silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.
Dr. Siti Aisyah, M.Pd.
Dalam tayangan video sudah terlihat dengan jelas saat guru membuka pembelajaran dan mengisi pembelajaran sedangkan untuk penutup pembelajaran belum terlihat jelas. Penggunaan strategi, pendekatan, metode, dan media sudah terlihat. Sedang untuk evaluasi belum terlihat. Guru mengajak anak untuk dapat duduk tenang dan tidak membuat keributan yang dapat mengganggu konsentrasi teman (taat pada peraturan) merupakan salah satu yang ada di kompetensi dasar pada kurikulum.
Tri Ekowati
Assalamualaikum ijin menanggapi isi video tersebut:
Mengatasi anak PAUD yang ribut di kelas memerlukan pendekatan yang sabar, kreatif, dan penuh kasih sayang. Berikut adalah beberapa strategi yang dapat membantu:
1. Atur Lingkungan Kelas yang Menarik dan Kondusif
Buat rutinitas yang jelas: Anak PAUD lebih mudah mengikuti rutinitas yang terstruktur. Pastikan jadwal harian disampaikan secara menarik, seperti melalui lagu atau gambar.
Zona aktivitas: Pisahkan area kelas berdasarkan jenis kegiatan (misalnya, area membaca, bermain, atau seni) untuk mengurangi gangguan.
2. Gunakan Metode Pembelajaran yang Interaktif
Anak cenderung ribut jika merasa bosan. Gunakan aktivitas yang melibatkan mereka, seperti bernyanyi, bermain peran, atau permainan kelompok.
Gunakan alat bantu visual atau sensorik seperti boneka, gambar, atau alat musik sederhana untuk menarik perhatian.
3. Tetapkan Aturan Kelas dengan Cara Menyenangkan
Libatkan anak dalam membuat aturan kelas, seperti “bicara bergiliran” atau “duduk tenang saat mendengarkan cerita”. Tulis aturan tersebut dengan gambar lucu sebagai pengingat.
4. Berikan Penguatan Positif
Puji anak yang mengikuti aturan dengan ucapan, stiker, atau tepuk tangan.
Gunakan sistem penghargaan sederhana seperti “bintang keberhasilan” untuk memotivasi mereka.
5. Alihkan Energi Anak yang Berlebih
Berikan waktu untuk bergerak, seperti permainan fisik atau senam singkat. Anak PAUD memiliki energi besar, sehingga aktivitas ini membantu mereka lebih fokus.
Siapkan permainan yang melibatkan seluruh kelas agar mereka merasa dilibatkan.
6. Tangani Anak yang Terus Ribut dengan Pendekatan Personal
Ajak bicara secara lembut: Tanyakan apakah ada masalah atau hal yang membuat mereka gelisah.
Temukan cara personalisasi pendekatan: Beberapa anak mungkin merasa lebih tenang jika diberi tugas kecil seperti menjadi “pembantu guru”.
7. Gunakan Teknik “Silent Signal”
Gunakan sinyal tenang seperti mengangkat tangan, lampu warna, atau bel kecil sebagai tanda agar anak-anak tenang tanpa perlu berteriak.
8. Evaluasi dan Refleksi
Perhatikan situasi atau waktu tertentu saat anak lebih cenderung ribut. Misalnya, apakah terjadi saat jam mendekati makan? Sesuaikan jadwal untuk mengatasi kondisi tersebut.
9. Libatkan Orang Tua
Diskusikan dengan orang tua jika anak menunjukkan perilaku ribut secara konsisten. Cari tahu apakah ada faktor yang memengaruhi perilaku anak di rumah.
Dengan pendekatan yang konsisten dan penuh kasih sayang, anak-anak akan belajar memahami pentingnya mendengarkan dan berpartisipasi dalam kegiatan kelas
ijin jawab, dari video di atasa mengatasi anak yang ribut saat di kelas kita harus mencari suana yang mana membuat anak tidak akan ribut kembali, dengan cara bermain tepuk tangan sehingga anak anak tidak akan ribut. bisa juga melakukan pendekatan dengan anak sehingga anak bisa fokus apa yang mau dia kerjakan
Nama : Meri andani mawu
NIM : 856318863
Judul video : Anak Ribut Di Kelas Saat PBM
Video ini berjudul Anak Ribut Di Kelas Saat PBM.
