silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.
Badru Zaman
Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.
Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.
Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.
Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..
–
Nama : Juhariah
Nim : 857215485
Saya ambil judul vidio” ANAK SULIT DI SAAT MENGGAMBAR”
Saya sangat setuju sekali ketika anak-anak di minta menggambar guru mengarahkan anak untuk berimajinasi. Karena saya sendiri pernah mempraktekkannya di sekolah dan alhamdulillah dengan cara seperti itu berhasil walaupun masih ada anak yang belum bisa.
Tetapi di dalam video ini saya mendapatkan ilmu yang sangat luar biasa yaitu kita sebagai guru juga bisa memfasilitasi kepada anak-anak untuk mencari ide-ide di luar sekolah atau di halaman sekolah.
Insya Allah saya akan praktekkan dan saya terapkan pembelajaran ini di sekolah saya, terima kasih
Nama : A’imatus Sholikha
NIM : 857627926
Video : Anak Sulit Berimajinasi Saat mengambar
Deskripsi : Video ini dijelaskan cara mengatasi anak yang sulit berimajinasi saat menggambar, untuk menggali ide dan imajinasi anak ada beberapa cara yang perlu diterapkan, yaitu salah satunya dengan memberikan tugas kepada anak dengan menggambar bebas sesuai minat dan imajinasi anak, mengajak mereka berjalan kehalaman sekolah dengan mengenalkan benda-benda yang ada di sekitar mereka, sehingga mereka bisa berimajinasi tentang apa yang dilihat dihalaman sekolah tersebut. mintalah anak untuk bercerita apa yang dilihat anak. ini merupakan aspek perkembangan kogntif pada anak.
komentar : Video ini sangat inspiratif bagi saya sebagai guru PAUD karena menunjukkan bahwa seni bukan hanya tentang membuat karya yang indah, tetapi juga tentang mengembangkan berbagai keterampilan penting pada anak menggambar sesuai imajinasi anak
Saya sangat suka dengan contoh-contoh cara membuat anak berpikir kreatif dan berimajinasi yang diberikan dalam video ini karena beragam dan dapat disesuaikan dengan minat dan kemampuan anak. Selain mengembangkan kemampuan kognitif anak, di video ini juga melatih kemampuan bahasa anak yaitu anak mampu menceritakan kembali apa yang sudah dilihatnya didepan teman-temannya.
Nama : A’imatus Sholikha
NIM : 857627926
Video : Anak Sulit Berimajinasi Saat mengambar
Deskripsi : Video ini dijelaskan cara mengatasi anak yang sulit berimajinasi saat menggambar, untuk menggali ide dan imajinasi anak ada beberapa cara yang perlu diterapkan, yaitu salah satunya dengan memberikan tugas kepada anak dengan menggambar bebas sesuai minat dan imajinasi anak, mengajak mereka berjalan kehalaman sekolah dengan mengenalkan benda-benda yang ada di sekitar mereka, sehingga mereka bisa berimajinasi tentang apa yang dilihat dihalaman sekolah tersebut. mintalah anak untuk bercerita apa yang dilihat anak. ini merupakan aspek perkembangan kogntif pada anak.
komentar : Video ini sangat inspiratif bagi saya sebagai guru PAUD karena menunjukkan bahwa seni bukan hanya tentang membuat karya yang indah, tetapi juga tentang mengembangkan berbagai keterampilan penting pada anak menggambar sesuai imajinasi anak
Saya sangat suka dengan contoh-contoh cara membuat anak berpikir kreatif dan berimajinasi yang diberikan dalam video ini karena beragam dan dapat disesuaikan dengan minat dan kemampuan anak. Selain mengembangkan kemampuan kognitif anak,di video ini juga melatih kemampuan bahasa anak yaitu anak mampu menceritakan kembali apa yang sudah dilihatnya didepan teman-temannya.
Video ini sudah cukup membantu & guru dalam video juga cukup profesional.
Agar anak tidak sulit berimajinasi saat menggambar, berikut beberapa saran yang bisa dilakukan:
1. Stimulasi Kreativitas: Berikan waktu dan ruang yang cukup bagi anak untuk bereksplorasi dan mengembangkan imajinasi mereka.
2. Pemberian Contoh yang Inspiratif: Tampilkan berbagai macam gambar atau karya seni yang menarik dan beragam kepada anak.
3. Latihan Menggambar Bebas: Selain memberikan tugas menggambar sesuai tema atau instruksi tertentu, berikan juga waktu bagi anak untuk menggambar bebas.
4. Bimbingan dari Guru: Dengan memberikan umpan balik yang positif dan bimbingan yang konstruktif, guru dapat membantu anak mengeksplorasi ide-ide kreatif mereka dengan lebih percaya diri.
5. Kolaborasi dan Diskusi: Dorong anak untuk berkolaborasi dengan teman-teman mereka dalam proyek-proyek seni.
6. Pujian dan Penghargaan: Berikan pujian yang tulus atas usaha dan karya-karya kreatif yang dihasilkan oleh anak. Ini akan meningkatkan rasa percaya diri mereka dan mendorong mereka untuk terus mengembangkan imajinasi mereka.
