silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.
Dr. Siti Aisyah, M.Pd.
Dalam tayangan video sudah terlihat dengan jelas saat guru membuka pembelajaran dan mengisi pembelajaran sedangkan untuk penutup pembelajaran belum terlihat jelas. Penggunaan strategi, pendekatan, metode, dan media sudah terlihat. Sedang untuk evaluasi belum terlihat. Guru mengajak anak untuk dapat duduk tenang dan tidak membuat keributan yang dapat mengganggu konsentrasi teman (taat pada peraturan) merupakan salah satu yang ada di kompetensi dasar pada kurikulum.
Tri Ekowati
Nama : Mai Muharromah
NIM : 857534847
Setelah menonton vidio diatas, menurut saya cara yang di lakukan guru saat mengatasi murid yang tidak bisa diam saat pembelajaran itu sangat bagus dan sesuai sama seperti halnya yang sudah saya lakukan dikelas. Saya setuju dengan apa yang di sampaikan oleh guru, kita tidak bisa hanya diam atau membiarkan anak yang berlarian ataupun mengganggu teman lainnya saat sedang melakukan pembelajaran berlangsung. Dan saya juga setuju dengan pemaparan guru untuk mengatasi anak ribut kita harus menganalisa dulu, harus mengetahui terlebih dulu apa penyebab anak tidak bisa diam ataupun anak tidak mau belajar dengan bigitu kita bisa mengaplikasikan solusi demi solusi sesuai dengan penyebabnya masing2. Seperti pada vidio jika hampir semua anak yang ribut kita bisa mencoba solusi menenangkan anak dengan berbagai tepuk seperti, ” Tepuk Diam” “Tirukan Suara Ular” dan tepuk lainnya.
Nama : Ni’ma Qurrotu Aini
NIM : 858526108
Judul : Anak Ribut di kelas saat PBM
Setelah menyimah vidio ini, saya mendapat banyak pengetahuan mengenai cara mengatasi anak yang ribut saat pembelajaran di kelas. Jika hanya satu anak saya yang ribut dan tidak bisa diam maka cukup dekati anak dan beri peringatan, namun jika jumlah anak yang ribut ada banyak maka gunakan teknik tepuk diam/peluit/pakai icik-icik, dsb. Kedua teknik ini sebenarnya sudah saya terapkan ketika mengajar di kelas, masalahnya adalah ketika anak yang ribut tersebut sudah tidak terkontrol dan malah mengganggu teman-teman yang lain yang ingin belajar, biasanya saya menggunakan teknik punishment/hukuman dengan membawanya ke ruang kepala sekolah agar ia merasa jera serta pembelajaran dapat berjalan lagi tanpa gangguan.
Mungkin sekian pengalaman mengajar dari saya. Terima kasih.
Setelah menyimak video di atas sama seperti yang saya alami mengenai bagaimana cara mengatasi anak yang ribut di dalam kelas waktu pembelajaran, menurut pengalaman yang saya alami di lembaga, cara-cara yang di gunakan dalam video tersebut sudah saya lakukan semua, namun memang masih ada beberapa anak didik saya yang belum bisa saya kendalikan. namun ada satu cara yang menurut saya lumayan efektif yaitu dengan memberi mereka hukuman sebab akaibat yaitu apabila mereka belum bisa tenang dalam mengikuti pebelajaran hukumannya mereka harus belajar di luar kelas, dengan cara tersebut lumayan membuat mereka bisa anteng meski cuma sebentar. jadi di sini menurut hemat saya dalam mendidik anak-anak usia paud memang harus ekstra sabar dan lembah manah, karena mereka masih di fase pengenalan jati diri. demikian sedikit masukan saya sesuai pengalaman yang saya alami di lembaga saya.
terima kasih.
Setelah menyimak vidio pembelajaran diatas,menurut pendapat saya solusi yang yang diberikan guru dalam mengatasi anak ribut di dalam kelas saat menertibkan anak ribut dalam proses belajar mengajar sudah sangat efektif. Masalah ada ribut dalam proses pembelajaran juga saya alami sebagai pendidik.
Menurut pengalaman saya sebelum proses belajar mengajar di mulai guru memberitahukan pijakan awal atau aturan dalam belajar dan bermain ketika proses belajar mengajar berlangsung. Setelah itu melakukan yel ye sambil tepuk tanganl, benyanyi bersama untuk menyemangati mereka juga memberikan reward pada anak didik yang tertib dikelas. Apabila ada anak yang ribut kembali saya menghentikan sejenak pembelajaran dan mengajak mereka bernyanyi dan tepuk yel yel kembali dan itu sangat untuk menertibkan anak-anak dikelas dalam proses belajar mengajar berlangsung.
Terimakasih
Setelah menyimak vidio pembelajaran diatas,menurut pendapat saya solusi yang yang diberikan guru dalam mengatasi anak ribut di dalam kelas saat menertibkan anak ribut dalam proses belajar mengajar sudah sangat efektif. Masalah ada ribut dalam proses pembelajaran juga saya alami sebagai pendidik.
