silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.
Dr. Siti Aisyah, M.Pd.
Dalam tayangan video sudah terlihat dengan jelas saat guru membuka pembelajaran dan mengisi pembelajaran sedangkan untuk penutup pembelajaran belum terlihat jelas. Penggunaan strategi, pendekatan, metode, dan media sudah terlihat. Sedang untuk evaluasi belum terlihat. Guru mengajak anak untuk dapat duduk tenang dan tidak membuat keributan yang dapat mengganggu konsentrasi teman (taat pada peraturan) merupakan salah satu yang ada di kompetensi dasar pada kurikulum.
Tri Ekowati
saya memilih dan menyaksikan 2 video dari seri pengembangan bahasa PAUD. Setelah mempelajari video-video tersebut, berikut adalah komentar dan saran saya:
Judul video yang saya pelajari:
“Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini”
“Metode Bercerita untuk Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini”
Komentar dan saran:
Video-video pembelajaran tersebut sangat bermanfaat bagi saya dan guru-guru PAUD/TK, karena menyajikan materi-materi penting terkait pengembangan bahasa anak usia dini.
Penyajian video yang interaktif dan disertai contoh-contoh konkret membuat materi mudah dipahami dan dapat diterapkan langsung di kelas.
Saya berharap ada lebih banyak video pembelajaran serupa yang dapat memperkaya pengetahuan dan keterampilan guru PAUD/TK dalam mengembangkan bahasa anak.
Selain itu, video-video tersebut juga dapat digunakan sebagai bahan referensi dan inspirasi bagi guru dalam merancang kegiatan pembelajaran bahasa yang menarik dan efektif.
Secara keseluruhan, saya menilai video-video pembelajaran di portal Guru Pintar Online sangat bermanfaat dan perlu dimanfaatkan oleh guru-guru PAUD/TK. Konten yang disajikan sesuai dengan kebutuhan dan dapat membantu meningkatkan kompetensi guru dalam mengembangkan bahasa anak usia dini.
Nama : Dewi Masita
NIM : 856797079
Pada video tersebut memberikan kita solusi dalam menghadapi anak yang ribut di dalam kelas saat PBM.Upaya yang dilakukan pada video tersebut sangat bermanfaat bagi kita yang sering mengalami hal tersebut.Karena anak yang ribut di kelas sangat mengganggu fokus temannya saat mengerjakan tugas yang diberikan guru.
Nama Driyanti
Nim 857620693
Pada video diatas membwrikan cntoh nyata bagaimana cara guru mengatasi kegaduhan di dalam kelas,,dan memberikan kita inspirasi/cntoh mengatasi anak yg ribut didalam kelas,, karna kegaduhan dikelas sangat mengganggu aktftas kegiatan beljar yg dpat menggannggu konsentrasi teman yg lain
Nama : Saur Pita Uli
NIM : 857366541
Ijin menanggapi video diatas
Ketika ada yang ribut dan tidak bisa mengikuti PBM dengan baik di kelas tentu saja pembelajaran tidak akan kondusif. Bahkan anak yang tadinya tidak ribut jadi ikut-ikutan ribut melihat temannya tersebut. Guru harus cepat menanganinya agar suasana belajar kembali kondusif dengan cara yang sesuai disebutkan di video tersebut.
Terim kasih.
Anak yang ribut di kelas jika mereka sudah bosan dalam kegiatan proses pembelajaran, maka dari itu guru harus mengembalikan fokus anak terhadap pembelajaran, misalnya dengan mengajak anak untuk tenang, menggunakan tepuk diam, bila anak yang ribut hanya 1 dekati anak dan ajak anak agar fokus kembali.
