silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.
Dr. Siti Aisyah, M.Pd.
Dalam tayangan video sudah terlihat dengan jelas saat guru membuka pembelajaran dan mengisi pembelajaran sedangkan untuk penutup pembelajaran belum terlihat jelas. Penggunaan strategi, pendekatan, metode, dan media sudah terlihat. Sedang untuk evaluasi belum terlihat. Guru mengajak anak untuk dapat duduk tenang dan tidak membuat keributan yang dapat mengganggu konsentrasi teman (taat pada peraturan) merupakan salah satu yang ada di kompetensi dasar pada kurikulum.
Tri Ekowati
nama : SUNARSIH
NIM : 856647101
menurut saya Dalam program ini, guru berusaha mengatasi anak yang ribut di kelas dengan cara mencoba mengenali penyebab anak tersebut. Setelah mengetahui alasan tersebut, guru tersebut menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Saat anak merasa bosan di kelas, guru bisa membawa pembelajaran ke luar kelas agar anak tidak bosan lagi.
Nama : Marniwati Zai
NIM. : 858467502
UBJJ : UT Samarinda
Menurut saya ketika anak sedang ribut sebelum memulai kegiatan di kelas, saya terlebih dahulu memberikan SOP kepada anak, dan bila terjadi keributan maka saya akan menggunakan tepuk diam dan konsentrasi untuk mengembalikan perhatian mereka terhadap kegiatan di kelas. Dan tidak lupa memberi reward atau pujian untuk membangun diri anak tersebut.
Nama : Dini ropina
Nim : 856278111
Vidio diatas sangat membantu guru mengatasi anak yang ribut saat pembelajaran.
Karna anak anak itu berbeda maka sangat dibutuhkan pendekatan seperti yang sudah dikerjakan guru tadi
Nama : Yayah Mahkiyatul Mu’awanah
Nim : 859673936
Upbjj : Bandung
Setelah menganalisis video diatas, terlihat beberapa anak didik terlihat ribut saat kegiatan belajar mengajar. Alasannya karena guru belum menguasai kelas dan anak didiknya, guru membagikan majalah ketika anak-anak masih ribut serta ketik menjelaskan pembelajaran kurang menarik perhatian anak. Menurut saya solusinya ialah:
a. Media yang digunakan dibuat semenarik mungkin bagi anak
b. Mengembalikan fokus anak terlebih dahulu bisa dengan bernyanyi, atau tepuk-tepuk, bisa juga dengan tebak-tebakan
c. Merubah penataan ruang kelas sehingga anak merasakan suasana yang berbeda
d. Memanggil nama anak yang ribut karena bisa jadi anak yang ribut itu susah untuk fokus
Nama : Yuni setyaningrum
NIM : 859685654
secara keseluruhan materi dalam isi video sudah bagus dan strategi-strategi yang diberikan dapat membantu permasalahan yang dialami anak.
namun setiap guru memiliki karakteristik dan cara tersendiri untuk diterapkan dalam kelas yang mungkin dapat dilakukan juga untuk menangangi kondisi anak seperti diatas.
tetap semangat para guru indonesia.
NAMA : NADILLA NUR SABRINA
UPBJJ PALEMBANG
Dari video tersebut saya dapat mengatasi memahami cara penanganan anak ribut saat pembelajaran dimulai yaitu:
1. Ajak anak untuk tenang
2. Jika anak yang ribut cukup banyak maka gunakan teknik diam
3. Bila anak ribut atau berbuat keributan hanya sedikit, dekati anak dan ajak anak untuk fokuskan kembali kepada tugas yang sedang dikerjakannya.
4. Jika anak yang ribut tadi sudah selesai mengerjakan tugas maka ajak anak tersebut melakukan aktivitas lain.
Dari solusi yang disampaikan menurut saya sangat bermanfaat untuk saya terapkan di kelas.
Memang tidak mudah untuk kita sebagai pendidik dalam membuat suasana tenang pada pembelajaran anak usia dini dengan video tersebut sangat lengkap penanganannya dari observasi permasalahan hingga cara mengatasi dan solusinya
Nama : Meylina Aminatul Awallia
NIM : 858875368
Dari video “Anak Ribut di Kelas saat PBM”, sebagai guru TK, ada beberapa hal yang dapat dipelajari dan manfaat yang bisa diambil. Pertama, video ini menggambarkan situasi di mana anak-anak berperilaku ribut di kelas, mengganggu pembelajaran yang sedang berlangsung. Dari sini, guru bisa belajar bahwa penting untuk mengetahui cara menangani situasi seperti itu. Kedua, guru dapat mempelajari strategi untuk menenangkan anak-anak, seperti dengan mengajak mereka untuk tenang atau menggunakan peluit untuk mendapatkan perhatian mereka. Ketiga, jika anak-anak ribut hanya sedikit, guru bisa mendekati mereka secara personal dan membantu mereka untuk kembali fokus pada tugas yang sedang diberikan. Terakhir, ketika anak-anak selesai mengerjakan tugas, guru dapat mengajak mereka untuk melakukan aktivitas lain yang lebih tenang, sehingga tetap produktif namun tidak mengganggu teman-teman sekelas. Dengan memahami dan menerapkan strategi-strategi ini, seorang guru TK dapat menjadi lebih efektif dalam mengelola kelas dan menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif bagi perkembangan anak.
Assalamu’alaikum
Izin memberikan tanggapan terhadap video tersebut. Dalam video tersebut terdapat beberapa cara dalam menangani anak yang ribut saat pembelajaran:
1.guru menghentikan pembelajaran
2.guru mengajak anak untuk tenang
3. Mengunakan teknik tepuk diam jika anak yang ribut banyak
4.megunakan pendekatan dengan meminta anak untuk melanjutkan kegiatannya jika anak yang ribut sedikit
5. Jika anak yg ribut sudah selesai menyelesaikan kegiatan ajak anak melakukan kegiatan yang lain
Menurut saya semua cara tersebut efektif untuk penanganan anak yg suka ribut didalam kelas, agar anak dapat menyelesaikan kembali kegiatannya
Dalam vidio tersebut sangat bermanfaat dan membantu saya untuk mengatasi anak yang ribut dikelas saat PBM. dalam video tersebut juga bisa menjadi solusi untuk menenangkan si anak. menarik perhatian anak agar kembali fokus pada kegiatan yang sedang dilakukan.