Dengan memberikan lingkungan yang mendukung dan mendorong, anak-anak akan lebih mudah untuk mengembangkan imajinasi mereka dan mengekspresikannya dalam bentuk gambar.
Terima kasih, Salam.
Thegasthy (856502436) – UPBJJ Pekanbaru
Video ini sudah cukup membantu & guru dalam video juga cukup profesional.
Agar anak tidak sulit berimajinasi saat menggambar, berikut beberapa saran yang bisa dilakukan:
1. Stimulasi Kreativitas: Berikan waktu dan ruang yang cukup bagi anak untuk bereksplorasi dan mengembangkan imajinasi mereka.
2. Pemberian Contoh yang Inspiratif: Tampilkan berbagai macam gambar atau karya seni yang menarik dan beragam kepada anak.
3. Latihan Menggambar Bebas: Selain memberikan tugas menggambar sesuai tema atau instruksi tertentu, berikan juga waktu bagi anak untuk menggambar bebas.
4. Bimbingan dari Guru: Dengan memberikan umpan balik yang positif dan bimbingan yang konstruktif, guru dapat membantu anak mengeksplorasi ide-ide kreatif mereka dengan lebih percaya diri.
5. Kolaborasi dan Diskusi: Dorong anak untuk berkolaborasi dengan teman-teman mereka dalam proyek-proyek seni.
6. Pujian dan Penghargaan: Berikan pujian yang tulus atas usaha dan karya-karya kreatif yang dihasilkan oleh anak. Ini akan meningkatkan rasa percaya diri mereka dan mendorong mereka untuk terus mengembangkan imajinasi mereka.
Dengan memberikan lingkungan yang mendukung dan mendorong, anak-anak akan lebih mudah untuk mengembangkan imajinasi mereka dan mengekspresikannya dalam bentuk gambar.
Terima kasih, Salam.
Thegasthy (856202436) – UPBJJ Pekanbaru
judul vidio “anak sulit berimajinasi saat menggambar”program inimenggambarkan upaya seorang guru taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambat .strategi yang diterapakan guru tersebut antara lain;memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak ,mengajak anak keluar kelas ,kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan dilapangan.
menurut saya judul vidio “anak sulit berimajinasi saat menggambar” program inimenggambarkan upaya seorang guru taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambat .strategi yang diterapakan guru tersebut antara lain;memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak ,mengajak anak keluar kelas ,kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan dilapangan.
Nama : Ayu Setiati Purnama
Pokjar : Enrekang
Upbjj : Makassar
Judul Vidio ” Anak sulit untuk berimajinasi saat menggambar ”
Seperti halnya Vidio yang sudah saya tonton tadi , kita sering mendapati anak didik di sekolah ketika ibu guru memberikan kegiatan menggambar anak Sulit menuangkan ide – ide nya atau imajinasinya dalam bentuk gambar atau bercerita, bahkan ketika anak di suruh menggambar sering terjadi anak meniru gambar temannya atau gambar yang itu itu saja betul yang di sampaikan pada Vidio tadi bahwasanya kita harus menumbuhkan atau mengasah kreatifitas anak dengan menggali ide ide anak dengan membebaskan gambar yang sesuai dengan minatnya dan alangkah lebih bagus lagi seorang guru dapat memfasilitasi anak dengan membawanya ke luar halaman sekolah atau lingkungan sekitar sekolah supaya anak dapat lebih berimajinasi ketika melihat dengan kasat mata apa yang ada di sekitar nya dan seorang guru sebaiknya menghindari sikap yang terlalu kaku terhadap anak didik karna sikap tersebut merupakan salah satu yang dapat menghambat kreatifitas anak , dan selalu berikan pujian terhadap hasil karya anak .
Demikian terima kasih
Video ini sangat inspiratif bagi saya sebagai guru PAUD karena menunjukkan bahwa seni bukan hanya tentang membuat karya yang indah, tetapi juga tentang mengembangkan berbagai keterampilan penting pada anak menggambar sesuai imajinasi anak
Saya sangat suka dengan contoh-contoh cara membuat anak berpikir kreatif dan berimajinasi yang diberikan dalam video ini karena beragam dan dapat disesuaikan dengan minat dan kemampuan anak. Selain mengembangkan kemampuan kognitif anak, di video ini juga melatih kemampuan bahasa anak yaitu anak mampu menceritakan kembali apa yang sudah dilihatnya didepan teman-temannya.
Nama : Karmila
NIM : 859412669
UPBJJ : Makassar
Video ini sangat inspiratif bagi saya sebagai guru PAUD karena menunjukkan bahwa seni bukan hanya tentang membuat karya yang indah, tetapi juga tentang mengembangkan berbagai keterampilan penting pada anak menggambar sesuai imajinasi anak
Saya sangat suka dengan contoh-contoh cara membuat anak berpikir kreatif dan berimajinasi yang diberikan dalam video ini karena beragam dan dapat disesuaikan dengan minat dan kemampuan anak. Selain mengembangkan kemampuan kognitif anak, di video ini juga melatih kemampuan bahasa anak yaitu anak mampu menceritakan kembali apa yang sudah dilihatnya didepan teman-temannya.