silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

Badru Zaman

Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.

Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.

Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.

Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..

Similar Posts

2,595 Comments

  1. Nama : Desi Alfinursani
    NIM : 857487493
    Pokjar : Indramayu
    Mata kuliah : Paud4101/metode pengembangan kognitif
    Nama tutor : Nur Dini Fauziah,M.pd

    Dari video yang saya tonton Menurut saya sudah sangat setuju dengan apa yang di sampaikan dalam video tersebut Seorang pendidik atau guru harus bisa menstimulasi imajinasi anak Ketika akan menggambar seorang pendidik harus mengajak anak anaknya belajar di luar kelas untuk melihat benda benda atau sesuatu yang ada di sekitar sekolah,apa yang mereka lihat,di tuangkan ke dalam gambar atau lukisan dengan imajinasi yang mereka lihat Disini guru berperan sebagai fasilitator supaya anak berimajinasi supaya anak dapat menumbuhkan kepercayaan dirinya

  2. Nama : Rina Lisnawati
    NIM : 857489426
    Pokjar : ciparay
    Kode MK: PAUD4101/Metode Pengembangan Kognitif

    – Dalam video tadi memang sudah tepat kalau saat si anak tidak memiliki daya imajinasi sendiri hanya meniru rekan atau guru,perlu sekali kita mendukung dan mengasah perkembangan imajinasinya termasuk saat berada di rumah atau di luar sekolah,apalagi imajinasi ini sangat berguna untuk berkembang si anak,seperti berpikir kritis,membentuk kepercayaan diri,mengasah dalam berpikir kreatif hingga memicu bakat terpendamnya.
    Tadi sudah tepat guru membawa anak-anak keluar kelas karena untuk membebaskan kreativitas dan imajinasi si anak berarti pilihannya sudah tepat untuk mengembangkan ide-idenya,hanya saja perlu melakukan pendampingan agar imajinasi si anak berada pada jalur yang tepat dan apa yang di lihat di luar sana

  3. Nama : Teti Widianingsih
    NIM : 857481256
    Mata Kuliah : Metode Pengembangan Kognitif
    Nama tutor : Nur Dini Fauziah M. Pd.
    Judul video : anak sulit berimajinasi saat menggambar

    Menurut pendapat saya apa yang sudah dilakukan ibu guru sudah benar.
    Dengan mengajak anak anak untuk menggambar diluar kelas, melihat apa yang mereka lihat di lingkungan sekitar dapat membantu anak berimajinasi dengan apa yg mereka lihat, contohnya : anak melihat pohon, bunga, pos satpam dan lain-lain yang ada di sekitar sekolah.
    Kemudian Guru mengajak anak berdiskusi dengan apa yang merekat lihat.
    Agar kegiatan menggambar membuahkan hasil yang maksimal Ibu guru dapat melakukan beberapa hal berikut:
    1. Untuk melakukan aktivitas ini, Ibu cukup menyediakan kertas gambar. Bisa kertas gambar dengan ukuran reguler atau kertas gambar berukuran besar yang Ibu bentangkan di lantai atau tempelkan ditembok
    2. Tunjukkan pada anak bahwa menggambar adalah kegiatan yang menyenangkan tanpa memberitahu anak apa yang harus mereka gambar.
    3. Tunjukkan rasa tertarik Ibu terhadap apa yang sedang digambar si Kecil dengan mengomentari garis, bentuk, dan warna apapun yang ia gunakan.
    4. Dorong anak untuk meluaskan imajinasi mereka saat menggambar dengan menanyakan apa yang akan mereka gambar selanjutnya di samping objek yang telah selesai digambar
    5. Hindari memberikan komentar negatif pada gambar anak seperti, “Aduh nak ini salah, telinga kelinci tidak ada bulat dan pendek,” atau “Nak, mana ada matahari yang berwarna biru, matahari harusnya berwarna kuning.”
    6. Pajang gambar anak sesuai dengan level matanya sehingga ia bisa melihat hasil karyanya dengan mudah dan memberikan apresiasi pribadi.

  4. Nama : MIFTAHUL JANNAH
    NIM : 859425253
    Judul : Anak sulit berimajinasi saat menggambar
    Kognitif merupakan proses kegiatan yang melibatkan beberapa jenis aktivitas yang berkaitan menggunakan mental seorang. Kegiatan yang terkait antara lain, mencari, memperoleh, menyimpan, & memakai ilmu pengetahuan. Penggunaan ilmu pengetahuan dibutuhkan dalam situasi & syarat yang tepat.
    Setelah mempelajari video yang telah saya lihat bahwa pembelajaran yang telah dilakukan oleh ibu guru Lina itu sudah benar. Saat anak-anak paud kesulitan menggambar Mungkin kita bisa mencoba beberapa hal yang bisa membantu meningkatkan imajinasi anak saat menggambar. Misalnya, memberikan cerita pendek atau gambar-gambar sebagai inspirasi, atau mencoba teknik menggambar yang berbeda seperti menggunakan bentuk-bentuk sederhana atau membiarkan anak menggambar apa pun yang ada di pikirannya tanpa batasan.

    Terima kasih.

