silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.
Badru Zaman
Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.
Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.
Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.
Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..
–
Nama : Siptiana
Nim : 856813546
Judul ” Anak sulit Berimajinasi saat Menggambar”
Kegiatan yang dikembangkan: yaitu kegiatan pengembangan kognitif PAUD
Setelah mempelajari video yang telah saya lihat bahwa pembelajaran yang telah dilakukan oleh ibu guru Lina itu sudah benar. Saat anak-anak paud kesulitan menggambar Mungkin kita bisa mencoba beberapa hal yang bisa membantu meningkatkan imajinasi anak saat menggambar. Misalnya, memberikan cerita pendek atau gambar-gambar sebagai inspirasi, atau mencoba teknik menggambar yang berbeda seperti menggunakan bentuk-bentuk sederhana atau membiarkan anak menggambar apa pun yang ada di pikirannya tanpa batasan.
Di video ini ini, kita bisa melihat seorang guru Taman Kanak-Kanak yang sangat peduli dengan anak-anaknya. Dia sedang berusaha membantu seorang anak yang mengalami kesulitan dalam mengekspresikan diri saat menggambar. Guru ini sungguh hebat, dia memberikan kebebasan kepada anak-anak untuk menggambar sesuai dengan minat mereka. Selain itu, dia juga mengajak anak-anak untuk keluar dari kelas, agar mereka bisa mengalami langsung berbagai hal di dunia nyata. Setelah itu, guru tersebut meminta anak-anak untuk bercerita tentang pengalaman mereka dan menggambarkannya. Hal ini menciptakan hubungan yang erat antara pengalaman nyata dan ekspresi seni anak-anak. Kesimpulannya, video ini menginspirasi tentang bagaimana pendidikan dapat membuka pintu untuk imajinasi dan kreativitas anak-anak.
Di program ini, kita bisa melihat seorang guru Taman Kanak-Kanak yang sangat peduli dengan anak-anaknya. guru sedang berusaha membantu seorang anak yang mengalami kesulitan dalam mengekspresikan diri saat menggambar. Guru ini sungguh hebat, dia memberikan kebebasan kepada anak-anak untuk menggambar sesuai dengan minat mereka. Selain itu, dia juga mengajak anak-anak untuk keluar dari kelas, agar mereka bisa mengalami langsung berbagai hal di dunia nyata. Setelah itu, guru tersebut meminta anak-anak untuk bercerita tentang pengalaman mereka dan menggambarkannya. Hal ini menciptakan hubungan yang erat antara pengalaman nyata dan ekspresi seni anak-anak. Kesimpulannya, program ini menginspirasi tentang bagaimana pendidikan dapat membuka pintu untuk imajinasi dan kreativitas anak-anak.
bismillah izin saya menjawab diskusi
Nama: Utiah
UPBJJ UT BANDUNG
Menurut pengalaman saya dilembaga anak-anak belajar menggambar bebas mereka sangat senang tetapi ada saja anak yang bertanya bun boleh gak saya menggambar ini, menggambar itu nanti warnanya apa ya…? masih ada aja yang bertanya padahal saya membebaskan mereka untuk bebas manggambar, dengan begitu kami membawa anak-anak untuk belajar diruang terbuka karena lingkungan kami lingkungan pedesan kami ajak anak-anak untuk melihat sawah dan disitu anak-anak bisa menggambar bebas sesuai mereka lihat, ketika anak bertanya lagi bun gunung warnanya apa, saya menjawab anak-anak bisa melihat warna gunung apa yang kalian lihat, kebetulan pas pagi itu cuacanya sangat bagus ada gambar gunung juga jadi mereka mengambar sesuai apa yang mereka lihat saat itu juga.
dalam kegiaatan belajar anak harus senang dulu karena ketika meraka sudah merasa senang maka imajinasinya akan muncul diwaktu itu, tetapi ketika anak suka bosan atau tidak mau belajar mewarnai kadang anak menangis, kegiatan belajar dengan menggambar dapat membantu anak menggungkapkan emosional, imajinasi, kognitif, bahasa dan seni nya kadang mereka setelah menggambar dikumpulkan dan menceritakan apa yang mereka gambar dengan bangga dan senangnya anak-anak bercerita. minat belajar anak semakin bertambah apabila mereka merasa senang.
