silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.

Dr. Siti Aisyah, M.Pd.

Dalam tayangan video sudah terlihat dengan jelas saat guru membuka pembelajaran dan mengisi pembelajaran sedangkan untuk penutup pembelajaran belum terlihat jelas. Penggunaan strategi, pendekatan, metode, dan media sudah terlihat. Sedang untuk evaluasi belum terlihat. Guru mengajak anak untuk dapat duduk tenang dan tidak membuat keributan yang dapat mengganggu konsentrasi teman (taat pada peraturan) merupakan salah satu yang ada di kompetensi dasar pada kurikulum.

Tri Ekowati

Similar Posts

1,275 Comments

  1. Ika Astari (859520797)
    Dari video di atas, kita belajar cara menertibkan anak di kelas saat PBM, yaitu :
    1. Ajak anak-anak untuk tenang
    2. Jika yang ribut banyak, gunakan tepuk bilang atau peluit
    3. Jika yang ribut sedikit, dekati anak dan ajak untuk fokus kembali
    4. Jika anak yang ribut sudah selesai mengerjakan tugas, ajak anak tersebut untuk melakukan aktivitas lain.
    Dari penjelasan di atas, video ini sangat bermanfaat sekali mengingat anak usia dini sangat senang bermain aktif dan mereka sering kali lupa dengan peraturan kelas sehingga kelas menjadi tidak tertib. Sehingga dari video tersebut kita menjadi tahu dan paham bagaimana menangani anak-anak yang tidak tertib di kelas.
    Sekian dan terimakasih.

  2. Melalui vidio diatas menjadi masukan untuk mengatasi anak-anak saat ribut pada waktu pembelajaran. Karena sering sekali kejadian seperti didalam vidio tersebut diatas sering terjadi. Melalui vidio ini dapat mengaplikasikanya bahwa ketika anak ribut harus mengambil tindakan dengan membuat kegiatan seperti bertepuk tangan,membunyikan fluit atau mendekati anak supaya anak kembali belajar. Sebagai seorang guru hari menguasai keadaan kelas dan tanggap untuk pembelajaran lebih baik.

  3. Nama khodijah binti muh Sabri
    Nim 859551791
    Mk pembelajaran terpadu

    Anak ribut saat KBM, guru berhenti sejenak, coba lakukan ini :
    1) jika anak sedikit dekati, lalu ajak anak tenang fokus kembali ke pelajaran
    2) jika anak banyak berikan tekhnik diam dengan peluit atau tepuk dll
    3) jika mereka sudah selesai ajak mereka melakukan kegiatan lain.
    4) bisa ditambahkan beri pujian anak hebat itu menyelesaikan tugasnya dll..

  4. Mohon ijin mengomentari vidio dengan mata kuliah pengembangan sosial emosional
    Melalui vidio ini ada masalah yang dipecahkan yaitu anak ribut dalam pembelajaran dan hal ini membuat guru melakukan aktivitas yaitu dengan bertepuk tangan atau membunyikan pluit serta mendekati anak. Hal ini akan membuat anak kembali fokus belajar. Kejadian yang terjadi pada vidio tersebut sangat sering terjadi di kelas. Melalui vidio ini sebagai guru sangat terbantu untuk mengaplikasikanya juga sangaat bermanfaat sekali . Terimakasih.

  5. Stiap hari kebanyakan guru pasti prnah mengalami masalah Anak yang ribut di kelas saat PMB dan stiap guru mempunyai cara yang berbeda-beda dalam menangani permasalahan tersebut, dengan melihat video tadi bisa menjadi inspirasi untuk kita semua bagaimana cara mengatasi permasalahan anak yang selalu ribut di dalam kelas ketika PMB. Bagi saya khususx video tersebut sangat bermanfaat untuk meningkatkan pengetahuan tentang cara mengatasi permasalahan anak yang selalu ribut didalam kelas ketika PMB

  6. Assalamualaikum izin menjawab
    dari video tersebut dalam pembelajaran terdapat beberapa anak yang ribut dikelas terlihat upaya guru untuk menenangkan anak dengan berbagai cara diantaranya guru melakukan tepuk untuk dapat memenangkan anak, terlihat juga guru mengajak anak untuk fokus pada kegiatan yang dilakukan, guru tidak melanjutkan kegiatan sebelum suasana kelas kembali kondusif

  7. Mohon ijin mengomentari video tersebut.
    Video tersebut membahas tentang permasalahan yang sering sekali terjadi di kelas yakni Anak ribut. Anak yang ribut dalam jumlah sedikit atau banyak sangat mengganggu teman yang sedang berkonsentrasi, begitupun juga untuk dirinya sendiri tidak akan bisa fokus belajar.
    Dalam video tersebut dijelaskan beberapa strategi penanganan untuk anak yang ribut dengan cara melakukan ice breaking agar anak semuanya tenang, mengajak anak tepuk diam salah satu yang sering dilakukan oleh banyak guru, dan juga dengan cara melakukan pendekatan pada salah satu siswa yang ribut. Dalam kegiatan awal sebelum kegiatan inti, guru juga dapat melakukan aktifitas fisik dulu seperti senam, bermain sepuasnya atau lari agar tenaga anak tersalurkan dengan baik.
    Dengan adanya video diatas tentu sangan bermanfaat bagi saya untuk diaplikasian pada kegiatan pembelajaran di lembaga tempat saya mengajar.

  8. Nama : Ilma Auliya Nurfauziyah
    judul : anak ribut dikelas saat PBM
    dari vedio diatas untuk mengatasi anak yang ribut didalam kelas jika anak banyak bisa dengan menggunakan tepuk diam bersama / juga dengan meniup peluit agar anak dapat tertib kembali, dekati anak diajak berbicara dan memberiakan fokus terhadap apa yang dikerjakan, dan jika anak yang ribut tadi sudah merasa tenang ajak kembali untuk mengerjakan tugasnya.

  9. Judul video : Anak ngobrol Dikelas saat PMB
    Nama : Dera Cantika
    NIM : 856577922
    Menurut saya strategi yang dilakukan guru dalam video tersebut sudah sangat baik dimana ketika anak mengobrol dan tidak memperhatikan guru yang sedang bercerita, Guru menghentikan proses pembelajaran sejenak untuk menenangkan, memisahkan anak yang mengobrol dan mengajaknya duduk di dekat guru, melibatkan anak dalam cerita serta memberikan reward ketika anak bisa merubah perilaku nya.

  10. video ini sangat membatu saya dalam mengetahui guru yang menghadapi kegiatan KBM. Video ini menunjukkan seorang anak mengobrol saat belajar. Keseluruhannya video ini sangat membantu saya meningkatkan kemampuan mengajar saya dan memahami bagaimana mengatasi anak yang suka mengobrol dikelas.

Leave a Reply