silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.
Dr. Siti Aisyah, M.Pd.
Dalam tayangan video sudah terlihat dengan jelas saat guru membuka pembelajaran dan mengisi pembelajaran sedangkan untuk penutup pembelajaran belum terlihat jelas. Penggunaan strategi, pendekatan, metode, dan media sudah terlihat. Sedang untuk evaluasi belum terlihat. Guru mengajak anak untuk dapat duduk tenang dan tidak membuat keributan yang dapat mengganggu konsentrasi teman (taat pada peraturan) merupakan salah satu yang ada di kompetensi dasar pada kurikulum.
Tri Ekowati
Nama : SITI FATIMAH
Nim : 859419489
Dalam video yang berjudul ” Anak Ribut di Kelas Saat PBM. beberapa anak yang tidak bisa diam, untuk mengaktifkan otak, biasanya dengan cara berdiri, berjalan, mengetuk-ngetukkan pensil dam berlari-lari dikelas, sebagai guru TK ada hal penting yang harus bisa dilakukan, yaitu ” Bagaimana cara menenangkan kelas yang ribut”. guru TK harus lebih kreatif dan bisa membuat suasana kelas menjadi lebih menyenagkan, dalam video ini memperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas yaitu mengajak anak untuk tenang, jika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memndahkan pembelajaran di luar kelas, agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.
Nama : Heldawati
Nim : 858309798
Nama mata kuliah : Pemantapan Kemampuan Belajar
” Anak ribut di kelas saat PBM ”
izin menanggapi memang sering di jumpai anak anak ribut saat pembelajaran sedang berlangsung apalagi saat kita menjelaskan kepada anak kegiatan apa saja yang akan di lakukan, terkadang ada saja anak yang asik dengan sendirinya dan tidak mendengarkan penjelasan dari guru. Biasanya saat di kelas apabila saya melihat anak yang ribut sebelum memulai kegiatan kami biasanya membuat kesempatan yakni saat ibu menjelaskan kita harus mendengarkan terlebih dahulu tapi yang namanya anak anak pasti ada saja berbagai macam tingkah lakunya, ataupun biasanya saya langsung merespon anak yang ribut dengan menyanyikan berbagai macam tepukan, misalnya tepuk diam, suara ular (sssttttt) artinya anak diam dan mendengarkan kembali penjelasan dari guru.
Dlama video diatas ,itu sering terjadi dan bahkan sering setiap hari, anak-anak sukar mengikuti aturan dikelas .dengan adanya video diatas mudah2an bisa saya terapkan dan akan mengupayakan perbaikan kelas yang lebih baik lagi mungkin dengan cara mendisiplinkan anak2, berdiskusi dengan siswa dan membuat aturan main
saya Depi Apriani izin menanggapi video dengan judul “anak ribut dikelas saat PBM”, menurut saya ada beberapa faktor yang membuat anak ribut saat PBM, diantaranya kebutuhan gerak motorik anak belum terpenuhi, belum ada kesepakatan kelas sebelum memulai pembelajaran, dan juga faktor tingkat konsentrasi anak yang membuat mereka cepat bosan.
untuk memenuhi kebutuhan gerak motorik anak, Sebaiknya sebelum pembelajan inti guru mengajak anak untuk melakukan kegiatan yang membuat kebutuhan gerak motoriknya tersalurkan bisa dengan senam, bernyanyi sambil melakukan gerakan, dan lain-lain. Kemudian, sebelum memulai pembelajaran guru membuat kesepakatan kelas bersama anak agar selama PBM anak tidak ribut, dan untuk faktor cepat bosan pada anak guru bisa mensiasatinya dengan melakukan ice breaking di sela-sela kegiatan Pembelajaran, agar anak tidak merasa bosan.
saya Depi Apriani.
izin menanggapi video yang berjudul “anak ribut saat PBM”.
menurut saya ada beberapa faktor yang membuat anak ribut saat PBM, diantaranya yaitu belum terpenuhinya kebutuhan gerak motorik anak, belum ada kesepakatan kelas sebelum mulai pembelajaran, dan faktor konsentrasi anak usia dini yang cenderung cepat bosan.
Sebelum masuk kegiatan inti, untuk memenuhi kebutuhan gerak motorik anak guru sebaiknya mengajak anak untuk melakukan aktifitas yang membuat anak bergerak seperti senam, bernyanyi sambil menggerakkan tuibuhnya, dll. Kemudian guru membuat kesepakatan kelas bersama anak untuk tidak ribut selama kegiatan pembelajaran berlangsung, sedangkan untuk mengatasi rasa cepat bosan pada anak, guru bisa melakukan ice breaking di sela-sela pembelajaran.
