silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.
Dr. Siti Aisyah, M.Pd.
Dalam tayangan video sudah terlihat dengan jelas saat guru membuka pembelajaran dan mengisi pembelajaran sedangkan untuk penutup pembelajaran belum terlihat jelas. Penggunaan strategi, pendekatan, metode, dan media sudah terlihat. Sedang untuk evaluasi belum terlihat. Guru mengajak anak untuk dapat duduk tenang dan tidak membuat keributan yang dapat mengganggu konsentrasi teman (taat pada peraturan) merupakan salah satu yang ada di kompetensi dasar pada kurikulum.
Tri Ekowati
Naman : Nur Intan
Prodi : PGPAUD
NIM :859428456
Upbjj : Makassar semester 2
Setelah menonton video tersebut saya mengetahui tentang bagaimana cara menangani anak yang ribut di kelas dengan cara mengetahui apa penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.
Nama: Chici Setya Maula Ningrum
Nim : 858874341
Dalam video ini sangat bagus dan menginspirasi saya ketika menghadapi anak yang ribut dan berlarian dikelas, guru sangat sabar dan telaten dalam menghadapi anak dengan lembut, disini guru juga mengajak anak untuk mengikuti gerakan tepuk dan bernyanyi untuk dapat menarik perhatian anak.
Dalam video ini terlihat bahwa dalam situasi belajar tidak semua anak bisa duduk dengan tenang, ada yang duduk rapih ada juga anak yang ribut lari larian. Yang harus kita lakukan ketika menghadapi situasi seperti ini adalah ajak anak anak untuk tenang , jika anak anak yang ribut cukup banyak maka gunakan teknik tepuk diam atau tiup peluit agar anak duduk kembali, jika yang anak yang ribut hanya sedikit, dekati anak dan ajak anak bicara supaya anak bisa fokus kembali pada tugas yang harus dia kerjakan. Atau bisa dilakukan hal yang lain jika dirasa hal ini belum berhasil.
3. Tanggapan video
Nama :Erika Lina juantari
Nim : 859666281
Upbjj : Surabaya
Ijin menanggapi video
Terlihat pada video ini sangat membantu menginspirasi saya dalam pemecahan masalah keributan dikelas. Pada video Nampak beberapa siswa tidak duduk dengan tenang saat KBM,ada yang duduk, ada yang duduk tapi tidak rapi ada yang duduk namun tiba- tiba berlari. Hal ini sama sekali tidak kondusif dalam pembelajaran karena anak yang tidak duduk tenang akan mengganggu anak yang duduk. Pada video diatas cara guru yang mengatasi keributan anak dalam kelas yang terlebih dahulu mencari penyebab keributan anak,setelah mengetahui penyebabnya akan mudah untuk guru menangani keadaan tersebut.cara yang digunakan menggunakan berbagai tepuk yang nantinya akan menjadiperhatian anak-anak sehingga anakakan memperhatikan gurunya dan kembali duduk. Apabila tidak berhasil kita ganti metode pembelajaran kita agar anak tidakbosan.
Biasanya anak measa bosan dengan tugas yang diberikan karena tidak sesuai dengan minat mereka,
Sebaiknya gurum,emberika metode yang berbeda pada setiap pembelajaran dan sesekali belajar di ouitdoor agar anak tidak bosan. terimakasih
terimakasih informasinya bagus sekali untuk menangani anak yang ribut saat KBM sedikit menambahkan kita juga bisa memberikan media yang menarik untuk pembelajaran misalnya mewarnai tidak hanya dengan krayon bisa dengan cat air,arang maupun bahan alam yang tidak biasa anak gunakan sehingga anak anak tertanntang untuk mencoba hal yang baru
Nama : Nurwati
NIM : 857502106
Judul vidio : Anak Ribut Saat PBM
Vidio ini berisi tentang seorang guru yang sedang mengajar anak-anak namun ditengah proses belajar ada anak yang rebut dikelas. Di vidio ini juga diberikan tips bagaimana cara mengatasi anak yang ribut dikelas. Tips tersebut diantaranya :
1. Ajak anak-anak untuk tenang
2. Jika anak yang ribut cukup banyak, gunakan tehnik tetap diam atau gunakan peluit untuk menenangkan anak-anak
3. Jika anak yang ribut cukup sedekit, dekati anak dan ajak anak untuk fokus Kembali kepada tugas yang harus dia kerjakan
4. Jika anak yang ribut tadi sudah selesai mengerjakan tugas maka ajak tersebut untuk mengerjakan tugas yang lain
Dan alhmdulillah setelah melihat vidio ini saya sebagi guru bertambah lagi pengetahuannya.
terimakasih informasi cara menangani anak yang ribut saat kbm ,sedikit menambahkan media yang digunakan juga bisa diganti dengan mengunngakan media yang lain agar anak tidak bosen seperti cat air arang,atau bahan alam yang lain agar anak anak penasaran ingin mencoba hal yang baru
terimakasih informasi sangat membantu dalam mengatasi anak yang ribut saat mengikuti KBM,Sedikit menambahkan mungkin kita bisa menggunakan media pembelajaran yang berbeda misalnya menggunakan cat air,arang ,kunyit atau bahan alam lain agar anak penasaran ingin mencoba hal yang baru
Video ini sangat membantu sekali , karena hal ini selalu di jumpai ketika pembelajaran , solusi nya sangat bermanfaat untuk membuat anak fokus kembali , dengan tepuk ,bertanya terhadap tugas nya kepada anak yang ribut , juga memberikan kegiatan lain ketika ada anak sudah membereskab tugas nya..
Menurut saya video ini sangat membantu dan menginspirasi saya untuk melakukan teknik yg telah disampaikan pada anak yg masih ribut di dalam kelas. Di video tersebut ada beberapa siswa yang duduk tapi tidak rapi, dan ada anak yang berlari lari, sehingga kelas tidak kondusif. Di video ini seorang guru telah memberikan metode atau teknik yang diberikan seperti anak di tenangkan dulu, kalau masih tidak kondusif guru bisa memakai metode tepuk diam, selain itu sebagai saran saya dengan memberikan media/tehnik yg menarik dalam mewarnai untuk memusatkan perhatian kepada anak sehingga anak menjadi fokus kembali seperti dengan memakai cat air.