silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.

Dr. Siti Aisyah, M.Pd.

Dalam tayangan video sudah terlihat dengan jelas saat guru membuka pembelajaran dan mengisi pembelajaran sedangkan untuk penutup pembelajaran belum terlihat jelas. Penggunaan strategi, pendekatan, metode, dan media sudah terlihat. Sedang untuk evaluasi belum terlihat. Guru mengajak anak untuk dapat duduk tenang dan tidak membuat keributan yang dapat mengganggu konsentrasi teman (taat pada peraturan) merupakan salah satu yang ada di kompetensi dasar pada kurikulum.

Tri Ekowati

Similar Posts

833 Comments

  1. Setelah menyimak video yang ditampilkan, saya menjadi tahu ternyata solusinya sudah sama dengan yang selama ini saya lakukan terhadap anak yang ribut saat belajar, saran saya dari video ini lebih ditambahkan lagi bagaimana cara komunikasi dan solusi ketika ada anak yang ribut dikelas karena berantem atau rebutan suatu benda.

  2. Nama: Aisyah Mardhatillah
    Nim : 859165398
    UPBJJ: Mataram

    Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.
    Dalam tayangan video sudah terlihat dengan jelas saat guru membuka pembelajaran dan mengisi pembelajaran sedangkan untuk penutup pembelajaran belum terlihat jelas. Penggunaan strategi, pendekatan, metode, dan media sudah terlihat. Sedang untuk evaluasi belum terlihat. Guru mengajak anak untuk dapat duduk tenang dan tidak membuat keributan yang dapat mengganggu konsentrasi teman (taat pada peraturan) merupakan salah satu yang ada di kompetensi dasar pada kurikulum.

    Terima kasih….

  3. Assalammualaikum,
    Nama : Endang Emyarti
    NIM : 859527055
    Judul : Anak ribut di kelas saat PBM
    Setelah melihat video tersebut kita melihat beberapa teknik yang dapat diterapkan jika anak ribut di dalam kelas seperti :
    1. Guru mengajak murid untuk tenang
    2. Guru melakukan tehnik tutup diam atau dengan pluit apabila siswa yang ribut cukup banyak
    3. Apabila yang ribut hanya sedikit dekati dan ajak anak untuk fokus kembali ke kegiatannya
    4. Apabila anak ribut karena mereka sudah selesai berkegiatan maka buatlah suatu kegiatan lagi yang lebih menarik
    video ini sangat membantu sekali untuk dapat mengkondisikan kelas kembali , Akan lebih baik jika kita bisa membuat yel-yel yang disukai anak-anak sehingga anak di kelas dapat tertib kembali , sebaiknya juga ada guru pendamping yang bisa membantu guru dikelas demikian terima kasih

  4. Rosmilawati
    859428384
    Terimaksih untuk solusinya ,sebagai guru dalam mengatasi masalah anak ribut dikelas harus mengenali kenapa anak ribut ,lah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.
    Dalam tayangan video sudah terlihat dengan jelas saat guru membuka pembelajaran dan mengisi pembelajaran sedangkan untuk penutup pembelajaran belum terlihat jelas. Penggunaan strategi, pendekatan, metode, dan media sudah terlihat. Sedang untuk evaluasi belum terlihat. Guru mengajak anak untuk dapat duduk tenang dan tidak membuat keributan yang dapat mengganggu konsentrasi teman (taat pada peraturan) merupakan salah satu yang ada di kompetensi dasar pada kurikulum.

  5. Judul: PAUD13 Anak Ribut di Kelas saat PBM

    video ini sangat bagus sekali untuk guru PAUD dalam menghadapi situasi yang sedang ribut di dalam ruangan. pada situasi anak yang sedang ribut, guru berhenti dulu menjelaskan dan mengkondisikan anak agar tenang. kemudian, jika anak yang ribut cukup banyak maka menggunakan teknik tepuk diam atau pluit agar anak dapat tertib kembali. lalu, jika anak yang berbuat keributan hanya sedikit, dekati anak dan fokuskan anak pada tugas yang seharusnya dia kerjakan. berikutnya, jika anak yang ribut sudah selesai mengerjakan tugas, maka ajak anak tersebut untuk melalukan aktivitas lain.

  6. Nama : Sefi Kurniawati Mariam
    NIM : 859684527
    UPBJJ : Surabaya

    dari video tersebut saya mendapatkan banyak manfaat dan cara bagaimana untuk mengkondisikan anak dalam kegiatan pembelajaran terima kasih.

  7. Nama : Eka NurdiantiNIM : 857357692
    Judul : Anak Ribut Di Kelas Saat PBM
    Tanggapan saya : Kegiatan berlarian, melompat-lompat dan bermain dalam berbagai situasi terkadang sering dilakukan anak usia dini di sekolah.Sebagai seorang pendidik menguasai strategi dalam menghadapi permasalahan-permasalahan anak seperti kasus di atas sangatlah penting.
    Dalam video pembelajaran “Anak ribut di kelas saat TBM” dapat memberikan solutif yang sangat baik dalam menyelesaikan kejadian ini secara runut. Diantaranya :
    1. Guru tetap bersikap tenang dan mengajak anak agar kembali tenang.
    2. Kemudian menarik perhatian anak agar mengikuti instruksi guru kembali,
    3. Hingga memberikan kegiatan pengamanan jika peserta didik sudah menyelesaikan kegiatan yang diberikan .
    4. Untuk saran, pemberian reward bisa diberikan kepada anak yang dapat bertahan tertib sesuai durasi kegiatan yang ditentukan. Hal ini dapat memotivasi anak yang ribut di kelas untuk dapat bersikap tertib seperti teman lainnya.

  8. Nama : Putri Mangzilatus Salamah
    NIM : 877314451
    Prodi : S1 PGPAUD

    Video tersebut membahas bagaimana cara mengatasi anak yang ribut di kelas saat pembelajaran. Solusinya yaitu yang pertama ajak anak anak untuk tenang, yang kedua yaitu gunakan teknik untuk diam atau gunakan peluit agar anak tertib kembali, yang ketiga yaitu dekati anak dan ajak anak untuk fokus kembali kepada tugas yang harus dia kerjakan, dan yang terakhir ajak anak untuk melakukan kegiatan lainnya. Video tersebut sudah dilengkapi dengan penyelesaian masalah akan tetapi jika penyelesaian masalah tersebut ditambah dengan cara yang menarik seperti memberikan tantangan kepada murid ketika mematuhi peraturan untuk duduk rapi dan tenang maka guru akan memberikan bintang empat pada tangannya nanti.

  9. NAMA : NUR AFIFAH
    NIM : 857757655
    JUDUL : ANAK RIBUT DI KELAS SAAT PBM
    Di sini saya jadi tahu bagaimana saya harus bersikap menghadapi anak yang suka ribut di kelas
    Terima kasih,

  10. Anak ngobrol di kelas saat PMB Menurut saya, solusi dari video tersebut dapat diterapkan pada saat terjadi hal tersebut karena pada saat KBM berlangsung anak masih ngobrol dan ramai sendiri maka KBM tidak akan berjalan secara efektif oleh karenanya pendidik dapat menerapkan solusi tersebut agar pembelajaran menjadi efektif dan bermakna.

Leave a Reply