silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.
Dr. Siti Aisyah, M.Pd.
Dalam tayangan video sudah terlihat dengan jelas saat guru membuka pembelajaran dan mengisi pembelajaran sedangkan untuk penutup pembelajaran belum terlihat jelas. Penggunaan strategi, pendekatan, metode, dan media sudah terlihat. Sedang untuk evaluasi belum terlihat. Guru mengajak anak untuk dapat duduk tenang dan tidak membuat keributan yang dapat mengganggu konsentrasi teman (taat pada peraturan) merupakan salah satu yang ada di kompetensi dasar pada kurikulum.
Tri Ekowati
Nama : Arisma Ayu Usnaini
NIM : 858529744
Anak ribut dikelas saat PBM
Dari video tersebut penanganan anak yang suka ribut di kelas yaitu bisa dengan mengajak anak untuk melakukan tepuk-tepuk agar anak merasa semangat lagi dan anak merasa tenang dan juga bisa mengajak anak untuk melakukan pembelajaran di luar kelas untuk menciptakan suasana baru sehingga anak tidak cepat merasa bosan.
Terima kasih.
Assalamualikum Wr. Wb. Saya Dinda Pebriana Putri, dari UPBJJ Malang.
Dari vidio di atas, saya yang merupakan guru baru merasa sangat terbantu oleh vidio itu. Karena saya sering bingung tentang bagaimana cara mengatasi anak yang sering ribut di kelas saat pembelajaran. Dengan vidio ini saya jadi tahu cara mengatasinya dan contoh bagaimana cara guru mengatasi anak yang ribut di kelas saat PBM yang dijelaskan di vidio juga sangat mudah untuk di tiru.
Nama : Sri Nuryanti
NIM : 859175663
Menurut saya video tersebut sudah bagus dan bisa membantu saya untuk menerapkan dikelas.
Saran dan masukan saya:
Guru bisa melakukan variasai metode pembelajaran seperti menerapkan berbagai metode pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif, misalnya dengan menggunakan permainan, diskusi kelompok, atau kegiatan hands-on dan variasi metode dapat membantu menjaga perhatian dan keterlibatan anak-anak.
pengaturan lingkungan kelas dengan memastikan pengaturan tempat duduk dan tata letak kelas yang kondusif serta menghindari penempatan anak-anak yang cendrung ribut berdekatan, dan memberikan ruang gerak yang cukup agar anak-anak tidak merasa terkekang.
Nama : Ika Diah Ayuningsih
NIM : 857704773
Pendekatan yang diambil guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas dengan mengenali penyebab keributan adalah langkah yang sangat bijaksana. Dengan memahami alasan di balik perilaku anak, guru dapat merancang strategi yang lebih efektif dan tepat sasaran. Setelah mengetahui penyebabnya, guru merancang solusi yang lebih spesifik dan efektif. guru mengubah metode pengajaran atau membuat pelajaran lebih interaktif. Pendekatan ini memastikan bahwa intervensi yang dilakukan benar-benar sesuai dengan kebutuhan anak, sehingga lebih efektif dalam jangka panjang.
NAMA: BINTANG EKA MARIANA
NIM: 877314863
Pendekatan yang diambil guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas dengan mengenali penyebab keributan adalah langkah yang sangat adil dan bijaksana
video ini saya jadi tahu cara mengatasinya dan contoh bagaimana cara guru mengatasi anak yang ribut di kelas video juga sangat mudah untuk di tiru apabila ada keributan di kelas dengan meniru cara memisahkan nya .
Nama : Sri Lestari
NIM : 857748323
Pada tempat saya mengajar juga ada anak yang suka ribut dikelas. Biasanya hal yang kami lakukan adalah mendekati anak tersebut dan mengajak anak tersebut untuk berkegiatan ( jika anaknya sedikit). Pada video tersebut saya bisa belajar bagaimana jika anak yang ribut lebih dari satu maka yang guru lakukan adalah memberi tepuk diam atau membunyikan peluit agar anak tenang. Seorang guru harus mempunyai banyak strategi untuk bisa membuat anak agar tidak ribut dikelas.
Nama : Arni Putri Niat Hati Hulu
NIM : 859879605
Setelah menonton dan mengamati video ini Menurut saya, video ini sangat bermanfaat memberikan inspirasi kepada para pendidik/guru dalam mengatasi anak yang ribut selama pembelajaran. Guru melakukan Pendekatan dengan cara mendekati anak yang sedang ribut. upaya tersebut ialah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.
menurut saya juga agar anak tidak ribut saat PBM Guru melibatkan anak secara aktif dalam pembelajaran dengan menggunakan metode yang menarik dan interaktif. Hal ini dapat membantu menjaga minat dan perhatian anak sehingga mereka lebih fokus pada pembelajaran dan Menerapkan aturan dan konsekuensi menetapkan aturan yang jelas di kelas dan berikan konsekuensi yang sesuai jika aturan tersebut dilanggar. Hal ini dapat membantu menciptakan lingkungan yang disiplin dan kondusif untuk belajar.
SEPTA AJRINA IRSALINA 858527163 UT SEMARANG
dari video tersebut saya menjadi tau ilmu baru cara mengatasi anak yang ribut saat dikelas, yaitu :
– ajak anak untuk tenang
– gunakan teknik tepuk diam
– dekati dan ajak anak untuk fokus kembali
Nama : Zimamatud Diyanah
NIM : 857755723
Dari cuplikan video di atas saya bisa mempelajari :
Video di atas sangat bermanfaat bagi para pendidik ,Pendekatan yang diambil guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas dengan mengenali penyebab keributan adalah langkah yang sangat bijaksana. Dengan memahami alasan di balik perilaku anak, guru dapat merancang strategi yang lebih efektif dan tepat sasaran, mengubah metode pengajaran atau membuat pelajaran lebih interaktif. Pendekatan ini memastikan bahwa intervensi yang dilakukan benar-benar sesuai dengan kebutuhan anak, sehingga lebih efektif dan suasana kelas menjadi kondusif .
Terimakasih
Nama: SONISA HULU
Nim:859794849
Video ini sangat bermanfaat.dimana anak usia dini adalah anak yangtidak bisa diam karena rasa ingin tahunya tinggi,tetapi dilain sisi guru harus lebih mengatasi hal tersebut apabila disaat proses belajar.dengan video penanganan nya,anak dapat tertib dan fokus terhadap kegiatan.