalam kelas juga bisa dilakukan dengan memberikan ice breaking biasanya anak langsung tertarik dan perhatiannya bisa fokus kembali. selain itu terkadang saya menggunakan boneka tangan dengan mengeluarkan suara yang berbeda dari suara biasanya misalnya “anak-anak ini siapa ya yang bisa duduk tenang ” dengan menggunakan suara nenek2, atau memberikan reward kepada anak yang bisa duduk tenang dan berfokus pada guru.

Leave a Reply