Video tersebut menjelaskan tentang bagaimana solusi yang bisa guru gunakan jika anak ribut saat melaksanakan pembelajaran di kelas. Solusi dan upaya yang dapat guru gunakan yaitu :
1. Ajak anak anak untuk tetap tenang
2. Jika anak yang ribut cukup banyak maka gunakan tekhnik diam atau peluit agar anak tertib kembali
3. Jika anak yang ribut hanya sedikit, maka guru dapat mendekati anak dan ajak anak untuk fokus kembali pada tugas yang sedang mereka kerjakan
4. Kemudian, jika anak yang ribut tadi sudah selesai mengerjakan tugasnya ajak anak untuk melakukan aktivitas lain.
Dalam video tersebut terlihat jelas bahwa guru melakukan beberapa upaya agar menenangkan siswa yang ribut dan bisa kembali dalam proses pembelajaran seperti mengajak tepuk tangan dan meniup pluit. Hal ini merupakan langkah yang sebenarnya dapat dijadikan contoh oleh guru lainnya jika mengalami hal yang sama. Namun perlu diingat bahwa setiap anak memiliki cara tersendiri, sehingga tidak semua upaya diatas cocok atau pas. Maka dari itu harus dicari tau terlebih dulu penyebabnya. Dengan mengetahui penyebabnya guru bisa merancang intervensi yang lebih tepat.
Saya juga percaya bahwa penting bagi guru untuk terus mengevaluasi dan menyesuaikan pendekatan mereka. guru bisa melibatkan siswa dalam menciptakan aturan kelas atau memberikan tanggung jawab kecil, sehingga mereka merasa lebih terlibat dan memiliki peran dalam menciptakan suasana belajar yang kondusif. Dengan cara ini, diharapkan anak-anak tidak hanya belajar disiplin, tetapi juga merasakan kebersamaan dan tanggung jawab dalam proses belajar mengajar.
Nama : Anis Ratma Yuliarti
NIM : 858534255
Judul video : Anak Ribut di Kelas saat PBM
Mohon ijin menanggapi video dengan judul ” Anak Ribut di kelas saat PBM”. Yang di lakukan oleh guru sudah tepat, terlihat dengan anak yang sudah terkondisi dengan baik. Tetapi sebelum guru memulai kegiatan belajar dapat menggunakan kesepakatan bersama dengan seluruh anak, yang di namakan Keyakinan kelas / Kesepakatan kelas. Keyakinan ini berisi kesepakatan bersama seluruh anak dengan guru. Di kelas, saya juga menggunakan keyakinan kelas ini, untuk dapat mengkondisikan anak dan lingkungan belajar yang nyaman. Anak di ajak untuk berdiskusi untuk menyampaikan ide/ gagasan nya tentang keyakinan kelas bersama. Guru memberikan pertanyaan pemantik, sehingga semua anak memiliki keberanian menyampaikan pendapat.
Beberapa contoh keyakinan kelas untuk kelompok A :
1. Mengucapkan salam sebelum masuk kelas
2. Memperhatikan guru saat pembelajaran berlangsung
3. Duduk melingkar di karpet untuk berdoa bersama’
4. Tidak lari-larian di dalam kelas
5. Berbicara dengan suara pelan
6. Merapikan kembali barang yang sudah di gunakan
NAMA : NAFSIAH
NIM : 859018249
Mengatasi anak yang ribut di kelas memerlukan pendekatan yang kreatif dan penuh perhatian. Apa yang dilakukan guru pada video tersebut sudah sesuai pada kelasnya, namun tidak menutup kemungkinan di sekolah dan kelas-kelas lain dapat menggunakan upaya seperti guru pada video. Karena karakteristik anak yang berbeda, maka penanganannya pun juga berbeda. Menurut saya, selain menggunakan peluit atau tepuk diam, guru juga bisa menggunakan alat bantu yang menghasilkan suara untuk menenangkan anak-anak. Komunikasi verbal dengan cara mengubah nada suara menjadi lebih pelan atau berbisik untuk menarik perhatian mereka kembali. Membangun komitmen dan aturan sebelum pembelajaran dimulai, berdiskusi dengan anak-anak aturan-aturan yang harus disepakati bersama. Dan juga memberikan kesempatan kepada anak untuk melakukan aktivitas yang mereka sukai setelah menyelesaikan kegiatan atau tugas
Nama : Marissia Azmi Nurul Mujahidah
NIM : 877317149
Menghadapi anak yang ribut didalam kelas terkadang bukan hal yang mudah bagi seorang guru PAUD, namun hal itu bukan tidak mungkin karena ada trik-trik yang dapat kita terapkan di dalam kelas untuk mengatasi kegaduhan dalam kelas seperti yang telah dipaparkan dalam video. Dengan memberikan instruksi untuk fokus dan mengurangi kegaduhan atau mengajak anak tepuk diam dan semacamnya akan mengembalikan fokus anak sehingga mau mendengarkan dan melakukan kegiatan bermain yang diberikan guru. jika kegaduhan disebabkan satu atau dua anak atau beberapa anak saja (jumlah kecil) sebagai guru kita perlu mengamati apa penyebab kegaduhannya, dengan mendekati anak (sumber kegaduhan) kita dapat mencari tahu apa penyebabnya. bisa saja karena anak merasa bosan, atau mencari perhatian guru, atau bisa juga karena si anak merasa bosan, lelah atau tidak dalam suasana hati yang baik untuk melakukan kegiatan. Penanganan yang kita berikan dapat kita sesuaikan dengan sumber masalah. Jika penyebab kegaduhan adalah pertikaian anak, maka kita juga perlu mencari tahu akar permasalahan dan menyelesaikan konflik antar anak dengan bijak. Kegaduhan dikelas juga bisa terjadi karena anak masih punya banyak simpanan energy yang perlu disalurkan, maka sudah menjadi tugas guru untuk memfasilitasi penyaluran energi anak melalui permainan, baru saat dirasa enrgi sudah tersalurkan kita dapat menciptakan suasana kelas yang lebih kondusif untuk memberikan kegiatan bermain yang memerlukan fokus.