Nama= Rahayu kona’ah
Nim = 858527124
Ketika pembelajaran ada anak yang ribut didalam kelas saat berinteraksi dengan teman sebayanya dan ribut saat berkerjasama untuk menyelesaikan tugas yang diberikan bunda. Karena usia anak tk itu memang masih sulit untuk mengontrol emosi. Vidio anak-anak ribut di kelas saat PBM ini sangat bagus. Karena didalam vidio ini, ada solusi yang diberikan ketika masalah diatas terjadi. Terimakasih atas vidionya 🙏
Nama : Erna Oktavianita
NIM : 857234407
Anak yang sering kali ribut di kelas saat PBM biasanya anak yang aktif dan suka bosan . Untuk menertibkan dengan cara menyuruh untuk diam saja rasanya kurang efektif karena itu akan berhenti hanya beberapa saat saja. selebihnya akan ribut kembali. Berikan aktifitas motorik kasar sampai anak merasa capek sebelum pembelajaran , agar saat pembelajaran energi anak sudah habis dan fokus untuk belajar setelah selesai berikan aktifitas yang menarik sehingga dia merasa penasaran dan rasa ingin tahu besar terhadap kegiatan itu . Terimakasih
Nama: Irma sulistiya ningsih
Nim: 858161537
Dalam video tersebut memperlihatkan seorang guru yang mengatasi anak yang ribut saat di kelas dengan cara mengajak anak-anak untuk tenang,jika anak yang ribut cukup banyak gunakan dengan tehnik tepuk diam atau dapat juga menggunakan peluit agar anak dapat tertib kembali,jika anak yang ribut hanya sedikit maka dekati anak dan ajak anak untuk fokus dan kembali mengerjakan tugas dan jika anak yang ribut tersebut sudah selesai mengerjakan tugas maka ajak anak tersebut melakukan aktivitas lain.
Dengan melihat video tersebut,kita dapat mengetahui bagaimana cara mengatasi anak yang ribut saat PBM.
Namun alangkah lebih baiknya jika dalam menangani murid dalam jumlah banyak seperti itu gurunya jangan hanya 1.
Terima kasih.
Nama : Marsela Tobi
NIm : 859274721
Dari video yang di tayang di atas anak-anak ribut di saat guru lagi memberikan pelajaran ,kita sebagai guru pasti punya banyak ide yang kreatif untuk mengatasi anak- anak yang ribut di saat pembelajaran berlangsung .
Berikut adalah beberapa cara mengatasi siswa yang ribut saat belajar di kelas:
1. **Gunakan Beberapa Metode Mengajar:**
Setiap siswa memiliki sifat dan keunikan masing-masing. Oleh karena itu, Anda perlu menggunakan beberapa metode mengajar yang sesuai untuk masing-masing siswa. Sebelum mengajar, Anda dapat melakukan kesepakatan dengan siswa mengenai metode pembelajaran yang mereka inginkan. Misalnya, jika di kelas A siswanya lebih suka belajar melalui diskusi, gunakan metode diskusi untuk mengajar¹.
2. **Beri Peringatan Secara Nonverbal:**
Ketika ada siswa yang membuat gaduh, gunakan bahasa nonverbal seperti menaruh jari di depan mulut atau membentuk huruf “X” dengan jari tangan. Hal ini merupakan kode yang berarti “Diam” atau “Jangan Berisik.” Anda juga dapat menatap siswa yang membuat keributan hingga dia sadar bahwa dia diperhatikan¹.
3. **Kendalikan Emosi:**
Saat menghadapi siswa yang sulit diatur, hindari memarahinya secara keras. Gunakan cara mengendalikan emosi diri dan ucapkan kata-kata yang berkonotasi positif. Misalnya, berikan peringatan dengan alasan yang mengancam, seperti “Jangan ribut, nanti yang ribut akan diminta menjelaskan materi yang sudah dijelaskan sebelumnya.” Biasanya, pendekatan ini lebih efektif¹.
4. **Selipkan Candaan Saat Mengajar:**
Buat suasana yang lebih menyenangkan dengan menyelipkan humor saat mengajar. Siswa mungkin lebih tertarik dan kurang cenderung ribut jika suasana kelas lebih santai dan menyenangkan¹.
5. **Dengarkan Keluhan Siswa:**
Berikan kesempatan bagi siswa untuk mengungkapkan keluhan atau masalah mereka. Dengarkan dengan empati dan cari solusi bersama. Ini dapat membantu mengurangi ketidakpuasan yang mungkin menyebabkan siswa menjadi ribut³.
6. **Dengarkan Apa yang Sedang Diperbincangkan:**
Jika ada perbincangan di antara siswa, cobalah untuk mendengarkan apa yang mereka bicarakan. Terkadang, siswa yang ribut hanya ingin merasa didengar dan dihargai³.
7. **Berikan Pujian atau Hadiah pada Siswa yang Mau Menyimak:**
Berikan penghargaan kepada siswa yang aktif dalam belajar dan mau mendengarkan. Ini dapat memotivasi siswa lain untuk lebih fokus dan kurang ribut¹.
terimakasih untuk solusinya, tapi menurut saya terkadang anak yang broken sering buat masalah biasanya tidak dapat ditenangkan seperti solusi diatas dan gimana cara mengatasi atau menanggapi anak broken home yang selalu menganggu teman nya?