  5. Nama : MIFTAHUL JANNAH
    NIM; 859425253
    JUDUL : Anak sulit berimajinasi saat menggambar
    Kognitif merupakan proses kegiatan yang melibatkan beberapa jenis aktivitas yang berkaitan menggunakan mental seorang. Kegiatan yang terkait antara lain, mencari, memperoleh, menyimpan, & memakai ilmu pengetahuan. Penggunaan ilmu pengetahuan dibutuhkan dalam situasi & syarat yang tepat.
    ari hasil pengamatan kami, sebaiknya sebelum melakukan kegiatan menggambar. Kita tawarkan dahulu kegiatan main apa yang akan dilakukan. Seperti dalam video tersebut sebaiknya guru hanya memberikan klu bukan contoh dipapan tulis. Anak ditanyakan dulu kira-kira akan menggambar apa? Jika sudah mengetahui bentuk gambarnya anak didampingi untuk menggar sesuai imajinasinya. Kalau terjadi kesulitan guru baru memberikan contoh bentuk dalam gambar.

  6. NAMA : TASYAH NURUL HIDAYAH
    NIM : 856834937
    JUDUL VIDEO : ANAK KESULITAN BERIMAJINASI SAAT MENGGAMBAR

    Menurut saya setelah menonton video pembelajaran yang diberikan oleh Ibu Lina, kepada anak-anak yang kesulitan berimajinasi saat menggambar tersebut sudah benar. Karena Ibu Lina memberikan kebebasan kepada anak dalam menuangkan imajinasinya saat menggambar. Serta memberikan pengalaman langsung dalam melihat objek yang nyata. Yang dapat memberikan peluang bagi anak dalam berimajinasi. Seperti contoh yang diberikan Ibu Lina yaitu, mengajak anak-anak untuk keluar kelas agar anak dapat melihat apa saja yang ada di sekitaran halaman sekolah. Dan, anak dapat diminta untuk menceritakan apa saja yang dilihatnya saat di halaman sekolah sehingga anak dapat menuangkannya melalui dengan cara menggambar. Maka dari pembelajaran tersebut anak dapat mengembangkan imajinasinya saat menggambar.

  7. Nama : uniroh
    Nim : 857484316
    Matkul : PAUD4101/metode pengembangan kognitif
    Dosen : Nur Dini Fauziah S.Pd.M.Pd.

    Menurut pandangan saya guru telah mengajarkan kepada anak sudah benar untuk belajar menggambar bebas akan tetapi karena anak_anak belum bisa mengungkapkan imajinasinya sehingga anak_anak tersebut menggambar seperti sebelumnya menggambar yang pernah diajarkan oleh gurunya.
    Sebaiknya untuk guru memberikan pengarahan kepada anak didiknya dengan mengajak keluar lingkungan sekolah misalnya melihat tumbuhan serta diajak jalan_jalan ke sawah bahwa seperti itu kegiatan di sawah misalnya menanam padi dan palawija.
    Menurut saya itu merupakan gambaran untuk anak membuat imajinasi anak terbuka sehingga bisa memilih gambar sesuai dikiranya.
    Terima kasih

  8. Nama. : Indah Nurjohariah
    Nim. :857481295
    Matkul :Metode Pengembangan Kognitif.
    Pokjar :Awi Pari
    Kelas : Indramayu.
    Tutor :Nur dini Fauziah M.Pd
    Judul :Anak Sulit Berimajinasi Saat menggambar.
    Setelah saya melihat Vidio pembelajaran yang telah dilakukan oleh 2 orang pengajar tadi yaitu Bu Lina dan Bu Venti bahwa Pembelajaran yang diterapkan Bu Lina memang sudah benar,tetapi mereka menganggapnya atau mereka berpikir bahwa gambar yang dibuat Bu guru Lina harus mereka tiru juga,padahal Bu Lina telah memberitahukan bahwa mereka boleh menggambar bebas.
    Semisal dilembaga saya,saya sering melakukan kegiatan menggambar bebas,agar saya juga tahu,imajinasi dan bakat yang dimiliki anak.
    Kemudian guru juga dapat
    memfasilitasi anak dengan memberikan alat-alat untuk menggambar.Guru juga diharuskan memberikann informasi kepada anak dengan cara membawa mereka ke halaman sekolah,ke kebun atau sesuai tema di dalam RPPH.,Agar anak bisa mengetahui apa saja yang mereka lihat dan mereka temui,lalu mereka menuangkannya kedalam gambar,lalu anak menceritakan pengalamannya dan hasil gambar yang dibuatnya.

  9. Nama : Uswatun Hasanah
    NIM : 857484552
    Pokjar : Ciamis
    Kelas : Indramayu
    Matkul : Metode Pengembangan Kognitif
    Tutor : Nur Dini Fauziah M.Pd.
    Metode yang dilakukan oleh ibu Lina sudah sangat baik dengan terlebih dahulu mengajak anak-anak keluar kelas untuk melihat, mengamati dan mengenal nama-nama benda yang ada disekeliling lingkungan sekolah dengan tujuan anak-anak dapat berimajinasi bebas menuangkan pikirannya dalam kegiatan menggambar bebas.

  10. Nama : Resi yunita
    UPBJJ : Bandar lampung
    Judul : Anak sulit berimajinasi saat menggambar
    Menurut saya cara yang dilakukan guru dalam vidio diatas sudah tepat. pada saat awal kegiatan, hampir semua anak menggambar pemandangan seperti yang di contohkan gurunya. setelah itu guru kembali memicu imajinasi anak dalam menggambar yakni dengan mengajak anak ke halaman sekolah untuk melihat pemandangan diluar kelas,kemudian guru mengajak anak bercerita kembali tentang apa yang mereka lihat melalui gambar yang mereka buat.

Leave a Reply