silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.

Dr. Siti Aisyah, M.Pd.

Dalam tayangan video sudah terlihat dengan jelas saat guru membuka pembelajaran dan mengisi pembelajaran sedangkan untuk penutup pembelajaran belum terlihat jelas. Penggunaan strategi, pendekatan, metode, dan media sudah terlihat. Sedang untuk evaluasi belum terlihat. Guru mengajak anak untuk dapat duduk tenang dan tidak membuat keributan yang dapat mengganggu konsentrasi teman (taat pada peraturan) merupakan salah satu yang ada di kompetensi dasar pada kurikulum.

Tri Ekowati

Similar Posts

1,275 Comments

  1. Dari tayangan video diatas kita dapat belajar beberapa tekhnik dalam mengatasi anak yang ribut dikelas diantara tehnik yang digunakan dalam video yaitu, mengajak anak untuk tetap tenang, mengajak anak ,menggunakan metode tepuk jika yang ribut banyak anak dan jika yang ribut hanya bebrapa anak mendekati anak dan mengajak untuk fokus kembali mengerjakan tugasnya dan selanjutnya jika yang ribut yg sudah menyelesaikan tugas mengajak anak.tersebut untuk melakukan aktifitas lainnya

  2. Dari tayangan video diatas ada beberapa tehnik juga yang kami sering lakukan dikelas saat anak- anak ribut dalam kelas yaitu salah satunya yaitu menggunakan metode tepuk diam dan mengajak anak kembali mengerjakan tugasnya.

  3. Mengatasi perilaku anak ribut di kelas memerlukan pendekatan yang sensitif dan berbagai strategi yang sesuai dengan perkembangan anak-anak yang suka ribut di kelas saat PBM. Setelah menonton vidio di atas, video tentang “Anak Ribut DI Kelas Saat PBM” sangat bermanfaat sekali dan meberi motivasi kepada saya. Mengingat anak usia dini sangat senang bermain aktif dan anak anak sering kali lupa control gerakan di dalam kelas. Meskipun dengan adanya peraturan di kelas namun anak anak di kelas tetap menjadi tidak tertib. Setelah menonton vidio tersebut, kita menjadi tahu dan paham bagaimana menangani anak-anak yang tidak tertib di kelas dan suka ribut di kelas.

  4. Nama : Afifah Ghonim
    NIM : 858967746

    Video yang sangat membantu kami para guru dalam mengatasi anak yang ribut saat PBM berlangsung. Namun, izinkan saya menambahkan beberapa masukan dalam mengatasi anak yang ribut di kelas saat PBM berlangsung, misalnya:
    1. Guru dapat mencoba mengajak anak untuk bersikap tenang dengan cara yang efektif
    2. Guru dapat menggunakan strategi seperti menghentikan proses pembelajaran sejenak untuk menenangkan
    3. Memisahkan anak yang mengobrol dan mengajaknya duduk di dekat guru
    4. Melibatkan anak dalam cerita
    5. Memberikan reward ketika anak bisa merubah perilakunya
    6. Menggunakan media untuk mengalihkan perhatian
    Mungkin itu saja masukan dari saya.
    Terimakasih

  5. Anak ribut dikelas saat pembelajaran adalah hal yang guru alami dan hadapi hampir setiap hari. Sediki atau banyaknya anak yang membuat keributan, tetap saja hal itu mengganggu teman dan juga suasana kelas secara keseluruhan. Ada banyak cara dan strategi guru dalam menyikapi tingkah anak anak tersebut. Upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut dikelas pada video sudah tepat, dan kamipun melakukan hal tersebut di kelas. Selain itu kadang kami mengajak anak untuk bernyanyi atau tepuk sesuai tema pembelajaran sehingga anak tidak bosan

  6. Judul video anak ribut di kelas saat PBM
    Nama: Saraswati Simon
    Nim: 859953339
    Dari video diatas guru perlu memahami mengapa anak-anak menjadi ribut di kelas. Apakah itu karena bosan, kurang tertarik, atau karena faktor lain. Guru dapat menggunakan berbagai metode pembelajaran yang menarik, seperti permainan, diskusi kelompok, atau kegiatan praktis, untuk menjaga minat dan perhatian anak-anak. Ketika anak-anak menjadi ribut, guru dapat menggunakan teknik-teknik seperti tepuk-tepukan atau bernyanyi untuk menenangkan suasana di kelas. Dengan menggunakan pendekatan yang beragam dan sensitif terhadap kebutuhan individu anak-anak, guru dapat menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif bagi semua anak di kelas.

