silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.

Dr. Siti Aisyah, M.Pd.

Dalam tayangan video sudah terlihat dengan jelas saat guru membuka pembelajaran dan mengisi pembelajaran sedangkan untuk penutup pembelajaran belum terlihat jelas. Penggunaan strategi, pendekatan, metode, dan media sudah terlihat. Sedang untuk evaluasi belum terlihat. Guru mengajak anak untuk dapat duduk tenang dan tidak membuat keributan yang dapat mengganggu konsentrasi teman (taat pada peraturan) merupakan salah satu yang ada di kompetensi dasar pada kurikulum.

Tri Ekowati

Similar Posts

827 Comments

  1. Ijin menjawab ibu
    Nama: Tri Wahyuli
    NIM:857629699
    Videonya bermanfaat bagi saya untuk menambah ilmu pengetahuan dan pengembangan pembelajaran.yaitu solusi untuk penamgan anak yang ribut di dalam kelas ketika PBM:
    1.ajak anak untuk tenang
    2.jika anak yang ribut cukup banyak Gunakan cara tepuk diam untuk menenangkan anak atau gunakan peluit untuk mengatasinya
    3.bila anak yang ribut sedikit maka guru bisa mendekatinya dan mengajak anak untuk kembali mengerjakan tugas
    4.jika anak yang ribut sudah selesai mengerjakan tugas,ajak anak untuk mengerjakan aktifitas lainnya.

  2. ijin memberi tanggapan :
    nama : bernike fransiska harefa
    nim : 859889749
    upbjj : medan
    Melalui video ini kita bisa memberikan strategi praktis solusi untuk mengatasi anak rebut di kelas saat PBM yaitu Mencoba memahami penyebab anak ribut merupakan langkah awal yang penting. Dengan mengenali penyebabnya, guru dapat memberikan solusi yang lebih tepat sasaran. Menggunakan berbagai permainan tepuk merupakan metode menarik untuk menarik perhatian dan menenangkan anak-anak yang ribut. Ini bisa menjadi alternatif positif dibandingkan menegur atau menghukum anak. Memindahkan pembelajaran ke luar kelas (outdoor) dapat membantu mengatasi kebosanan anak. Suasana baru dan aktivitas berbeda dapat membangkitkan semangat belajar mereka. Secara keseluruhan, upaya guru tersebut menunjukkan pendekatan yang kreatif dan positif dalam mengelola kelas. Pendekatan ini dapat membantu menciptakan lingkungan belajar yang lebih kondusif dan menyenangkan bagi siswa. Penting bagi guru untuk terus berinovasi dan mencoba berbagai metode positif dalam mengatasi masalah di kelas, sembari tetap menunjukkan kepedulian pada kebutuhan siswa. Ini akan mendorong proses belajar yang lebih efektif.

  3. Nama : Sera Patmawati
    NIM : 859874691
    UPBJJ : Medan
    Terimakasih atas video ini, sering sekalli saya mengalami hal ini dalam kelas saya, di mana ada anak yang lari atau mengganggu temannya sehingga terjadi keributan seperti kejer-kejaran. dari video ini saya banyak belajar yaitu sebagai guru saya harus dapat menyikapi situasi anak dengan teknik yang menyenangkan seperti mengajak anak tepuk konsentrasi, tepuk diam dan lainnya. Video ini sangat bermanfaat bagi saya dan membuka wawasan saya lebih dalam mengenai cara menghadapi situasi yang demikian.

  4. Nama : Rizka Maulia
    Nim : 859516987
    UPBJJ : Jakarta
    Video ini sangat bermanfaat bagi saya yang masih pemula,dengan adanya GPO ini membantu saya dalam mempelajari banyak ilmu disini
    masukan dan saran :
    Jika anak tetap tidak mau diam, pisahkan anak untuk mengerjakan tugas disebalah guru agar tidak mengganggu anak yang sedang mengerjakan tugas

  5. Nama ; Rara Putri Talaperu
    NIM : 858966031
    UPBJJ : Jember
    Melalui video ini kita bisa memberikan solusi untuk mengatasi anak reiut di kelas saat PBM yaitu Mencoba memahami penyebab anak ribut merupakan langkah awal yang penting. Dengan mengenali penyebabnya, guru dapat memberikan solusi yang lebih tepat sasaran. Hanya saja, kurangnya penutup pembelajaran yang menunjukkan evaluasi kurang terlihat.

