silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.
Badru Zaman
Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.
Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.
Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.
Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..
–
Nama: Kamilah Faoziyyah
Nim: 857457659
PGPAUD AKPMM
ijin memberikan pendapat
Menurut saya apa yang dilakukan guru tersebut sudaj cukup baik, ia memberikan contoh terlebih dahulu kepada anak, tetapi karena anak usia dini berada pada fase meniru, dan daya imajinasi mereka belum luas, yang terjadi adalah anak meniru gambar guru yang mencontohkan. Untuk mencari inspurasi guru membawaa anak berkeliling dan melakukan sesi tanya jawab agar membuka wawasan dan imajinasi mereka, hal ini merupakan ide yang baik, sehingga diharapkan anak- anak bisa menggambar bebas sesuai imajinasi yang mereka dapat ketika mereka berkeliling melihat ke luar ruangan.
Saran yang ingin saya sampaikan untuk guru adalah
1. buatlah suasana di dalam kelas menyenangkan dan tanpa tekanan, agar anak bisa lebih santai dan lebih mudah mendapatkan ide untuk hasil karya gambar mereka
2. Jika kata bebas itu abstrak untuk anak sebaiknya beri tema besar pada anak yang masih berhubungan dengan lingkungan sekitar mereka atau hal yang merek sukai, hal ini akan lebih membantu mereka untuk menuangkan gambar berdasarkan apa yang mereka ketahui dna mereka kenal
3. gunakan cerita atau musik untuk mengispirasi anak untuk mereka gambar
4. lakukan hasil karya gambar kolaboratif, menggunakan kertas yang snagat besar terdiri dari 4-5 orang anak, mereka menggambar sesuai keinginan mereka, jika anak melihat anak lain mulai menggambar biasanya mereka akan lebih mudah terinspirasi.
5. fokuskan pada proses mereka mengggambar/ mencoretkan warna ke kertas jangan pada hasil.
NAM ;IPAH SARIPAH
NIM ;836384764
Stelah melihat pemutaran video tersebut , sangat memberikan inspirasi karena dikelas yang saya pegang ,ada nak yang ketika di suruh untuk menggambar bebas masih bingung ,mau menggambar apa,ada juga nak yang menggambrnya itu -itu saja ,dengn adanya video ini sangat membantu dan akan di praktekan ditempat saya mengajar terima kasih
Nama : Putri Destiar
Nim : 857577126
Menurut saya dalam video tersebut guru sudah cukup baik dalam memantik imajinasi anak dalam menggambar, walaupun pada awal guru hanya menjelaskan kepada anak untuk bebas menggambar apa saja yang ada di imajinasinya dan anak belum memahami betul apa yang di maksud oleh guru. Dimana anak awal mula hanya mengikuti gambar yang di contohkan oleh guru tersebut, tetapi guru tersebut langsung mengganti cara memberi pemahaman kepada anak dengan mengajak anak untuk keluar dari kelas dan melihat lingkungan sekitar sekolah, disitulah anak mulai mengamati apa saja yang ia lihat dan bisa di tuangkan dalam bentuk gambar, tidak harus sama dengan contoh dari guru maupun dari teman-teman temannya. Anak lebih beragam menggambar sesuai imajinasinya.
Nama : Ani Lihayati Mardhiyyah
NIM : 877968051
Prodi PAUD UPBJJ Malang
Menganggapi video pembelajaran terkait dengan anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar.
Dalam video tersebut menurut saya pembelajaran yang dilakukan oleh seorang guru sudah sangat efektif karena guru tersebut diawal pembelajaran sudah memberikan contoh menggambar dan memberikan kebebasan terhadap anak untuk menuangkan imajinasinya dalam menggambar. Tetapi ternyata masih banyak diantara mereka yang merasa kesulitan dalam menuangkan ide-ide menggambarnya ada yang masih merasa bingung mau menggambar apa, kemudian ada juga yang masih menyontek atau meniru gambar temannya. Dalam hal ini kemudian guru tersebut mencarikan solusi untuk menghadapi masalah-masalah tersebut dengan mengajak anak secara langsung melihat-lihat luar sekolah, disana ada taman ada banyak bunga dan daun-daunan kemudian ada berbagai macam benda-benda. Dan guru tersebut meminta anak menceritakan apa yang dilihatnya kemudian baru mencoba menuangkan ide-ide tersebuta pada gambar. Dan selalu memberikan motivasi kepada mereka bahwa apa yang mereka gambar adalah gambar yang luar biasa.
Saran saya agar lebih menarik, alat dan bahan yang digunakan bisa lebih bervariatif tidak hanya menggunakan buku gambar dan crayon. Misalnya bisa menggunakan media potongan kardus bekas untuk menggambar dan anak diberikan kebebasan memilih menggunakan crayon, pensil warna, cat air, arang dll.
Assalamu’alaikum Wr wb, Salam sejahtera untuk kita semua.
