silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

Badru Zaman

Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.

Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.

Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.

Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..

Similar Posts

2,595 Comments

  1. Nama : wahyu purwanti
    Judul : anak susah berimajinasi saat menggambar.
    Saya setuju dengan vidio di atas karna guru mengajak anak melihat secara langsung apa yang ada di lingkungan sekitar sekolah dan bu guru juga dapat memberi contoh pada anak agar anak dapat mengikuti atau membuat dengan melihat perbandingan.

  2. nama : indriyani
    nim : 859145187
    Anak Sulit Berimajinasi saat Menggambar
    dari judul video ini tentang Anak Sulit Berimajinasi saat Menggambar. maka peran guru sangatlah penting untuk membimbing anak yang masih memiliki sipat bermain karna guru di gugu dan di tiru

  3. Vidio sangat bermanfaat untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi saat menggambar memberikan tips kepada guru bagaimana mengatasi anak dengan Maslah tersebut .

  4. Nama : Tuti Krisdayanti zega
    Nim : 859875496
    Judul anak susah berimajinasi saat menggambar.
    Dalam video ini sangat bermanfaat dan juga mengajari kami bahwa setiap guru harus mampu untuk menghadapi anak yang susah berimajinasi. Dengan strategi yang di lakukan dalam video ini sangat membantu kami agar mampu mengatasi anak yang susah berimajinasi dengan berbagai tips yang telah di berikan.

  5. Nama : Siti Romlah
    NIM : 858418699
    Judul Video Anak Sulit Berimajinasi saat Menggambar
    Dari video tersebut dapat terlihat upayah yang dilakukan ibu guru dalam mengembangakn imajinasi anak saat mengambar.

    Dengan memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuai dengan minat anak adalah hal yang tepat untuk mengasah imajinasi anak . Ini memungkinkan anak untuk mengekspresikan diri mereka sendiri, mengunpakan perasaan mereka dalam gambar dan mengeksplorasi imajinasi mereka tanpa batasan. Selain itu, mengajak anak keluar kelas untuk mengamati dan mengeksplorasi lingkungan sekitar merupakan cara yang sangat efektif untuk merangsang imajinasi dan kreativitas mereka. Melalui pengalaman langsung ini, anak dapat mengembangkan ide-ide baru dan memperkaya pemahaman mereka tentang dunia. Karena saya pernah mencoba anak untuk mengamati gambar daun siri yang ada di lingkungan sekolah dan mengajak anak untuk menggambar daun siri terlihat hasil yang sangat luar bisa, yaitu anak dapat berimajinasi bahwa daun sirih itu berbentuk love dan ada anak yang memetik daun sirih serta menjiblak daun menjadi bentuk daun sirih.

    Selanjutnya, meminta anak untuk bercerita tentang apa yang telah mereka gambar dapat menghubungkan pengalaman nyata dengan ekspresi visual. Ini tidak hanya membantu anak untuk lebih terlibat secara aktif dalam proses belajar, tetapi juga meningkatkan keterampilan verbal mereka dalam menceritakan pengalaman mereka.

    Keseluruhan, pendekatan yang diambil oleh guru ini menunjukkan pemahaman yang mendalam tentang kebutuhan individual anak dan upaya yang sungguh-sungguh dalam membantu mereka mengatasi kesulitan. Ini adalah contoh bagus tentang bagaimana pendidik dapat menggunakan kreativitas dan kepekaan untuk membantu setiap anak berkembang secara penuh

  6. Nama : Ika Diah Ayuningsih
    NIM : 857704773

    Program yang dijelaskan ini menunjukkan upaya yang kreatif dan inovatif dari seorang guru Taman Kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi saat menggambar. Dengan memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuai dengan minat mereka, guru dapat meningkatkan motivasi dan antusiasme anak-anak. Ketika anak-anak diberi kesempatan untuk memilih subjek yang mereka sukai, mereka lebih cenderung terlibat secara aktif dan kreatif.
    Kebebasan ini juga mendorong anak-anak untuk mengekspresikan diri mereka tanpa merasa terbatasi oleh instruksi yang terlalu kaku. Ini penting untuk perkembangan imajinasi dan keterampilan berpikir kreatif mereka.
    Selain itu, Mengajak anak keluar kelas memberikan mereka kesempatan untuk mengalami dunia nyata secara langsung, yang dapat merangsang semua indera mereka. Pengalaman ini dapat menjadi sumber inspirasi yang kaya untuk menggambar. Ketika anak-anak belajar dan bermain di luar, mereka mengembangkan koneksi yang lebih kuat dengan lingkungan sekitar mereka. Hal ini dapat meningkatkan kesadaran mereka terhadap detail dan objek di sekeliling, yang kemudian dapat mereka tuangkan ke dalam gambar.

  7. Nama : Henny Surya
    NIM : 859527206

    Dalam video ini terlihat masih banyak anak yang belum berkembang daya imaginasinya. di situlah dibutuhkan peran guru untuk membimbing anak dalam menggambar.

  8. Nama : SINDI DAFITA SARI
    Nim : 856253973
    Judul : anak sulit berimajinasi saat menggambar
    Dengan adanya video ini dapat membantu kita sebagai guru untuk contoh sulitnya anak berimajinasi saat menggambar bisa disebabkan oleh beberapa faktor sepertinya kurang kepercayaan diri kurang stimulasi atau mungkin kesulitan lem visualisasikan ide-ide mereka pendekatan yang dilakukan guru dalam meningkat imajinasi anak dalam menggambar sudah sangat baik dan tepat yang mana kita mengajak anak terlebih dahulu keluar untuk melihat pemandangan apa yang mereka melihat serta benda-benda apa saja yang ada di sekitar sekolah sehingga anak dapat atau imajinasi saat menggambar sehingga setelah anak melihat pemandangan di luar anak mempunyai apa yang akan digambar anak tersebut

  9. Untuk membantu anak yang sulit berimajinasi saat menggambar, bisa mencoba beberapa strategi berikut :
    1. Menggunakan alat dan bahan yang beragam untuk menggambar, seperti pensil, spidol, cat air, dan lain-lain.
    2. Mengajak anak untuk mengamati objek di sekitarnya dan menggambarkannya.
    3. mengajak anak untuk menggambar apa yang mereka lihat, rasakan atau pikirkan.
    4. Memberikan Pujian dan pengakuan atas setiap usaha dan hasil gambar anak
    5. mengajak anak untuk mengikuti kelas menggambar atau kelompok belajar menggambar.
    6. Menggunakan alat dan bahan yang beragam untuk menggambar, seperti pensil, spidol, cat air, dan lain-lain. Hal ini bisa membuat anak lebih tertarik untuk menggambar dan mengekspresikan diri.

Leave a Reply