Ada banyak kasus situasi kegaduhan di kelas dan semua itu dapat kita selesaikan dengan mengamati dan mencari tahu akar permasalahannya, sehingga kita dapat memberikan penanganan yang tepat untuk segala situasinya.
Terimakasih.
Nama : Supertini Diana Moda
NIM : 858112842
Video tentang: Anak ribut di kelas saat PBM
Video tersebut membahas tentang cara guru mengatasi anak yang sedang ribut di dalam kelas saat proses pembelajaran berlangsung. Cara yang dilakukan oleh guru sangat bagus. Diantaranya:
1. Mengatasi keributan dengan “tepuk diam”
2. Mendatangi anak ribut dan menegurnya (apabila hanya terdapat beberapa anak yang ribut)
3. Anak yang sudah selesai diberikan tugas lain agar tidak menggangu temannya yang masih belajar.
Cara lainnya:
1. Sebelum membagikan tugas kepada anak, guru mengajak anak untuk bermain bersama
2. Membuat kesepakatan di kelas antara guru dan anak (apabila ribut, maka bintangnya berkurang atau diberikan bintang sedih)
3. Anak yang ribut digabungkan dengan anak yang pendiam atau tidak ribut
4. Kegiatan diberikan secara bervariasi (tidak semua sama), misalnya dibagi dalam 3 kelompok dengan kegiatan yang berbeda. Apabila sudah selesai tugas yang satu boleh pindah ke tugas yang lain.
5. Memberi reward kepada anak-anak apabila tertib dan tenang
6. Belajar boleh di lakukan di luar kelas agar anak-anak tidak bosan
7. Menggunakan media yang menarik agar anak bergairah dan mau belajar dengan tertib
Nama : Anik Puji Lestari
Nim : 858541379
Judul : Anak ribut didalam kelas saat KBM
Menurut saya solusi yang dilakukan seorang guru sangat bagus agar anak tidak ribut saat KBM. Solusi tersebut antara lain:
1. Ajak anak untuk tetap tenang.
2. Jika anak yang ribut cukup banyak gunakan peluit agar anak tenang kembali.
3. Jika anak yang ribut sedikit maka dekati anak untuk fokus kembali.
4. Bila anak yang ribut sudah melakukan kegiatan maka mengajak anak untuk melakukan kegiatan lain.
Namun tidak menutup kemungkinan solusi seperti itu akan berjalan dengan baik karena karakteristik anak berbeda beda.
Menurut saya dari video tersebut cara guru mengatasi anak ribut di kelas saat PBM strategi yang sudah di lakukan oleh guru sangat bagus untuk dapat di terapkan di sekolah-sekolah yang mana permasalahan yang serupa juga kerap terjadi.
Mengatasi anak PAUD yang ribut di kelas membutuhkan pendekatan yang sabar, kreatif, dan penuh kasih sayang. Selalu ingat bahwa sosial emosional anak PAUD mudah berubah, mereka masih belajar mengontrol emosi dan perilaku mereka. Jadi kesabaran guru saat menghadapi anak-anak yang ribut pada saat PBM kunci utamanya adalah sabar. Dengan pendekatan yang penuh kasih, anak-anak akan belajar untuk lebih tenang.
Nama : Maridah Mas’ud
Nim :858426206
judul