TERIMA KASIH
bismillah izin saya menjawab diskusi
Nama: Utiah
Nim :857484688
Matkul: PAUD42106 METODE PENGEMBANGAN KOGNITIF
Dosen :Bunda Nur Dini Fauziah
UPBJJ UT BANDUNG Menurut pengalaman saya dilembaga anak-anak belajar menggambar bebas mereka sangat senang tetapi ada saja anak yang bertanya bun boleh gak saya menggambar ini, menggambar itu nanti warnanya apa ya…? masih ada aja yang bertanya padahal saya membebaskan mereka untuk bebas manggambar, dengan begitu kami membawa anak-anak untuk belajar diruang terbuka karena lingkungan kami lingkungan pedesan kami ajak anak-anak untuk melihat sawah dan disitu anak-anak bisa menggambar bebas sesuai mereka lihat, ketika anak bertanya lagi bun gunung warnanya apa, saya menjawab anak-anak bisa melihat warna gunung apa yang kalian lihat, kebetulan pas pagi itu cuacanya sangat bagus ada gambar gunung juga jadi mereka mengambar sesuai apa yang mereka lihat saat itu juga. dalam kegiaatan belajar anak harus senang dulu karena ketika meraka sudah merasa senang maka imajinasinya akan muncul diwaktu itu, tetapi ketika anak suka bosan atau tidak mau belajar mewarnai kadang anak menangis, kegiatan belajar dengan menggambar dapat membantu anak menggungkapkan emosional, imajinasi, kognitif, bahasa dan seni nya kadang mereka setelah menggambar dikumpulkan dan menceritakan apa yang mereka gambar dengan bangga dan senangnya anak-anak bercerita. minat belajar anak semakin bertambah apabila mereka merasa senang. TERIMA KASIH
Di video ini, kita bisa melihat seorang guru Taman Kanak-Kanak yang sangat peduli dengan anak-anaknya. guru sedang berusaha membantu seorang anak yang mengalami kesulitan dalam mengekspresikan diri saat menggambar. Guru ini sungguh hebat, dia memberikan kebebasan kepada anak-anak untuk menggambar sesuai dengan minat mereka. Selain itu, dia juga mengajak anak-anak untuk keluar dari kelas, agar mereka bisa mengalami langsung berbagai hal di dunia nyata. Setelah itu, guru tersebut meminta anak-anak untuk bercerita tentang pengalaman mereka dan menggambarkannya. Hal ini menciptakan hubungan yang erat antara pengalaman nyata dan ekspresi seni anak-anak. Kesimpulannya, video ini menginspirasi tentang bagaimana pendidikan dapat membuka pintu untuk imajinasi dan kreativitas anak-anak.
Nama : Evi Oktaviany
NIM : 857488646
Matkul : Metode Pengembangan Kognitif
Dosen : Nur Dini Fauziah S.Pd ,M.Pd
Menurut pendapat saya dalam video “Anak Sulit Berimajinasi Saat Menggambar” sudah bagus, yaitu guru memfasilitasi anak untuk mendapatkan ide dan berimajinasi dengan mengajak anak kehalaman sekolah untuk mengamati dan melihat benda apa saja yang ada di sana. Setelah itu guru melakukan tanya jawab tentang apa saja yang ada di halaman sekolah.
Jadi dengan memberikan fasilitas tersebut maka ketika anak diminta untuk menggambar bebas maka anak dapat menuangkan ide dan imajinasinya tentang apa yang tadi dia lihat, karena dalam kesehariannya biasanya anak itu mudah untuk meniru apa yang di gambarkan atau di contohkan oleh guru seperti yang pertama kali dilakukan ibu lina.
Nama : Desi Natalia Laa Ull
Nim : 858463648
* Metode pengembangan kognitif
* Anak sulit berimajinasi saat menggambar
Dari video diatas saya setuju dengan pembelajaran yang telah dilakukan oleh ibu guru Lina kepada anak-anak. Di dalam video tersebut ibu guru Lina memberikan stimulasi kreativitas yang dapat membantu merangsang imajinasi mereka serta membantu meningkatkan rasa percaya diri dan memotivasi mereka untuk terus mencoba mengeksplorasi berimajinasi mereka dengan lebih bebas dan biarkan proses kreatif berjalan alamiya. Dengan ibu guru Lina memberikan dukungan dan stimulasi yang tepat dapat membantu Anak mengembangkan imajinasi mereka dan mengekspresikannya melalui seni termasuk dalam proses menggambar.
Nama: Selvina
NIM: 857481826
Pokjar: Centeh Bandung
MK: Metode Pengembangan Kognitif
Tutor: Nur Dini Fauziah M.Pd.
Pada video ini guru mengajak peserta didik untuk menggambar bebas sesuai imajinasi dan kreativitasnya. Pada awalnya guru pertama (Ibu Lina) mencontohkan gambar pemandangan di papan tulis. Pada akhir kegiatan menggambar, ternyata banyak anak yang meniru gambar pemandangan Ibu Lina. Hal ini wajar karena anak usia dini merupakan peniru yang ulung, sehingga apa yang kita katakan, lakukan pasti ditiru oleh anak-anak. Hal ini memiliki dampak negatif dan positif. Ketika kita mengajarkan hal yang baik dan benar, anak-anak dapat meniru, begitu pula dengan hal yang kurang baik.
Dalam hal ini, ketika guru mencontohkan gambar tanpa pengalaman langsung sebelumnya, membuat kreativitas anak-anak terbatas. Pada akhirnya anak-anak hanya meniru yang dilakukan guru.
Saya setuju dengan apa yang dilakukan oleh ibu guru kedua dalam video tersebut (Ibu Fenti). Sebelum meminta anak untuk menggambar bebas, guru mengajak anak berkeliling keluar kelas sehingga anak mendapat pengalaman langsung. Ketika kembali ke kelas guru melakukan sesi tanya jawab sehingga anak dapat mengingat apa yang tadi dilihatnya dan dapat menuangkan imajinasi dan kreativitasnya ke dalam gambar karena telah mendapatkan pengalaman secara langsung.
Melalui video ini saya sebagai pendidik AUD mendapatkan ilmu tambahan bagaimana mengembangkan imajinasi dan kreativitas anak melalui gambar dengan cara yang menarik. Semangat selalu untuk para orang tua dan pendidik AUD.
Assalamu’alaikum perkenalkan saya Dewi susanti
Nim 857631435
pada video yang saya lihat ,bu lina dalam mengajar sudah bagus, dengan memberikan kesempatan kepada anak menggambar sesuai dengan imajinasi mereka , dan video ini bagi saya sangat bermanfaat karena menambah wawasan saya dalam mengajar.