Menurut pengalaman saya sebelum proses belajar mengajar di mulai guru memberitahukan pijakan awal atau aturan dalam belajar dan bermain ketika proses belajar mengajar berlangsung. Setelah itu melakukan yel ye sambil tepuk tangan, benyanyi bersama untuk menyemangati mereka juga memberikan reward pada anak didik yang tertib dikelas. Apabila ada anak yang ribut kembali saya menghentikan sejenak pembelajaran dan mengajak mereka bernyanyi dan tepuk yel yel kembali dan itu sangat untuk menertibkan anak-anak dikelas dalam proses belajar mengajar berlangsung.
Terimakasih
Nama : Wenny Dwi Yunitasari
NIM : 877317504
Video ini sangat menarik dan inspiratif karena menunjukkan bagaimana guru menangani anak-anak yang mulai ribut di kelas dengan cara yang bijak dan menyenangkan. Guru tidak langsung menegur atau memarahi, melainkan mencoba memahami penyebab perilaku tersebut. Pengalaman saya saat mengajar di kelas TK A, jika anak-anak mulai gaduh ketika kegiatan berlangsung. Saya gunakan sinyal atau isyarat mengangkat tangan dengan pola tertentu. Ini saya gunakan secara konsisten sehingga anak-anak terbiasa. Hasilnya kelas menjadi lebih kondusif dan anak-anak kembali fokus.
Nama : Vina Oktafia Risnawati Solekha
NIM : 855799754
Video ini benar-benar menunjukkan situasi nyata yang sering terjadi di kelas PAUD, dimana anak-anak kadang sulit untuk duduk tenang dan fokus selama kegiatan pembelajaran. Anak usia dini memang memiliki tingkat konsentrasi yang pendek dan sangat aktif secara fisik. Oleh karena itu, diperlukan strategi yang tepat dalam mengondisikan kelas. Saya setuju dengan langkah guru yang menggunakan tepuk diam dan pendekatan personal untuk menenangkan anak. Namun, akan lebih efektif jika pembelajaran diawali dengan aktivitas menarik seperti lagu atau permainan dulu untuk menyalurkan energi anak. Variasi kegiatan dan pemahaman karakter anak juga sangat penting agar pembelajaran berjalan lancar dan menyenangkan.
Terima kasih
Pada Video tersebut apa yang dialami oleh guru juga saya alami pada lemabga saya di kelompok A anak umur 3-4 tahun.
akan tetapi saya juga sudah melakukan metode seperti guru yang ada dalam video tersebut, seperti menggunakan metode tepuk patung, tepuk ikan kembung yang dialam tepukan itu mengembungkan pipinya masing-masing, tepuk diam. namun ada salah 5 anak yang seperti tetap tidak mau mendengarkan dan malah menunjukan sikap yang kurang baik. akan tetapi untuk metode yang menggunakan peluit belum kami coba dan dilembaga kami juga belum ada media peluitnya. setelah melihat video ini kami akan mencoba untuk menerapkan metode dengan menggunakan peluit. Terimakasih untuk pengetahuan dan pengalaman yang sudah dibagikan, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.
Nama : AFRIANA NURHIDAYAH
Nim : 857953784
Menurut saya guru pada video tersebut sudah melakukan metode yang baik. Pada Video tersebut apa yang dialami oleh guru juga saya alami pada lemabga saya di kelompok A anak umur 3-4 tahun.
akan tetapi saya juga sudah melakukan metode seperti guru yang ada dalam video tersebut, seperti menggunakan metode tepuk patung, tepuk ikan kembung yang dialam tepukan itu mengembungkan pipinya masing-masing, tepuk diam. namun ada salah 5 anak yang seperti tetap tidak mau mendengarkan dan malah menunjukan sikap yang kurang baik. akan tetapi untuk metode yang menggunakan peluit belum kami coba dan dilembaga kami juga belum ada media peluitnya. setelah melihat video ini kami akan mencoba untuk menerapkan metode dengan menggunakan peluit. Terimakasih untuk pengetahuan dan pengalaman yang sudah dibagikan, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.
Nama : AFRIANA NURHIDAYAH
Nim : 857953784
Menurut saya guru pada video tersebut sudah melakukan metode yang baik. Pada Video tersebut apa yang dialami oleh guru juga saya alami pada lemabga saya di kelompok A anak umur 3-4 tahun. akan tetapi saya juga sudah melakukan metode seperti guru yang ada dalam video tersebut, seperti menggunakan metode tepuk patung, tepuk ikan kembung yang dialam tepukan itu mengembungkan pipinya masing-masing, tepuk diam. namun ada salah 5 anak yang seperti tetap tidak mau mendengarkan dan malah menunjukan sikap yang kurang baik. akan tetapi untuk metode yang menggunakan peluit belum kami coba dan dilembaga kami juga belum ada media peluitnya. setelah melihat video ini kami akan mencoba untuk menerapkan metode dengan menggunakan peluit. Terimakasih untuk pengetahuan dan pengalaman yang sudah dibagikan, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.