silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

Badru Zaman

Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.

Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.

Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.

Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..

Similar Posts

2,595 Comments

  1. Nama : Luluk Hariroh
    NIM: 858167799
    Setelah melihat video yang berjudul Anak Sulit Berimajinasi saat Menggambar, sebagai guru PAUD hendaknya memberikan gambaran yang nyata agar anak terstimulasi untuk mengembangkan imajinasinya karen anak dapat melihat langsung benda atau lingkungan sekitar untuk digambarnya. sebaiknya guru jangan hanya memberikan sebuah contoh, namun mengarahkan kepada banyak hal agar peserta didik terpacu berifikir untuk mencari imajinasinya sendiri

  2. Nama : Kasmawati
    Nim : 859414007
    Prodi : PGPAUD

    Dalam video tersebut menjelaskan tentang permasalahan anak-anak didik yang sulit dalam berimajinasi sendiri pada saat menggambar, anak-anak cenderung meniru kembali contoh gambar yang di diperlihatkan oleh gurunya. Tetapi menurut saya, strategi atau pendekatan yang dilakukan oleh gurunya untuk mengatasi permasalahan anak didik sudah tepat dengan mengajak anak-anak keluar kelas untuk melihat pemandangan atau apa-apa saja yang ada diluar, setelah itu meminta kembali anak-anak untuk bercerita dan menggambar dengan bebas apa-apa saja yang dilihat atau ditemukan oleh anak. Sedikit saran, sebaiknya jika kita ingin membiarkan anak menggambar dengan berimajinasi sendiri alangkah baiknya jika kita langsung mengajak anak untuk langsung keluar melihat pemandangan atau apa saja yang ada diluar kelas setelah itu anak-anak diajak untuk menggambar apa-apa saja yang telah dilihat di luar.

  3. Nama:trisnawati
    NIm:859171935
    Prodi:BPPAUD
    Setelah saya simak Vidio di atas,sekarang saya lebih paham,ternyata mengembangkan imajinasi anak2 itu tidak harus di kelas terus menerus,& anak juga perlu di ajak keluar kelas untuk mengembangkan imajinasinya,saya suka cara guru menjelaskan pada anak2,tapi alangkah baiknya jika Bu guru lina,tidak haru memberikan contoh di atas papan,langsung di beri pemahaman atau semacam gambaran az pada anak2,supaya imajinasi anak lebih muncul & berkembang,dengan ap yg mereka pikirkan & ide2 merekapun muncul,dengan ap yg ad dlm imajinasinya,contohnya dlm Vidio di atas masih ad anak yg semacameniru gambaran Bu Lina di papan,pemandangan.

  4. Nama = SITI NURLAILIN
    NIM = 858844467
    PRODI = PG PAUD BI
    POKJAR = Bandung- Tulungagung

    a. Judul video = Anak sulit berimajinasi saat menggambar, menurut saya cara yang digunakan guru dalam melatih imajinasi anak sudah tepat, karena untuk menumbuhkan imajinasi haruslah bertahap, pertama yang dilakukan guru adalah memberi contoh dalam bentuk gambar sehingga anak cenderung meniru apa yang digambar oleh bu guru, setelah itu untuk menggambar kedua anak- anak melihat langsung lingkungan sekitar, bentuk- bentuk yang nyata sehingga anak mulai mampu berimajinasi dalam menggambar.
    b, menurut saya guru sudah bagus dalam penerapan prinsip asesmen dan evaluasi, tapi memang harus secara bertahap agar dapat berjalan dengan maksimal.
    c.Menurut saya agar anak – anak merasa tertarik dengan menggambar kita bisa membangun suasana kelas yang menyenangkan dulu dan memberikan contoh yang nyata untuk ditiru mengenalkan tahapan- tahapan yang mudah dalam menggambar agar anak merasa percaya diri dan senang dengan hasil gambarnya.

    Terimakasih ….