    Terimakasih.

  6. Nama : Siti Amidah
    NIM : 858529411
    Judul:Mengatasi Anak Ribut Saat PBM

    Solusi dan Tips yang disampaikan menarik dan bisa langsung di praktekkan.Tapi ada kalanya tidak semudah yang di teorikan.
    Karena ada tipe anak yang tidak suka dengan kegiatan belajar tertentu.contoh kegiatan mewarnai,dia lebih suka kegiatan fisk motorik.Jadi ketika guru sudah menertibkan anak,anak tersebut akan kembali ribut dan memprovokasi teman lainnya.
    Dari video tersebut terlihat kegiatan belajar mengajar menggunakan LK dan proses belajar masih berpusat pada guru.
    Masukan : dari pengalaman pribadi saya ketika mengajar memberi keleluasaan kepada anak dalam mewarnai bisa lebih menarik bagi anak.Juga meminimalisir penggunaan LK dengan kegiatan menggambar bebas dengan tema tertentu akan lebih menarik bagi anak.
    Atau kegiatan menggambar lebih menarik bagi anak karena anak bebas berimajinasi dan berkreasi.
    Terimkasih

  7. Nama : wulan ambar witari
    Nim   : 857755486
    Judul : anak ribut di kelas saat PBM

    Dari Video ini, sangat bermanfaat bagi saya untuk menambah pengetahuan dan pengembangan pembelajaran dalam penanganan anak yang ribut di dalam kelas ketika PBM,  Gunakan cara tepuk diam untuk menenangkan anak untuk mengatasinya, bila anak yang ribut sedikit maka guru bisa mendekatinya dan mengajak anak untuk kembali mengerjakan tugas.jika anak yang ribut sudah selesai mengerjakan tugas,ajak anak untuk mengerjakan aktifitas yang lain nya

  8. Nama: Tiara Siti Aminah
    NIM: 857527787
    UPBJJ: Bandung

    Video ini membantu saya memahami cara mengatasi anak-anak yang ribut di kelas PAUD. Guru dalam video berusaha mencari tahu penyebab anak-anak ribut dan kemudian menenangkan mereka dengan cara yang kreatif, seperti berbagai teknik tepuk. Selain itu, jika anak-anak bosan di dalam kelas, guru bisa membawa pembelajaran ke luar kelas untuk menyegarkan suasana. Terima kasih atas tips yang praktis ini! Semoga membantu guru-guru PAUD lainnya dalam menghadapi situasi yang serupa di kelas mereka. Terima kasih banyak!

  9. Nama : Gandis fine maredia
    NIM : 857758277
    UPBJJ:Semarang
    Video diatas dengan judul” anak ribut didalam kelas saat pembelajaran” . Menurut saya dalam video tadi sangat bagus Dan sangat membantu dalam mengadapi anak- anak yang ribut didalam kelas sangat . Jika pembelajaran dikelas tidak kondusif seoerti contoh video tadi memang sangat sulit untuk mencapai tujuan pembelajaran hari itu . Maka tadi ada beberapa solusi yang dapat dilakukan oleh para guru yaitu
    1. Mengajak anak – anak untuk fokus
    2. Jika anak yang ribut cukup banyak guru bisa mengajak anak – anak untuk tepuk fokus atau dengan meniup peluit
    3. Jika anak yang ribut sedikit guru bisa mendekati anak tersebut dan mengajaknya untuk fokus dalam mengikuti kegiatan belajar
    4. Jika anak yang ribut tersebut sudah selesai maka guru bisa mengajak anak untuk berkegiatan yang lainnya .

  10. Nama : Mariana E Tahe
    NIM : 859951367
    UPBJJ : Manado
    Video ini sangat membantu bagi guru untuk mengatasi “anak yang ribut saat PBM”. Diveo ini kita dapat melihat kemampuan guru dalam mendidik siswa. Guru mampu mengendalikan situasi, guru mampu membuat anak tenang dengan caranya sendiri tanpa dibantu oleh guru lain. Didalam video ini pun kita dapat melihat bagaimana cara guru menenangkan anak yang ribut dikelas.

Leave a Reply