  7. nama : noviyatul islamiyah
    nim : 858190133
    Video 2 (Komentar, Masukan, dan Saran tentang Video Pembelajaran “Anak Ribut di kelas saat PBM”)
    Komentar:
    • Video ini menunjukkan situasi yang sering dihadapi guru dalam kelas, yaitu anak-anak yang ribut dan mengganggu proses belajar mengajar.
    • Solusi yang ditawarkan dalam video ini terbilang praktis dan mudah diterapkan oleh guru.
    Masukan:
    • Durasi video bisa dipersingkat agar lebih efektif dan tidak membosankan bagi anak-anak.
    • Variasi kegiatan dalam video bisa lebih diperbanyak untuk meningkatkan engagement anak.
    Saran:
    • Video ini bisa dikembangkan menjadi seri dengan tema-tema lain yang berkaitan dengan pengelolaan kelas.
    • Video ini bisa dilengkapi dengan lembar kerja atau aktivitas lain untuk memperkuat pemahaman anak-anak terhadap materi pembelajaran.
    Secara keseluruhan, video pembelajaran “Anak Ribut di kelas saat PBM” ini merupakan media pembelajaran yang bermanfaat bagi anak-anak dan guru. Dengan beberapa masukan dan saran di atas, video ini dapat menjadi lebih efektif dan optimal dalam membantu proses belajar mengajar.

  8. Nama: Ni’matul Arsyidah
    NIM : 858532008

    “Anak Ribut di Kelas Saat KBM”

    Dari video pembelajaran di atas, ada beberapa cara atau solusi yang sangat bermanfaat bagi guru dalam menghadapi siswa atau anak yang ribut di kelas saat KBM. Yaitu dengan cara:
    1. ajak anak untuk tenang,
    2. jika anak yang ribut banyak, maka guru bisa menggunakan teknik bertepik atau menggunakan peluit,
    3. jika anak yang ribut sedikit, maka guru bila melakukan pendekatan terhadap anak tersebut,
    4. jika anak yang ribut sudah selesai mengerjakan tugas, maka guru bisa memberikan aktivitas lain kepada anak tersebut.
    Video pembelajaran di atas sangat bagus, jelas, dan mudah dipahami sehingga bisa dipraktikkan langsung oleh para guru.

  9. Nama: Eko Susilowati Agustina
    NIM: 857571157
    Video tersebut sangat membantu kami para guru dalam memberikan beberapa solusi dalam mengatasi anak yang ribut di dalam kelas, antara lain:
    – Mengajak anak-anak untuk tenang
    – Jika anak yang ribut cukup banyak menggunakan teknik tepuk atau membunyikan peluit.
    – Jika anak yang ribut sedikit, mendekati anak dan mengajaknya untuk fokus dengan apa yang ia kerjakan.
    – Jika anak yang ribut sudah selesai mengerjakan tugas, ajak anak tersebut melakukan aktivitas lain.
    Selain solusi di atas, saya juga menambahkan cara dalam mengajak anak-anak untuk tenang yaitu dengan bernyanyi.

  10. Nama ; yosefina kresensia pajong
    Menurut saya, dalam video ” anak ribut dikelas saat PBM” sangat bermanfaat sekali dan memberi motifasi kepada kita sebagai pendidik. Mengingat anak usia dini sangat senang bermain aktif dan anak sering kali lupa kontrol gerakan didalam kelas. Dari video ini kita menjadi tahu mengenai anak anak yang sering ribut di kelas. Ada pun cara mengatasinya; guru dapat mencoba mengajak anak untuk bersikap tenang dengan cara yang efektif.

Leave a Reply