Nur Fitriyah (859514191)
Izin menanggapi video tersebut
di dalam video telihat anak duduk secara berkelompok, menurut saya posisi bangku nya kurang berjarak, pada saat guru memberikan tugas anak yang terlihat aktif sebaiknya diberikan terlebih dahulu agar anak tersebut dapat langsung mengerjakan nya dan tidak ribut dikelas. namun sikap yang guru berikann cukup baik dalam mengatasi anak yang sedang ribut, seperti ice breaking yang menarik yang menjadikan anak akan fokus kembali.
Terima kasih.
Dalam Video di atas di jelaskan anak-anak ribut saat kegiatan belajar mengajar sedang berlangsung, ini hal yang sering terjadi saat saya sedang melakukan KBM di kelas saya. Ini sering terjadi karena kurangnya memperhatikan anak- anak dan guru kurang kreaktif dalam menyiapkan media pembelajaran yang menarik sehingga anak-anak membosanka. Semoga solusi pada video di atas bisa saya menerapkan di kelas saya.
Nama : Risa Dwi S
NIM : 858002015
Bismillahirrahmanirrohim….
Melalui video diatas, dapat disimpulkan Tips mengatasi anak yang ribut dikelas saat Pembelajaran Belajar Mengajar, yaiitu:
1. mengajak anak-anak untuk tenang,
2. jika anak yang ribut cukup banyak, mengalihkan anak dengan meniup pluit atau tepuk diam (ice breaking)
3. jika jumlah anak yang ribut sedikit, dekati anak dan arahkan anak untuk fokus kembali agar dapat menyelesaikan kegiatannya.
4. jika anak sudah menyelesaikan tugas, tawarkan anak untuk melakukan kegiatan pembelajaran lainnya.
Masyaallah semoga bisa kami terapkan dan semoga berhasil Barakallahu fik atas ilmunya.
Nama:Suwarsini
Nim:857772174
Dalam video tersebut dijabarkan seorang guru yang sedang melakukan proses pembelajaran mewarnai dengan cara diberikan contoh bagaimana cara mewarnai. lalu guru membagikan majalah setelah itu guru mengarahkan bagaimana cara mewarnai binatang. namun banyak anak-anak yang ribut di kelas banyak yang berlari-larian ke sana teman. di dalam video tersebut juga dijabarkan solusi dalam menghadapi anak yang rusuh di kelas saat belajar.
1. Mengajak anak untuk tenang
2 jika yang ribut banyak gunakan teknik tepuk diam atau peluit
3. Jika sedikit yang ribut berarti anak dan fokuskan kembali
4. Anak ribut sudah selesai ada anak tersebut aktivitas lain.
Menurut saya perlu penambahan solusi yakni
1. Perlu dijabarkan atau perlu mencari tahu apa penyebab dari keributan tersebut.
2. Membuat kesepakatan di awal pembelajaran yang benar.
3. Memberikan konsekuensi yang tepat untuk anak yang ribut
4. Dari apresiasi kepada anak yang tertib
5. Menggunakan metode belajar yang bervariasi besarnya memberikan pilihan warna melalui lingkungan sekitar jangan terlalu memaksa misalnya seperti dicontoh video anak harus wajib mewarnai rambut dengan warna hitam dan harus sesuai dengan pilihan guru.
6. Mengapresiasi hasil karya anak
Nama : Lilis Suryani
NIM : 858840026
Dari video diatas “Anak Ribut di Kelas saat PBM” dari video diatas dapat dilihat bagaimana upaya menenangkan anak -anak yang sedang berlari -larian dan membuat gaduh dikelas ,sementara teman -teman lainnya sedang mengerjakan tugas dari guru. Dari pemaparan tersebut dijelaskan upaya guru untuk menenangkan siswanya dengan mengajak anak -anak untuk tenang,dengan memberikan komando atau ajakan tepuk diam atau membunyikan peluit jika yang anak yang gaduh banyak,memberikan arahan kepada anak agar kembali fokus jika anak yang gaduh sedikit dan memberikan tugas atau kegiatan lain pada anak yang sudah selesai mengerjakan tugas. Menurut pengalaman saya selain hal -hal yang yang dilakukan oleh guru dalam video diatas ,kita pasti sudah memahami karakter anak didik kita.ada yang memiliki energi berlebih sehingga tidak bisa duduk dan mengerjakan tugas.ada anak yang menyukai mewarna dan ada yang tidak,banyak anak -anak yang menyukai kegiatan yang bergerak.untuk menghadapi kondisi anak -anak ini biasanya kami sebelum waktunya masuk kelas anak -anak dipersilahkan bermain dulu di luar kelas kemudian senam pagi dan kegiatan circle time,dalam kegiatan circle time ini anak – anak diajak untuk melakukan rutinitas pagi,sholat dhuha bersama,ice breaking,dan membuat kesepakatan kelas.Selain juga memberikan reward kepada anak -anak yang bisa mematuhi aturan kelas.KBM dimulai ketika anak -anak sudah benar -benar siap dan kondusif,sehingga KBM berjalan dengan lancar,anak -anak fokus pada aktivitas mereka sendiri.