Nama : Winie Wilianurunnisa
NIM : 836486914
Pokjar : Awipari
PGPAUD
Maaf izin menanggapi video. Menurut saya, yang dilakukan oleh guru tersebut sudah baik. Namun, jika untuk meningkatkan daya imajinasi anak, guru sebaiknya tidak memberikan contoh cara menggambar pemandangan, karena anak pasti akan meniru apa yang dicontohkan oleh guru. Jika dilihat dari video tersebut, walapun guru membebaskan anak untuk menggambar apapun selain yang dicontohkan oleh guru, akan tetapi anak-anak terlihat kebingungan, sehingga tetap saja mereka mengikuti apa yang dicontohkan. Dengan mengajak anak untuk berkeliling di luar ruangan, melihat pemandangan secara langsung adalah ide yang baik sekali. Karena dengan melihat secara langsung dan secara nyata anak-anak akan lebih mudah menuangkan imajinasinya dalam sebuah gambar.
Saran saya untuk guru tersebut adalah guru dapat mengajak anak mendengarkan cerita atau membacakan buku cerita bergambar, lalu meminta anak untuk menggambarkan apa saja yang dilihat di dalam buku tadi sesuai dengan minat mereka. Kemudian guru juga dapat memperlihatkan sebuah video terlebih dahulu untuk memberikan inspirasi kepada anak.
Terima kasih
NAMA : EVIKA ROHMALIA
NIM : 858549674
UPBJJ UT MALANG
Apa yang dipaparkan dalam video ini sangatlah jelas, ringkas dan mudah dipahami. Guru telah melakukan upaya-upaya untuk menggali imajinasi anak yang belum muncul saat kegiatan menggambar dengan baik dan tepat. Video ini juga bisa dijadikan solusi bagi guru lain seperti kita yang sedang dalam tahap belajar saat mengalami kasus yang sama seperti didalam video yang tertera.
Biasanya kemungkinan penyebab anak sulit menuangkan imajinasinya ke dalam gambar adalah kurang percaya diri, kurang imajinasi, kurang kemampuan motorik halusnya, dan tidak tau caranya dari mana ia memulai untuk menggambar. kita harus sabar dalam menstimulasinya. jika anak kesulitan berimajinasi atau menuangkan ide-ide dalam bentuk gambar, maka saat kegiatan menggambar atau bercerita dia cenderung meniru gambar yang sudah ada atau meniru gambar teman-temannya. untuk menggali ide atau imajinasinya kita bisa melakukan
1. membebaskan anak menggambar bebas
2. memfasilitasi anak untuk menggali ide dengan melihat lingkungan sekitar anak (mengamati alam sekitar) atau meminta anak untuk bercerita apa telah dilihatnya dan mulai menggambarnya
3. bisa juga dengan stimulasi imajinasi berupa membacakan buku cerita bermain peran.
Setelah melihat video tersebut, pada proses pembelajaran guru mengajak anak untuk melakukan kegiatan pembelajaran yaitu kegiatan menggambar bebas sesuai dengan imajinasi dan minat anak. Sebelum kegiatan menggambar bebas, Terlihat guru memberikan suatu contoh yaitu gambar pemandangan. Namun, saat kegiatan menggambar bebas terdapat anak yang sulit berimajinasi dan menggambar bebas tentang apa saja yang ada disekitarnya. sehingga guru tersebut mencari solusi agar anak mampu berimajinasi dan menggambarkan sesuai dengan minatnya. Adapun teknik yang dilakukan oleh ibu guru yaitu mengajak anak keluar ruangan atau kelas untuk memperhatikan apa saja yang ada dihalaman sekolah dengan tujuan agar anak mampu melihat dan mengamati benda yang ada dilingkungan sekitarnya dan bisa menuangkannya kedalam bentuk gambar atau lukisan sesuai dengan imajinasi dan minat masing-masing anak.
Selamat malam, saya Ika dari Prodi PGPAUD NIM 857522534.
Video ini mengajarkan kita bagaimana seorang guru dapat membantu anak anak yang sulit berimajinasi dalam menggambar.
Tidak banyak anak yang dapat menggambar hanya dengan mendengarkan instruksi, karena terkadang mereka tidak terlalu mendapatkan gambaran atas apa yang hendak mereka gambarkan. Kita sebagai guru disini dapat mengarahkan mereka untuk mendapatkan ide menggambar dengan membawa mereka ke hal yang nyata, seperti contoh ketika mereka harus menggambarkan tentang lingkungan, maka anak anak dapat dibawa berkeliling sekolah untuk melihat apa saja yang ada di sekeliling.
Membuat anak untuk dapat berimajinasi atau mendapatkan gambaran sesuatu hal, harus dengan membawa mereka untuk mengalami atau mendapatkan pengalaman yang nyata, sehingga hal tersebut dapat muncul secara tidak langsung dalam logika mereka.
Nama : Vera Agustina K
NIM : 877304436
Berdasarkan video yang berjudul “Anak Sulit Berimajinasi saat Menggambar” Menunjukkan bahwa guru telah melakukan upaya untuk membangun imajinasi anak dalam menggambar dengan cara mengajak mereka untuk berkeliling, melihat dan mengamati lingkungan sekitar sehingga melalui kegiatan tersebut diharapkan anak memiliki ide dan mengembangkan imajinasinya untuk dituangkan dalam sebuah gambar
Selamat pagi….
saya NURUL KHIKMAH
NIM 857580869
Pkjar : Lebaksiu
video di atas sangat menginspirasi sekali, sangat bermanfaat bagi kita seorang guru dalam memberikan arahan kepada siswa agar siswa bisa mengembangkan daya imajinasinya serta ingatanya.
sekian dan terimakasih