  5. Nama : Rahmawati Putri
    Nim :857845971
    Progdi : PGPAUD BI
    Pokjar : Klaten
    Ass wr wb saya ingin menanggapi vidio yang ada di atas tentang Anak Sulit Berimajinasi Saat Menggambar, menurut saya apa yang dilakukan oleh guru tersebut sudah benar, dan kita sebagai pendidik juga bisa mengembangkan tentang imajinasi yang diperoleh dari vidio tersebut, dalam menerangkan terhadap anak dalam penerangan pertama anak masih sama seperti apa yang dicontohkan oleh guru, lalu anak diperlihatkan diajak mengamati lingkungan atau halaman sekitar anak lalu bisa berimajinasi sesuai dengan apa yang mereka lihat

  6. NAMA : ERA SAFITRI
    NIM : 857603292
    PRODI : PGPAUD BI

    Kebanyakan anak memang hanya meniru seperti anak-anak pada video tersebut yang meniru menggambar pemandangan ketika guru mencontohkan gambar pemandangan. Imajinasi anak bisa muncul ketika anak melihat sesuatu yang menambah pengalaman dan pengetahuannya (kognitif). Evaluasi yang diterapkan oleh guru sudah tepat yaitu dengan mengajak anak melihat keadaan di luar atau lingkungan sekitar. Atau bisa juga guru menamilkan alat peraga atau gambar saat menceritakan mengenai tema pada awal embelajarn.

  7. Nama : Zulekha
    Nim : 857600992
    Progam Studi : PGPAUD
    Pokjar : Kramat Tegal

    Setelah saya selesai menonton video tadi tentang anak yang kesulitan berimajinasi ketika menggambar, bahwasannya ibu guru di kelas tadi menuggaskan kepada anak didiknya untuk menggambar sesuai imajinasinya tetapi guru hanya mencontohkan dengan gambar saja dan tidak ada media lain untuk anak bisa mengungkapkan pikirannya untuk bisa berimajinasi.
    Dan pada akhirnya anakpun menggambar yang di tugaskan guru itu sama semua.
    Setalah guru mengerti dan memahami bahwasannya anak didiknya kesulitan dalam berimajinasi, gurupun tau untuk mengatasi masalah tersebut.
    Dengan membawa anak-anak keluar kelas dengan melihat berbagai gambar di luar, setelah itu guru mencoba tanya jawab tentang apa yang dilihat tadi di luar kelas, anak-anakpun bisa menjawab pertanyaan dari ibu guru tadi. Karena anak tersebut sudah melihat beberapa gambar yang di lihat tadi di luar kelas. Dan ibu guru mencoba untuk mengulang menggambar lagi sesuai imajinasinya anak-anak, ternyata anak sudah bisa mengungkapkan pikiran nya dengan menggambar sesaui apa yang di pikirkan anak setelah tadi di bawa keluar kelas untuk melihat apa saja yang ada di luar tadi.

  8. Nama SITI MARYAM_859170625 _SIPGPAUD
    Menurut saya Vidio yg di tampilkan diatas sudah bagus anak susah berimajinasi dengan cara memberikan kesempatan kepada anak untuk melihat lingkungan di luar sehingga anak mempunyai banyak ide untuk mengeksplor lewat gambar.

  9. Saya ingin menanggapi Vidio di atas tentang anak yang sulit berimajinasi saat menggambar, menurut saya apa yang di lakukan oleh guru tersebut sudah benar, lalu anak di perhatikan di amati lingkungan atau halaman sekitar lalu bisa berimAjinasi sesuai dengan apa yg mereka lihat..

  10. Saya ingin menanggapi Vidio di atas tentang anak yang sulit berimajinasi saat menggambar, menurut saya apa yang di lakukan oleh guru tersebut sudah benar, lalu anak di perhatikan di amati lingkungan atau halaman sekitar lalu bisa berimAjinasi sesuai dengan apa yg mereka lihat..

Leave a Reply